Instalasi audio – sound system mobil

0
2577
Instalasi audio - sound system mobil

Jika sebelumnya kami mengulas tentang komponen yang harus dilengkapi dalam membangun audio system car agar memiliki kualitas suara prima. Sekarang kita berbicara tentang proses penyiapannya agar berfungsi dengan baik.

Berikut cara proses persiapan dan mengatur sound system pada mobil anda.

Ada banyak hal yang harus dilakukan, rumit dan cukup sulit. Membangun sound sistem mobil agar berkualitas memang membutuhkan sebuah keahlian agar mendapat keselarasan suara dengan bass yang dasyat.

Karena komponen yang diperlukan berbeda-beda tergantung jenis mobil yang anda miliki. Hal ini juga bisa menjadi sangat rumit, karena harus menginstal sound system ke mobil yang memiliki ruang kabin yang kecil.

Anda mungkin telah memiliki beberapa komponen sound system yang terinstal di mobil anda – yaitu speaker. Namun, jika anda ingin meningkatkan kualitas sound system mobil anda, maka dibutuhkan penambahan komponen lain dan meng-upgrade speaker.

Berikut adalah beberapa komponen yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas sound system mobil anda:

SPEAKER STEREO

Speaker adalah komponen dasar dari sound system dan hal utama yang perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat membeli dan memasang speaker stereo yaitu jenis speaker, ukuran, bentuk, di mana akan dipasang dan berapa daya yang dibutuhkan agar beroperasi dengan baik. Hal pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa model speaker apakah compatible dengan mobil anda, karena tidak semuanya compatible. Jika anda ingin “The Best Quality of Sound” dan “Surround Sound”, anda perlu mengadakan speaker-speaker yang akan dipasang dari di bagian depan, tengah, dan belakang.

Jika anda sudah memiliki “head unit” atau “amplifier”, periksa terlebih dahulu kapasitas daya speaker-nya apakah cocok dengan output daya perangkat tersebut.

HEAD UNIT

Umumnya semua mobil memiliki tape standard saat anda membelinya. Bila anda menginginkan sound system yang lebih baik, maka dibutuhkan penggantian tape standard dengan head unit yang lebih baik kualitasnya. Anda perlu mempelajari terlebih dahulu ukuran chassis dashboard agar head unit yang baru pas dengan chassis dashboard. Saat anda memilih head unit baru, ukuran adalah hal yang terpenting yang harus anda putuskan, dimana umumnya terdapat 3 jenis ukuran yaitu kecil, sedang, besar. Head unit yang berukuran kecil di sebut “DIN” dan yang sedang disebut “1,5 DIN”, dan yang paling besar di sebut “Double DIN (2 DIN)”.

Setelah menentukan ukuran, perlu anda ketahui feature apa aja yang dimiliki oleh head unit tersebut, seperti : Tape, CD, DVD, Video Screen, Equalizer, MP3, MP4, DivX, dan lain sebagainya. Agar anda tidak menyesal dikemudian hari, dikarenakan tidak mengetahui feature-feature dari head unit tersebut.

AMPLIFIER

Umumnya head unit telah dilengkapi “built-in amplifier” berkisar 50 watts per-channel. Terkadang hal tersebut belum cukup untuk menghasilkan output suara yg sempurna. Banyak pemilik mobil tertarik komponen sound system mobilnya, dan akan menambahkan external amplifier agar dapat mengatur dan merubah frekuensi bass, mid-range, dan high (treble). Jika anda berencana menggunakan external amplifier, anda perlu mempelajari bagaimana cara mengaplikasikan “crossovers” diantara amplifer dan speaker agar semua terhubung dengan benar.

SUB-WOOFER

Sub-woofer membutuhkan daya lebih besar daripada speaker lainnya, Semakin besar ukuran subwoofer semakin besar watt yang dibutuhkan. Hal ini kerap menjadi penyebab melemahnya sistem kelistrikan mobil sehingga mengganggu kinerja electric bagian lain. Sebelum anda menginstalasi sub-woofer, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu sistem kelistrikan mobil agar keberadaan sound sistem di mobil anda tidak berpengaruh negatif kepada electrical yg lain. Pada umumnya sub-woofer diletakan di bagian belakang/bagasi kendaraan, dengan diameter yg bervariasi yaitu dari 8 inci hingga 12 inci, dan lebih besar lagi jika anda menginginkan.

Cara Instalasi Audio System Mobil

Proses instalasi audio mobil untuk stereo sound system. Terdiri dari perangkat power amplifier, speaker split, subwoofer 12″. Untuk proses instalasi audio mobil system tersebut, berikut tutorialnya:

Instalasi power amplifier:

Power amplifier, terdiri dari 4 chanel, chanel front, untuk speaker split, chanel Rear untuk Subwoofer, terminal Accu, Ground dan kabel Remote. Hubungkan kabel Plus langsung ke catu daya sumber arus listrik Accu, dan Kabel ground ke chasis body.

Amplas terlebih dahulu chasis body kendaraan, hubungkan kabel remote ke head unit, fungsinya untuk mematikan power saat head unit dalam posisi off. Terminal kabel Font untuk dikoneksikan ke speaker, dan terminal Rear untuk Subwoofer, Amplifier memiliki Outpur RCA, Front untuk Speaker dan Rear untuk Subwoofer.

Untuk kabel Subwoofer, biasanya pemasangan di bridge.supaya daya power menjadi lebih besar.Koneksikan kabel RCA ke head unit, pada headunit terdapat Rca, output front untuk membunyikan speaker, dan Rear RCA untuk subwoofer.

Instalasi Speaker Split:

Speaker split, terdiri dari komponent elektronika, terdiri dari pasive crosover dan sepasang tweeter. masing masing terminal pada crosover, difungsikan untuk koneksi ke amplifier, terminal untuk mid range, tweeter, dan input, peletakan crosover.
Biasanya di sembunyikan di dalam dashboard atau konsul. Hubungkan terminal mid range ke kabel speaker, terminal tweete, dan koneksikan terminal input, ke amplifier. Pasang dudukan speaker dengan kayu, supaya lebih rigid, letakan posisi tweeter di pilar dashboard sebelah kiri dan kanan atur posisinya, untuk mendapatkan staging yang pas ke arah pendengar. Karena tweeter berfungsi untuk merepro nada tinggi, Sehingga frekuensi suara sangat terasa saat mendengarkan musik.

Instalasi Subwoofer mobil:

Subwoofer, membutuhkan box yang telah di sesuaikan dengan pabrikan pembuatnya. Subwoofer menggunakan box type sealed, model box ini cukup simple dalam penempatan di kabin mobil, karena ukuran kubikasi volume lebih kecil, dikisaran 1,3- 1, 8 cu feet.
Dibandingkan box type ported, yang memiliki kubikasi volume yang besar, Subwoofer single voice coil membutuhkan daya yang lebih kecil dan Double coil. Umumnya digunakan untuk sound system audio mobil daily use. dan dapat didriver dengan amplifier 4 chanel.

Untuk kabel subwoofer, dikoneksikan ke amplifier terminal Rear. setelah semua selesai, periksa kembali, semua kabeel yang telah di pasang autur crosover Hpf dan LPF serta gain level untuk mendapatkan kualitas paket audio mobil sound quality yang anda inginkan. jangan samapi kabel RCA terlalu dekat dengan kabel Accu, dapat menimbulkan storing dan noise yang cukup menggangu, karena suara mesin akan masuk ke kabin kendaraan anda.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here