Mengenal jenis dan fungsi Subwoofer

Must Read

Geisha Jepang ritual menggoda dan kehidupannya

Geisha Jepang...  Oke!!.. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu tentang ihkwal sosok sensasional ini.

Wanita dayak; pesona kecantikan, mitos dan faktanya

Ada banyak cerita tentang wanita dayak. Baik tentang beragam mitos dan stigma serem yang terlanjur beredar di tengah publik....

Geisha Jepang sensualitas dan kehidupannya

Siapa sich yang tidak tahu atau minimal pernah mendengar tentang wanita-wanita cantik Jepang berbalut kimono ini. Keberadaan Geisha Jepang indentik dengan...

Tari Merak Jawa Barat, Sang Penjantan Tebar Pesona

Sebagian besar masyarakat Indonesia jelas mengenal Tari Merak. Berbalut busana penuh warna, khas, dengan gerakan penuh keceriaan Tari Merak...

Komunitas Spiritual Indonesia, Membangun Spirit di Dunia Maya

Spiritual Indonesia adalah komunitas yang terbentuk secara online. Diawali dari obrolan di forum, milis, yahoo group, hingga akhirnya terbentuk...

Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang

Jepang adalah negara yang memiliki daya tarik kuat di mata dunia. Bukan hanya sekedar kebudayaannya, namun juga aspek lain...

Memiliki sound system audio car yang baik jelas menjadi dambaan banyak orang. Dan tentunya, kita tidak hanya berbicara tentang kencangnya suara dari speaker yang dikeluarkan dari Head Unit. Lebih dari itu, disini keselarasan dan balance kualitas nada menjadi standar utama.

Menghasilkan dentuman nada rendah Bass yang empuk dengan kombinasi nada tinggi tidak berisik memerlukan seperangkat audio sistem yang terinstal dengan baik. Baik dari penataan jenis komponen hingga desain media yang diperlukan.

Untuk kali ini, kita berbicara tentang komponen penghasil suara rendah yang mampu menghentakkan suasana. Yup… Subwoofer.

Subwoofer ini berperan untuk menghasilkan suara bass lebih utuh untuk menopang kualitas audio secara keseluruhan dan membuat musik lebih dramatis.

Dalam hal ini, ada baiknya kita sedikit lebih mengenal tentang subwoofer, tipe maupun efek yang dihasilkan. Dimana kemudian memilih yang sesuai dengan musik yang Anda inginkan. Bagi pencinta musik Anda jazz, klasik, pop, sebaiknya gunakan subwoofer jenis sound quality. Sedangkan untuk aliran musik hip-hop atau heavy metal, gunakan tipe SPL (sound pressure level).

Subwoofer dengan karakter sound quality menggunakan magnet tidak terlalu besar dan memiliki 100-300 Watt. Makanya subwoofer sound quality cocok untuk mobil ha­rian. Karena suara bass yang dihasilkan tidak terlalu besar.

Sedangkan SPL memiliki magnet berdiameter lebih besar, berat, kokoh, dan mempunyai 300 – 5.000 Watt. Semakin tinggi Watt, berarti membutuhkan power amplifier yang besar pula. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam hal ini, kita harus Hati-hati. Jika subwoofer mempunyai daya kecil tapi power amplifier besar, bisa jadi subwoofer yang akan jebol. Atau sebaliknya.

Kualitas suara subwoofer juga ditentukan desain boks subwoo­fer. Bila ingin menghasilkan suara terbaik maka pilih boks dengan volume yang sesuai kebutuhan subwoofer Anda. Boks itu sendiri memiliki berbagai jenis dan model yaitu.

Sealed Box

Bentuk boks ini menggunakan kalkulasi volume, gunanya untuk membantu mengendalikan dan mengurangi perubahan. Biasanya sealed box memiliki ruang boks yang tidak berlubang. Desain boks ini mampu menghasilkan dentuman bass yang halus dengan respons yang tepat.

Vented (ported)

Boks ini menggunakan lubang (port) pada desainnya. Lubang tersebut berfungsi untuk menambah output frekuensi rendah melalui perpindahan udara di dalam boks.

Udara dalam boks dikeluarkan melalui lubang tersebut, tahap perpindahan udara ini akan memperbesar frekuensi dari subwoofer. Boks ini biasanya digunakan pada sistem subwoofer SQ dan SPL.

Infinite Baffle

Subwoofer model ini memiliki desain yang menempel pada permukaan dengan memisahkan antara gelombang depan dengan bagian belakang, model boks ini tidak memerlukan ukuran yang besar cocok untuk mobil sedan.

Acoustic Couple

Boks jenis ini menggunakan dua subwoofer yang dipasang dalam sebuah boks tertutup. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan menambah volume audio.

Reflex Bandpass

Boks subwoofer tipe ini memiliki bentuk sealed yang didesain sebagai bentuk port untuk mendapatkan filter lowpass. Hal tersebut digunakan dengan tujuan menambah efisiensi frekuensi model tersebut. Boks ini terdiri dari single reflex bandpass dan dual reflex bandpass. Namun, perlu diingat untuk mendapatkan kualitas audio yang baik dari kedua boks ini, membutuhkan tuning yang berbeda.

Latest News

Jaksa Geledah Pemkab Dan DPRD Kepahiang, Indikasi Kasus Tanah Kantor Camat TB Karai

BedahBerita.Co.Id, Nampaknya Kasus pengadaan Lahan Tanah Kantor Camat Tebat Karai mulai serius di garap Kejaksaan Negeri Kepahiang,...

Spiritual Retreat, Love & Unity Tour, Indonesia 2019

Sri Bhagavan, pemimpin spritual dan pendiri International Vedanta Society yang berpusat di Kolkata, India akan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 2-13 Desember...

Zaman Bupati Mian, Miliaran Anggaran Dinkes 2018 Diduga Syarat KKN

Bengkulu Utara, GC – Zaman kepemimpinan Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian. Miliaran anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2018 di Dinas Kesehatan (Dinkes)...

Apa itu numerologi? Dan apa hubungannya dengan ARC Bali

Numerologi adalah sistem angka untuk mengukur getaran huruf-huruf alfabet, ini dipercaya dapat mengungkap; kepribadian manusia, keinginan, pikiran, tindakan dan pengalaman. Dapat...

8 Desa Merigi Ujan Mas Minta Perbaikan Jalan, Rudi : 2020 Belum Di Anggarkan

BedahBerita.Co.Id, Ketua Kelompok Tani Genting Surian R Sumantri meminta pihak pemerintah Kabupaten Kepahiang dapat mengabulkan permohonan mereka terkait pembangunan jalan yang di...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -