Connect with us

Bisnis

Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Published

on

konten marketing

Membangun bisnis di zaman digital menjadi tantangan yang dihadapi oleh banyak pebisnis. Seiring berubahnya zaman, tentu cara pemasaran produk kepada pembeli dan konsumen juga harus berubah. Konten marketing sendiri masih menjadi pertanyaan karena ada banyak sekali definisi yang bercabang. Secara singkat, konten marketing adalah cara paling efektif untuk meningkatkan popularitas untuk meningkatkan angka pembelian.

Di artikel hari ini, kami akan membedah secara tuntas apa saja tipe tipe konten marketing hingga media yang tepat untuk menyiarkan tersebut.

Apa itu Konten Marketing?

Pemasaran konten adalah suatu strategi untuk menyalurkan konten kepada pembaca atau konsumen. Konten tersebut juga harus bisa menarik perhatian dalam cara yang natural dan sederhana. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membangun konten seperti menceritakan sebuah cerita.

Konten harus bisa dinikmati oleh pembaca. Ketika anda dapat merancang konten yang efektif, pembaca akan merasa tersambung pada konten. Sehingga konten yang telah dirancang pun dapat merasa autentik sambil.

Baca Juga: Apa itu Konten Marketing Instagram dan Contohnya

Mengapa Konten Marketing Sangat Penting?

  • Konten marketing dapat mendidik pembeli sambil menarik pelanggan baru secara tidak langsung. Konten seperti ini bisa menggapai perhatian jutaan orang dari seluruh belahan dunia.
  • Kemudian, konten marketing juga bisa digunakan sebagai alat untuk membangun kepercayaan antar pelanggan dan juga brand.
  • Tidak boleh dilupakan bahwa tujuan lain dari konten marketing adalah untuk menjelaskan suatu produk. Melalui ini, pelanggan bisa menjelaskan apa yang ingin anda jual kepada para pembaca. Penjelasan tersebut sangat penting karena pelanggan akan membutuhkan fakta serta penjelasan terhadap konten yang ingin dijual.

Jenis Konten Marketing

Ada banyak sekali jenis konten marketing dengan strategi yang berbeda. Akan tetapi semua jenis pemasaran konten tetap memiliki tujuan yang sama.

1. Konten Marketing Media Sosial

Media sosial adalah teknologi yang paling berkembang pesat di tahun 2020. Di tahun 2020, telah tercatat bahwa pengguna media sosial secara global mencapai hingga 3,6 miliar orang. Itulah mengapa pebisnis mulai mengubah strategi marketing mereka dan mengincar pasar baru. Pasar tersebut adalah milenial, pengguna media sosial, dan lain lain. Beberapa media sosial yang digunakan adalah seperti Twitter, Facebook, Pinterest, dan Instagram.

2. Konten Marketing Infografis

Konten marketing infografik memanfaatkan daya tarik dari seorang pembaca. Daya tarik dapat ditingkatkan melalui penggunaan grafik dan diagram. Grafik memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk menyerap informasi.

Selain itu, konsumen dapat menerima informasi lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga cara pemasaran ini menjadi cara yang sempurna untuk menyampaikan media secara efektif.

Baca juga: 5 Cara Membuat Infografis Untuk Meningkatkan Brand

3. Konten Marketing Podcast dan Video

Pada tahun 2020, sebuah studi menunjukkan bahwa ada peningkatan angka bagi peminat podcast dan video. Podcast dan video adalah media penyampaian informasi yang mudah untuk dicerna oleh konsumen. Karena, podcast dan video bisa dibuat dalam bentuk paling kreatif.

Salah satu tantangan terbesar dari menggunakan konten marketing jenis ini adalah membangun konsumen yang berminat. Podcast harus berpatokan pada suatu topik tertentu yang tidak bisa selalu diubah. Karena pengubahan pada konten seperti podcast dan juga video akan berdampak pada penggemar yang sudah lama menjadi konsumen. Jika ingin tau, kamu juga membuat konten ini untuk membantu anda: Cara Membuat Podcast di Spotify Gratis dan Mudah.

4. Konten Marketing Website

Website menjadi bentuk media digital yang paling banyak dikunjungi oleh semua orang. Siapa saja bisa membuka website secara instan. Konten marketing jenis ini memanfaatkan media dalam bentuk teks, artikel, esai, dan sebagainya. Hal ini diharapkan bisa menarik minat para pembaca sambil menjual sebuah produk tertentu.

Ada beberapa tantangan yang ikut dengan konten marketing website. Website membutuhkan para pembuat konten untuk terus melakukannya secara konsisten. Ditambah lagi dengan strategi dalam peletakkan konten, penggunaan link, dan lain lain. Jenis marketing satu ini wajib dilakukan secara teliti sambil mengikuti perubahan zaman.

Supaya lebih mudah lagi, anda bisa langsung menyewa jasa konten marketing SEO. Jasa SEO dapat meringankan beban para pemilik website dengan memberikan rancangan, bantuan, dan juga maintenance kepada website. Sehingga website anda dapat dilontarkan ke halaman pertama di search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Baca Juga: 5 Cara Mengedit Video di Laptop Dengan Cepat

Perbandingan Antara Iklan dan Konten Marketing

Teknologi telah berubah banyak sejak cara marketing 10 tahun yang lalu. Jika dilihat di masa lalu, penjualan bisa laris oleh karena iklan. Hal yang serupa diterapkan pada marketing konten. Hanya saja pemasaran konten menggunakan media untuk menjangkau angka pembaca yang lebih luas. Iklan hanya dapat menargetkan sebuah pasar yang kecil sambil mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Apabila dibuat sedikit perbandingan, cara pemasaran ini akan lebih menghemat biaya. Anda pun bisa mengantisipasi segala macam pengeluaran yang dibutuhkan ketika melakukan pemasaran konten.

Apa itu SEO Dalam Konten Marketing?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Istilah SEO ini sudah lama beredar seiring munculnya konten marketing. SEO menjadi strategi yang paling diminati situs situs e-commerce untuk meningkatkan angka penjualan, pembeli, pengunjung, dan traffic.

Meningkatnya angka pengunjung disebabkan oleh peringkat sebuah website. Semakin terkenal dan semakin dikunjungi, maka semakin tinggi juga peringkat dari website tersebut.

Dengan menerapkan berbagai strategi, sebuah website bisa dilontarkan ke halaman depan Google. Sehingga pembaca atau para pengguna akan melihat domain website anda di halaman utama ketika sebuah kata kunci sedang dicari.

Contoh Konten Marketing Paling Efektif

Sebuah strategi konten marketing harus bisa dilihat dari berbagai kategori. Kategori tersebut adalah efektivitas, biaya, dan manfaat jangka pendek serta jangka panjang. Semua kategori tersebut bisa dipenuhi dengan menggunakan jenis konten marketing website.

Website berguna karena meningkatkan profesionalitas sebuah brand. Dengan dilihatnya profesionalitas tersebut, orang akan berani untuk mengunjungi situs tersebut. Secara langsung, konten marketing website sangat efektif untuk membangun kepercayaan terhadap brand dan pelanggan.

Selain itu konten marketing website juga bisa membuat brand menghemat banyak sekali biaya. Berbeda dengan sebuah iklan, konten marketing hanya memperlukan sebuah website yang diberikan maintenance. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya beberapa ratus ribu hingga juta jika ingin website terus berjalan di puncak halaman search engine.

Dan yang terakhir, konten marketing melalui website jauh lebih berpengaruh karena akan ada di internet untuk selamanya. Jejak digital dari pemasaran sebuah website 10 tahun yang lalu pun dapat berdampak pada performa anda hingga hari ini juga. Sehingga semua sumber daya yang dituangkan ke dalam website tidak akan sia sia.

Bagaimana Cara Memulai Konten Marketing?

Ada banyak cara untuk memasarkan konten di Internet. Cara paling sederhananya adalah dengan memulai dari sebuah blog. Blog menjadi media terbaik bagi para antusias pemasar konten. Melalui blog, anda bisa menuliskan konten yang akan di index secara langsung oleh Google. Isilah blog atau website yang serupa dengan menggunakan konten yang sesuai dengan tema website tersebut.

Kemudian perhatikan juga detail lainnya seperti struktur dari tulisan yang ingin di post. Semakin rapi dan berkualitas konten yang ditulis berarti bahwa angka pembaca juga akan lebih banyak.

Konten saja tidak cukup untuk meningkatkan angka traffic di website anda. Sebuah website harus menerapkan backlink, pemasangan link, foto, dan juga peletakan kata kunci yang tepat. Dengan kombinasi semua cara tersebut, pelanggan bisa dengan efektif meningkatkan penjualan dan popularitas bagi brand.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Website Gratis di Hp

4 Kunci Penting Konten Marketing

Pemasaran Konten dapat disimpulkan ke dalam 4 poin penting. Poin tersebut adalah:

  • Popularitas- Brand besar selalu memiliki cara terbaik untuk mendapatkan popularitas. Kuncinya hanyalah satu. Untuk menjadi populer, anda harus bisa menyediakan sesuatu unik.

Suatu produk atau jasa yang belum dimiliki oleh orang lain. Dengan adanya jasa unik, maka popularitas akan meningkat seiring berjalannya waktu. Orang akan mencari produk anda sebagai suatu solusi atau kebutuhan.

  • Riset- Sebelum melaksanakan promosi, maka anda wajib mencari terlebih dahulu. Fungsi dari riset adalah untuk memberikan gambaran.

Contoh dari gambaran tersebut adalah target konsumen anda, apa yang menarik perhatian konsumen, dan lain lain. Informasi seperti ini akan meningkatkan minat pembaca untuk terus tertarik pada konten yang anda tuliskan.

  • Perbandingan- Cara anda menyampaikan sebuah konten harus unik dan autentik. Penyajian konten secara original sangat penting dalam dunia pemasaran. Apabila anda mengikuti konten orang lain, maka hal tersebut dapat dianggap sebagai plagiat.

Di sisi lainnya, anda juga dapat melakukan sedikit perbandingan dari segi konten. Melihat konten kompetitor akan menguntungkan bagi anda. Anda bisa melihat mana kelemahan dari konten lawan. Sehingga konten anda sendiri akan terus meningkat. Lakukan perbandingan supaya anda tidak menjiplak konten website sebelah. Dengan ini, situs anda akan aman ketika diletakkan ke dalam Google.

  • Daya Tarik- Kami telah menjelaskan sebelumnya seberapa penting daya tarik. Kunci untuk menarik perhatian pembaca adalah dari segi visual. Saat konten ditampilkan, hal pertama yang akan dilihat adalah struktur atau rancangan sebuah konten.

Contoh dari konten yang bagus dan bisa menarik perhatian adalah apabila anda menggunakan objek visual yang menarik. Beberapa diantaranya adalah seperti video, foto, animasi, dan lain lain. Kemudian konten tersebut bisa disebarkan secara strategis ke berbagai media.

Sama halnya dalam sebuah konten berbentuk teks. Anda juga bisa meningkatkan daya tarik di dalam konten tersebut. Namun daya tarik yang dimaksud adalah dari penggunaan bahasa yang persuasif.

Strategi Pemasaran Paling Efektif

1. Menetapkan Tujuan Dari Digital Marketing Anda

Semua orang mempunyai tujuan khusus ketika melakukan pemasaran. Karena jika tidak, maka anda akan melakukan pemasaran tanpa arah. Tujuan dari konten marketing adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembeli.

Membuat target yang bisa tercapai akan bagus sebagai alat perbandingan. Anda bisa melihat kembali perkembangan dari suatu brand. Brand yang sudah besar pasti bisa mencapai target kemudian membuat target baru. Pencapaian ini akan terus terjadi. Pastikan anda memiliki target contohnya pada akhir bulan, atau pada akhir tahun.

2. Merencanakan Jenis Konten Untuk Dipublikasi

Konten datang dalam banyak sekali bentuk. Seperti yang sudah disebutkan, contoh dari konten sendiri adalah seperti teks, video, podcast, audio, dan lain lain. Anda bisa merencanakan bentuk konten dari pertanyaan berikut.

  • Apa yang dibutuhkan konsumen?
  • Bagaimana konsumen bisa menyerap informasi secara efektif?
  • Mengapa konsumen membutuhkan produk anda?

Ada banyak lagi pertanyaan yang bisa membuat anda sadar akan apa yang dibutuhkan konsumen. Secara garis besar, latar belakang target konsumen sangat penting. Jika brand anda ingin mendapatkan daya tarik yang tinggi, mengenal konsumen adalah jawabannya.

Konsumen yang bisa menyerap informasi secara teks adalah seperti brand yang harus menjual produk dengan spesifikasi. Sedangkan produk yang dijual dari segi visual saja cukup bisa menggunakan video.

3. Memilih Output Konten

Jadi anda telah selesai merancang semuanya. Mulai dari teks, video, dan lain lain. Kini adalah saatnya untuk memilih salah satu diantara semua output konten. Output konten adalah media untuk menyebarkan konten tersebut kepada masyarakat umum.

Contohnya adalah seperti media sosial, website, dan lain lain. Ini bisa anda kaitkan kembali pada pembahasan jenis konten marketing kami yang tadi.

4. Menetapkan Budget Konten Marketing

Jangan lupakan yang namanya budget! Budget sangat penting untuk disesuaikan dengan jenis konten marketing yang ingin anda capai. Biaya dari pemasaran konten berbeda beda. Meskipun mahal, anda harus menyesuaikan biaya dengan manfaat yang diterima.

Konten marketing ini memanglah menjadi satu bentuk investasi. Jika pemasaran konten hanya sebatas pemanfaatan media sosial, pasti biaya yang dibutuhkan tidak akan banyak.

5. Menetapkan Hari Distribusi Konten

Hal terakhir dalam pelaksanaan pemasaran adalah untuk menyebarkan konten anda. Namun penyebaran konten tidak boleh dilakukan secara sekaligus.

Agar konten bisa efektif, anda harus memiliki jadwal tertentu. Karena akan jauh lebih baik jika anda melakukan pemasaran konten secara berkala. Jika dibandingkan dengan memposting konten semuanya secara sekaligus, pasti konten akan menumpuk.

Konsumen dari website anda juga tidak akan berinteraksi dengan konten karena diluncurkan semuanya secara sekaligus. Pastikan anda posting konten secara rutin.

Kesimpulan

Kami berharap bahwa anda telah memahami dan mempelajari banyak hal dari artikel ini. Konten marketing dapat bercabang dan lebih spesifik lagi. Teknik pemasaran ini memang memiliki jangkauan yang lebih luas. Itulah mengapa ilmu sangat dipentingkan apabila anda akan mengeluarkan uang untuk membangun brand anda.

Konten marketing akan selalu menjadi kunci kesuksesan bagi banyak pebisnis. Jika anda ingin terus menjual dan bersaing, maka kuasailah konten marketing.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending