Connect with us

Sosial Budaya

Fenomena! Robot seks dan realitas virtual Sudah Hadir di Tengah kita

Published

on

Seks seperti yang kita tahu akan segera berubah. Fenomena Robot seks dan realitas virtual sudah menjadi topik yang banyak dibahas belakangan ini. Ini tentang bagaimana tehnologi mampu mempengaruhi orientasi psikologis manusia.

Kita sudah hidup melalui revolusi seksual baru, berkat teknologi yang telah mengubah cara kita berhubungan satu sama lain dalam hubungan intim kita.

Tetapi kami percaya bahwa, gelombang kedua teknologi seksual sekarang mulai muncul, dan bahwa ini mengubah cara beberapa orang melihat identitas seksual mereka.

Orang-orang yang kita sebut sebagai “digital” beralih ke teknologi canggih, seperti robot seks, lingkungan virtual reality (VR) dan perangkat umpan balik yang dikenal sebagai teledildonics, untuk menggantikan partner manusia.

Demikian menurut pandangan, Neil McArthur, University of Manitoba dan Markie Twist, University of Wisconsin Colleges dan University of Wisconsin-Extension.

Neil McArthur adalah co-editor Robot Sex: Sosial dan Implikasi Etis, yang diterbitkan pada 2017 oleh MIT Press.

Menentukan kualitas digital

Kata Neil McArthur, “Dalam penelitian kami, kami menggunakan istilah digital dalam dua pengertian. Yang pertama, pengertian yang lebih luas adalah untuk menggambarkan penggunaan teknologi canggih dalam seks dan hubungan. Orang-orang sudah terbiasa dengan apa yang kita sebut teknologi seksual gelombang pertama, yang merupakan banyak hal yang kita gunakan untuk menghubungkan kita dengan mitra kita saat ini atau calon. Kami saling mengirim sms, kami menggunakan Snapchat dan Skype, dan kami membuka aplikasi sosial seperti Tinder dan Bumble untuk bertemu orang-orang baru.”

Teknologi ini telah diadopsi secara luas, sangat cepat, sehingga mudah untuk melewatkan efek mendalam yang mereka miliki pada kehidupan intim manusia.

Sangat menarik untuk mempelajari bagaimana orang menggunakan teknologi dalam hubungan mereka. Tidak mengherankan, dalam penelitian nya, dijelaskan bahwa, mereka sudah dapat melihat orang-orang menampilkan gaya lampiran yang berbeda dalam penggunaan teknologi mereka.

Seperti halnya hubungan manusia mereka, orang berhubungan dengan teknologi mereka dengan cara-cara yang mungkin aman, gelisah, menghindar atau kombinasi (sering tidak terorganisir) dari ketiganya.

“Ada pengertian kedua, yang lebih sempit, di mana kita menggunakan istilah digital untuk orang-orang yang identitas seksualnya dibentuk oleh apa yang kita sebut teknologi seksual gelombang kedua,” ujar Neil McArthur.

Teknologi ini ditentukan oleh kemampuan mereka untuk menawarkan pengalaman seksual yang intens, mendalam dan tidak bergantung pada pasangan manusia.

Robot seks adalah teknologi gelombang kedua yang paling dikenal orang. Mereka belum ada, tidak benar-benar, tetapi mereka telah banyak dibahas di media dan sering muncul di film dan di televisi.

Beberapa perusahaan telah ‘mempratinjau’ prototipe robot seks, tetapi ini tidak mendekati apa yang kebanyakan orang anggap sebagai sexbot yang tepat. Mereka juga sangat menyeramkan.

Memperbaiki sexbots

Ada beberapa perusahaan, seperti perusahaan Real Doll, yang berupaya mengembangkan sexbots realistis. Tetapi ada beberapa kendala teknis yang belum mereka atasi. Inteligensi buatan yang benar-benar interaktif sedang berkembang lambat, misalnya, dan terbukti sulit untuk mengajarkan robot untuk berjalan. Lebih menarik, beberapa penemu telah mulai bereksperimen dengan desain inovatif, non-antropomorfik untuk sexbots.

Sementara itu, VR berkembang pesat. Dan di industri seks, VR sudah digunakan dengan cara yang melampaui pornografi pasif. Dunia virtual imersif dan lingkungan multi-player, sering kali digabungkan dengan perangkat haptic feedback, telah diciptakan yang menawarkan pengalaman seksual yang intens kepada orang-orang yang mungkin tidak pernah bisa dilakukan oleh dunia nyata.

Jurnalis investigasi Emily Witt telah menulis tentang pengalamannya dengan beberapa teknologi ini dalam bukunya 2016, Future Sex: A New Kind of Free Love.

Sherry Turkle mengeksplorasi artefak relasional dalam sebuah kuliah tahun 1999 di University of Washington.

Ada bukti kuat bahwa, teknologi gelombang kedua memiliki efek pada otak kita yang secara kualitatif berbeda dari apa yang datang sebelumnya.

Profesor MIT Sherry Turkle dan yang lainnya, telah melakukan penelitian tentang intensitas ikatan yang cenderung terbentuk dengan apa yang disebutnya “artefak relasional” seperti robot.

Turkle mendefinisikan artefak relasional sebagai “objek tidak hidup yang, atau setidaknya tampak, cukup responsive, sehingga orang secara alami menganggap diri mereka berada dalam hubungan timbal balik dengan mereka.”

Pengalaman VR Immersive juga menawarkan tingkat intensitas yang berbeda secara kualitatif dari jenis media lain.

Pengalaman yang mendalam

Ketika teknologi seperti virtual reality berkembang, lebih banyak orang akan menggunakannya untuk pengalaman seksual. Shutterstock

Dalam ceramah di Virtual Futures Forum pada tahun 2016, peneliti VR Sylvia Xueni Pan menjelaskan sifat mendalam teknologi VR. Ini menciptakan apa yang dia gambarkan sebagai penempatan ilusi yang masuk akal di dalam otak manusia.

Sebagai hasil dari penentuan posisi waktu-nyata, tampilan stereo 3D dan bidang pandang totalnya, otak pengguna menjadi yakin bahwa, pengguna benar-benar hadir.

Seperti yang dia katakan: “Jika situasi dan peristiwa yang terjadi di VR benar-benar berkorelasi dengan tindakan Anda dan berhubungan secara pribadi dengan Anda, maka Anda bereaksi terhadap peristiwa ini seolah-olah itu nyata.”

Ketika teknologi ini berkembang, mereka akan memungkinkan pengalaman seksual yang menurut banyak orang sama memuaskannya dengan yang dimiliki oleh pasangan manusia, atau dalam beberapa kasus lebih dari itu.

Kami percaya bahwa dalam beberapa dekade mendatang, ketika teknologi ini menjadi lebih canggih dan lebih luas, akan ada semakin banyak orang yang akan memilih untuk menemukan seks dan kemitraan sepenuhnya dari ‘agen’ buatan atau dalam lingkungan virtual. Munculnya identitas seksual baru ini yang kita sebut digitalitas.

Seksualitas dan stigma

Seorang digitalis adalah seseorang yang melihat teknologi mendalam seperti robot seks dan pornografi realitas virtual sebagai bagian integral dari pengalaman seksual mereka, dan yang merasa tidak perlu mencari keintiman fisik dengan pasangan manusia.

Identitas seksual marjinal, hampir selalu menghadapi stigma, dan sudah jelas bahwa, kaum pria tidak terkecuali. Gagasan digitalitas sebagai identitas telah menerima reaksi negatif yang kuat dari banyak komentator di media dan online.

Kita harus belajar dari kesalahan masa lalu. Masyarakat telah melakukan stigmatisasi terhadap kaum gay dan lesbian, biseksual, panseksual, aseksual, orang-orang non-mongam yang konsensual dan praktisi ikatan / dominasi-disiplin / pengajuan-sadomasokisme atau bondange/discipline-dominance/submission-sadomasochism (BDSM).

Kemudian, seiring berjalannya waktu, kita secara bertahap belajar untuk lebih menerima semua identitas seksual yang beragam ini. Kita harus membawa keterbukaan yang sama kepada para wanita.

Ketika teknologi seksual mendalam semakin meluas, kita harus mendekati mereka, dan penggunanya, dengan pikiran terbuka.

Kami tidak tahu ke mana arah teknologi, dan pasti ada kekhawatiran yang perlu didiskusikan – seperti  cara interaksi kami dengan teknologi dapat membentuk sikap kami terhadap persetujuan dengan mitra manusia kami, ujarnya.

Penelitian kami, lanjutnya, membahas satu bagian khusus dari teka-teki: pertanyaan tentang bagaimana teknologi memengaruhi pembentukan identitas seksual, dan bagaimana orang dengan identitas seksual berbasis teknologi dapat menghadapi stigma dan prasangka.

“Ya, ada bahaya. Tapi cambuk dan dayung juga bisa menyakitkan.”

CHIPS PANAS Robot seks AI ‘identik dengan manusia’ ditampilkan di pameran ‘dewasa’ terbesar di dunia

Sementara itu, The Sun, pada 23 Jan 2020 lalu, memberitakan tentang fenomena robot seks yang seolah sudah diterima masyarakat luas.

Dalam berita tersebut dikabarkan, Robot seks FUTURISTIC yang hampir “identik” dengan manusia, telah diluncurkan di AVN Adult Entertainment Expo di Las Vegas.

Teknologi robot seks terbaru, sedang ditampilkan di acara hiburan dewasa terkenal di dunia, termasuk penawaran baru dari RealDoll.

Perusahaan mainan seks RealDoll tidak mengadakan acara tersebut, selama beberapa tahun, dan kemudian memamerkan apa yang sedang dikerjakannya saat ini.

Perusahaan itu men-twit: “Setelah beberapa tahun lagi, Realdoll akan kembali ke @AEexpo minggu depan (!!!) di Las Vegas! Sampai jumpa di sana!”.

Ini juga menjanjikan hadiah dan demonstrasi robot.

Harmony adalah robot seks RealDoll yang paling terkenal. Dan, telah dikirim ke ratusan pelanggan.

Love-droid dengan sumber daya AI – yang memiliki aksen Skotlandia dan cantik. Telah dikembangkan selama bertahun-tahun, hingga akhirnya siap untuk bertemu dengan pemilik yang ‘nakal’ tahun lalu.

Bot seks dibangun oleh sebuah perusahaan teknologi bernama Realbotix, yang merupakan subdivisi dari RealDoll, sebuah perusahaan California yang membuat boneka cinta.

Pendiri RealDoll, Matt McMullen, sebelumnya mengklaim bahwa, bot seksnya hampir identik dengan manusia.

Harmony adalah kepala robot, seperti manusia hidup yang menempel pada tubuh silikon, dan dapat berbicara dengan Anda, melakukan lelucon, dan bahkan mengingat fakta dari percakapan sebelumnya.

Harmony pertama menjadi berita utama pada tahun 2016, memicu gelombang pre-order dari penggemar bot seks tertarik.

Adult Entertainment Expo diadakan di Hard Rock Hotel di Vegas dari 22 hingga 25 Januari 2020.

Ini dihadiri oleh perusahaan besar di industri mainan seks, penggemar dan bintang film dewasa.

Apa itu robot seks?

Robot sudah menjadi bagian dari peralatan kita, membersihkan rumah dan membuat makanan – tetapi, sekarang mereka akan mengubah cara kita mendapatkan kesenangan.

Robot seks pada dasarnya adalah boneka realistis yang memiliki gerakan canggih dan “area” yang mirip dengan manusia. Sehingga, mereka dapat melakukan banyak hal.

Prof Noel Sharkey, selaku ketua Yayasan untuk Robotika, mengatakan, ‘threesome‘ bebas rasa bersalah, merupakan salah satu fungsi potensial untuk robot seks.

Bot bot akan menjadi hiper-realistis dengan fitur seperti pemanas ‘built-in’ untuk menciptakan perasaan kehangatan tubuh. Mereka juga akan memiliki sensor untuk bereaksi terhadap sentuhan Anda.

Satu perusahaan bahkan mengembangkan kepala yang dapat berbicara, tersenyum dan bernyanyi pada boneka seks robotnya. Boneka seks Harmony diklaim sebagai yang pertama menawarkan “hubungan emosional”.

Para ahli mengatakan, robot khusus ini akan mulai muncul di rumah dalam dekade mendatang.

Blogger dan SEO Expert di Garuda Website. Sebuah perusahaan Web Developer di Jakarta Indonesia

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Sosial Budaya

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda Indonesia

Published

on

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda Indonesia

Di zaman modern ini, jenjang pendidikan yang tinggi tidak menjamin seseorang juga memiliki pendidikan karakter yang baik. Cukup banyak orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi bersikap layaknya orang yang berpendidikan rendah atau bahkan tidak berpendidikan.

Dan yang paling buruk adalah mereka yang notabene memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Mereka ini kerap ‘membodohi’ orang lain yang mereka anggap lebih rendah dari segi kepintaran. 

Idealnya, mereka yang memiliki kapasitas dan value pendidikan yang baik seharusnya juga memiliki pendidikan karakter yang baik. Mereka harus mampu memanfaatkan ilmu yang mereka miliki tersebut. Ilmu itu bisa untuk ‘merangkul’ masyarakat umum, terutama masyarakat yang dari segi pendidikan relatif kurang, dengan melalui berbagai cara.

Misal melalui LSM, NGO, dan komunitas. Atau yang sekarang sedang marak, yaitu dengan menjadi figur. Figur ini kita harapkan dapat bergerak di bidang kemasyarakatan, politik, dll untuk mendongkrak kualitas hidup masyarakat. 

Seperti pepatah yang mengatakan ‘bagaikan padi. Semakin tua, semakin berisi, semakin merunduk’. Pepatah ini seolah ingin menyampaikan bahwa semakin kita berilmu, kita seharusnya semakin rendah hati. Sangat penting juga bagi kita untuk dapat membedakan hal yang baik dan hal yang buruk. Hendaklah juga kita menjadi pribadi yang bijak. Nah, nilai-nilai semacam ini lekat dengan yang namanya pendidikan karakter.

Definisi Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang didesain untuk membantu membentuk kepribadian seseorang dengan cara menekankan pada budi pekerti. Dengan harapan budi pekerti ini dapat menghasilkan output berupa sikap jujur, tingkah laku yang baik, hormat dengan orang lain, menghargai orang lain, tanggung jawab, dan output positif lainnya (Thomas Lickona).

Di Indonesia sendiri mungkin kita sering menyebutnya dengan pendidikan nilai. Pendidikan nilai ini meliputi nilai-nilai luhur yang sebenarnya telah ada dan melekat pada budaya bangsa kita. 

Pendidikan karakter semacam ini sebaiknya mulai diperkenalkan sejak dini. Usia dini seseorang akan lebih mudah untuk memberi input yang positif, termasuk input yang ada kaitannya dengan nilai budi pekerti.

Selain itu kita dapat ‘menyisipkan’ sedikit nilai-nilai budi pekerti saat kelas sedang berlangsung. Kita bisa mengajarkan mereka tentang baik dan pentingnya nilai budi pekerti dari sikap dan perbuatan yang kita contohkan kepada mereka.

Dengan cara ini anak-anak ini tidak hanya mengetahui soal nilai budi pekerti secara teoritis saja. Hal lainnya adalah secara nyata mendapatkan apa yang sudah kita contohkan di hadapan mereka. 

Signifikansi

Signifikansi dari pendidikan karakter cukup banyak. Dan yang paling nyata adalah tumbuhnya pribadi yang berkualitas baik dari segi intelegensi maupun emosi.

Dari segi emosi, seseorang dengan bekal pendidikan karakter yang baik cenderung akan menjadi pribadi yang tumbuh dengan baik. Mereka memiliki rasa simpati, empati, dan toleransi yang tinggi.

Selain itu akan tumbuh nilai-nilai positif dalam dirinya. Nilai kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan sikap terbuka; Sebuah sikap yang wajib ada dengan nilai menghargai segala hal yang mungkin tidak seragam dengan pendapatnya. 

Baca juga: Kenali Obat Stroke Tradisional Ampuh dan Mudah Didapatkan

Sudah sewajarnya berbagai tindakan kriminal ataupun peristiwa-peristiwa kelam yang memicu perpecahan dapat kita tekan apabila sebagian besar masyarakat kita memiliki bekal pendidikan karakter yang cukup. Yang ada kita hidup harmonis dan saling menghargai. 

Pendidikan Karakter Sebaiknya Melibatkan Siapa?

Untuk mengimplementasikannya seperti yang diharapkan, kita perlu melibatkan banyak pihak. Sebut saja individu itu sendiri, pemerintah, lingkungan sosial, dan keluarga. Semua pihak ini jika berjalan secara bersama dan harmonis, kita sebut sistem. Sistem yang berjalan dengan baik tentu akan memberi pengaruh yang signifikan pada proses pemberian pendidikan ini. 

Keluarga sebagai basis pendidikan juga perlu memperkenalkan inti dari pembentukan karakter secara perlahan pada anak-anak sejak dini. Orang-orang dewasa dalam sebuah keluarga dapat memberi mereka contoh dan kebiasaan yang baik.

Ini adalah bekal awal bagi siswa untuk menerima pendidikan karakter dengan cakupan yang lebih luas nanti ketika mulai menginjak bangku sekolah dan ketika terjun ke dalam lingkungan sosial dan dunia kerja. 

Demikian artikel singkat ini sudah kami persembahkan bagi generasi muda, terutama anak-anak. Masih ada informasi menarik lainnya seputar pendidikan yang bisa Anda akses di situs academia.co.id kesayangan kami.

Continue Reading

Daerah

Anggaran 1,9 Milyar Disinyalir Harga Rumah Adat Hanya 400 Juta, Jika Benar Kemana Sisanya?

Published

on

KEPAHIANG BB – Pembangunan Rumah Adat Milik Kabupaten Kepahiang yang hampir menelan angka nyaris 2 milyar tersebut diduga hanya seharga 400 juta. Hal ini didapat dari pengakuan pekerja pada rumah adat tersebut. GM yang beralamat di Ogan Ilir Sumatera Selatan selaku tukang dalam pekerjaan mengaku pihaknya saat itu hanya mengambil jasa tukang saja dimana untuk permeternya 1,2 juta.
” Kalau untuk pembuatan Rumah Adat Kepahiang itu berukuran 8 x 12 meter dan kami saat itu hanya mengambil upah tukang saja sekitar 120 jutaan lah, karena kayunya sudah di siapkan oleh pak YM, dan kayu yang digunakan adalah kayu jati dan juga kayu lain, dicampur,” jelasnya.

Sementara itu menurut GM jika memesan bangunan serupa dari mereka hanya seharga 300 juta untuk kayu jenis kulim dimana kayu kulim kualitas dan harganya nyaris sama dengan kayu jati.
” kalau untuk kayu kulim dan jati itu mungkin sama harganya, untuk ukuran sebesar Rumah Adat kepahiang dengan bangunan sama persis sekitar 300 juta terima kunci,” jelas GM.
Melihat keterangan tukang tersebut kemana kelebihan anggaran yang mencapai 1 Milyar lebih tersebut?

Sementara itu Kadis PUPR Rudi sihaloho mengatakan terkait kerusakan yang terjadi pada rumah adat tersebut akan menjadi tanggung jawab bersama untuk memperbaikinya.
” Kalau soal kerusakan yang terjadi sekarang itu nanti akan kita cek dan perbaiki,” ujar Rudi.

Saat ditanya apakah rumah adat tersebut sudah di serah terimakan Rudi menegaskan bahwah bangunan tersebut sudah diserah terimakan ke Dikbud, namun anehnya tidak ada aktifitas apapun hingga hari ini.

Hal yang sama sebenarnya pernah diberitakan pada tahun 2018 tak lama setelah rumah adat tersebut selesai dibangun, kala itu bangunan rumah adat sudah mengalami kerusakan di beberapa tempat, dan Kadis PUPR saat itu juga memberikan Statemen yang sama bahwa akan di cek dan diperbaiki. Tapi kenyataannya hingga diberitakan kembali pada tahun 2020 ini kerusakan belum sama sekali diperbaiki malah bertambah parah.

Di saat yang sama waktu itu Anggota DPRD Kepahiang Hariyanto S.Kom juga pernah mengatakan bangunan Rumah adat dan juga bangunan TIC tersebut saat di bangun seperti sangat tergesa gesa dengan lahan tempat membangun hanya berstatus pinjam pakai.
“aneh dari awal, dibangun dengan dana besar, dengan kesan terburu buru, di tanah bukan milik daerah dan kemudian dibiarkan begitu saja, bangunan permanen di bangun di tanah pinjaman,” ujar Hariyanto.

Baca Juga : https://bedahberita.id/2020/10/18/telan-dana-hampir-2-milyar-terindikasi-3-tahun-rumah-adat-terbengkalai/

Lanjut Hariyanto apapun alasan Dinas Dikbud dan PUPR, hal ini tidak bisa di benarkan, ini bisa merugikan negara, bangunan tersebut mulai rusak, lokasi sudah di penuhi semak belukar. Belum lagi karena gelap bangunan tersebut sudah di jadikan tempat anak anak muda mojok dan bermesraan.
“Selain itu anak anak muda juga mulai mabuk mabukan menghisap lem di dalam bangunan, benar pintu terkunci, tapi jendela terbuka, belum lagi bangunan dan lingkungan sekitar dalam kondisi gelap, jadi sangat menunjang menjadi tempat maksiat nantinya,” sesal Hariyanto.

Hariyanto meminta dinas terkait segera memanfaatkan bangunan bangunan tersebut.
“saya berharap kawan kawan Parpora segera manfaatkan Rumah Adat dan Gedung TIC tersebut, kalau cuma alasan belum serah terima itu alasan tidak masuk akal. Memangnya sesulit apa proses serah terima antar OPD tersebut yang sama sama anak buah Bupati. Itukan cuma administrasi atau pun kalau masih hak Dinas PUPR ya tolong dimanfaatkanlah jangan sampai berlarut larut dan salah manfaat seperti sekarang ini,” katanya saat itu (2018). Tapi faktanya hingga hari ini belum ada pergerakan sama sekali.(bcp)

Continue Reading

Sosial Budaya

Jaringan Sosial Pemain Togel dalam Kultur Kemiskinan

Published

on

jaringan sosial togel

Beberapa jenis judi yang disediakan oleh bandar judi atau bandar slot, termasuk togel di banyak negara sudah dilarang. Permainan taruhan ini dinilai memberikan efek negatif bagi pemainnya. Sedangkan bagi masyarakat miskin sendiri, relasi antar pemain togel membuat kultur perjudian semakin langgeng. Jaringan sosial togel menjadi kuat lantaran beberapa faktor.

Togel sudah banyak dikenal sejak lama. Permainan judi dengan cara bertaruh angka ini sangat mudah dimainkan. Sehingga banyak orang yang mencoba peruntungan di dalamnya. Padahal tak menutup kemungkinan bahwa pemain togel akan semakin rugi.

Sudah banyak ditemukan kasus yang menyatakan bahwa togel membuat orang menjadi bangkrut. Beberapa kasus terbaru juga ditemukan bahwa pemain togel ini justru menyelewengkan dana sosial untuk taruhan.

Motif yang negatif ini memperlihatkan bagaimana togel memberikan dampak yang buruk bagi pelakunya. Maka tak mengherankan jika banyak pemain togel yang menggunakan segala cara untuk mendapatkan uang taruhan.

Sebagai masyarakat yang hidup berdampingan dengan orang lain, togel di beberapa tempat menjadi bagian di dalamnya. Togel bisa tumbuh dan berkembang pada masyarakat yang mendukungnya secara tidak langsung.

Bagaimana hal ini kemudian bisa terjadi? Padahal di berbagai daerah kegiatan togel menjadi barang terlarang.

Masyarakat Miskin sebagai Pembentuk Relasi Jaringan Sosial Togel

Permainan judi togel pada awalnya muncul di tengah masyarakat menengah ke bawah. Ini terjadi karena judi jenis ini sangat sederhana dan tidak perlu media seperti di kasino. Masyarakat miskin yang terhimpit masalah ekonomi memiliki keinginan untuk memperoleh uang dengan cepat.

Sehingga ketika bandar togel masuk ke dalam lingkungannya, mereka akan bersuka cita dengan harapan bisa menang. Beberapa kebijakan negara di masa pemerintahan orde baru pernah melegalkan togel. Togel saat itu berbentuk SDSB (Sumbangan Dermawan Sosial Berhadiah).

Pelegalan togel ini disambut baik oleh banyak orang, khususnya kalangan menengah ke bawah. Togel saat itu menjadi barang taruhan yang menarik sekaligus dianggap menguntungkan. Padahal keuntungan terbesarnya dipegang oleh bandar togel.

Ketika kebijakan ini dihilangkan, masyarakat masih diam-diam melakukan togel. Ini karena ada efek kecanduan yang membuat seolah-olah togel sangatlah menguntungkan. Efek psikologis ini kemudian menjamur di masyarakat hingga sekarang.

Perkembangan togel di masyarakat ini kemudian membentuk jaringan sosial. Jaringan sosial ini merupakan koneksi nonformal yang tidak langsung terbentuk. Biasanya ini disebabkan hubungan pertemanan atau kekerabatan.

Relasi yang kemudian muncul dapat disebut sebagai hubungan patron-klien. Bandar judi bisa disebut sebagai kelompok patron, atau yang menyediakan togel. Sementara pemainnya menjadi klien dalam keterlibatan togel.

Hubungan tersebut merupakan hubungan horizontal. Artinya hubungan pemain togel dengan bandar adalah memiliki kedudukan yang setara.

Sedangkan untuk hubungan vertikal biasanya menggunakan kekuatan atau power. Kekuatan yang dimaksud adalah penyedia jaringan keamanan dalam bermain togel. Dalam perjudian, seperti togel, tidak asing jika melibatkan pihak ketiga.

Pihak ketiga yang dimaksud adalah orang yang memiliki kuasa. Misalnya oknum militer yang menjadi backing dalam bisnis togel ini.

Kekuatan ini lah yang kemudian menjadi budaya togel, khususnya di lingkungan miskin. Pengaruh kuat dari dalam dan luar semakin menguatkan kebiasaan bermain togel pada masyakarat. Sehingga togel sulit untuk dihapuskan.

Fenomena Jaringan Togel dalam Kacamata Teori Sosial

Togel menjadi barang yang sudah tidak asing lagi. Meski banyak ditolak oleh banyak orang, beberapa kelompok masih hidup bersama togel. Banyaknya penolakan terhadap togel ini kemudian menjadikannya sebagai masalah sosial.

Lalu bagaimana masyarakat kemudian memandang hal yang menyimpang ini? Bagi lingkungan yang mayoritas menolak togel, tentu saja memandangnya sebagai hal negatif. Tetapi, bagi lingkungan yang dihidupi dengan judi dan togel ini menjadi persoalan berbeda.

Dalam kacamata teori sosial, salah satunya adalah fenomenologi, memandang bahwa togel terjadi karena ada motif di baliknya. Togel di masyarakat yang kemudian membentuk suatu jaringan sosial memperlihatkan dua sisi.

Fenomenologi memandang bahwa apa yang terjadi memiliki arti ganda. Dapat berupa arti objektif empiris serta subjektif. Sehingga jika melihat fenomena togel, bisa dilihat mengapa jaringan sosial pada togel bisa terbentuk.

Dalam beberapa motif yang mendorong masyarakat bermain togel, salah satunya adalah kemiskinan. Pemaknaan kemiskinan dalam togel juga memiliki dua sisi yang berbeda.

Baca juga: Representasi Togel dalam Kemiskinan Masyarakat

Bagi kelompok yang putus asa, bermain togel dianggap mampu menyelamatkan perekonomian. Sedangkan faktanya, dengan bermain togel, justru kemiskinan akan semakin parah.

Jaringan Sosial Togel pada Lingkup Masyarakat Miskin

Keberadaan togel yang menyasar kelompok menengah ke bawah membuat sedikit khawatir. Pasalnya, kelompok ini merupakan kelompok yang rentan secara finansial. Harapan mereka dengan bermain togel adalah menjadi kaya. Sedangkan yang terjadi justru sebaliknya.

Lingkaran kemiskinan akan terus menjangkiti kelompok yang bergabung pada togel. Sehingga jaringan sosial yang ada dalam ranah togel semakin besar. Semakin besar jaringan yang terbentuk, maka semakin sulit pula togel diberantas.

Masyarakat miskin ini membutuhkan jalan untuk keluar, meski tak menutup kemungkinan dari kelompok atas juga terlibat togel. Semakin banyak masyarakat yang menggantungkan diri pada togel, maka semakin dalam juga mereka terperosok dalam kemiskinan.

Continue Reading

Trending