Connect with us

Lifestyle

Apa itu feromon dan apakah benar berpengaruh terhadap prilaku?

Published

on

Apa itu feromon

Apa itu Feromon? Ini biasa juga disebut Pheromone dan adalah bahan kimia yang diproduksi oleh hewan. Dimana mengubah perilaku hewan lain dari spesies yang sama.

Beberapa menggambarkan feromon sebagai aroma pengubah perilaku. Banyak orang tidak tahu, bahwa, feromon memicu perilaku lain pada hewan dari spesies yang sama, terlepas dari perilaku seksual.

Hormon biasanya, bekerja secara internal, dan mereka hanya memiliki efek langsung pada individu yang mengeluarkannya.

Feromon, tidak seperti kebanyakan hormon lainnya, ia adalah ektohormon. Yang dikeluarkan di luar tubuh, dan mempengaruhi perilaku individu lain.

Artikel ini akan mengulas apa itu feromon. Dan apakah mereka dapat ditemukan pada manusia.

Fakta tentang feromon

  • Feromon mirip dengan hormon tetapi bekerja di luar tubuh.
  • Mereka menginduksi aktivitas pada individu lain, seperti gairah seksual.
  • Sebagian besar serangga, menggunakan feromon untuk berkomunikasi.
  • Beberapa bahan kimia telah diselidiki untuk efek feromon pada manusia. Tetapi belum ada data kuat. Atau belum ada pernyataan resmi dari lembaga berkompeten.
  • Banyak produk feromon dapat dibeli secara online, seperti parfum pheromone untuk daya tarik. Berdasarkan berbagai sumber, efek yang diceritakan cukup bervariasi.

Ada empat jenis feromon: releaser (pelepas), primer, signaler (pemberi tanda) dan modulator.

Fungsi Feromon

Hewan mengeluarkan feromon untuk memicu berbagai jenis perilaku, termasuk:

  • menaikkan tingkat kewaspadaan
  • menandakan jejak makanan
  • memicu gairah seksual
  • beri tahu serangga betina lain untuk bertelur di suatu tempat
  • menggambarkan suatu wilayah
  • ikatan antara ibu dan anak
  • memperingatkan binatang lain untuk mundur

Dipercaya bahwa feromon pertama, diidentifikasi bombykol pada tahun 1959. Bombykol disekresikan oleh ngengat betina dan dirancang untuk menarik perhatian jantan.

Sinyal feromon dapat menempuh jarak yang sangat jauh, bahkan pada konsentrasi rendah.

Para ahli mengatakan bahwa, sistem feromon serangga jauh lebih mudah dipahami daripada mamalia, yang tidak memiliki perilaku serangga stereotip sederhana.

Dipercayai bahwa mamalia mendeteksi feromon melalui organ di hidung yang disebut organ vomeronasal (VNO), atau organ Jacobson. Ini terhubung ke hipotalamus di otak.

VNO pada manusia terdiri dari lubang yang mungkin tidak melakukan apa-apa. Menariknya, VNO jelas ada pada janin, tetapi berhenti berkembang sebelum lahir. Jika manusia merespons hormon, kemungkinan besar mereka menggunakan sistem penciuman normal mereka.

Feromon biasanya digunakan dalam pengendalian serangga. Mereka dapat digunakan sebagai umpan untuk menarik jantan ke dalam perangkap, mencegah mereka kawin, atau untuk membingungkan mereka.

Feromon manusia

Menurut ribuan website yang menjanjikan penaklukan seksual jika Anda menggunakan sesuatu dari mereka, ini dipercaya menggunakan feromon manusia ada.

Gustav Jäger (1832-1917), seorang dokter dan ahli kesehatan Jerman, dianggap sebagai ilmuwan pertama yang mengemukakan gagasan feromon manusia, yang ia sebut antropine.

Jäger mengatakan bahwa, pheromones adalah senyawa lipofilik yang terkait dengan kulit dan folikel, sebagai penanda ciri khas individu dari aroma manusia.

Senyawa lipofilik adalah senyawa yang cenderung bergabung dengan, atau mampu larut dalam lemak.

Para peneliti di University of Chicago mengklaim bahwa mereka berhasil menghubungkan sinkronisasi siklus menstruasi wanita dengan isyarat bau yang tidak disadari. Kepala peneliti disebut Martha McClintock, dan fenomena itu disebut “efek McClintock.”

Ketika memaparkan sekelompok wanita pada aroma keringat dari wanita lain, siklus haid mereka dipercepat atau diperlambat, tergantung pada apakah keringat dikumpulkan sebelum, selama, atau setelah ovulasi.

Para ilmuwan mengatakan bahwa, feromon yang dikumpulkan sebelum ovulasi, memperpendek siklus ovarium, sedangkan feromon yang dikumpulkan selama ovulasi memperpanjangnya.

Namun, analisis lain mempertanyakan validitas studi McClintock dan metodologi.

Jenis Feromon

Ada empat jenis feromon:

Feromon pelepas:

Ini memperoleh respons langsung, dan responsnya cepat dan dapat diandalkan. Mereka biasanya terkait dengan ketertarikan seksual.

Feromon primer:

Ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan respons. Mereka dapat, misalnya, mempengaruhi perkembangan atau reproduksi fisiologi, termasuk siklus menstruasi pada wanita, pubertas, dan keberhasilan atau kegagalan kehamilan.

Mereka dapat mengubah kadar hormon pada makhluk lain. Dalam beberapa mamalia, para ilmuwan menemukan bahwa, betina yang telah hamil dan terpapar feromon primer dari jantan lain, dapat secara spontan menggugurkan janin.

Feromon pemberi tanda:

Ini memberikan informasi. Mereka dapat membantu ibu mengenali bayinya dengan aroma. Ayah biasanya tidak bisa melakukan ini. Feromon signaler memberikan cetakan bau genetik kami.

Feromon modulator:

Pheromones jenis ini dapat mengubah atau menyinkronkan fungsi tubuh. Mereka biasanya ditemukan pada keringat. Dalam eksperimen hewan, para ilmuwan menemukan bahwa, ketika diletakkan di bibir atas betina, mereka menjadi kurang tegang dan lebih rileks. Hormon modulator juga dapat memengaruhi siklus bulanan wanita.

Berita Feromon

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Respirology pada Januari 2016, menunjukkan bahwa zat yang disebut AND (turunan progesteron 4,16-androstadien-3-one) menyebabkan pembengkakan di jaringan ereksi hidung wanita. Ini diambil sebagai bukti bahwa AND mungkin merupakan feromon yang berfungsi.

Pesaing lain untuk peran feromon manusia adalah androstadienone. Ada beberapa bukti bahwa androstadienone, komponen keringat pria, meningkatkan daya tarik, mempengaruhi suasana hati dan kadar kortisol dan mengaktifkan area otak yang terkait dengan kognisi sosial. Satu studi menemukan bahwa androstadienone meningkatkan perilaku kooperatif pada pria.

Androstenone, yang hanya disekresikan oleh laki-laki, juga telah diuji peran potensinya sebagai feromon. Menurut beberapa penelitian, androstenone meningkatkan libido wanita, terutama jika dia diberikan waktu mendekati masa ovulasi.

Pada bulan Maret 2017, para peneliti menerbitkan temuan-temuan dari sebuah eksperimen di mana mereka mengekspos salah satu dari tiga aroma partisipan. Ini adalah kontrol dan feromon yang mungkin, baik DAN atau estratetraenol (EST).

Mereka kemudian meminta para peserta untuk melakukan tugas yang melibatkan menilai persepsi gender, daya tarik atau ketidaksetiaan orang-orang yang wajahnya mereka lihat dalam gambar.

Para ilmuwan tidak menemukan perbedaan dalam reaksi partisipan, apakah mereka terkena aroma atau tidak. Mereka menyimpulkan bahwa AND dan EST mungkin bukan feromon manusia.

Secara keseluruhan, bukti keberadaan feromon pada manusia lemah, tetapi tidak bisa dikesampingkan sepenuhnya. Jika feromon manusia pernah ditemukan, efeknya mungkin sangat halus.

Jika Anda tertarik untuk mencoba sendiri, Anda dapat membeli parfum pheromone secara online.

Blogger dan SEO Expert di Garuda Website. Sebuah perusahaan Web Developer di Jakarta Indonesia

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

info

Ini dia 3 Cara Menghitung Borongan Cat Tembok Sesuai Budget

Published

on

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Sudah paham bagaimana cara menghitung borongan cat tembok? Dinding atau tembok bangunan yang sudah dibangun umumnya akan diberikan lapisan finishing agar terlihat lebih menarik dan rapi. Salah satu jenis lapisan finishing yang paling umum digunakan untuk sebuah bangunan yakni cat tembok. 

Pada dasarnya, pengecatan tembok adalah kegiatan yang termasuk susah-susah gampang. Namun itu bukan tanpa alasan, karena mengecat tembok rumah bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa tukang. 

Jika Anda ingin menggunakan jasa tukang cat eksterior, akan lebih baik jika membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu. Karena dengan menerapkannya, Anda bisa memperkirakan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk pengecatan tembok di rumah. 

Tenang saja, kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat anggaran biaya tersebut di dalam artikel ini. Jadi Anda bisa membuat perencanaan yang matang sesuai dengan keinginan. 

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok dari Komponen Pengerjaan Cat Tembok

Sebelum Anda memahami cara menghitung borongan cat tembok lebih lengkap, akan lebih baik jika ketahui dulu apa saja komponen-komponen dan material yang masuk ke dalam hitungan RAB. Berikut kami jelaskan beberapa komponen di dalam pengerjaan cat tembok. 

1. Bahan Material Pengecatan

Kebutuhan utama pada di dalam cara menghitung borongan cat tembok yakni bahan materialnya. Sekarang ini, Anda sudah bisa mendapatkan bahan material cat tembok dengan mudah di toko-toko bangunan. Siapkan beberapa material di bawah ini untuk memulai pengerjaan cat tembok, seperti:

  1. Plamir
  2. Kertas gosok atau amplas
  3. Cat dasar
  4. Cat penutup
  5. Pengencer cat atau air
  6. Kuas cat
  7. Roll cat

Saat ingin melakukan pengecatan interior rumah, akan lebih baik untuk memahami cara mengecat tembok dengan roll terlebih dahulu agar hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan Anda. 

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

2. Pekerja Borongan

Selain kebutuhan material seperti di atas, Anda juga harus mempertimbangkan upah tukang cat per hari atau sesuai kebutuhan. Pasalnya, Anda pasti akan membutuhkan tukang lebih dari 1, apalagi jika akan melakukan pengerjaan cat tembok dalam skala besar. Adapun daftar pekerja borongan untuk mengecat tembok yaitu:

  • Pekerja
  • Tukang cat
  • Kepala tukang
  • Mandor lapangan

Memahami Rumus Perhitungan Borongan Cat Tembok

Ketika ingin menerapkan cara menghitung borongan cat tembok, sudah pasti Anda harus pahami dulu bagaimana rumusnya. 

Perhitungan biaya untuk mengecat rumah ini tidak hanya akan membantu sang pemilik rumah untuk menghemat pengeluaran. namun juga bisa memperkirakan total waktu yang dibutuhkan sampai selesai pengerjaan cat tembok. Berikut rumus yang harus Anda pahami:

  • Luas dinding: (2 x panjang x tinggi ruang) + (2 x lebar x tinggi)
  • Apabila dinding memiliki jendela atau pintu, maka luas area: luas dinding – luas jendela atau pintu
  • Untuk luas tembok per meter persegi: (panjang x tinggi dinding) – (lebar kusen x tinggi kusen pintu) – (lebar kusen x tinggi kusen jendela)
  • Untuk volume cat tembok: luas bidang atau dinding / daya sebar cat

Pengerjaan mengecat tembok rumah memang terlihat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi, sebenarnya pekerjaan ini memerlukan keterampilan dan pengetahuan khusus. 

Sehingga kami lebih menyarankan untuk menggunakan jasa tukang cat profesional supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Maka dari itu, cara menghitung borongan cat tembok harus dilakukan secara matang. 

Panduan Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Setelah mengetahui rumus perhitungan di atas, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menghitung borongan cat tembok dengan tepat. Kami akan berikan prosedur cara menghitung kebutuhan cat per meter perseginya di bawah ini. 

Baca Juga: Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pengecatan Dinding Terlengkap

Volume Pengerjaan Pengecatan Tembok

Langkah pertama yang harus Anda lakukan di dalam cara menghitung borongan cat tembok adalah melakukan perhitungan volume pekerjaan pengecatan tembok. Sebagai contoh, Anda akan menghitung volume pengecatan tembok untuk sebuah kamar tidur berukuran 4 m x 3 m. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut. 

Diketahui:

  • Ukuran bangunan: 4 m x 4 m 
  • Tinggi dinding: 3.2 m 
  • Pintu: 1 buah pintu dengan kusen berukuran 1 m x 2.3 m 
  • Jendela: 1 buah jendela dengan kusen berkuran 0.8 m x 1.2 m

Perhitungan:

  • Luas total dinding untuk 4 sisi: 2 x (4 m x 3.2 m) + 2 x (4 m x 3.2 m) = 51.2 m2
  • Luas bagian pintu: 1 x (1 m x 2.3 m) = 2.3 m2
  • Luas bagian jendela: 1 x (0.8 m x 1.2 m) = 0.96 m2
  • Luas bagian tembok: 51.2 – 2.3 – 0.96 = 47.94 m2

Jadi dapat disimpulkan, total volume pekerjaan pengecatan tembok untuk ruangan kamar yang memiliki ukuran 4 m x 4 m yaitu sebesar 47.94 meter persegi.

Cara Menghitung Borongan Cat Tembok

Harga Borongan Cat Tembok

Tahap selanjutnya dalam cara menghitung borongan cat tembok adalah mengalikan luas tembok dengan harga borongan cat tembok per meter perseginya. Mari ambil contoh harga borongan cat tembok sekarang ini, yakni Rp 25.000 per meter persegi. Maka perhitungannya menjadi:

  • Biaya cat tembok: luas tembok x harga borongan per meter persegi
  • Biaya cat tembok: 47.94 m2 x Rp 25.000 = Rp 1.198.500

Melalui perhitungan di atas, Anda pastinya  bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk mengecat sebuah ruangan kamar berukuran 4 m x 4 m memerlukan total biaya pengecatan tembok baru sebesar Rp 1.198.500.

Biaya Kebutuhan Material Cat Tembok Yang Diperlukan

Sesudah mengetahui total kebutuhan biaya untuk menggunakan jasa pekerja atau tukang cat, sekarang saatnya ANda menghitung total biaya pembelian materialnya. 

Biasanya, satu kaleng cat dengan ukuran 2.5 liter bisa digunakan untuk mengecat tembok dengan luas 27 meter persegi. Maka untuk ruangan seluas 50 meter persegi minimal memerlukan 2 kaleng cat tembok yang akan dimasukan ke dalam Rencana Anggaran Biaya renovasi rumah Excel

Akan tetapi, karena pengecatan tembok akan dilakukan dua lapis atau dua kali, setidaknya Anda membutuhkan sekitar 4 kaleng cat. Misalnya, harga cat tembok berkualitas sekarang ini sekitar Rp 250.000. Maka Anda perlu menyiapkan dana 4 kaleng cat x Rp 250.000 = Rp 1.000.000. 

Kemudian, Anda juga perlu mempersiapkan alat pengecatan tambahan seperti roll dan kuas cat. Umumnya, peralatan tersebut bisa Anda dapatkan di beberapa toko bangunan dengan harga sekitar Rp 45.000 sampai Rp 60.000. 

Baca Selengkapnya: Cara Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah Excel

Akhir Kata

Di atas, kami sudah menjelaskan bagaimana prosedur cara menghitung borongan cat tembok dengan tepat. Sebagai pemilik rumah, sudah sewajarnya Anda mengharapkan hasil akhir yang sesuai dengan harapan. Maka dari itu, lakukan pembersihan tembok dari kotoran dan debu yang menempel sebelum melakukan pengecatan tembok. 

Anda harus memastikan sisi tembok dalam keadaan steril, dengan maksud tidak ada satupun air atau minyak. Jika ada tembok yang bolong, Anda bisa menambalnya menggunakan dempul atau plamir. Yang terakhir, pelajari metode pelaksanaan pekerjaan pengecatan dinding jika ingin melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa tukang. 

Continue Reading

Bisnis

Biaya Translate Bahasa Inggris: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Published

on

biaya translate bahasa inggris

Anda membutuhkan jasa translate bahasa inggris namun, takut biaya translate bahasa inggris nya mahal?

Translate bahasa Inggris seringkali menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan di era globalisasi seperti saat ini. Banyak orang yang membutuhkan jasa translate untuk keperluan bisnis, pendidikan, maupun pribadi. Namun, biaya translate bahasa Inggris seringkali menjadi perdebatan mengingat besarnya variasi tarif yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang berapa biaya translate bahasa Inggris yang wajar dan apa yang harus diperhatikan dalam menentukan pilihan penyedia jasa.

Keunggulan Penerjemah Tersumpah Bahasa Inggris

Penerjemah tersumpah bahasa Inggris adalah penerjemah yang telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga pemerintah setempat. Mereka telah menjalani ujian sertifikasi dan diakui oleh negara sebagai penerjemah yang terpercaya dan berkompeten dalam menerjemahkan dokumen resmi seperti akta kelahiran, akta nikah, atau dokumen bisnis.

Kualitas penerjemah tersumpah bahasa Inggris terjamin karena mereka harus mengikuti standar yang ketat dalam melakukan pekerjaan mereka. Mereka harus memahami bahasa sumber dan bahasa target dengan baik, serta memperhatikan konteks dan budaya setempat. Oleh karena itu, mereka seringkali lebih mahal dibandingkan penerjemah biasa.

Biaya Translate Bahasa Inggris: Berapa Harga yang Wajar?

Biaya translate bahasa Inggris bervariasi tergantung pada penyedia jasa dan jenis dokumen yang akan diterjemahkan. Biasanya, biaya diperhitungkan per kata atau per halaman, dengan harga yang berbeda untuk dokumen resmi dan dokumen biasa.

Untuk dokumen biasa seperti email, surat, atau artikel blog, biaya translate bahasa Inggris berkisar antara Rp. 50 hingga Rp. 100 per kata. Sedangkan untuk dokumen resmi seperti akta kelahiran atau dokumen bisnis, biaya bisa mencapai Rp. 300 hingga Rp. 500 per kata.

Namun, kita perlu memperhatikan bahwa biaya yang rendah tidak selalu menjamin kualitas penerjemahan yang baik. Penyedia jasa yang menawarkan biaya sangat rendah bisa saja menggunakan penerjemah yang kurang berkualitas atau bahkan menggunakan mesin penerjemah seperti Google Translate.

Sebaliknya, biaya yang sangat tinggi juga tidak selalu menjamin kualitas terbaik. Kita perlu membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa dan mempertimbangkan reputasi dan pengalaman mereka sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Penyedia Jasa Translate Bahasa Inggris

Untuk memilih penyedia jasa translate bahasa Inggris yang baik, kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Kualitas Penerjemahan

Kualitas penerjemahan harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih penyedia jasa translate bahasa Inggris. Pastikan memilih penerjemah bahasa Inggris yang terpercaya dan berpengalaman dalam menerjemahkan dokumen Anda.

Pengalaman Penyedia Jasa

Pengalaman penyedia jasa juga perlu diperhatikan. Pilihlah penyedia jasa yang sudah memiliki pengalaman dalam menerjemahkan dokumen yang serupa dengan dokumen Anda. Sebuah penyedia jasa yang berpengalaman tentunya lebih dipercaya dan bisa memberikan hasil terbaik untuk dokumen Anda.

Reputasi Penyedia Jasa

Reputasi penyedia jasa juga penting untuk dipertimbangkan. Pastikan penyedia jasa memiliki reputasi yang baik dan dikenal sebagai penyedia jasa terpercaya dalam menerjemahkan dokumen bahasa Inggris.

Kemampuan Penyedia Jasa Dalam Mengelola Waktu

Pilihlah penyedia jasa yang dapat mengelola waktu dengan baik dan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan. Pastikan juga penyedia jasa dapat memberikan hasil terbaik dalam waktu yang singkat.

Keamanan Dokumen

Pastikan penyedia jasa memiliki kebijakan privasi dan keamanan yang baik untuk melindungi dokumen Anda dari kebocoran atau penggunaan yang tidak sah. Selalu tanyakan bagaimana penyedia jasa menjaga keamanan dokumen Anda.

Hal Yang Harus Diketahui

Selain hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih penyedia jasa translate bahasa Inggris, ada beberapa tambahan informasi yang juga penting untuk diketahui terkait biaya translate bahasa Inggris.

Tarif Standar Penerjemah Bahasa Inggris

Biasanya, tarif standar penerjemah bahasa Inggris di Indonesia berkisar antara Rp 80.000 – Rp 150.000 per halaman. Namun, harga tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada kompleksitas dokumen, deadline, dan kebutuhan khusus lainnya.

Biaya Terjemahan Dokumen Teknis

Dokumen teknis seperti dokumen perusahaan, dokumen hukum, dan dokumen medis, biasanya memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan dokumen umum. Hal ini dikarenakan penerjemah harus memiliki pengetahuan khusus di bidang tersebut untuk dapat menerjemahkan dokumen dengan akurat.

Biaya Terjemahan Simultan

Terjemahan simultan adalah jenis terjemahan yang biasanya dilakukan dalam acara-acara besar seperti konferensi atau seminar. Pada jenis terjemahan ini, penerjemah harus dapat menerjemahkan suara secara cepat dan akurat dalam waktu yang bersamaan dengan pembicara. Karena kompleksitas tugas tersebut, biaya terjemahan simultan biasanya lebih tinggi dibandingkan jenis terjemahan lainnya.

Biaya Tambahan

Beberapa penyedia jasa translate bahasa Inggris mungkin juga menawarkan biaya tambahan seperti biaya revisi atau biaya pengiriman dokumen. Pastikan Anda mengetahui secara jelas biaya-biaya tambahan yang ditawarkan sebelum menggunakan jasa mereka.

Kesimpulannya, memilih penyedia jasa translate bahasa Inggris yang tepat bisa memastikan dokumen Anda diterjemahkan dengan akurat dan tepat waktu. Selain itu, perhatikan juga biaya translate yang mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis dokumen dan kebutuhan khusus lainnya.

Pastikan untuk memilih penyedia jasa yang memiliki reputasi baik, pengalaman yang cukup, dan kemampuan dalam mengelola waktu. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dan biaya serta memastikan kualitas terjemahan yang baik.

Baca Juga: Jelaskan Rumus 5W + 1H di dalam Teks Berita

Continue Reading

info

4 Cara Mengecat Tembok dengan Roll Paling Simple

Published

on

Cara Mengecat Tembok dengan Roll

Sesudah pekerjaan pembuatan dinding rumah selesai sekarang saatnya Anda memahami bagaimana cara mengecat tembok dengan roll. Melakukan pengecatan dinding bertujuan untuk mewarnai bagian permukaannya. 

Dinding yang baru saja diaci masih memiliki warna abu-abu kusam sehingga tampilannya kurang menarik. Maka dari itu, Anda bisa mengecatnya menggunakan cat dengan warna yang sesuai dengan desain ruangan. 

Anda bisa mengaplikasikan cat ke permukaan dinding dengan bantuan alat bantu khusus, yakni roller. Sama seperti kuas, roller juga merupakan alat bantu untuk mengecat dinding rumah. Namun, bagaimana metode pelaksanaan pekerjaan pengecatan dinding yang tepat menggunakan roller? Perhatikan penjelasannya di bawah ini. 

Panduan Cara Mengecat Tembok dengan Roll

Memiliki rumah dengan nuansa yang indah adalah impian semua pemiliknya. Nuansa tersebut bisa dipancarkan dari pemilihan dan penerapan cat dinding yang tepat. Jadi selain harus mempertimbangkan pemilihan warna cat waterproof dinding interior terbaik, pahami bagaimana caranya melakukan pengecatan dinding menggunakan roll di bawah ini. 

1. Menyediakan Roller Yang Paling Tepat

Cara mengecat tembok dengan roll yang pertama sudah pasti harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu. Anda bisa menemukan banyak produk roller yang tersedia. Namun sebaiknya memilih roller yang mempunyai kualitas terbaik, nyaman digunakan, dan bisa menghasilkan pengecatan yang rapi. Hm, namun bagaimana caranya memilih alat tersebut yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

Sebaiknya Anda memilih roller yang terbuat dari bahan bulu domba di bagian rollnya. Pasalnya, ini merupakan roller terbaik untuk mengecat dinding. Hasil akhir yang didapatkan nantinya akan lebih bagus jika menggunakan jenis tersebut. 

Akan tetapi, pastikan juga roller tersebut memiliki bulu yang penuh dan rata. Pasalnya, ini akan membuat Anda mudah menggunakannya. Bulu roller yang rata bahkan akan memberikan hasil pengecatan dinding yang bagus dan rapi.

Selain itu, pilih juga roller yang memiliki pegangan panjang atau pegangan yang bisa diatur ukurannya. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa menjangkau bagian dinding yang areanya cukup tinggi tanpa harus menggunakan tangga dulu. 

Cara Mengecat Tembok dengan Roll

2. Mengencerkan Produk Cat Dinding di Bak

Pada cara mengecat tembok dengan roll yang kedua, encerkan produk cat yang sudah Anda beli jika masih bertekstur kental. Anda tidak boleh menggunakannya jika tekstur cat belum encer. 

Pasalnya, selain membuat boros, hasil cat yang akan didapatkan nanti tidak akan rapi. Perlu mengencerkan cat tersebut terlebih dahulu menggunakan air atau tinner sesuai dengan jenis produk cat yang sudah dibeli. 

Tambahkan air atau tiner secukupnya sesuai dengan petunjuk pemakaian cat yang ada pada bagian kemasan. Buatlah produk cat tersebut agak encer agar Anda bisa lebih mudah mengaplikasikannya ke permukaan dinding. 

3. Ambil Cat Menggunakan Roller

Sekarang masuk ke cara mengecat tembok dengan roll yang ketiga. Anda perlu menyiapkan bak khusus untuk keperluan mengecat. Umumnya, wadah ini berbentuk kotak dan memiliki permukaan yang miring di bagian dalamnya. 

Kemudian, tuangkan cat yang sudah diencerkan ke dalam bak secukupnya saja. Akan lebih baik, bersihkan terlebih dahulu bulu pada roller sebelum digunakan. Celupkan roller tersebut pada wadah bak tadi. Usahakan pada bagian roller yang terkena cairan cat dinding cuku di bagian permukaannya saja. jadi, roller tersebut jangan sampai terendam sepenuhnya. 

Setelah sebagian permukaan roller sudah terkena cat, Anda dapat meratakannya ke seluruh bagian roller tersebut dengan meniriskannya terlebih dahulu. Cara yang paling mudah, roller diusapkan ke sisi bak yang ukurannya lebih tinggi dan masih kering. 

Gerakkan roller ke arah depan dan belakang pada bagian bak tersebut. Anda bisa melakukan langkah ini sampai cat menutupi seluruh permukaan roller dan kondisinya menjadi cukup kering dan cat yang menempel tadi tidak menetes lagi. Barulah alat roller bisa digunakan untuk mengecat dinding.

4. Mulai Mengecat Dinding Menggunakan Roller

Anda bisa memastikan sekali lagi cairan cat yang menempel pada permukaan roller tidak terlalu banyak. Butuh tipis saja asal tidak menetes. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai melakukan pengecatan. 

Namun sebelum itu, bersihkan terlebih dahulu dinding yang ingin dilakukan pengecatan terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa membagi bidang dinding tersebut per 1 sampai 2 meter. 

Sehingga nantinya menjadi beberapa area pengecatan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa melakukan pengecatan dengan lebih mudah dibandingkan langsung mengecat bagian seluruh permukaannya. 

Agar bisa mendapatkan hasil yang rapi dari cara mengecat tembok dengan roll, gerakkan alat tersebut membentuk huruf M atau W. Jangan melakukan gerakkan roller ke atas dan bawah saja karena justru akan memboroskan produk cat. Lakukan pengecatan dinding dengan lapisan yang tipis saja. 

Setelah itu, pindah ke area kerja di sebelahnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengecatan dinding memang lebih baik dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali lapisan. 

Sehingga hasilnya nanti bisa lebih rapi dan rata. Berbeda jika melakukan pengecatan dengan produk yang terlalu tebal karena akan menyebabkan warnanya tidak merata dan permukaannya bergelombang. 

Sebelum melakukan cara mengecat tembok dengan roll seperti di atas, Anda menerapkan cara menghitung borongan cat tembok terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak cat dan biaya yang perlu dikeluarkan. 

Continue Reading

Trending