Manfaat backlink pada blog/Website, kenapa ini penting untuk SEO?

0
690
Manfaat backlink pada blog

Bagi pakar SEO manfaat backlink pada blog/website bukanlah barang baru. Ini berperan besar terhadap potensi peringkat. Dapat dikatakan sebagai salah satu faktor penting dalam mengoptimasi situs.

Namun, jika Anda blogger baru dan baru juga mendengar istilah backlink blog/website, maka artikel berikut akan menjawab pertanyaan tentang apa itu manfaat backlink untuk blog dan apa hubunganya dengan SEO (Search Engine Optimazion).

Baklinks/Tautan balik, inbound links/tautan masuk, eksternal links/tautan eksternal, dan link building/pembangunan tautan semuanya merujuk pada proses mendapatkan tautan/links daris situs web lain yang mengarah blog/situs web Anda.

Kedengarannya sederhana, bukan? Ya.. sederhana. Dan masalah terbesarnya adalah siapa yang ingin dengan suka rela memberi tautan dari situs mereka ke situs Anda. Jika tidak ada hal yang benar-benar penting.

Sabar.. jangan panik. Jika blog Anda adalah biasa saja. Dimana tidak mampu mengundang orang untuk membuat tautan yang mengarah ke situs Anda. Pada bagian akhir ada strategi nya.

Dari penjelasan sekilas diatas, mungkin Anda sudah mendapat gambaran apa itu backlink. Sekarang mari kita lihat kenapa ini begitu penting?

Manfaat backlink pada blog

Link atau tautan adalah bagian dari fungsi yang memungkinkan terhubungnya antar satu halaman situs dengan halaman lain. Dari satu situs ke situs yang lain.

Sementara backlink menggambarkan istilah tautan dari situs lain yang mengarah ke situs Anda.

Dari gambaran fungsi ini, jelas backlink link dan backlink mempunyai peranan sangat strategis. Itu artinya sangat penting.

Tapi bukan hanya itu, dalam proses perayaban/crawler mesin pencari seperti Google untuk mengumpulkan informasi dalam bentuk data base jutaan situs di dunia, itu menggunakan sistem algoritma. Umum disebut sebagai robot crawler. Dan itu memungkinkan terjadi, dilakukan melalui tautan yang menghubungkan antar situs.

Crawler web dalam mengumpulkan informasi dari ratusan miliaran halaman situs dan mengelolanya untuk kemudian di indeks pada halaman hasil penelusuran, dilakukan melalui tautan.

Pada titik ini, tautan dan backlink menjadi semakin penting kelihatannya.

Tapi mari kita lihat lebih jauh lagi.

Backlink adalah bagian dari cara mesin pencari seperti Google menentukan peringkat sebuah blog/website. Dan inilah yang kemudian menjadi backlink menjadi sangat penting dalam SEO.

Backlink dan SEO

Ya.. Backlink bagian penting dari SEO. Dimana digunakan sebagai sinyal kualitas sebuah blog/website ke mesin pencari.

Semakin banyak backlink yang diterima oleh blog/website, maka situs tersebut dianggap semakin otoritatif atau berkualitas. Karena mendapat refrensi/rujukan dari situs lain. Begitu konsepnya.

Ketika mesin pencari menelusuri situs web lain yang terhubung ke situs web Anda, itu memicu alarm bahwa situs web Anda layak untuk terhubung, oleh karena itu maka dianggap menjadi otoritas pada subjek.

Ketika Anda menautkan ke situs lain, itu karena ada sesuatu di halaman yang mengatakannya lebih baik daripada yang Anda bisa, atau ada beberapa informasi yang Anda inginkan agar pemirsa Anda dapat mereka dapatkan dari situs lain.

Mesin pencari menjadikan hal ini sebagai tolak ukur untuk memperhitungkan nilai saat membuat peringkat situs web.

Fakta, sebagus apa pun Anda menulis atau memproduksi konten di blog/website, jika situs Anda tidak memiliki backlink yang cukup, maka akan kalah dengan situs lain yang mempublikasikan konten yang berkualitas sama namun memiliki backink yang banyak.

Contoh fungsi backlink dalam SEO

Tidak sulit untuk melihat bagaimana kuantitas backlink mempengaruhi peringkat situs.

Caranya, Anda membuat dua konten dengan gaya bahasa berbeda dalam topik yang sama. Pastikan bahwa keduanya memiliki kualitas yang sama.

Lalu salah satu konten tersebut Anda posting di blog baru. Dan satu lagi, Anda publikasi di situs besar yang memiliki backlink yang banyak. Anda dapat menjadi penulis tamu seperti di hipwee.com yang menerima penulis tamu.

Jumlah-Backlink-dari-Ahref-Backlink-Checker
Lihat jumlah backlink melalui Ahref Backlink Checker

Nah setelah Anda posting, Anda akan melihat konten mana yang akan mendapat peringkat terbaik di mesin pencari.

Percobaan kecil tersebut akan memperlihatkan fakta bahwa betapa pentingnya backlink dalam penentuan peringkat situs.

Backlink meningkatkan traffic ke blog

Yang ini cukup jelas. Semakin banyak backlink yang Anda miliki dari berbagai situs web, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan traffic website. Dan itu tentunya dari situs rujukan yang memberi Anda backlink.

Baclink adalah dukungan untuk blog Anda.

Karena backlink memiliki fungsi sebagai dukungan, maka hal lain yang perlu diingat adalah; sumber backlink tersebut.

Semakin kredibel dan berkualitas sumber backlink maka itu semakin bagus. Tapi jika Anda mendapat backlink dari sumber tidak jelas, itu juga yang akan menggambarkan situs Anda. Dimana juga akan dianggap sebagai blog yang tidak jelas.

Jadi penting untuk memastikan backlink yang diterima adalah sumber yang andal dan berkualitas. Mendapat backlink dari situs lain memberikan pengesahan otomatis, atau persetujuan, dari konten di situs itu.

Backlink membangun kepercayaan dan otoritas blog/website Anda semakin banyak ditampilkan di situs web resmi.

Semakin banyak dukungan yang Anda terima dari situs web resmi, semakin tinggi peringkat situs web Anda di mesin pencari, semakin banyak orang akan mempercayai bisnis Anda dan mengenali merek Anda.

Backlink membangun hubungan online antara situs web.

Ketika Anda menautkan atau mendukung situs web lain, orang melihat itu sebagai koneksi yang Anda miliki dengan situs lain, dan itu membangun lebih banyak kepercayaan ketika orang-orang tahu bahwa Anda cukup percaya satu sama lain untuk memiliki hubungan online yang transparan.

Namun, jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa pertukaran tautan akan bermanfaat, karena ini hanya akan menghukum Anda dalam jangka panjang.

Backlink adalah promosi untuk blog/website Anda.

Sederhananya, situs web lain yang menautkan ke situs web Anda memberikan visibilitas yang lebih konsisten untuk situs web Anda. Anggap saja iklan gratis!

Penting juga untuk dicatat bahwa membuat konten berkualitas yang orang ingin tautkan ke semua situs digital Anda, bahkan di Facebook dan Twitter, dihargai oleh mesin pencari.

Situs web Anda harus menjadi pusat informasi tentang topik yang Anda publikasi, tetapi semua platform digital Anda lainnya harus mengorbit pusat dan konsisten dan kohesif dengan pesan dan tampilan situs web Anda.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya membangun otoritas Anda secara online dan meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan, tetapi Anda juga menyediakan beberapa outlet untuk situs lain untuk ditautkan.

Bagaimana cara mendapat backlink?

Cara pertama dan paling hebat adalah Anda membuat konten/artikel yang sangat berkualitas dan bermanfaat. Dengan begitu maka secara otomatis ada banyak situs yang secara sukarela menautkan situs Anda sebagai refrensi atau sumber kredibel.

Berikut beberapa cara terbaik untuk mendapat backlink berkualitas tinggi

1: Publikasikan Konten Bernilai Sumber Refrensi

Anda mungkin sudah mengetahui jenis posting media sosial mana yang paling baik untuk bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan video yang menarik, gambar yang estetis, atau kutipan inspirasional untuk membuat pengikut menyukai, mengomentari, dan berbagi kiriman Anda.

Namun, konten yang memperoleh tautan dari media sosial umumnya berbeda dari contoh-contoh itu.

Jika Anda ingin blogger, jurnalis, dan penerbit otoritatif menghubungkan kembali ke situs web Anda, cara terbaik untuk mendorong mereka adalah dengan memposting konten yang diposisikan sebagai sumber, seperti artikel dengan penelitian dan data asli, atau pilihan praktik terbaik unik untuk industri Anda.

Situs-situs tersebut akan lebih cenderung untuk menautkan ke artikel Anda jika penelitian Anda mengkonfirmasi standar industri atau menghilangkan asumsi industri.

Kuncinya adalah agar pos sosial Anda menjadi benih bagi orang lain untuk menulis cerita. Tidak mungkin bahwa penulis akan memperbarui artikel yang sebelumnya diterbitkan untuk memasukkan statistik Anda di tempat yang sudah digunakan. Namun, jika konten Anda menyertakan informasi yang berharga atau statistik yang biasanya tidak dipikirkan orang, mereka akan cenderung menulis tentang hal itu dan menautkan kembali kepada Anda sebagai sumber.

2: Buat Daftar Penjangkauan Target Prioritas

Sekarang Anda tahu konten apa yang akan Anda promosikan, saatnya mengidentifikasi penulis dan jurnalis yang ingin Anda prioritaskan untuk penjangkauan Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.

Gunakan Pencarian Lanjutan Twitter

Anda dapat menemukan media secara gratis menggunakan pencarian lanjutan Twitter. Anda dapat mempersempit pencarian Anda dengan kata kunci, tagar, tempat, tanggal, dan banyak lagi.

Misalnya, jika Anda memiliki gym, Anda mungkin mencari #fitnesterbaik, #targetfines, dan #gymindonesia untuk menemukan pengguna yang tweet tentang kebugaran. Lihatlah hasil pencarian Anda untuk mengidentifikasi penulis yang mungkin cocok untuk mempromosikan artikel Anda. Lihatlah informasi profil mereka, jumlah pengikut, dan tweet sebelumnya.

Temukan Kontak Media Menggunakan Alat PR

Cara yang lebih cepat untuk menemukan latar belakang dan informasi kontak pada media khusus niche adalah dengan menggunakan alat PR seperti Cision. Anda dapat mencari kontak media berdasarkan nama, subjek, kata kunci, jenis media, dan lainnya. Perangkat lunak kemudian akan menarik kontak yang relevan bersama dengan profil lengkap yang mencakup bidang keahlian mereka, latar belakang, mengikuti Twitter, dan yang paling penting, informasi kontak.

Sebagai ilustrasi, jika Anda mencari jurnalis yang menulis secara khusus tentang topik kebugaran, Anda akan melihat ribuan kontak potensial untuk dijangkau, ditambah ringkasan cepat untuk membantu Anda menentukan apakah mereka cocok untuk promosi Anda. .

Kelemahannya adalah jenis alat ini mahal, jadi jika Anda tidak sering melakukan penjangkauan, Anda mungkin tidak dapat menerima jumlah harganya. 🙂

3: Targetkan Prospek Anda Dengan Posting Sosial yang Menghubungkan ke Konten Anda

Setelah Anda meneliti target Anda, saatnya bersosialisasi! Tujuan Anda adalah untuk membuat dampak terbesar dengan pos Anda dengan membagikannya kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan menautkannya kembali.

Meskipun berbagi konten yang dapat sumber Anda di saluran media sosial Anda adalah awal yang baik, ada beberapa cara untuk membuat percikan yang lebih besar dengan audiens target Anda.

Promosikan Posting Anda Dengan Iklan Twitter

Twitter bergerak cepat, jadi jika Anda ingin meningkatkan peluang posting Anda akan dilihat oleh orang yang tepat, ada baiknya membayar untuk mempromosikannya. Plus, dengan dasbor iklan Twitter, Anda dapat menargetkan pegangan khusus yang Anda tangkap di langkah 2 dari proses ini; Twitter kemudian akan menampilkan iklan Anda kepada orang-orang dengan minat yang mirip dengan pengikut akun itu. Cukup cari pengguna atau impor daftar gagang Twitter ke dalam sistem.

4: Posting Tamu

Ini cara paling efektif dan mudah. Anda ingat kita pernah membahas media yang menerima posting tamu seperti Hypwee tadi. Nah, saat Anda memposting tulisan Anda disana, Anda dapat menyisipkan link yang mengarah ke blog Anda. Dan otomatis Anda mendapat backlink dari sana.

5: Komentar di posting

Ada jutaan situs diluar sana. Sebagian besar menyediakan fasilitas untuk pembaca memberi komentar atau pendapat terhadap tulisan terkait.

Anda dapat berkomentar disana. Sekaligus menyisipkan link yang mengarah ke situs Anda.

6: Memata-matai situs lain.

Jika Anda serius untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik, dan tentunya ingin membangun banyak backlink berkualitas. Anda dapat memata-matai blog lain dan mencari teknik pembuatan backlink yang mereka lakukan.

Anda ingat tentang alat backlink checker Ahref diatas yang pernah di singgung. Dengan alat itu Anda dapat melihat histori backlink blog lain, Anda dapat melihat darimana saja sumber backlink yang mereka peroleh. Dan Anda dapat menirunya.

7: Menggunakan layanan profesional penyedia Jasa Backlink

Dengan fakta begitu pentingnya backlink, maka ada banyak para profesional menyediakan jasa backlink untuk optimasi SEO. Dan ini cukup efektif. Karena mereka memiliki pengalaman cukup banyak.

Hanya saja cara ini Anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar jasa mereka.

Namun jika blog/website Anda bertujuan bisnis dan memiliki target tertentu, menggunakan jasa backlink adalah langkah praktis.

Rekomendasi paket jasa backlink;

Ini seperti promosi, tapi jasa backlink yang disediakan ini dapat menjadi solusi kebutuhan SEO dan upaya meningkatkan otoritas blog Anda.

  • Jasa Backlink PBN: ini adalah layanan Jasa Backlink yang bersumber dari Private Blog Network. Dimana blog yang dikelola memang bertujuan khusus untuk pembuatan backlink.
  • Jasa Backlink Authority: ini adalah bentuk layanan jasa backlink yang dibuat dari sumber situs besar yang memiliki tingkat otoritas tinggi. Seperti CNN, Wikipedia, BBC, dan lainnya sebagainya.

Kesimpulan

Manfaat backlink sangat besar dalam menentukan peringat sebuah website. Jadi ketika Anda berbicara SEO maka akan bertemu dengan istilah strategi backlink building.

Tulisan ini hanya gambaran singkat. Seperti puncak gunung es yang muncul dari dasar lautan. Ada banyak fakta-fakta menarik lainnya seputar backlink. Untuk pendalaman Anda dapat membaca kumpulan artikel ini: Backlink Building