Mengapa Optimasi SEO Website Penting Dalam Strategi Konten Marketing

0
239
Mengapa Optimasi SEO Website Penting Dalam Strategi Konten Marketing 2
ads

Optimasi SEO Website adalah cara untuk meningkatkan traffic organik. Dan ini bagian dari strategi konten marketing paling banyak dibicarakan di dunia internet.

Bahkan, walau tujuan Anda bukan traffic organik, optimasi SEO pada konten tetap penting dan harus dilakukan. Mengapa? Mari kita lihat…

Apa itu konten marketing?

Konten marketing atau strategi pemasaran menggunakan konten, saat ini dianggap salah satu cara paling efektif untuk bisnis di era digital. Ini bahkan sama pentingnya dari strategi promosi menggunakan iklan.

Bahkan, konten dapat tetap masuk dan mempengaruhi keputusan orang-orang untuk melakukan sesuatu, saat orang jenuh pada iklan.

Jika Anda pemasar online, ketauhilah bahwa; ada beberapa browser saat ini dilengkapi fungsi untuk menghilangkan iklan saat orang mengakses website di internet. Ini musuh besar bagi Anda yang berupaya masuk kedalam pikiran calon pelanggan melalui iklan.

Tapi berbeda dengan ‘konten marketing’. Dia bukan iklan. Lebih cenderung merupakan pesan berharga yang memberi manfaat pada pembaca. Bisanya diakses secara gratis. Baik dalam bentuk edukasi, informasi umum, atau hanya sekedar review sebuah produk/jasa.

Dan, permainan sebenarnya terjadi melalui proses tersebut.

Konten yang dibuat tetap dapat membawa misi pemasaran Anda. Dengan cara halus! Namun tetap mampu mempengaruhi keputusan calon konsumen.

Itulah sekilas tentang fungsi konten marketing dalam bisnis di internet.

Optimasi SEO Website

Saat ini, Anda tidak dapat melakukan strategi ‘konten marketing’ yang sukses, tanpa memasukkan metode optimasi SEO website didalamnya.

Neil Patel adalah publisher yang sering membahas tentang internet marketing. Juga merupakan salah satu Pakar SEO. Ia memberi gambaran yang sangat jelas, ketika dia menulis:

“SEO yang bagus … berarti output konten yang konsisten. Output yang konsisten berarti Anda melakukan konten marketing, dan Anda harus melakukannya dengan benar. Tidak ada jalan lain untuk mengatasinya.”

Mungkin Anda berpikir berpikir – “OK, tapi tujuan saya untuk pemasaran konten bukan SEO,”

Tentu saja, setiap pemasar harus mempertimbangkan lebih dari lalu lintas organik. Khususnya, ketika menganalisis metrik kesuksesan.

Bagaimanapun, SEO memang bukan satu-satunya komponen strategi marketing yang sukses.

Tetapi upaya Optimasi SEO, tidak hanya membantu Anda mencapai tujuan lalu lintas organik – mereka  juga dapat membantu Anda mencapai brand awareness dan Lead Generation di dunia bisnis Anda.

Di sini, mari kita jelajahi bagaimana Optimasi SEO Website dapat membantu Anda memenuhi semua tujuan pemasaran Anda, bahkan jika tujuan itu tidak memerlukan lalu lintas organik.

Baca juga: Cara menilai Jasa SEO Terbaik dan Berkualitas

Bagaimana Metode SEO Dapat Membantu Anda Mencapai 3 Sasaran Utama Konten Marketing?

Sebelum kita membahas bagaimana pemasar dapat menggunakan strategi SEO untuk mencapai tujuan konten marketing mereka, mari kita mengambil jalan pintas untuk segera memahami tiga alasan utama dalam upaya konten marketing:

  • Lead Generation. Jika Anda memiliki tenaga marketing yang siap untuk melakukan closing penjualan, tetapi perlu mengisi saluran pipa mereka dengan dorongan yang berkualitas, tujuan utama konten marketing Anda mungkin adalah energi yang memberi dorongan tersebut. Lead generation adalah proses mengubah orang-orang yang pernah mendengar tentang perusahaan Anda, menjadi orang-orang yang ingin lebih sering mendengar dari perusahaan Anda. Dan ketika Leads itu memercayai Anda dan memandang Anda sebagai seorang ahli dalam industri Anda, mereka lebih cenderung menjadi pelanggan.
  • Thought leadership/brand awareness. Jika Anda berharap memposisikan perusahaan Anda sebagai ahli yang berpengetahuan luas dalam industri Anda, tujuan utama konten marketing Anda mungkin adalah Thought leadership (Kepemimpinan). Secara konsisten untuk mendapatkan Thought leadership, itu dapat dilakukan melalui konten yang diterbitkan pada media publikasi tepercaya – baik melalui artikel yang disumbangkan melalui guest posting atau pers realese – ini adalah cara yang fantastis untuk membangun kredibilitas dengan audiens Anda.
  • SEO. Jika ada banyak kompetisi di ruang industry Anda dan Anda ingin memuncaki posisi teratas dalam pikiran audiens target, hal utama untuk keberhasilan konten marketing mungkin SEO. SEO berfungsi untuk membuat website Anda ke daftar atas, ketika audiens Anda mencari kata kunci tertentu di mesin pencari. Konten di situs Anda dan halaman yang menaut ke situs Anda memberi skor yang lebih baik bagi website Anda, ini meningkatkan kredibilitas Anda secara keseluruhan di mesin pencari.

Jika Anda tidak memiliki tujuan konten marketing tertentu, sebelum mulai membaca, pilih satu dari daftar di atas yang paling penting bagi Anda saat ini. Lalu, ingat tujuan itu, saat Anda terus membaca tulisan selanjutnya.

Strategi SEO untuk Mencapai Tujuan Konten Marketing

Sudah dipilih salah satu dari daftar diatas? Jika jawabannya, ‘iya’, sekarang setelah Anda memiliki tujuan spesifik, mari kita lihat bagaimana beberapa strategi SEO yang dapat membantu Anda meningkatkan hasil konten marketing, serta bagaimana Anda dapat menerapkan optimasi SEO ini untuk mencapai tujuan konten marketing Anda.

1. Penelitian Kata Kunci

Sederhananya, penelitian kata kunci memungkinkan Anda melihat istilah pencarian apa yang saat ini Anda peringkatkan, untuk apa peringkat yang dicapai orang lain dalam industri Anda, dan kata kunci mana yang bisa membuat Anda lebih banyak mendapat perhatian.

Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa audiens Anda mencari “teknik untuk membuat konten marketing.” Meskipun publikasi tertentu yang ingin Anda kerjakan mungkin tidak mencari artikel yang menguraikannya dalam panduan cara yang panjang dan terperinci, Anda bisa menulis artikel tingkat tinggi untuk publikasi yang terhubung ke situs bisnis Anda. situs yang membahas lebih dalam proses pengembangan dan teknik konten marketing yang efektif.

Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat konten yang dicari audiens Anda, sementara juga menerbitkan dalam publikasi penting yang membantu menunjukkan merek Anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri ini. Tentu saja, meneliti kata kunci akan terlihat sama terlepas dari tujuan pemasaran konten Anda – tetapi cara Anda menggunakan informasi itu dapat berbeda.

Jika tujuan utama Anda adalah lead generation, penelitian kata kunci dapat memungkinkan Anda mengidentifikasi poin penting  yang mungkin ingin Anda bahas dalam konten Anda.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konten Anda dengan apa yang ingin diketahui audiens. Dan secara strategis menggunakan kata kunci yang terkait dengan pencarian audiens Anda. Sehingga Anda dapat menjangkau mereka dalam hasil pencarian.

Setelah Anda mencapai mereka di sana, Anda mudah-mudahan dapat mengarahkan mereka ke situs Anda untuk terlibat dengan bisnis Anda lebih lanjut.

Berfokus pada thought leadership? Riset kata kunci dapat membantu Anda menemukan pertanyaan apa yang dimiliki audiens, sehingga Anda dapat memberikan jawaban dan memposisikan perusahaan Anda sebagai otoritas di industri Anda.

Anda dapat memasukkan kata kunci berekor pendek (mis., “AI”) dan berekor panjang (mis., “Kecerdasan buatan”) dalam konten untuk memberi peringkat kata kunci tersebut. Sekaligus semakin memantapkan tempat Anda sebagai thought leadership online.

Jika para audiens tidak menemukan Anda, ketika mereka mencari informasi yang berkaitan dengan keahlian Anda, mereka mungkin tidak akan menganggap Anda seorang pakar yang kredibel.

Jika SEO adalah fokus Anda, riset kata kunci memungkinkan Anda melihat, bagaimana Anda menghadapi persaingan ketika berbicara tentang peringkat untuk kata kunci penting dalam industri Anda. Ini akan memberi Anda wawasan tentang kata kunci apa yang harus difokuskan oleh inisiatif konten Anda. Sehingga Anda dapat meningkatkan peringkat tersebut dan menjadi lebih kompetitif di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Untuk melakukan penelitian kata kunci, menganalisis peringkat website Anda saat ini, mengidentifikasi kata kunci yang tidak diperingkat oleh pesaing Anda, tetapi itu mungkin peluang yang baik, mencari kata kunci berbasis pertanyaan yang dapat Anda fokuskan untuk menjawab pertanyaan audiens Anda, dan mengelompokkan temuan Anda, sehingga Anda dapat mengidentifikasi tren.

Untuk analisis dan perencana Kata Kunci yang sering digunakan untuk pencarian yang digunakan audiens Anda, Anda dapat menggunakan tools seperti Ahrefs, SEMrush, atau Moz dan lainnnya.

2. Cluster Topik

Algoritme mesin pencari menyukai konten berbasis topik, sehingga dapat bermanfaat untuk menautkan konten terkait di bawah “cluster topik“.

Pada dasarnya, membangun kluster topik memungkinkan Anda untuk menyediakan cakupan yang lebih dalam di berbagai topik inti dan membuat arsitektur informasi yang efisien.

Anda dapat mengembangkan halaman pilar untuk masing-masing area fokus utama perusahaan Anda.

Kemudian Anda akan membuat subtopik yang lebih spesifik, atau “konten kluster.” Potongan-potongan konten klaster ini akan memberikan detail lebih banyak terkait dengan kata kunci bentuk panjang spesifik yang terkait dengan topik utama yang Anda buat pada halaman pilar.

Pilar menghubungkan ke setiap halaman cluster, dan setiap bagian dari konten cluster menghubungkan kembali ke pilar dengan kata kunci hyperlink yang sama.

Misalnya, ketika Anda membuat membuat halaman pilar berjudul “Panduan Dasar Konten Marketing.” Ini adalah bagian konten yang lebih panjang yang mencakup berbagai teknik yang memberi pembaca pemahaman tentang konten marketing secara luas. Dan mendorong mereka untuk menggali lebih lebih dalam, melalui topik-topik spesifik melalui konten cluster.

Halaman pilar ini terhubung ke beberapa halaman cluster (dan halaman cluster menghubungkan kembali), yang menghasilkan arsitektur yang solid yang baru saja disebutkan diatas.

Jika Anda berfokus pada pembuatan timbal balik, ekosistem penghubung ini memungkinkan Anda untuk membuat anggota audiens Anda lebih lama terlibat dengan konten Anda, yang meningkatkan kemungkinan mereka akan mengisi formulir atau menjangkau Anda.

Plus, karena anggota audiens Anda menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, mereka belajar lebih banyak tentang perusahaan Anda, menjadikan mereka lebih banyak dorongan yang memenuhi syarat, begitu mereka memutuskan untuk mengambil lompatan pada tindakan selanjutnya.

Cluster topik dapat menguntungkan strategi thought leadership juga, karena pendekatan ini memungkinkan Anda membuat konten ikhtisar dan konten mendalam, yang menempatkan Anda sebagai pakar menyeluruh tentang masalah yang menjadi perhatian audiens Anda.

Akhirnya, berbicara tentang tujuan SEO? Model ini dapat membantu Anda mengatur struktur situs Anda.

Membangun arsitektur informasi yang kuat, dapat menghasilkan peringkat yang lebih baik dalam pencarian organik di seluruh area subjek yang luas. Potongan-potongan konten kluster yang sangat terfokus ini, akan memungkinkan Anda untuk bekerja menuju arsitektur yang kuat. Sambil juga mempertahankan fokus Anda pada menghasilkan konten yang dipedulikan audiens Anda.

Plus, membuat satu halaman cluster berkinerja tinggi dapat meningkatkan peringkat pencarian ke semua halaman lain yang terhubung ke pilar yang sama.

Cara terbaik untuk merencanakan kelompok topik Anda adalah dengan mengembangkan peta konten.

Bahkan sebelum Anda mulai membuat konten, tentukan fokus halaman pilar Anda. Kemudian pecahkan topik untuk beberapa halaman cluster.

Anda bahkan dapat melakukan selangkah lebih maju dan mengidentifikasi subyek apa yang ingin Anda bahas dalam artikel kontribusi ‘tamu’ yang terkait dengan topik menyeluruh tersebut.

3. Mengoptimalkan Posting Blog

Blogging dapat memposisikan website Anda sebagai jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang dibutuhkan audiens target Anda.

Dan optimasi SEO untuk posting tersebut dapat membantu Anda benar-benar menjangkau calon audien Anda. Sehingga Anda dapat memberikan nilai yang mereka cari.

Pengoptimalan posting blog dapat memajukan thought leadership dan mengarah pada lead-generation.

Sementara, jika konten yang Anda hasilkan untuk situs Anda tidak memiliki peringkat yang baik, itu tidak muncul sebagai jawaban yang relevan untuk pertanyaan audiens Anda. Ini berarti Anda tidak akan dianggap sebagai pakar, dan Anda pasti tidak akan menghasilkan lebih banyak prospek.

Jika Anda berfokus pada SEO sebagai tujuan utama Anda, mengoptimalkan posting blog adalah hal yang wajar. Konten Anda tidak akan mendapat peringkat yang baik jika Anda tidak memasukkan kata kunci pendek dan panjang yang relevan dengan audiens Anda.

Untuk mengoptimalkan konten blog Anda, fokuslah pada satu atau dua kata kunci ekor panjang yang sejajar dengan maksud pembaca target Anda, dan sertakan kata kunci tersebut dalam posting Anda di mana mereka terlihat secara alami.

Misalnya, jika audiens Anda mencari informasi tentang cara membuat strategi analisis prediktif, Anda dapat mempublikasikan posting blog tentang strategi dan teknik di balik analitik prediktif.

Saat menulis posting itu, Anda harus memasukkan kata kunci ekor panjang yang dicari orang. Itu mungkin termasuk “bagaimana melakukan analitik prediktif,” “strategi analitik prediktif,” dan “teknik analitik prediktif.”

Dengan cara ini, posting blog Anda akan muncul di hasil pencarian untuk orang-orang yang mencari wawasan lebih rinci tentang pengembangan strategi analitik prediktif.

Selain itu, pastikan blog Anda responsif dan ramah seluler. Membuat deskripsi meta yang kaya kata kunci, mengoptimalkan gambar Anda dengan teks alternatif, dan menautkan ke halaman lain di blog Anda bila memungkinkan. Ini juga akan membantu Anda mendapat peringkat.

Ini hanya beberapa strategi SEO yang dapat membantu Anda mencapai tujuan konten marketing. Terlepas apakah Anda berfokus pada SEO itu sendiri, thought leadership, atau Lead Generation.

Ini tentu bukan daftar lengkap, tetapi ini akan membantu Anda memulai perjalanan untuk mengoptimalkan cara Anda dalam mendapatkan hasil konten marketing yang lebih baik.