apa itu sertifikat ISO

Di pasar global, check and balance harus ada. Kalau tidak, akan sulit untuk mempertahankan konsistensi dan kualitas di seluruh industri dan negara. Standar internasional membantu menjaga tingkat persaingan, dan satu organisasi semacam itu adalah ISO.

Mungkin ada banyak layanan Jasa Konsultan ISO diluaran sana untuk membantu Anda memahami apa itu ISO. Namun artikel ini akan sedikit memberi Anda gambaran awal tentang itu.

Apa itu Sertifikasi ISO?

Sertifikasi ISO menyatakan bahwa sistem manajemen, proses pembuatan, layanan, atau prosedur dokumentasi memiliki semua persyaratan untuk standardisasi dan jaminan kualitas. ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) adalah organisasi internasional independen, non-pemerintah, yang mengembangkan standar untuk memastikan kualitas, keamanan, dan efisiensi produk, layanan, dan sistem.

Sertifikasi ISO ada di banyak bidang industri, mulai dari manajemen energi dan tanggung jawab sosial hingga peralatan medis dan manajemen energi. Standar ISO diterapkan untuk memastikan konsistensi. Setiap sertifikasi memiliki standar dan kriteria yang terpisah dan diklasifikasikan secara numerik. Misalnya, sertifikasi ISO yang saat ini kami pegang di Mead Metals adalah ISO 9001: 2008.

Definisi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001: 2008 mencakup tiga komponen: ISO, 9001, dan 2008. Inilah yang mewakili masing-masing komponen:

ISO

Sebagaimana disebutkan di atas, ISO mengacu pada Organisasi Internasional untuk Standardisasi. Organisasi ini mengembangkan standar, dan itu dilakukan untuk mensertifikasi bisnis atau organisasi. Sertifikasi ditangani oleh pihak ketiga dan diuji setiap tahun.

9001

Angka yang muncul setelah ISO mengklasifikasikan standar. Semua standar dalam keluarga ISO 9000 mengacu pada manajemen kualitas. ISO 9001 adalah salah satu standar ISO paling terkenal, dan menetapkan kriteria untuk memenuhi sejumlah prinsip manajemen mutu. Ini membantu bisnis dan organisasi menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

2008

Angka terakhir dalam sertifikasi ISO mengacu pada versi standar yang dipenuhi dan diwakili oleh tahun kalender standar tersebut diluncurkan. 2008 adalah edisi keempat ISO 9001. Versi terbaru, ISO 9001: 2015, diluncurkan pada September 2015, dan Mead Metals saat ini memperbarui prosesnya untuk memenuhi spesifikasi versi terbaru ini.

Apa Arti Sertifikasi ISO 9001?

Jika suatu organisasi menyebut diri mereka “Bersertifikat ISO 9001,” ini berarti bahwa organisasi tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam ISO 9001 (yang dapat Anda baca secara lengkap di sini). ISO 9001 mengharuskan organisasi untuk mendefinisikan dan mengikuti sistem manajemen mutu yang tepat dan efektif sementara juga mengharuskan mereka untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dan mengambil tindakan terhadap perbaikan tersebut.

Akibatnya, biasanya dipahami bahwa organisasi yang mengklaim sertifikasi ISO 9001 adalah organisasi dengan produk dan layanan yang memenuhi standar kualitas.

Penjelasan Sertifikasi ISO

Untuk menjual ke industri tertentu, sertifikasi ISO 9001 diperlukan – industri otomotif adalah contoh yang populer.

“Kami disertifikasi untuk ISO pada tahun 1998, dan itu membantu organisasi kami dalam berbagai cara.”

Standar ISO telah memberi kita tata letak tentang apa yang perlu dilakukan pada setiap pesanan. Kita tahu standar yang perlu dipenuhi, dan kita memiliki alat untuk memastikan kualitas, konsistensi, dan keamanan. Apa yang kita lakukan, bagaimana kita memeriksa kualitas, dan apa yang dituntut dari kita semuanya diatur oleh ISO.

Standar sertifikasi ISO juga membantu menjaga produk dan layanan menjadi tetap relevan. Ketika standar berubah, kita berubah bersama mereka. Ketika kita bekerja dengan pelanggan baru, kita mengirimkan kepada mereka detail sertifikasi, sehingga mereka tahu dan dapat mengharapkan standar ISO dipenuhi.