6.9 C
Alba Iulia
Kamis, April 9, 2020

Apa Itu Bisnis RT RW Net? Prinsip Dasar dan Potensinya

Must Read

Beredar Foto Seronok di Duga Siswi SMK Kandeman Kabupaten Batang

Sekolah perlu memberikan pengawasan ketat terhadap para siswa dalam lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah, bila ada keterkaitanya anak...

Umat Islam Diambang Kehancuran?

Belakangan ini konflik atas nama agama sering kali mencuat. Baik di dunia maupun di Indonesia. Islam menjadi salah satu...

Tari Topeng Cirebon dan Makna Dibaliknya

Tari Topeng Cirebon dengan gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab,...

Apa itu Bisnis RT RW Net, kenapa ia menjadi buah bibir ditengah masyarakat. Dimana mendorong sebagian besar orang, menggali lebih jauh tentang potensi bisnis ini.

Bisnis RT RW Net bisa disebut semacam bisnis wifi rumahan.

Dan menjadi semakin menarik. Karena, sebagian besar media memberitakan bahwa, kegiatan bisnis layanan internet ini, mampu memberi keuntungan hingga jutaan rupiah tiap bulannya.

Yang jelas, kegiatan usaha tersebut, memiliki peluang yang besar di era teknologi modern saat ini. Pasalnya, internet kini menjadi kebutuhan ditengah gaya hidup masyarakat. Semua kajian informasi dan berbagai layanan pun dapat dilakukan dengan media kasat mata tersebut.

Disisi lain, masyarakat sendiri antusias dan memberikan apresiasi cukup baik kepada pelaku usaha layanan tersebut. Mereka merasa diutungkan dengan adanya layanan internet oleh ide cemerlang ini.

Layanan internet 24 jam tanpa batasan quota adalah sajian utama dari bisnis tersebut. Tarif yang terjangkau membuat masyarakat tak bisa menolak.

Khususnya, manfaat atas internet itu sendiri, saat ini menjadi prioritas utama daya tarik masyarakat.

Sebelum membahas lebih dalam, berikut beberapa pertanyaan umum terkait Bisnis RT RW Net.

FAQs RT RW Net

Apa itu RT RW Net?

RT RW Net adalah jaringan komputer yang tumbuh dari swadaya masyarakat. Sesuai dengan namanya, ini mencakup zona wilayah RT / RW. Dimana sistem operasionalnya, menggunakan kabel. Beberapa menggunakan Wireless 2.4 Ghz serta hotspot sebagai media penghubung. Antar sumber internet dengan perangkat yang digunakan masyarakat.

Apa manfaat RT RW Net?

Secara umum, manfaat RT RW Net adalah memudahkan masyrakat untuk mendapat akses internet. Menjadi alat komunikasi yang bebas diakses secara mudah. Tanpa terikat aturan undang-undang maupun birokrasi pemerintah.

Apakah Usaha RT RW Net dilarang?

Pada dasarnya, operasional RT/RW Net atau jaringan internet rakyat ini tidak dilarang. Asalkan, memiliki izin dari pemerintah. Dalam hal ini yakni izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sejarah asal – usul RT RW Net

Kegiatan internet Rt rw net ini diperkenalkan oleh beberapa mahasiswa di UMM Malang yang memiliki tujuan untuk menyambungkan jaringan internet kampus UMM ke kosan mereka. Ketika itu kampus UMM masih menggunakan jaringan berteknologi AI3 Indonesia dengan perantara GlobalNet Malang. Namun disisi lain Gateway yang digunakan merupakan milik ITB (Institut Teknologi Bandung). Kualitas serta kecepatan jaringan internet pada waktu cukup lumayan baik. Sistem penyebaran jaringan ini kemudian disebarkan ke beberapa rumah lainnya yang menjadi tempat kos-kosan lainnya.

Tujuan kegiatan internet Rt Rw Net

Keberadaan Rt rw net ini tentu memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat luas. Tujuan yang dapat diperoleh diantaranya:

  • Ikut membangun komunitas yang sadar akan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi di berbagai daerah.
  • Saling berbagi informasi yang berguna bagi masyarakat lain yang ada di lingkungan sekitar.
  • Ikut serta dalam membangun dan mengembangkan internet murah di lingkungan tersebut
  • Sebagai media untuk saling tolong-menolong antar anggota masyarakat.
  • Sebagai media promosi kepada masyarakat sekitar.
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan manfaat sebuah layanan internet.

Tentunya dengan memakai jaringan Rt rw net, masyarakat tidak hanya dapat bertukar informasi tapi juga melakukan banyak hal lainnya secara online. Contohnya saja seperti membantu anggota rt rw lainnya yang membutuhkan, menjadi rekan bisnis, mengembangkan bisnis internet lainnya seperti online shop, beli tiket hotel atau pesawat, membayar berbagai tagihan (kendaraan bermotor, telepon, listrik dll), dan lainnya.

Manfaat Rt Rw Net

Keberadaan bisnis Rt rw net tentu sangat membantu masyarakat banyak. Karena kebutuhan informasi dan komunikasi teranyar dapat dilakukan lebih baik dari sebelumnya. Namun, terdapat beberapa manfaat lainnya dari kegiatan ini, yaitu:

  • Menghemat pengeluaran untuk internet. Rt rw net pastinya memiliki operator yang bertugas untuk menjaga jaringan internet ini selalu lancar dan aktif setiap harinya. Pihak operator ini kemudian yang berurusan dengan provider internet. Kemudian operator akan memberikan jasa internet kepada masyarakat sekitarnya dengan harga yang terjangkau. karena dengan biaya Rp 250.000 –Rp 350.000 masyarakat dapat menikmati jaringan internet dengan kualitas yang baik.
  • Jaringan internet lebih stabil. Kualitas jaringan dan kecepatan internet dengan memakai sistem Rt rw net tentunya lebih cepat dan stabil. Karena perangkat dan alat yang digunakan lebih baik dan canggih.
  • Mampu Menjangkau Wilayah yang Luas. Manfaat lainnya dari jaringn Rt rw net adalah jangkauan jaringannya yang cukup luas. Namun, jarak jangkauan tersebut bergantung kepada kebutuhan dan alat yang digunakan. Jadi, jika semakin banyak masyarakat yang memakainya maka peralatan yang digunakan harus lebih canggih lagi.
  • Aktif 24 jam. Jaringan Rt rw net harus aktif sepanjang hari agar masyarakat dapat menggunakannya ketika dibutuhkan bahkan dalam keadaan terdesak sekalipun. Karenanya, dibutuhkan operator khusus yang menjaga kualitas internet ini setiap harinya.

Kelebihan Jaringan Rt Rw Net

Jaringan Rt rw net tentu memiliki beberapa kelebihan yang sangat berguna bagi para penggunanya, seperti:

  1. Semakin mudahnya akses internet dengan menggunakan laptop ataupun smartphone kapanpun diinginkan.
  2. Penggunaan internet untuk laptop menjadi lebih mudah dan sederhana karena tidak memakai kabel.
  3. Dapat dipakai bersamaan untuk beberapa gadget sekaligus.

Kekurangan Jaringan Rt Rw Net

Selain kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan ketika memakai jaringan Rt rw net tersebut, yaitu:

  1. Jaringan ini rentan terhadap flooding ketika dipakai secara bersamaan pada waktu yang sama. Hal ini dapat dihindari jika operator menggunakan sistem keamanan jaringan yang bagus dan terpercaya.
  2. Jaringan ini didesain agar dapat dipakai bersama-sama oleh masyarakat setempat. Namun, jaringan ini cukup rentan terhadap serangan hacker jadi keamanan password ataupun informasi pribadi lainnya pada gadget yang dimiliki dapat mudah dicuri orang jahat. Karenanya, setiap pengguna Rt Rw Net harus memakai software keamanan yang mutakhir untuk mencegah hal tersebut.

Peralatan untuk Membangun Rt Rw Net

Membangun jaringan Rt rw net ini tidaklah sulit namun membutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan lainnya agar dapat bekerja dengan baik. Peralatan inipun harus disesuaikan dengan kebutuhan bandwidth dan luas cakupan yang diinginkan. Namun, setidaknya terdapat empat perangkat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan Rt rw net tersebut, yaitu:

  1. Router Utama dan Bandwidth Management. Dua peralatan ini sangat dibutuhkan karena berfungsi sebagai router utama yang berguna untuk memancarkan jaringan ke banyak tempat. Selain itu bandwidth management juga berfungsi untuk mengatur bandwidth yang digunakan. Tentu semakin besar bandwidth yang dibutuhkan maka harga peralatannya akan lebih mahal. Namun, peralatan satu ini dapat diganti ketika membutuhkan bandwidth lebih besar dikemudian hari.
  2. Power Adaptor dan Splitter. Peralatan ini sebenarnya satu kesatuan dan digunakan sebagai penyambung sumber listrik ke perangkat jaringan Rt rw net nantinya.
  3. Access Point. Peralatan ini berguna jika ingin membuat jaringan wireless. Sebagai access point tentu diharapkan memiliki lebih dari 1 WLAN atau yang dikenal dengan interface ethernet. Selain itu, bagian pemancar juga harus diperhatikan karena terdapat berbagai tipe pada bagian antena-nya. Tipe antena yang ada adalah sectoral, outdoor dan flat panel. Pemilihan tipe ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan seperti luas cakupan yang diharapkan, bukaan antena tersebut, frekuensi yang dipakai serta metode topologi yang diinginkan (point to point atau point to multipoint). Tentu untuk jaringan Rt rw net akan memakai topologi point to multipoint agar dapat digunakan oleh banyak pengguna, selain antena yang dipakai lebih baik sectoral karena antena ini memiliki fungsi arah sehingga arah pancaran antena dapat diatur dengan mudah.
  4. Tower. Peralatan ini berfungsi untuk memperluas cakupan jaringan sehingga mampu menjangkau area yang diinginkan.
  5. UPS. Merupakan power suppy sekaligus stabilizer dan penyimpan daya. Jadi, UPS ini dapat mengatur arus yang masuk agar selalu stabil sekaligus menjadi sumber energi cadangan ketika terjadi pemadaman listrik.

Biaya Membangun Jaringan Rt Rw Net

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun jaringan ini cukup besar karena peralatan yang digunakan cukup banyak dan beragam. Jika jumlah pengguna semakin banyak dan area yang harus dijangkau semakin luas maka biaya yang dibutuhkanpun akan meningkat.

Oleh karena itu, sebelum membangun jaringan ini diperlukan perhitungan yang matang. Perhitungan ini harus mencakup biaya pembelian peralatan, pemasangan, penerapan biaya sewa kepada masyarakat pengguna, biaya operator dan dana cadangan. Selain itu, pilihan merek dan kualitas peralatan juga perlu diperhatikan karena secara umum semakin baik kualitasnya maka semakin mahal harganya.

Namun, biaya pembangunan jaringan ini akan semakin murah jika penggunanya semakin banyak. Bahkan pihak operator dapat membuka investasi kepada para pengguna dengan penawaran dan berbagai keuntungan yang menarik tentunya.

Tips Membangun Rt Rw Net

Usaha internet Rt rw net ini memiliki pengaruh yang besar kepada masyarakat luas. Walaupun demikian proses pembangunan jaringan ini tidak dapat berjalan dengan lancar. Jika tanpa adanya dukungan dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu, diperlukan tips berikut ini agar usaha bisnis Rt rw net dapat berjalan dengan baik, yaitu:

1. Memperhitungkan Biaya Pembangunan dengan Cermat

Biaya pembangunan jaringan Rt rw net tidaklah sedikit. Oleh karena itu, diperlukan perhitungan yang matang dan mendetail di setiap peralatan dan pemasangan agar sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Tujuan Tidak Untuk Mencari Keuntungan Besar.

Tujuan dari Rt rw net ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses internet berkualitas kapanpun dibutuhkan. Oleh karena itu, biaya sewa yang ditetapkan juga jangan terlalu mahal dan memberatkan masyarakat. Keuntungan yang diharapkan juga harus wajar agar biaya operasional dapat tertutupi namun para pengguna tetap senang memakai jaringan Rt rw net ini.

3. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Masyarakat

Bisnis ini membutuhkan dukungan besar dari masyarakat sekitar.Karenanya, diperlukan usaha untuk menjaga hubungan yang harmonis tersebut. Salah satu caranya adalah dengan ikut serta kegiatan lingkungan, berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan terkait jaringan Rt rw net dan lainnya. Hal ini penting karena dengan terjaganya hubungan tersebut maka bisnis internet ini akan terjaga untuk waktu yang lama.

4. Selalu Belajar Kepada yang Lebih Berpengalaman

Belajar kepada orang yang pernah membangun usaha Rt rw net tersebut sangatlah penting. Hal ini berguna untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi ketika bisnis ini berjalan. Selain itu, pengusaha baru dapat meniru cara berbisnis internet ini baik dari sisi manajemen, pemilihan peralatan ataupun cara berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Aturan Pemerintah Tentang Rt Rw Net

Jaringan Rt rw net merupakan suatu terobosan dalam mengatasi masalah tidak meratanya perkembangan infrastruktur khususnya pada bidang teknologi informasi. Akan tetapi, hal ini menjadi dilema tersendiri bagi pemerintah Indonesia.

Karena jenis bisnis ini belum memiliki aturan resminya menurut UU yang berlaku.Namun jika mengacu pada UU No. 36 tahun 1999 menyatakan bahwa penyelenggara telekomunikasi merupakan badan usaha yang terdaftar dan diakui oleh pemerintah.Sedangkan bentuk usaha dari Rt Rw Net ini masih belum dapat dipastikan.

Inilah yang menjadi alasan penangkapan 4 warga Bengkulu dahulu karena melakukan bisnis Rt Rw Net. Selain itu terdapat alasan lainnya yang menjadi perhatian untuk usaha Rt Rw net ini, yaitu:

  • Harus memiliki badan usaha dan hukum karena melakukan kegiatan bisnis dan menarik pembayaran dari masyarakat.
  • Layanan yang diterima dari provider internet tidak seharusnya dijual kembali.
  • Pengawasan dan penindakan cyber crime sulit dilakukan jika pelaku memakai Rt Rw net

Walaupun demikian, pemerintah tetap mengusahakan yang terbaik agar sistem jaringan ini dapat bertahan karena perannya sangat penting untuk kepentingan nasional.Beberapa tahun lalu pemerintah berusaha mengatur aspek legalitasnya melalui pemakaian peralatan komunikasi dan spektrum frekuensi radio.

Tentunya usaha pemerintah ini diharapkan membuahkan hasil yang baik bagi pemerintah, pelaku bisnis Rt Rw net serta provider internet. Sehingga keberadaan usaha Rt rw net dapat eksis dan membantu banyak masyarakat lainnya dalam memenuhi kebutuhan teknologi informasi.

Demikian ulasan tentang apa itu usaha RT RW Net. Semoga bermanfaat.

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Tari Pendet – Bali, Ciri khas dan nuansa sakralnya

Tari Pendet adalah tari yang asli berasal dari Bali. Mulai ada sejak tahun 1950 an, ada asal...

Mengapa Optimasi SEO Website Penting Dalam Strategi Konten Marketing

Optimasi SEO Website adalah cara untuk meningkatkan traffic organik. Dan ini bagian dari strategi konten marketing paling banyak dibicarakan di dunia internet.

Kabar Duka, Wakil Jaksa Agung RI Tutup Usia

Garuda Citizen – Kabar duka. Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) Dr Arminsyah, tutup usia. Ia meninggal akibat kecelakaan tunggal di Tol...

Ini Daftar 48 Media Massa Yang Kerja Sama di DPRD BU 2019

Bengkulu Utara, GC – Anggaran publikasi media massa di sekretariat DPRD Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tahun 2019 lalu mencapai Rp 1.743.700.000. Anggaran...

Karena Corona, Pilkada Serentak Tahun 2020 Ditunda

garudacitizen.com – Kesimpulan rapat kerja dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -