rt rw net gambar

Berminat bisnis RT/RW net ? Simak artikel ini sebagai referensi anda dalam memulai usaha layanan internet masyarakat, berikut ini dijelaskan tentang topologi Rt rw net.

Kabarnya Rt rw net merupakan konsep bisnis jaringan internet yang sangat cocok diterapkan di lingkungan yang cukup padat. Jaringan ini disalurkan dengan menggunakan kabel atau wireless 2.4 Ghz. Penerapan RT/RW net sangat penting karena memberikan layanan akses internet berkualitas di daerah yang tidak mampu dijangkau oleh provider internet.

rt rw net by mikrotik co id
ilustrasi topologi rt rw net

Ilustrasi gambaran dasar rt rw net

Sistem RT/RW net sebenarnya sama dengan warnet, namun lingkup ruangnya lebih luas karena dapat digunakan antar rumah di suatu area.

Bisnis internet ini juga mudah dilakukan karena hanya membutuhkan beberapa perangkat serta keahlian sederhana dalam pengoperasiannya. Tentunya siapapun dapat melakukan hal ini dengan memahami topologi dan apa saja peralatan yang diperlukan.

Sebelum lebih jauh membahas tentang mekanisme, topologi dan cara kerja rt rw net, silahkan simak artikel serupa tentang Apa itu rt rw net?

Topologi dari RT/RW net ini secera sederhana dapat diketahui sebagai berikut:

Provider Internet > Modem dan pemancar wireless > Antena > User

Tentunya topologi ini membutuhkan berbagai peralatan ataupun komponen utama agar RT/RW net ini beroperasi dengan maksimal. Setidaknya terdapat 7 perangkat utama untuk bisnis RT/RW net

Berikut ini beberapa perangkat yang umumnya digunakan oleh pelaku/pegiat usaha bisnis Rt Rw net

Modem, alat ini berfungsi sebagai penerima jaringan internet dari provider internet seperti MyRepublic, Indihome, First Media dan lainnnya. Anda bisa memperoleh modem ini langsung dari pihak provider dengan pengenaan biaya sewa ataupun beli. Tentu kebijakan ini berbeda-beda, jadi anda harus mencari tahu hal ini sebelum memilih provider internet. Namun, anda juga bisa membeli modem ini secara mendiri bergantung kepada kebutuhan masing-masing.

Keperluan perangkat rt rw net

Access point, peralatan satu ini biasa dinamakan dengan hotspot. Jadi, dengan bantuan access point anda bisa meletakkan pusat jaringan internet secara wireless di sekitar lingkungan RW dengan mudah. Kualitas jaringan ini akan semakin jika lebih dengan hotspotnya.

Router, perangkat keras ini juga sama pentingnya dengan dua alat sebelumnya. Hanya saja router berfungsi sebagai pengantar jaringan kebanyak tempat serta dapat digunakan sebagai pengatur bandwidth. Bandwidth perlu diatur untuk mencegah user memakan trafik data karena download file dengan menggunakan IDM ataupun torrent.

Tower dan Antena, Kedua alat ini berfungsi untuk menerima dan memancarkan jaringan ke area yang ingin dijangkau. Anda membutuhkan antena yang memiliki kemampuan pancaran 360o agar mampu menjangkau user dari segala arah. Namun, tower yang dipakai bisa menyesuaikan kebutuhan. Jika semakin luas area yang ingin dicover maka tower yang dipakai harus lebih tinggi.

UPS, berfungsi sebagai cadangan daya ketika terjadi pemadaman listrik, sehingga jaringan internet tidak ikut mati secara tiba-tiba. Anda harus mencari UPS yang memiliki fungsi tambahan sebagai stabilizer karena arus listrik langsung sering naik dan turun, sehingga ketika terjadi arus pendek maka peralatan menjadi mudah rusak.

Penangkal Petir, peralatan diatas terutama pemancar wireless sering sekali terkena sambaran ketika hujan. Padahal RT/RW net diusahakan jangan mati karena digunakan oleh banyak pengguna. Upaya menangani hal tersebut adalah dengan memasang penangkal petir yang dipasang dengan kabel yang terhubung dengan bumi atau tanah sehingga arusnya tidak merusak peralatan.

Komputer atau Laptop, alat satu digunakan sebagai server utama yang mengatur password WiFi, mesin proxy, block atau unblock situs tertentu dan lainnya. Melalui server ini anda dapat mengecek IP setiap pengguna sehingga jaringan internet tidak mudah digunakan oleh orang lain.

Nah, itulah topologi dan peralatan yang dibutuhkan untuk membangun RT/RW net. Setiap alat ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai kota ataupun secara online.

Demikian artikel seputar review bisnis ini. semoga anda dapat berkunjung kembali.