6.9 C
Alba Iulia
Senin, Maret 30, 2020

Kesalahan Internet Marketing

Must Read

Beredar Foto Seronok di Duga Siswi SMK Kandeman Kabupaten Batang

Sekolah perlu memberikan pengawasan ketat terhadap para siswa dalam lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah, bila ada keterkaitanya anak...

Umat Islam Diambang Kehancuran?

Belakangan ini konflik atas nama agama sering kali mencuat. Baik di dunia maupun di Indonesia. Islam menjadi salah satu...

Tari Topeng Cirebon dan Makna Dibaliknya

Tari Topeng Cirebon dengan gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab,...

Pemasaran online kekinian yang lebih dikenal dengan internet marketing memang terlihat menggiurkan. Apalagi keuntungan melejit dari bisnis setelah mengaplikasikan metode pemasaran ini.

Namun, sayangnya tidak melulu berhasil. Karena ada sejumlah kesalahan internet marketing yang dapat membuat pemasaran online ini gagal.

Ulasan berikut adalah bagian dari artikel utama; Apa itu internet marketing. Disini kita membahas secara lengkap mengenai kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan mengakibatkan internet marketing gagal.

Ternyata tanpa disadari banyak orang yang melakukannya. Biasanya problem tersebut ditemukan pada pemasaran sosial media, e-mail marketing, dan SEO.

Wajib Tahu, 7 Kesalahan Internet Marketing

Jaringan Internet Marketing Lebih Luas
Jaringan Internet Marketing Lebih Luas (www.ehmtic2014.com)

Beberapa kesalahan internet marketing wajib dihindari agar bisnis tetap lancar luncur.

1. Tidak Mempromosikan Situs

Suatu bisnis boleh saja memiliki situs resmi untuk dijadikan media pemasaran. Mengisi dan mengelola situs tersebut merupakan suatu kewajiban. Namun, apa jadinya jika tidak dipromosikan. Otomatis situs kurang dikenal dan traffic pengunjung anjlok. Hal ini tidak akan meningkatkan penjualan. Disamping memasarkan produk atau jasa, penting juga mempromosikan situs di berbagai sosial media.

2. Target Pemasaran Semua Orang

Hampir semua bisnis hanya fokus mengukur jumlah pengunjung dari situs website meraka. Apabila traffic meningkat hanya akan senang tanpa memikirkan apakah pengunjung dapat menjadi pelanggan atau hanya melihat-lihat saja. Faktanya, situs website perlu traffic yang benar, dimana pengunjung melakukan pembelian alias menjadi pelanggan. Pengunjung tersebut dapat dilihat dari parameter demografis. Jadi, seharusnya Anda memasarkan niche bukan demografis.

Baca juga artikel tentang digital marketing lainnya:

3. Harapan Tidak Realistis

Dalam menjalankan bisnis juga perlu dibangun tujuan yang realistis. Tidak jarang pemilik bisnis menentukan target pemasaran tidak realistis dan ingin terpenuhi dalam waktu cepat. Harapan ini muncul karena stigma internet mampu meningkatkan penjualan sehingga keuntungan diperoleh sangat cepat. Anda harus memahami tidak ada kesuksesan bisnis yang didapat dalam waktu singkat.

4. Tidak Menggandeng Kemitraan

Dalam melakukan pemasaran hal-hal mendetail harus diperhatikan karena metode pemasaran tiap bisnis berbeda. Ada beberapa faktor mempengaruhi seperti perkembangan zaman. Tentunya Anda tidak dapat mengerjakannya sendirian. Anda perlu dibantu dengan orang-orang yang ahli dibidangnya.

Kolaborasi pekerjaan sangat baik, terutama untuk mengaplikasikan internet marketing. Solusinya dengna menggandeng kemitraan agar upaya pemasaran lebih optimal dan mendukung penggunaan marketing tools. Anda dapat menggandeng mitra pemasaran berkompeten untuk mengelola situs website.

5. Meremehkan Biaya Pemasaran

Pebisnis pemula sering kali meremehkan biaya pemasaran. Bahkan, cenderung memfokuskan pada iklan tidak berbayar. Idealnya, bisnis yang sedang membangun situs website menyediakan anggaran tersendiri agar strateginya lebih optimal. Misalnya, Anda dapat membuat anggaran tahunan untuk pemasaran melalui website. Biasanya persentase anggaran pemasaran tersebut sekitar 20% sampai 50% dari biaya pembuatan maupun pengelolaan situs.

6. Memilih Iklan Berbayar

Iklan berbayar memiliki berbagai kelebihan seperti dapat muncul pada hasil pencarian Google, aplikasi, dan berbagai situs sosial media. Disinyalir dapat meningkatkan traffic pengunjung website lebih cepat. Selain itu, dapat mempermudah penghitungan ROI (Return on Investment).

Kekurangan iklan berbayar dilihat dari harganya lebih mahal dan kurang bermanfaat untuk jangkat panjang. Jadi, hindari bergantung pada iklan berbayar untuk memperoleh traffic. Anda dapat menggunakan hal lain seperti  SEO, e-mail marketing, dan sosial media marketing.

7. Tidak Membuat Strategi Pemasaran

Kesalahan fatal saat melakukan internet marketing adalah tidak memiliki strategi pemasaran. Padahal strategi pemasaran sangat penting untuk mendorong penjualan melalui situs website. Sebaiknya susunlah strategi pemasaran jangka panjang yang komprehensif agar dapat dieksekusi jangka pendek. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi dan meninjau strategi pemasaran yang dilakukan.

Seperti itulah 7 kesalahan internet marketing yang sering dilakukan. Sebelum merugikan bisnis dan penerapannya sia-sia, Anda dapat menghindarinya supaya manfaat internet marketing dapat dicapai.

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Menkeu RI Hentikan Proses Lelang Barang Jasa DAK Fisik 2020

GARUDACITIZEN.COM – Upaya mencegah dan menanggulangi wabah penyeberan virus corona atau Covid-19. Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri...

Paripurna LKPJ 2019, Bupati Sinjai Siap Terima Kritikan dan Saran

Sinjai, GC – Bertempat di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kabupaten Sinjai. Bupati Andi Seto Ghadista Asapa, SH,LLM, dihadapan 30 anggota DPRD...

DPRD dan Pemkab Sinjai Sepakat Bangun kios Pasar Darurat

Sinjai, GC - Hasil rapat Komisi gabungan DPRD dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, sepakat Membangun Kios Pasar Darurat sebanyak 24 Yunit, Selasa...

FPTI RL Gelar Kompetisi Panjat Tebing NGORBIT 2020

GarudaCitizen - Sebagai bentuk rasa syukur atas selesai dibangunnya sarana prasarana wall panjat tebing di area sport centre Dataran Tapus, Bermani Ulu...

Peluang Usaha modal minim. Dari jual tinta, toner, dan Cartridge Bekas

Cara memulai bisnis untuk menjual tinta, toner, dan komponen printer dan menghasilkan uang. Peluang usaha modal minim yang menggiurkan.
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -