Mengenal sound sistem audio mobil atau car stereo

0
3286
subwoofer audio car

Sebuah mobil pribadi jelas tak lengkap rasanya jika tidak memiliki sound system audio car berkualitas. Selain soal hiburan, Stereo Car mampu memberi sentuhan gengsi bagi pemiliknya. Namun tahu kah anda, dentuman bass dari nada rendah menghentak serta kombinasi suara yang balance tidak terjadi begitu saja. Ada serangkaian komponen rumit yang harus dilengkapi.

Apa saja itu? Berikut sistem audio mobil atau car stereo yang harus dilengkapi untuk kemudian boleh mengikuti ajang kontes bergengsi yang sering kali diadakan.

Head unit (Tape Mobil)

Pada sebuah sistem audio mobil modern, perangkat utama yang berfungsi sebagai sumber sinyal audio didalam sistem umum disebut sebagai head unit atau tape mobil, dan dipasang di tengah panel dasbor antara pengemudi dan penumpang .

Head unit ini sendiri biasanya merupakan perangkat multifungsi yang menyertakan beberapa fungsi didalamnya . Komponen yang paling umum adalah radio receiver/tuner dengan AM dan FM band, dan amplifier skala kecil untuk memfasilitasi sinyal audio ke unit speaker .

Komponen lain yang mungkin termasuk seperti perangkat media tape kaset, CD player, DVD player, HD Radio, Satellite Radio, USB flash memory, dan bahkan hard disk portabel yang biasanya digunakan dalam sistem komputer. Banyak head unit juga memiliki komponen DSP, dan fungsi equalizer seperti kontrol bass dan treble atau fitur kontrol pendukunga lainnya seperti kamera sensor parkir, sistem navigasi dll.

Car stereo umumnya tidak begitu mengikuti trend teknologi audio saat ini. Deck kaset masih dapat ditemukan di dalam mobil hingga akhir tahun 2008, dan bahkan di tahun 2010an pemutar CD masih merupakan bagian standar dari kebanyakan sistem stereo mobil, meskipun produk audio non-mobil seperti Walkman telah lama menghilang dari pasaran.

Sejak tahun 2000an sistem audio mobil mulai disesuaikan dengan kebutuhan konsumen untuk fitur MP3 player dan koneksi smartphone, dengan menambahkan sebuah jack USB dan modul Bluetooth Audio Streaming.

Saat ini, hampir sebagian besar audio system mobil secara standar telah beranjak untuk mengikuti kecanggihan tehnologi.

Speaker

Speaker mobil secara fungsional identik dengan desain loudspeaker lainnya dengan beberapa penyesuaian yang dikhususkan untuk aplikasi mobil namun tetap untuk tujuan yang sama.

Salah satu perbedaan utama dari hal desain adalah komponen multi- aksial di sebuah unit speaker yang sama , seperti tweeter yang langsung dipasang di atas sebuah woofer yang umumnya disebut speaker koaksial. Perbedaan lainnya adalah bentuk konus yang tidak membulat ,ada yang berbentuk persegi, oval , atau bahkan segitiga. Kedua fitur tersebut menghasilkan penurunan yang signifikan dalam kebutuhan ruang dan ukuran agar modul speaker dapat dipasang di dalam kabin kendaraan .

Sebelum radio stereo diperkenalkan, lokasi penempatan speaker yang paling umum adalah di tengah-tengah dashboard mobil mengarah ke bagian belakang. Dalam sebagian besar aplikasi modern, speaker dipasang dilokasi tertentu seperti bagian bawah pintu atau biasa disebut doortrim, dek depan atau dasbor untuk tweeter, dek belakang atau kick panel.

Dalam hal pemasangan unit subwoofer, sub biasanya di letakkan dibawah kursi atau di bagian bagasi belakang mobil. Setiap posisi instalasi masing masing memiliki keunggulan dan keterbatasan baik dari segi kualitas suara, dan perspektif estetika kendaraan.

Power Amplifier

Pada dasarnya audio power amplifier mobile adalah sebuah perangkat penguat suara yang menerjemahkan sinyal audio menjadi daya listrik yang lalu di salurkan ke unit speaker agar dapat menjadi getaran suara.

Meskipun sebagian besar head unit (tape mobil) sudah memiliki amplifier audio didalamnya, namun seringkali daya yang dibutuhkan tidak cukup atau fitur tambahan seperti kontrol equalizer atau sistem crossover tidak tersedia.

Dalam hal ini amplifikasi eksternal dapat digunakan ketika daya amplifikasi dari head yang ada tidak mencukupi. Amplifier eksternal dapat dipasang di bagian manapun dalam mobil, umumnya di bagian bagai atau dibawah jok. Hal ini biasanya terjadi ketika anda menambahkan subwoofer ke dalam sistem audio mobil anda, di mana watt yang dibutuhkan mungkin akan lebih besar dibandingkan dengan speaker kabin yang lainnya .

Subwoofer

Subwoofer adalah jenis loudspeaker khusus yang berfungsi untuk menghasilkan reproduksi frekuensi rendah. Subwoofer mobil tidaklah berbeda dengan sub lainnya, walaupun mungkin berbeda dalam aplikasinya.

Namun sering terjadi pada beberapa produk aftermarket, estetika visual mengambil peran yang lebih signifikan dalam desain dibanding dengan subwoofer jenis lain, seperti pewarnaaan dengan kontras tinggi, grill penutup yang lebih fashion, bahkan ada yang tembus pandang.

Driver subwoofer terdiri dari berbagai ukuran diameter mulai dari 8 ” ,10 ” , 12 ” atau 15 ” . Sistem subwoofer berukuran 18 ” dulunya sering digunakan, tapi jarang digunakan sekarang. Beberapa sistem mobil kompetisi pernah dipasangkan dengan subwoofer berukuran 21” , 22” , 24” atau bahkan 32 ” yang dipesan khusus. Sebuah subwoofer ditambahkan ketika reproduksi frekuensi rendah yang ada tidak atau kurang memuaskan, baik dalam rentang frekuensi atau volume.

Kapasitor Bank

Kapasitor digunakan untuk menyimpan energi untuk amplifier untuk digunakan ketika dibutuhkan. Umumnya tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 0,5 farad sampai lebih dari 100 farad dan fungsi utama dari kapasitor ini adalah untuk sementara menutupi kebutuhan listrik dari sistem audio mobil yang telah melebihi kemampuan listrik kendaraan pada umumnya.

Keseluruhan bagian di atas adalah bagian dari sistem car audio atau audio mobil,integrasi dari beberapa komponen diatas adalah sebuah standar yang mutlak agar sound system itu sendiri dapat bekerja dengan baik.Selanjutnya kami akan membahas bagian jantung dari sistem audio mobil yaitu komponen crossover audio pada kesempatan berikutnya.

Demikian komponen standar untuk kelengkapan sistem audio mobil untuk menghasilkan sound system yang baik. Namun masih ada beberapa perlengkapan aksesories lain untuk melengkapinya.

loading...