Connect with us

Internet

Jenis-jenis Website di Dunia, Sangat Beragam!

Published

on

Apa itu Web Resource - sejarah dan perkembangannya

Situs website merupakan suatu kumpulan satu atau lebih halaman yang saling berhubungan. Isi website disajikan sesuai dengan temanya. Secara harfiah isi website biasanya konten multimedia dan berbagai informasi. Ternyata jenis-jenis website di dunia juga sangat beragam, dapat dibagi berdasarkan fungsi dan bentuknya.

Adapun cara mengidentifikasi website cukup praktis yakni melihat nama domain dan web server. Umumnya akses website dapat dilakukan siapa saja melalui jaringan IP publik. Misalnya  Internet, jaringan lokal (LAN), serta memanfaatkan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamatnya

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsi

50 Best Websites 2014 | Time.com
Alamat halaman website (time.com)

Dilihat dari fungsinya, ada jenis-jenis website dengan tujuan penggunaan lebih spesifik, antara lain:

1. Company Profile

Company profileadalah jenis website sederhana yang tidak berubah-ubah. Bagi suatu perusahaan, company profile dibutuhkan untuk menyajikan informasi bisnisnya. Meliputi informasi jasa, produk, visi dan misi, sampai halaman kontak.

Pada company profile mengutamakan konten yang padat dan jelas. Disamping itu, lebih fokus terhadap desain website agar terlihat profesional dan terstruktur.

2. E-Commerce

E-Commerce merupakan website yang pada dasarnya digunakan untuk kegiatan jual beli produk dan jasa melalui internet. Fitur e-commerce lebih praktis bagi pemilik bisnis dan pembeli karena secara keseluruhan menggantikan fungsi toko konvensional. Contohnya fitur produk, cara pemesanan, transaksi pembayaran online, dan testimoni pelanggan.

3. Archive

Archive adalah website yang berfungsi untuk melestarikan dan menyimpan konten elektronik. Jadi, konten yang tersimpan dalam Archieve tidak akan hilang meskipun telah disimpan bertahun-tahun.

Misalnya berdasarkan laporan dari Google Groups pada tahun 2005, Google telah mengarsip sekitar 845 juta pesan. Dimana pesan-pesan tersebut merupakan topik pembahasan dalam grup diskusi online.

4. Government

Kini setiap instansi pemerintahan memiliki website masing-masing. Website resmi pemerintah mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah lokal, dan departemen-departemen. Website yang dirilis pemerintah bertujuan untuk memberikan informasi daerah tersebut dan peraturan-peraturan. Salah satu contoh website pemerintahan yakni milik Pemprov DKI Jakarta yaitu Jakarta.go.id.

5. Blog

Biasanya blog dibuat dari platform blogger yang berfungsi sebagai wadah untuk mengekspresian ide. Pembuatan blog dapat dilakukan semua orang karena mudah dan gratis. Dalam blog juga dapat mengupload konten tulisan, foto, dan video.

Blogger dapat dijadikan profesi yang disinyalir mendatangkan pundi-pundi uang. Adapun platform pembuatan blog paling populer, antara lain wordpress.com milik WordPress Foundation dan blogger.com milik Google.

6. Community

Banyak yang belum memahami website community. Tahukan Anda maksud dari situs komunitas atau community sites yakni adalah tempat berkumpul orang-orang yang bersosialisasi dan akan membentuk komunitas. Melalui community site, pengguna lebih leluasa bertukar informasi dan membentuk grup-grup yang dinamakan forum.

7. Dating

Dating website disebut-sebut sebagai situs paling dicari di dunia. Dating website adalah tempat khusus untuk mencari pasangan dan teman kencan. Bahkan, melalui dating website seseorang dapat mencari pasangan dari negara lain sesuai dengan kriterianya.

Tingginya minat masyarakat terhadap website dating membuat sebagian besar website tersebut berbayar. Biasanya website dating memuat informasi dan menampilkan foto pribadi.

8. Personal

Personal website biasanya dimiliki oleh individu maupun kelompok kecil yang ternama atau ingin memperkenalkan diri. Isi personal website dapat menjadi branding individu yang memiliki website. Contoh personal website dari Presiden AS Barack Obama yakni barackobama.com. Ada pula selebritis dan penulis yang membuat personal website sendiri yaitu michellebuteau.com milik Michelle Buteau.

9. News Portal

News Portal adalah website khusus untuk menyajikan berita terkini. Mulai dari peristiwa, berita politik, ekonomi, sosial, opini, dan lainnya. Di Indonesia news portal cukup menjamur, beberapa yang populer seperti liputan6.com, detik.com, viva.co.id dan lainnya.

10. Entertainment

Website entertaiment diciptakan dengan tujuan menghibur pengguna internet. Isi website entertaiment berupa tangga lagu, sinopsis film, video kreatif, dan lainnya. Website entertainment dapat berupa website game online, website perfilman, hingga website promosi. Salah satu contohnya adalah kapanlagi.com.

11. Educational

Website pendidikan merupakan sebuah sarana personalisasi yang menghubungkan komunitas pendidikan. Baik itu tenagan pengajar dan murid hingga mahasiswa. Melalui website pendidikan dapat berkomunikasi, membagikan materi, dan informasi dunia pendidikan.

12. Gallery

Website yang berbentuk gallery merupakan website yang dirancang khusus untuk dijadikan sebagai galeri. Unggahan dalam website gallery dapat berupa foto dan video. Beberapa website gallery diluncurkan untuk pameran seni, pameran fotografi, dan non komersial.

13. Search Engine

Search engine merupakan website yang diciptakan untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa search engine mungkin mencari topik di internet akan lebih sulit. Contoh search engine antara lain Yahoo Search, Bing, Google, dan DuckDuck Go.

Search engine adalah website yang mengumpulkan daftar website lain dalam bentuk database. Untuk menemukan website yang Anda cari cukup dengan mengetikkan kata kunci.

14. Social Media

Website sosial media kini sedang booming diseluruh belahan dunia. Perkembangannya juga cepat karena banyak masyarakat ingin membagikan konten teks, gambar, video, dan audio. Deretan website sosial media yang terkenal sekarang yakni Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube.

15. Social News

Website berita sosial berfungsi untuk menampilkan postingan dari para penggunanya. Apabila postingan dari pengguna tersebut banyak ditanggapi oleh pengguna lain atau booming maka akan memperoleh peringkat.

Selain itu, dalam setiap postingan semua orang dapat berkomentar langsung. Intinya social news hadir untuk menghubungkan banyak informasi dari pengguna internet. Contohnya Quora, Digg, Reddit, dan SlashDot.

16. Social Bookmarking

Social bookmarking merupakan website yang dibuat agar para penggunanya dapat berbagi konten. Hampir sama dengan social news, bedanya pengguna social bookmarking membagikan konten e-book dan dapat didownload. Misalnya website Digg, StumbleUpon, dan Total Knowledge.

Jenis Website Berdasarkan Bentuk

international seo Articles from Volacci Digital Marketing
Website jendela dunia (volacci.com)

Ketika hendak membuat website biasanya web designer akan bertanya tentang tujuan website. Apakah untuk company profile, blog pribadi, toko online, atau portal berita. Hal ini ditanyakan agar mendesain website berbentuk statis atau website dinamis. Simak penjelasan jenis-jenis website ditinjau dari bentuknya berikut ini.

1. Website Dinamis

Website dinamis merupakan sebuah situs yang selalu mengupdate konten. Topik konten biasanya ditentukan dari interaksi pengunjung dan hal-hal terhangat. Website dinamis dapat berbentuk portal berita online.

Setiap waktu website dinamis akan melakukan perubahan-perubahan. Salah satunya perubahannya dengan teknik client-side scripting yakni bahasa pemrograman web (DHTML, Javascript, dan ActionScript).

Website dinamis dinilai menawarkan fleksibilitas lebih banyak. Sementara, konten-konten yang diunggah dalam website dinamis harus dioptimasi agar mudah dicari melalui search engine.

2. Website Statis

Website statis biasanya tidak pernah mengalami perubahan konten website. Halaman website tersebut baru berubah apabila pengelola mengubah konten secara manual. Cara mengubahnya menggunakan program desain website Adobe Dreamweaver dan bantuan program text editor. Setiap informasi atau konten dalam website statis diatur menggunakan bahasa markup, misalnya HTML. Oleh karena itu, ketika hendak merubah unsur-unsur kecil dari website ini hanya dilakukan oleh web programmer dan web designer. Namun, website statis memiliki halaman lebih sederhana, aman dari hacker, dan ramah search engine.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending