Hacker Indonesia 9 Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa

1
2093
9 Hacker Indonesia Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa-min-min
Dari hanya sekedar iseng membobol situs KPU hingga meretas situs Presiden Israel pernah dilakukan Hacker Indonesia.

Dunia per-hacking-an Indonesia cukup mendapatkan perhatian dari dunia. Walau tidak dihitung secara berlebihan namun eksistensinya diperhitungkan. Mau tahu? Berikut 9 hacker Indonesia terkenal di dunia memiliki reputasi level dewa.

Melalui eksistensi hasil karyanya, setidaknya ada beberapa nama hacker Indonesia ini masuk dalam kategori peretas ulung.

Dalam dunia hacking sendiri, pada dasarnya ada banyak kategori. Khususnya sebagai pembeda antara peretas satu dengan yang lain. Tergantung dari kemampuan sampai dengan tujuan sang peretas melakukan aksinya. Mulai dari black hat, white hat, grey hat sampai dengan lamer.

Dari hanya sekedar iseng membobol situs KPU hingga meretas situs Presiden Israel pernah dilakukan Hacker Indonesia.

Dalam level tinggi, Indonesia memiliki segudang peretas. Tidak semua nama dikenal publik, beberapa tetap berada di balik layar. Setidaknya hingga saat ini tidak diketahui identitas atau keberadaannya.

Salah satu Hecker Indonesia terkenal menjadi sosok yang dicari pihak FBI sejak tahun 2011 hingga kini. Karena, telah meretas situs penting NYPD dan mengambil data-data penting di server CIA dan NYPD.

Inilah beberapa Hacker Indonesia terkenal reputisasinya. Baik di lingkup nasional maupun secara internasional.

  1. Hmei7 : Master of Mass Defacer

9-Hacker-Dari-Indonesia-yang-Memiliki-Reputasi-Level-Dewa-a-minTidak banyak yang tahu tentang nama Hmei7. Setidaknya bagi orang awam dunia peretas, namanya jarang disebut atau terdengar sebelumnya. Dia adalah salah Hacker Indonesia terkenal di Dunia. Seseorang di balik inisial Hmei7 ini cukup diperhitungkan kelihaiannya dalam melakukan peretasan dalam level atas.

Hacker Indonesia satu ini adalah seorang defacer handal. Dia pernah mengacak-acak situs blogging, WordPress beberapa tahun lalu. Bahkan di tahun 2001 silam, Hmei7 pernah melakukan defacing terhadap lebih dari 5000 website. Dan itu hanya dilakukan dalam kurun waktu 2 hari saja. Hal ini pula yang kemudian membuat dia dianggap sebagai Master of Mass Defacer.

Menurut perkiraan banyak orang yang berkecimpung dalam dunia hacking, Hmei7 adalah Hacker Indonesia. Dia adalah seorang peretas yang pernah kuliah di salah satu universitas negeri di Malang, Jawa Timur di jurusan Diskomvis. Dia diketahui kerap aktif di berbagai forum dan group chat mIRC dengan nick name berbeda. IBM merupakan situs pertama yang berhasil dilumpuhkan Hacker Indonesia satu ini.

  1. Kang Onno : RT/RW-Net

9 Hacker Indonesia Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa-min-min

Hacker Indonesia yang satu ini dikenal dengan nama Kang Onno. Memiliki nama lengkap Onno W. Purbo. Dia adalah seorang pakar dalam dunia teknologi informasi dari Bandung. Memiliki background pendidikan Teknik Elektro di tahun 1981. Berbekal predikat sebagai wisudawan terbaik, Kang Onno kemudian melanjutkan pendidikannya ke Kenada melalui jalur beasiswa PAU-ME.

Dalam bidang yang digelutinya. Yakni, teknologi informasi dia akhirnya menjadi salah satu pakar yang hebat di Tanah Air. Kang Onno dianggap sebagai salah satu hacker ternama di Indonesia. Selain itu, banyak ide gagasannya yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Seperti, salah satunya adalah RT/RW-Net. Kang Onno juga aktif mengisi seminar, konferensi nasional ataupaun internasional serta menulis artikel yang berkaitan dengan teknologi informasi media. Hmmm…

  1. Xnuxer : Pembobol situs KPU

9 Hacker Indonesia Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa-min-min

Mungkin akan banyak perdebatan terkait masuknya seseorang dengan ID Xnuxer. Dia adalah Hacker Indonesia dan merupakan salah satu peretas hebat Tanah Air. Xnuxer memiliki nama asli Dani Firmansyah. Dia diketahui peretas yang berhasil mendobrak sistem keamanan Kpu.go.id pada bulan April 2004 lalu.

Hacker Indonesia satu ini, beberapa kali melakukan percobaan untuk menembus sistem keamanan website KPU. Mulai dari menggunakan XSS (cross site scripting) sampai dengan SQL Injection, pada akhirnya Xnuxer berhasil masuk ke server tnp.kpu.go.id.

Ketika sudah berada di dalam lingkup server, Xnuxer kemudian membuka tampilan nama 24 partai politik peserta pemilu. Kemudian, mengganti nama-namanya menjadi nama buah-buahan. Masih ingat kan? Dengan berita heboh ini? Xnuxer pelakunya.

Sayangnya, aksinya ini direspon cepat oleh Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya pada tanggal 24 April 2004.

Dia didakwa telah melakukan pengerusakan dan masuk secara paksa ke server KPU. Awalnya, aksi Xnuxer ini dianggap memiliki muatan politis. Namun, tidak terbukti. Dia hanya mengatakan bahwa ulahnya itu hanya untuk menguji tingkat keamanan sistem KPU. Serta sangat koperatif dalam penyidikan, dia hanya dijatuhi hukuman penjara beberapa bulan saja. Iseng yang keren bagi para hacker.

  1. E5a_Cyb3r yang meninggalkan jejak

Selain Xnuxer, seorang peretas lain dari Indonesia juga pernah menjahili situs KPU. Dia adalah Erza Julian atau lebih dikenal dengan inisial di dunia maya dengan nama E5a_Cyb3r. Dia merupakan peretas paling muda yang berhasil membobol website KPU kemudian mengubah tampilannya. So pasti membuat admin kewalahan untuk mengembalikan situsnya kembali seperti sedia kala.

Hacker Indonesia satu ini nampaknya mendambakan pengakuan publik. Bagaimana tidak, ia justru  menuliskan pesan kepada admin bahwa dialah yang melakukan aksi tersebut. E5a_Cyb3r membubuhkan alamat email, Facebook dan Twitter di tampilan defacingnya. Untuk tidak memasang gambar selfi terimutnya he.. he…

Diketahui, Erza merupakan salah satu anggota dari grup hacker terkenal di Tanah Air, Manusia Biasa Team serta Anonymous Hacker Indonesia. Tidak diketahui, apakah setelah pihak admin berhasil menghubungi E5a_Cyb3r untuk mengembalikan tampilan website seperti sedia kala, ada tindakan lanjut dari pihak berwajib atau tidak.

  1. XsvsHacker : Hacker Indonesia di cari FPI

Mengikuti jejap pertualangan Hmei7, seorang Hacker Indonesia handal satu ini juga cukup terkenal. Dia berinisial XsvsHacker. Juga pernah melakukan aksi yang membuat banyak pemilik website kelabakan. Seperti meretas database NYPD di tahun 2011. Hacker Indonesia ini melakukan defacing lebih dari 430 ribu situs di seluruh dunia. Dia juga berhasil meretas database game Zynga sampai dengan membobol server situs kepresidenan Israel.

Walaupun identitas asli XsvsHacker belum diketahui sampai sekarang, namun pihak FBI terus mencarinya. Setidaknya dari tahun 2011 hingga kini,  karena dituduh telah mengambil data-data penting di server CIA dan NYPD.

Menurut beberapa forum bawah tanah, XsvsHacker adalah salah satu anggota hacktivist terkenal dunia, Anonymous. Kabarnya bernama asli Sandy Afrian. Akan tetapi, kebenaran mengenai namanya tersebut masih menjadi simpang siur hingga saat ini. Dia benar-benar seorang hacker..

  1. Pak Made : Cyber Paspampres RI handal

9 Hacker Indonesia Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa-min-min

Hacker Indonesia satu ini dikenal sebagai salah satu Cyber Paspampres RI handal. Dia bernama asli I Made Wiryana atau lebih dikenal dengan nama Pak Made. Dia dipercaya untuk mengurusi masalah maintenance website dan server mantan presiden SBY. Sekaligus sebagai ‘pawang’ hacker yang menjahili situs pemerintah Indonesia tersebut. Dia pernah melakukan backup server kepresidenan dalam hitungan detik setelah sebelumnya digempur oleh serangan DDoS.

Pak Made merupakan alumni Universitas Indonesia jurusan Fisika sekaligus STIMIK Gunadarma di jurusan Manajemen. Setelah lulus di 2 universitas tersebut, Pak Made melanjutkan program Magisternya di Eidith Cowan University Australia. Dan kemudian menyelesaikan program Doktoral di RVS Bielfield Jerman. Dia bersama Pak Rusmanto, seorang pakar dalam dunia Linux, mengembangkan dan mempelopori perkembangan Linux di Tanah Air.

  1. Mr Dick : Hacker Indonesia dipakai Google

Hingga saat ini tidak ada yang tahu persis siapa Mr. Dick sebenarnya. Namun ada yang mengatakan dia adalah hacker Indonesia. Sebagai hacker ia kuat menyimpan indentitas atau nama aslinya. Ia disebut-sebut putra asli Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Konon dia dikabarkan sebagai peretas handal yang mampu menembus puluhan atau mungkin ribuan server dalam waktu singkat.

Kabar lain yang beredar di forum-forum ‘bawah tanah’ Mr Dick ini kini bekerja sama dengan Microsoft dan Google. Kemampuannya dimanfaatkan untuk mempelajari, mengembangkan dan membuat sistem pertahanan perangkat dan software.

  1. Jim Geovedi : Hacker Indonesia rendah hati

9 Hacker Indonesia Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa-min-min

Tentunya banyak orang yang sudah mengetahui nama Jim Geovedi ini. Dia adalah seorang pakar dan pemerhati dunia teknologi informatika dari Indonesia. Hacker Indonesia yang satu ini, kini menetap di luar negeri. Salah satu aksi hebatnya yang dicatat dunia adalah ketika dia mempraktikkan untuk menggeser arah orbit satelit di angkasa. Hal itu dilakukannya pada tahun 2009.

Jim Geovedi dikabarkan hanya lulusan SMU. Belajar teknik hacking secara otodidak di warnet. Hacker Indonesia ini juga pernah menjadi salah satu topik bahasan dalam Black Hat Security Conference di Washington D.C, beberapa tahun lalu. Namun, Jim tidak mau dianggap sebagai pakar apalagi peretas, dia hanya mengatakan bahwa dirinya hanyalah seorang pengamat dan partisipan aktif saja. Hmm… Hacker Indonesia yang rendah hati dan santun! Tapi aksinya itu lho.. bisa bikin gempar dunia.

  1. Bio666x : Hacker Indonesia lawan arogansi Australia

9 Hacker Indonesia Terkenal di Dunia Memiliki Reputasi Level Dewa Hacker Indonesia satu ini pernah membuat heboh Malaysia. Bagaimana tidak, di usianya yang ke 19, Yogi Nugraha pernah mematikan jaringan internet Negara Jiran tersebut.

Selain Malaysia, Singapura juga pernah menjadi korbannya. Banyak data penting miliki militer Singapura yang dia dapatkan setelah Yogi meretas dan masuk ke dalam servernya. Kabarnya, Yogi juga menjadi salah satu ‘pejuang’ Tanah Air. Khususnya dalam dunia hacking. Dia adalah anak muda yang melawan arogansi Australia beberapa tahun lalu. Dia beraksi dengan melakukan defacing sekitar 1700 web dan blog di Negari Kanguru itu dalam waktu 2 hari saja.

Uniknya, Yogi tidak pernah belajar atau kursus secara resmi. Khususnya tentang bagaimana cara untuk melakukan peretasan. Dia belajar secara otodidak dengan membaca berbagai sumber yang didapatkannya dari Google. Hacker otodidak keren hehehe…

Inilah beberapa 9 hacker Indonesia terkenal di dunia memiliki reputasi level dewa. Dan tentunya masih banyak lagi sosok per-hacking-an bawah tanah yang belum terendus. Indonesia pada dasarnya memiliki banyak potensi dan kemampuan diatas rata-rata. Mereka terus bergerak melakukan aktifitasnya. Dalam sepi, dalam kegelapan antah-berantah dunia maya mereka sering kali tertawa seperti hantu.

Semakin tinggi levelnya, maka semakin sulit untuk dideteksi. Mereka lah para dewa yang bisa menjelma sebagai monster penghancur atau malaikat pelindung.

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here