Connect with us

Dunia

Ternyata ini rahasia utama belut listrik bisa keluarkan listrik mematikan

Published

on

Mahluk hidup memang memiliki segudang keunikan dan ciri khas sendiri. Mulai dari bentuk hingga karakteristik yang berbeda satu sama lain. Begitu pun dengan hewan satu ini. Belut listrik atau Ikan Sidat listrik, salah satu phenomena yang menarik banyak perhatian publik.

Bagaimana tidak, sesuai dengan namanya Belut Listrik, hewan ini mampu menghasilkan, mengatur, serta menggunakan potensi arus listrik tinggi dari tubuhnya.

Ternyata ini rahasia utama belut listrik bisa keluarkan listrik mematikan 3

Secara ilimiah, Belut Listrik dikenal dengan bernama Electrophorus electricus. Hewan ini adalah sejenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik kuat untuk berburu dan membela diri. Walaupun disebut sidat atau belut, ia termasuk anggota ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya.

Menurut catatan dari beberapa sumber, Belut listrik atau Sidat listrik, mampu mengeluarkan listrik hingga 650 volts. Fungsi utama listrik digunakan untuk berburu dan bertahan membela diri. Sengatan listrik yang tergolong besar ini jelas sangat mematikan mangsa atau lawannya.

Sidat listrik biasa ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah di sekitarnya. Ia bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound), walaupun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 m.

Kemampuannya menghasilkan setruman listrik sendiri mengundang decak kagum. Tidak heran, jika banyak peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang phenomena tersebut.

Tentang bagaimana cara kerja dan system tubuh belut listrik, hingga memungkinkan mengeluarkan sengatan listrik tinggi. Dan itu tanpa bantuan apapun dan semuanya terjadi secara alami.

Dalam studi yang dilakukan Kenneth Catania dari Universitas Vanderbilt menemukan, belut listrik bisa mengubah kekuatan muatan listrik di tubuhnya pada waktu bernavigasi dan mengalahkan musuhnya.

Dan belut listrik sendiri ternyata memiliki kemampun membedakan mode kekuatan muatan arus listrik dari dalam tubuhnya.

Jadi bisa dikatakan jika belut listrik melawan musuh lebih kuat dan lebih besar. Ia mampu merubah kekuatan arus listrik menjadi dua kali lipat untuk bisa mengalahkan musuhnya.

Bahkan dari penelitian menunjukkan kekuatan sengatan dari belut listrik ini setara dengan listrik dari lima soket listrik standar yang dipakai di Amerika Serikat.

Jadi bisa dikatakan sengatan dari belut listrik ini tergolong tinggi.

Cara kerja Belut Listrik Melumpuhkan Musuh

Sejumlah video pun memperlihatkan jika belut listrik juga mampu melumpuhkan seekor buaya. Hanya dengan kekuatan sengatan listrik dari tubuhnya. Buaya terlihat bergetar hebat akibat efek sengatan listrik yang sangat besar dan mematikan tersebut.

Dari pengamatan ini ditemukan bahwa dua pertiga lebih dari tubuhnya memiliki sel yang disebut electrocytes. Bagian tersebut mampu menyimpan listrik layaknya baterai biologis mini. Saat menghadapi ancaman atau melumpuhkan mangsa, sel-sel segera melepas muatan dalam waktu bersamaan.

Kekuatan terendah sengatan listrik dari belut listrik sendiri sudah mencapai 600 volt. Hal ini sudah cukup untuk membuat mangsanya tewas dalam waktu singkat.

Catania sendiri telah menghabiskan waktu tiga tahun demi mempelajari perilaku ikan yang aslinya dari Amerika Selatan tersebut. Dia ingin tahu bagaimana cara belut dapat memanfaatkan medan listrik saat melakukan navigasi pada perairan penuh lumpur yang terltak di cekungan Amazon dan Orinoco.

Selain itu diamati pula tentang caranya mencari mangsa tersembunyi lalu menyetrumnya sampai lemah.

Baca juga artikel science lainnya

Bagaimana Belut Listrik Menghasilkan Listrik?

Bagaimana Belut Listrik Menghasilkan Listrik 2

Secara umum, beberapa ratus spesies ikan memiliki organ penghasil listrik, namun hanya sedikit yang dapat menghasilkan daya listrik yang kuat. Organ penghasil listrik yang dimiliki oleh kebanyakan ikan tersusun dari sel saraf dan sel otot yang telah mengalami perubahan penting.

Bentuk organ listrik seperti piringan kecil yang memproduksi lendir disebut elektrosit, tersusun dan menyatu di bagian atas dari susunan lain yang sejajar. Pada umumnya, semua piringan menghadap arah yang sama yang memuat 150 atau 200 piringan setiap susunannya.

Bagaimana Belut Listrik Menghasilkan Listrik

Misalnya, pada ikan torpedo terdapat 140 sampai 1000 piringan listrik pada setiap kolom. Pada ikan torpedo yang sangat besar, jumlah seluruh piringan sampai setengah juta.

Prinsip kerja piringan listrik ini mirip dengan cara kerja baterai. Ketika ikan beristirahat, otot-otot yang tidak berhubungan belum aktif. Namun jika menerima pesan dari saraf, akan segera bekerja secara serentak untuk mengeluarkan daya listrik.

Pada saat itu, voltase semua piringan listrik atau elektrosit menyatu, sehingga mampu menghasilkan daya listrik sampai 220 volt pada ikan torpedo atau sampai 650 volt pada belut listrik.

Pada umumnya semua spesies ikan tawar hanya menghasilkan listrik ringan, kecuali sembilang listrik dan belut listrik. Ikan listrik yang hidup di laut memiliki tenaga listrik yang lebih kuat dan berbahaya, karena air laut mengandung garam yang membuat dirinya lebih tahan terhadap arus listrik. Posisi dan bentuk organ listrik ini bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Selain ikan yang dipersenjatai dengan muatan listrik potensial, ada jenis ikan lain pula yang menghasilkan sinyal bertegangan rendah 2 hingga 3 volt. Jika ikan-ikan ini tidak menggunakan sinyal listrik lemah semacam ini untuk berburu atau mempertahankan diri, lalu digunakan untuk apa?

Ikan ini memanfaatkan sinyal lemah ini sebagai alat indera. Sistem indera dalam tubuh ikan ini, yang menghantarkan dan menerima sinyal-sinyal tersebut.

Ikan ini menghasilkan pancaran listrik dalam suatu alat khusus di ekornya. Listrik ini dipancarkan melalui ribuan pori-pori di punggung makhluk ini dalam bentuk sinyal yang untuk sementara menciptakan medan listrik di sekitarnya.

Benda apapun dalam medan ini membiaskannya, sehingga ikan ini mengetahui ukuran, daya alir dan gerak dari benda tersebut. Pada tubuh ikan ini, ada pengindera listrik yang terus menentukan medan ini seperti halnya radar.

Pendeknya, ikan ini memiliki radar yang memancarkan sinyal listrik dan menerjemahkan perubahan pada medan yang disebabkan oleh benda yang menghambat sinyal-sinyal di sekitar tubuhnya. Ketika kerumitan radar yang digunakan oleh manusia masih kita kembangkan, penciptaan mengagumkan dalam tubuh ikan seperti ini akan menjadi jelas.

Bentuk tubuh belut listrik unik, hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Di bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempengan-lempengan kecil yang horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5.000 buah.

Tegangan listrik tiap baterai kecil ini tidak besar, tetapi kalau semua baterai dihubungkan secara berderet (seri), akan diperoleh tegangan listrik sekitar 600 volt (bandingkan dengan batu baterai yang hanya 1,5 volt).

Ujung ekor bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala bertindak sebagai kutub negatif. Belut listrik dapat mengatur hubungan antara baterai kecil dalam tubuhnya itu untuk mendapat tegangan listrik kecil dan tegangan listrik besar.

Untuk navigasi, belut listrik hanya membutuhkan tegangan listrik yang kecil. Tetapi ketika berhadapan dengan musuh atau mangsanya, belut listrik akan memberikan tegangan semaksimal mungkin melalui kepala dan ekornya yang ditempelkan pada tubuh musuh atau mangsanya itu.

Arus listrik sekitar 1 ampere yang ditimbulkan oleh tegangan listrik yang tinggi ini akan mengalir dan membunuh mereka. Namun hewan lain tidak terganggu karena mereka tidak bersentuhan langsung dengan ekor dan kepala belut.

FAQs Belut Listrik

Belut listrik hidup dimana?

Belut listik hidup di Amerika Selatan. Belut listrik mendiami perairan segar Amazon dan cekungan Sungai Orinoco di Amerika Selatan, di dataran rawa, anak sungai, sungai kecil, dan dataran pantai. Mereka sering hidup di dasar berlumpur di perairan yang tenang atau stagnan.

Kenapa belut listrik bisa menghasilkan listrik?

Belut listrik menghasilkan arus listrik besar melalui sistem saraf yang sangat terspesialisasi, yang memiliki kapasitas untuk menyinkronkan aktivitas sel-sel penghasil listrik, berbentuk cakram yang dikemas ke dalam organ listrik khusus.

Belut Listrik termasuk kelompok hewan apa?

Belut listrik termasuk Electrophorus electricus. Spesies dikenal sebagai ikan listrik Amerika Selatan. Hingga 2019, ia diklasifikasikan sebagai satu-satunya spesies dalam genusnya. Meskipun namanya belut listrik, ia bukan belut, melainkan ikan todak.

Berapa tegangan yang dihasilkan belut listrik?

Belut listrik dapat menghasilkan muatan listrik hingga 600 volt untuk membuat mangsa pingsan dan menjadikannya predator di teluk.

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Dunia

7 Perbedaan Umroh dan Haji (Rukun Ibadah, Waktu, Dll)

Published

on

Perbedaan Umroh dan Haji

Meskipun sama-sama dilaksanakan di kota Mekkah, namun terdapat perbedaan umroh dan haji yang harus dipahami seluruh umat Muslim, khususnya yang sebentar lagi akan menjalaninya. Yang umumnya diketahui memang kedua ibadah tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada rukun yang wajib dilaksanakan. 

Akan tetapi, perbedaannya tidak sesederhana itu. Bahkan antara haji dan umroh sendiri memiliki hukum dan waktu pelaksanaan yang berbeda. Jadi, sangat penting untuk kita semua memahami apa saja yang menjadi perbedaan di antara kedua ibadah tersebut. 

Pengertian Umroh dan Haji

Berdoa di Mekkah
Berdoa di Mekkah

Sebelum kita masuk ke penjelasan apa perbedaan haji dan umroh, akan lebih baik jika pelajari mulai dari membahas pengertiannya terlebih dahulu. Baik antara kedyabta memiliki arti yang berbeda meskipun keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. 

Secara umum, ibadah umroh bisa disebut sebagai “haji kecil”. Hal ini dikarenakan ada beberapa pelaksanaan di dalam ibadah haji yang dikurangi pada umroh ini. Namun dari segi bahasa, umroh bisa diartikan “mengunjungi” suatu tempat. 

Maksud dari mengunjungi di sini adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk berkunjung ke Ka’bah sebagaimana ia ingin menjalani ibadah Thawaf dan Sa’i. Ibadah ini bisa dilakukan kapan saja. 

Sementara itu, haji secara umum berarti mengunjungi Ka’bah di Masjidil Haram yang dilakukan pada bulan Haji saja. Haji juga bisa dikatakan sebagai upaya seorang umat Muslim untuk mengikatkan ibadah serta menyempurnakan rukun Islam, dengan cara melaksanakan ibadah haji. 

Haji sendiri adalah rukun Islam yang ke-5, di mana artinya wajib bagi setiap Muslim yang mampu menunaikannya. Sedangkan menurut para ulama, pengertian haji bisa dikatakan menuju Ka’bah atau mengunjungi rumah Allah, yang keberangkatannya akan dilaksanakan pada waktu tertentu saja. 

Waktu tertentu untuk melaksanakan ibadah haji yaitu pada bulan Syawal, Zulkaida, Zulhijjah, serta sepuluh bulan pertama Zulhijjah. Di dalam ibadah haji pun ada serangkaian kegiatan yang harus dilakukan. Beberapa di antaranya yaitu berihram, Wukuf di padang Arafah, dan Mabit yang dilaksanakan di Mina. 

Tidak hanya itu saja, masih ada kegiatan lainnya yang harus dilaksanakan, seperti melempar Jumrah, Sai, mencukur, serta Thawaf. Sampai di sini, mungkin Anda sudah bisa mulai memahami apa perbedaan antara haji dan umroh. Namun untuk lebih jelasnya lagi, kami akan menjabarkannya dengan lengkap setelah ini. 

Perbedaan Umroh dan Haji: Ibadah yang Dilakukan di Tanah Suci

Masjidil Haram
Masjidil Haram

Dari penjelasan di atas, setidaknya Anda sudah mulai memahami perbedaan umroh dan haji. Akan tetapi, sebenarnya ada sedikitnya 7 perbedaan haji dan umroh yang harus dipahami karena ini nantinya berkaitan dengan seluruh kegiatan yang wajib dilakukan jemaah. Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait kedua ibadah tersebut. 

1. Perbedaan Rukun Ibadah

Perbedaan umroh dan haji yang pertama terletak pada rukunnya yaitu: ibadah umroh hanya memiliki 4 rukun saja (Ihram, Sa’i, Thawaf, dan memotong rambut), sedangkan untuk ibadah haji memiliki 5 rukun yang wajib dilaksanakan (Ihram, Wukuf, Sa’i, Thawaf, dan memotong rambut). 

Meskipun terlihat adanya persamaan haji dan umroh, namun perbedaan rukun tersebut menjadi syarat dari keabsahan ibadah yang dilaksanakan. Bahkan rukun ibadah tersebut bisa dikatakan batal apabila tidak bisa dilakukan dan tidak diganti dengan denda. 

2. Perbedaan Waktu Pelaksanaan

Selain perbedaan rukun haji dan umroh, waktu pelaksanaan juga menjadi perbedaan yang perlu dipahami. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, ibadah haji hanya boleh dilaksanakan pada bulan haji saja. Hal ini memang sudah ditetapkan oleh syariat. Selain itu, ibadah haji juga hanya dilaksanakan satu kali dalam satu tahun. 

Pada umumnya, ibadah haji hanya akan dilaksanakan mulai dari bulan Syawal sampai hari raya Idul Adha. Hal ini bahkan sudah dijelaskan di dalam hadits riwayat Bukhari yang diterangkan oleh Abdullah bin Umar, “Bulan-bulan haji adalah Syawal, Zul Qa’dah, dan 10 hari (pertama) Zulhijjah.” (HR. Bukhari).

Sementara itu, ibadah umroh bisa dilakukan tanpa ada keterikatan waktu. Dengan kata lain, ibadah yang disebut haji kecil ini bisa dilakukan kapan saja atau bisa dilakukan sepanjang tahun. Inilah perbedaan umroh dan haji yang paling mudah diingat. 

3. Perbedaan Hukum Ibadah

Perbedaan umroh dan haji yang selanjutnya bisa dilihat dari hukum ibadahnya. Di dalam rukun Islam, haji merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi umat Muslim yang mampu. Hal ini bahkan sudah dijelaskan pada firman Allah:

“Menunaikan ibadah haji adalah kewajiban terhadap Allah, yaitu bagi mereka yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari kewajiban haji ini, maka sesungguhnya Allah adalah Tuhan Yang Maha Kaya yang tidak memerlukan sesuatu apapun dari semesta alam.” (QS. Ali Imron: 97)

Sedangkan untuk ibadah umroh memiliki hukum Sunnah. Ibadah ini bisa dinilai sebagai penyempurnaan ibadah yang selayaknya dilaksanakan oleh umat Islam. Namun meskipun begitu, terdapat perbedaan pendapat terkait hukum umroh  ini. 

Di dalam mazhab Hanafi dan Maliki, umroh merupakan ibadah Sunnah. Namun menurut mazhab Syafi’i dan Hanbali umroh menjadi ibadah yang memiliki hukum wajib. Jabir bin ‘Abdillah ra menerangkan bahwa Rasulullah SAW ditanya apakah wajib atau Sunnah bagi seseorang melaksanakan ibadah umroh. Nabi SAW lalu menjawab, “Tidak. Jika kau berumroh maka itu lebih baik.” (HR. Tirmidzi).

4. Perbedaan Makna

Jika dipahami dari segi makna, maka terdapat perbedaan umroh dan haji yang harus diketahui. Haji mempunyai makna Al-Qashdu, yang artinya berkunjung atau sengaja melakukan sesuatu yang “agung”. Para umat Islam akan datang ke Baitullah, baik secara fisik maupun jiwa untuk melaksanakan suatu amalan tertentu, syariat dan waktu tertentu pada bulan haji. 

Berbeda dengan umroh yang dimaknai sebagai kegiatan berziarah ke Baitullah untuk melakukan amalan-amalan tertentu. Di dalam ilmu Fiqih, umroh diartikan mendatangi Ka’bah untuk melakukan Thawaf, Sa’i, dan bercukur. 

Tidak hanya itu, ibadah umroh juga dapat diartikan sebagai haji kecil atau haji yang dikurangi. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya ritual atau kegiatan pada ibadah haji yang dikurangkan di dalam ibadah umroh.

5. Perbedaan Segi Kewajiban

Perbedaan umroh dan haji juga bisa dilihat dari segi kewajibannya. Kewajiban ini merupakan rangkaian ibadah manasik yang apabila ditinggalkan, maka bisa membatalkan kedua ibadah tersebut yang sedang dijalani, dan harus diganti dengan denda. 

Ibadah haji memiliki 5 kewajiban yang harus dilakukan, yakni niat Ihram dari Miqat atau batas area yang sudah ditentukan daerah asal jamaah haji, menginap di Muzdalifah, menginap di Mina, Thawaf Wada’ (perpisahan), dan melempar jumrah. Saat sudah berihram pun para jamaah harus sudah mengenakan pakaian yang dipakai ketika melaksanakan Wukuf.

Sementara untuk ibadah umroh hanya memiliki 2 kewajiban saja, yakni niah Ihram dari Miqat dan menjauhi larangan saat sudah berihram. Dari perbedaan umroh dan haji ini bisa dilihat bahwa keduanya memiliki serangkaian ibadah yang hampir sama, namun lebih banyak saat melaksanakan haji. 

6. Perbedaan Tempat Pelaksanaan

Dalam perbedaan umroh dan haji, keduanya memiliki tempat pelaksanaan yang berbeda setelah Miqat. Sedikit informasi, Miqat adalah batas antara boleh atau tidaknya (perintah mulai atau harus berhenti) melafadzkan niat ibadah. 

Mengutip penjelasan dari buku Ensiklopedia Fikih Indonesia oleh Ahmad Sarwat, ibadah haji akan dilaksanakan dari mulai Miqat ke Mekkah (Masjidil Haram). Kemudian akan dilanjut ke padang Arafah, lalu ke Muzdalifah, dan dilanjut ke Mina. 

Berbeda dengan umroh yang akan dilakukan dari Miqat ke Mekkah, lalu dilanjut dengan ibadah Thawaf dan Sa’i. Ibadah haji kecil ini akan dilaksanakan di Masjidil Haram. 

7. Perbedaan Kekuatan Fisik

Nah, perbedaan umroh dan haji yang terakhir yaitu persiapan fisik untuk menjalaninya. Berdasarkan urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir, ibadah ini akan memakan waktu yang lebih lama dan lebih panjang. Berbeda dengan ibadah umroh yang dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. 

Oleh karena itu, para jamaah haji diwajibkan untuk menjaga kekuatan fisik selama menjalani ibadah di Tanah Suci tersebut, dengan tujuan agar rasa tenang dan damai menyelimuti hati selama berada di rumah Allah SWT. 

Macam-Macam Haji dan Umroh

Sekarang, Anda pasti sudah sangat paham apa saja perbedaan umroh dan haji. Selain perbedaan tersebut, ada juga macam macam haji dan pengertiannya yang memiliki kaitan dengan ibadah umroh. 

Haji Qiran

Haji Qiran merupakan ibadah haji dan ibadah umroh yang dilaksanakan secara bersamaan. Jenis ibadah ini bisa dijadikan pilihan saat terjadi suatu hal, seperti jemaah yang tidak bisa melaksanakan ibadah umroh, baik itu sebelum ataupun sesudah ibadah haji. Secara bersamaan, jemaah akan melakukan sekali niat untuk dua pekerjaan sekaligus, namun juga harus melakukan pembayaran dam. 

Haji Tamattu’

Haji Tamattu’ merupakan pelaksanaan ibadah umroh terlebih dahulu di bulan haji. Lalu kemudian dilanjut dengan ber-tahallul dan berihram haji dari Mekkah (pada 8 Dzulhijjah atau 9 Dzulhijjah tanpa kembali lagi dari Miqat semula). 

Saat jeda waktu Tahallul, jemaah dapat bersenang-senang karena sedang tidak dalam kondisi berihram dan tidak akan terkena larangan ihram, namun tetap akan dikenakan dam. Meskipun terdapat perbedaan umroh dan haji, namun keduanya bisa dilakukan dalam satu waktu dengan syariat tertentu. 

Haji Ifrad

Yang terakhir ada haji Ifrad yang memiliki arti melaksanakan ibadah haji tanpa melaksanakan ibadah umroh. Ibadah ini adalah suatu proses yang melangsungkan ibadah haji terpisah antara ibadah umroh. Haji Ifrad bisa dilaksanakan dengan melaksanakan haji saja tanpa perlu umroh. Dengan cara ini, jemaah tidak diwajibkan untuk membayar dam. 

Akhir Kata

Sebagai kesimpulan, perbedaan umroh dan haji mencakup 7 hal, yakni rukun ibadah, waktu pelaksanaan, hukum ibadah, makna, kewajiban yang akan dilakukan, tempat pelaksanaan, dan kondisi fisik. 

Sebagai calon jemaah, tentunya Anda harus memahami seluruh perbedaan tersebut agar saat menjalani ibadah di Tanah Suci nantinya bisa lebih efektif dan tenang. Persiapkan juga jasa travel haji plus terbaik di Jakarta yang akan mengantarkan Anda dan keluarga ke Tanah Suci tanpa repot. 

Jasa tersebut akan dengan senang hati membantu Anda dari mulai memberikan informasi berapa lama antrian haji, pengurusan dokumen, sampai hal-hal yang mendukung ibadah selama di rumah Allah. 

Continue Reading

Berita

Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Politik Indonesia

Published

on

dampak positif dan negatif iptek di bidang politik

Sudahkah Anda mengetahui sebenarnya apa dampak positif dan negatif IPTEK di bidang politik? Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan juga teknologi sudah terbukti makin canggih.

Hal ini membawa dampak besar terhadap berbagai sektor, termasuk bidang politik. Ada dampak positif dan negatif yang dapat dihasilkan oleh IPTEK di bidang politik. Apa saja dampak tersebut dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan politik kita?

Apa Itu IPTEK?

IPTEK adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Istilah ini mengacu pada pengetahuan, keterampilan, dan aplikasi teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan, pengembangan, dan penerapan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Ilmu Pengetahuan (IP) merujuk pada pengetahuan yang diperoleh melalui observasi, penelitian, dan eksperimen sistematis terhadap fenomena alam, sosial, atau budaya. Ilmu Pengetahuan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti fisika, kimia, biologi, matematika, ilmu komputer, ekonomi, sosiologi, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Teknologi (TEK) mencakup penerapan ilmu pengetahuan untuk merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan alat, mesin, perangkat lunak, dan sistem yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknologi dapat mencakup berbagai bidang, termasuk teknologi informasi, teknologi komunikasi, teknologi energi, teknologi transportasi, teknologi medis, dan lain sebagainya.

Beberapa Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Politik

IPTEK bekerja secara saling terkait dan saling mempengaruhi. Ilmu Pengetahuan menyediakan landasan pengetahuan, konsep, dan prinsip-prinsip yang diperlukan untuk mengembangkan teknologi yang inovatif dan efektif. 

Sementara itu, Teknologi mengaplikasikan pengetahuan ilmiah untuk menciptakan solusi praktis dan inovatif yang dapat meningkatkan kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Namun meskipun begitu, ada dampak positif dan negatif IPTEK di bidang politik. 

1. Dampak Positif

IPTEK memiliki berbagai dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa contoh dampak positif dari IPTEK:

Kemajuan dalam Komunikasi

IPTEK telah mengubah cara kita berkomunikasi. Teknologi seperti internet, telepon seluler, media sosial, dan aplikasi pesan instan telah memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Komunikasi yang lebih efisien dan global ini memfasilitasi pertukaran informasi, kolaborasi, dan interaksi sosial yang lebih luas.

Penyediaan Akses Informasi

IPTEK telah menghadirkan akses yang lebih mudah dan luas terhadap informasi. Dengan internet, seseorang dapat mencari informasi tentang hampir segala hal secara instan. Ini memberi kita akses ke pengetahuan, sumber daya pendidikan, berita, dan konten informatif lainnya dengan lebih cepat dan efisien.

Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

IPTEK telah mempercepat dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai sektor. Penerapan teknologi dalam industri, pertanian, transportasi, dan sektor lainnya telah menghasilkan proses yang lebih cepat, lebih akurat, dan lebih efisien. Hal ini meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, dan mengurangi biaya produksi.

2. Dampak Negatif

IPTEK juga memiliki beberapa dampak negatif yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa contoh dampak negatif yang bisa timbul dari IPTEK:

Ketergantungan Teknologi

Dalam era digital, ketergantungan kita pada teknologi meningkat secara signifikan. Ketergantungan ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk berfungsi tanpa teknologi, kehilangan keterampilan tradisional, dan meningkatkan risiko gangguan teknologi yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Ketimpangan Digital

Meskipun IPTEK dapat meningkatkan akses informasi, namun ketimpangan digital masih ada. Beberapa komunitas atau negara mungkin tidak memiliki akses yang sama terhadap teknologi dan internet. Ini dapat memperlebar kesenjangan sosial, pendidikan, dan ekonomi antara mereka yang memiliki akses dan mereka yang tidak.

Keamanan dan Privasi

Penggunaan teknologi membawa risiko terhadap keamanan dan privasi. Serangan siber, pencurian identitas, dan pelanggaran privasi menjadi ancaman yang serius. Data pribadi kita dapat diakses, digunakan, atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sekarang, Anda sudah mengetahui dengan lengkap dampak positif dan negatif IPTEK di bidang politik. 

Akhir Kata

Dampak positif dan negatif IPTEK di bidang politik memiliki dampak besar pada kehidupan. Dampak positif dan negatif yang dihasilkan perlu diwaspadai dan dikendalikan. Untuk menghindari dampak negatif, penting bagi kita untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan memperhatikan etika penggunaannya. 

Pemerintah juga perlu mengatur dan melindungi hak-hak individu dalam penggunaan teknologi. Dengan cara ini, kita dapat memanfaatkan IPTEK secara positif dalam kehidupan politik kita tanpa mengabaikan dampak negatifnya.

Baca Juga: Siapa Saja Tokoh Yang Mengusulkan Rumusan Dasar Negara

Continue Reading

Dunia

Jurus Jitu Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Published

on

Jurus Jitu Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Mengapa belajar bahasa inggris itu penting? Sudah menjadi sebuah fakta bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Tentu saja predikat ini tidak melekat begitu saja karena memang ada kaitannya dengan peran Negara Inggris yang tak lain adalah penjelajah sekaligus penjajah. Coba kalian perhatikan, sebagian besar negara jajahan Inggris wajib menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak negara jajahan Inggris di dunia, mulai dari Asia,Eropa, Amerika, hingga Afrika yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu utama mereka.

Mengapa diperlukan bahasa internasional? Tentu dibutuhkan adanya bahasa internasional sebagai media komunikasi masyarakat global. Dan bahasa inggris terpilih menjadi bahasa internasional karena bahasa ini diklaim sebagai bahasa tertua dan telah tersebar di hampir seluruh penjuru dunia akibat penjajahan inggris. 

Di era globalisasi ini, bahasa internasional sangat diperlukan sebagai salah satu modal untuk tetap mampu bertahan dan bahkan mampu berkompetisi di tengah persaingan ekonomi global. Karena itu, penting rasanya untuk membekali diri dengan skill bahasa inggris yang mumpuni. Lantas, bagaimana dengan kita yang sama sekali kurang pandai berbahasa inggris? Apakah kita perlu mengikuti program les bahasa inggris di les private atau semacamnya? Tak perlu cemas, kini ada jurus jitu cara belajar bahasa inggris untuk pemula seperti kita. Apa saja jurusnya? Simak informasi detailnya berikut ini. 

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Mulai Pelajari Kosakata Bahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris untuk pemula

Salah satu cara belajar bahasa inggris untuk pemula adalah dengan mulai menambah hafalan kosakata dalam bahasa inggris. Perbanyak lagi perbendaharaan kata dalam bahasa inggris lengkap dengan artinya dan aplikasinya dalam kalimat. Bila perlu, buat target untuk menghafal sekian kosakata per hari. Sebagai pemula, pilih kosakata-kosakata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Belajar Bahasa Inggris dari Hobi 

Ada cara belajar bahasa inggris untuk pemula yang bisa dibilang seru dan tidak membosankan. Iya benar sekali, dengan memanfaatkan hobi kita. Misal, kita hobi banget dengerin musik dan menonton film berbahasa inggris. Manfaatkan momen-momen ini untuk mengasah lagi skill bahasa inggris kita. Melalui lirik pada sebuah lagu berbahasa inggris, kita dapat belajar kosakata-kosakata baru lengkap dengan kalimatnya. Kita bisa mengartikannya bila perlu.Anggap saja kita sedang melatih skill listening kita. 

Demikian juga ketika kita sedang asik menonton film, untuk mengasah lagi kemampuan bahasa inggris kita, coba ganti subtitle Indonesia dengan subtitle bahasa inggris. Pastinya akan ada kosakata-kosakata baru yang akan kita jumpai pada film. Masukan kosakata-kosakata ini ke dalam list kosakata baru yang sudah kita buat, lalu cari artinya dalam kamus dan hafalkan. Agar lebih menantang lagi, boleh sekali-kali menon-aktifkan subtitle pada film. Anggap saja kita sedang latihan sesi listening dengan menggunakan media film. 

Nah, untuk jurus yang satu ini, pilih tipe film yang ringan. Misal, film-film khusus untuk anak-anak yang dari segi plot dan penggunaan bahasanya juga ringan dan tidak banyak menggunakan bahasa slang. Dengan mencoba mengaplikasikan cara ini, kita sepertinya perlu menunda rencana join les private bahasa inggris di les private Jakarta. Kita perlu melihat hasilnya apakah cara belajar mandiri ini efektif atau tidak. Jika kiranya kurang efektif, tidak ada salahnya kita join menjadi peserta les private Bahasa Inggris.

Baca juga: 6 Toko Online di Indonesia yang Menerima Pembayaran Melalui Paypal

Perbanyak Literatur Berbahasa Inggris

Mungkin di Indonesia, budaya membaca tidak sepopuler di Eropa. Akan tetapi tidak ada salahnya kita biasakan untuk menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan baru kita. Terlebih kita saat ini memiliki target skill berbahasa inggris yang lebih baik. Bacaan-bacaan yang kita pilih juga harus berbahasa inggris agar kemampuan membaca kita jauh lebih baik. 

Sering-Sering Membuka Kamus Bahasa Inggris

Jurus jitu cara belajar bahasa inggris bagi pemula selanjutnya adalah sering membuka kamus bahasa inggris ketika menjumpai kosakata baru untuk mengerti makna atau arti secara harfiah. Cara ini juga kerap diaplikasikan oleh sebagian besar tutor les private bahasa inggris seperti les private Jakarta. Dan hasilnya sungguh efektif. Selain menambah perbendaharaan kata, sering membuka kamus juga rupanya dapat membantu kita menemukan arti lain dari satu kosakata saja.

Buat Daftar Kosakata Sulit, Artikan, dan Hafalkan

Selama belajar bahasa inggris, baik dengan bantuan media musik, film, maupun literatur berbahasa inggris, pastinya kita pernah menjumpai sejumlah kosakata baru yang mungkin tergolong kosakata yang sulit karena mungkin terkait dengan bidang tertentu. Segera catat dan cari artinya dalam kamus, dan hafalkan. Ini adalah salah satu cara belajar bahasa inggris bagi pemula yang wajib kita praktikan. 

Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

Meski kemampuan bahasa inggris kita pas-pasan atau bahkan di bawah standard, bukan berarti kita lantas enggan berlatih untuk membuat karya tulis berbahasa inggris. Mulai dengan membuat karya tulis yang mudah, sederhana, dan singkat. Misal, membuat artikel berbahasa inggris atau bisa juga menulis jurnal harian yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari kita.

Khusus untuk pembuatan artikel dan sejenisnya, pilih topik penulisan yang sederhana dan ringan. Misal, berbagi tips seputar kesehatan. Atau bisa juga berbagi ide tentang tren fesyen yang lagi booming saat ini, dan lain sebagainya. 

Oh iya, sama seperti bahasa tulis berbahasa Indonesia, bahasa tulis berbahasa inggris juga harus sesuai dengan kaidah yang benar. Kadiah di sini meliputi grammar, teknis penulisan, dan struktur penulisan. Latihan menulis yang dilakukan secara rutin akan sangat membantu dalam meningkatkan skill menulis kita. 

Percaya Diri untuk Berbicara dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya ada satu modal lagi yang diperlukan selama kita mengaplikasikan cara belajar bahasa inggris bagi pemula yaitu percaya diri. Meski kita merasa kemampuan speaking kita standard saja, tak ada salahnya untuk terus berlatih. Ada banyak cara untuk melatih skill speaking kita. Misal, dengan latihan speaking seorang diri di depan cermin. Atau bisa juga menerapkan English day yang mana program English day ini mengharuskan kita untuk berbicara dalam bahasa inggris pada hari-hari tertentu. Dalam program ini, kita bisa mengajak kawan-kawan kita di kampus atau di sekolah, atau mengajak keluarga kita di rumah untuk menjadi partner kita. 

Manfaatkan Internet dan Join dengan Komunitas

Manfaatkan teknologi internet sebagai ‘guru’ kedua kita. Ada banyak situs atau website yang berisi konten-konten bermanfaat seputar ilmu bahasa inggris. Kita bisa belajar apa saja lewat internet. Melalui media sosial, misalnya, bisa menjadi media yang tepat untuk bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki tujuan yang sama. Demikian juga dengan komunitas. Gabunglah dengan komunitas yang cinta menggunakan bahasa inggris. Kita bisa manfaatkan komunitas ini untuk meningkatkan skill bahasa inggris kita, terutama skill speaking kita. Jadi, dengan cara belajar bahasa inggris bagi pemula ini, apakah tetap berminat untuk join dengan program les private bahasa inggris? 

Continue Reading

Trending