Connect with us

Hobby

5 Cara Mengedit Video di Laptop Dengan Cepat

Published

on

cara mengedit video di laptop

Media selalu berevolusi dan datang dalam berbagai bentuk. Jika dulunya yang trending adalah foto, maka sekarang ada yang baru yaitu video. Pasti teman teman sudah tidak asing lagi dengan media berbentuk video. Akan tetapi hanya sedikit orang yang pandai mengetahui cara mengedit video di laptop.

Kemampuan untuk mengedit video di laptop sangat dibutuhkan. Terutama dalam dunia bisnis dan konten marketing, ada banyak sekali konten seputar video. Ternyata mengedit video ini tidak susah kok. Mungkin akan sulit bagi anda yang masih belum terlalu pernah terjun ke dunia edit atau videografi. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Mengunduh Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop

Aplikasi untuk edit video diperlukan sebelum bisa mengedit video. Salah satu rekomendasi terbaik kami adalah mengedit video melalui aplikasi Premiere Pro. Kami akan membahas tuntas semuanya mengenai cara mengedit di laptop dengan menggunakan premiere pro.

Mengunduh aplikasi ini bisa dilakukan secara resmi dan non resmi. Cara resminya saja mudah, karena anda bisa langsung mengunjungi situs resmi dari adobe premiere pro. Tetapi ini akan mengharuskan anda untuk membayar aplikasi supaya bisa digunakan.

Cara alternatifnya adalah dengan membajak aplikasi premiere pro. Anda bisa mendownload uTorrent kemudian download juga torrent dari website online. Dapatkan aplikasi premiere pro anda secara gratis menggunakan cara ini. Sehingga mengedit video di laptop pun tidak perlu berbayar. Download dan install aplikasi secara cepat.

Mengenal Fitur dan Tombol Premiere Pro

Fitur di premiere pro dimulai dengan memahami beberapa tombol. Anda bisa melihat setiap tombol dengan mengarahkan kursor diatas tombol. Tetapi jangan ditekan ya, soalnya informasi akan segera muncul. Pahami setiap tombol yang ada di premiere pro. Berikut adalah semua tombol yang penting untuk diketahui untuk mengenal cara mengedit video di laptop:

  • Cut
  • Loop
  • Multicam Button
  • Default Cursor
  • Insert
  • Toggle Proxies

Cara Mengedit Video di Laptop:

Sekarang adalah saatnya kita membahas tata cara mengedit video di laptop. Anda sudah selesai merekam dan mendapatkan file mentahnya. Pindahkan file mp4 atau file video serupa ke dalam perangkat anda. Ini akan mempermudah proses pengeditan dan juga untuk menghindari file untuk korup.

1. Import File ke Dalam Aplikasi Editing

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi untuk mengedit video yang lainnya. Jika anda menggunakan aplikasi seperti Movie Editor, Filmora, Final Cut Pro, dan lain lain pun akan tetap sama. Import file ke dalam aplikasi supaya anda bisa memindahkan.

2. Menyusun File dan Mengatur File MP4

File yang di import harus disusun dengan rapi. Penyusunan file mengambil beberapa menit saja kok. Sedikit penyusunan di awal akan menghemat waktu yang banyak nantinya. Kumpulkan konten sesuai dengan bagian atau adegan. Anda bisa memasukkan beberapa jumlah file ke dalam satu folder. Sehingga file bisa dengan mudah dicari apabile dibutuhkan nantinya.

3. Menaruh File Video Pada Sequence

Bagian terpenting pada pengeditan video adalah memasukkan video ke dalam sequence. Sequence adalah istilah yang digunakan sebagai stasiun kerja utama. Di dalam sequence, anda bisa mengubah urutan, memasukkan audio baru, dan lain lainnya.

Sequence terletak dibawah tampilan utama video. Dibagian ini, anda dapat mengedit dan menyusun video sesuai dengan urutan yang diinginkan. Pasti anda sudah sering melihat adegan adegan di dalam film bukan? Semuanya juga diedit menggunakan sequence tertentu.

Susun video mentah anda sesuai dengan urutan yang anda inginkan. Sambil mengedit, gunakan efek untuk menarik perhatian para penonton. Jika suka menonton film, maka anda sudah tidak asing lagi dengan efek atau transisi. Transisi ini hanya membutuhkan satu tekanan tombol saja kok. Pilih transisi yang sesuai dengan apa yang anda cari. Contohnya adalah seperti transisi, fade, cross slide, dan lain lain. Transisi dijamin akan membuat video anda jauh lebih keren lagi.

Ada banyak lagi hal lain yang bisa anda lakukan di sequence. Kami akan menyebutkan beberapa hal tersebut berikut ini:

Menambah Musik di Sequence

Setiap video akan jauh lebih menarik apabila ada sedikit musik. Kalau soal musik sih anda tinggal perlu menarik audio yang diinginkan dan tempelkan ke dalam sequence. Potong bagian bagian yang tidak diinginkan kemudian atur juga volume.

Menambah Efek di Sequence

Penambahan efek bisa dilakukan melalui sebuah panel effects. Beberapa efek yang mungkin anda inginkan adalah seperti filter zaman dahulu. Cari saja apa pun efek yang anda butuhkan. Bila perlu, cari efek di internet dan download template tambahan.

Tarik efek tersebut ke video yang anda inginkan. Tekan tombol preview supaya bisa melihat hasil efek kembali. Jika tidak sesuai, maka anda bisa mengatur kembali konsentrasi dari efek yang ingin digunakan.

Memasukkan Teks ke Dalam Video

Teks adalah bagian terakhir yang dimasukkan ke sebuah video. Ada dua jenis teks yang biasanya digunakan oleh para editor. Jenis teks yang pertama adalah subtitle. Teks ini diletakkan dibagian bawah oleh setiap adegan. Tujuannya adalah untuk memperjelas setiap adegan supaya bisa dimengerti ketika tidak terdengar dengan jelas.

Kesimpulan

Berikut adalah panduan lengkap dan singkat mengenai cara mengedit video di laptop. Aplikasi utama yang kami gunakan di tutorial hari ini memanglah Adobe Premiere Pro. Namun ada banyak jenis aplikasi lain yang dapat anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti filmora, final cut pro, dan movie editor.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan hasil editan video terbaik. Semoga anda dapat terbantu dan mulai mengedit video anda sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending