Connect with us

Featured

√ 11 Tempat Surfing Terbaik di Dunia, 3 Ada di Indonesia

Published

on

Tempat suring terbaik dunia

Bagi para surfer, sebenarnya 10 tempat surfing terbaik berikut, sudah tidak asing lagi. Ombak besar yang konsisten. Adalah salah satu syarat utama untuk berselancar.

Berikut, adalah rekomendasi tempat surfing terbaik di dunia;

Surfing bukan hanya sekedar olah raga biasa. Melainkan sudah menjadi semacam gaya hidup. Penuh tantangan dan memicu adrenalin. Bermanuver di ombak. Dan bersahabat dengan kekuatan besar alam. Jelas memberi sensasi tersendiri.

Surfing adalah aktifitas pemicu adrenalin. Dan sangat tepat bagi orang-orang yang suka hal-hal berbau extreme.

Gold Coast Australia, tempat surfing tebaik √1

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - Australia

Australia adalah mercusuarnya surfing. Disini pula, beberapa brand peralatan surfing terkenal dunia dimulai. Seperti brand Quiksilver dan Ripcul.

Tidak diragukan lagi. Australia memiliki pantai terbaik. Dengan ombak besar yang sempurna, bagi surfer pro.

Gold Coast merupakan kota ke-6 dengan populasi penduduk terpadat di Australia. Terletak di bagian tenggara Queensland. Sangat terkenal dengan matahari iklim tropis. Dan tentnya, pantai untuk surfing.

Mahal memang. Tapi, tempat surfing ini tetap saja menarik. Bagi banyak wisatawan.

Pantai bersih dengan panjang, sekitar 70 km. Terdapat 5 titik tempat surfing. Yaitu The Spit, Main Beach, Narrowneck, Palm Beach dan Mermaid Beach.

Lokasi ini, dapat dinobatkan sebagai tempat surfing terbaik di dunia. Atau, surganya para surfer. Anda bisa menunggangi dan memecah ombak terbaik, disini.

Di God Coast juga, masih ada beberapa spot yang bisa disambangi. Yaitu; Snapper Rocks Superbank, Burleigh Heads, Kirra dan South Stradbroke Island (Straddie).

Mentawai Islands, Indonesia! spot surfing penuh Tantangan √2

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia » 2 Ada di Indonesia

Kepulauan Mentawai, kaya akan rantai gelombang. Setidaknya, dari sekitar tujuh puluh pulau dan pulau lepas pantai barat Sumatera, di Indonesia, Mentawai menjadi tujuan surfing paling konsisten di dunia.

Setidaknya, empat pulau utama tempat surfing terbaik. Yakni; Siberut, Sipora, Pagi Utara, dan Selatan Pagi. Daerah ini wajib masuk dalam daftar catatan pemburu ombak. Khususnya bagi yang mencari pengalaman surfing paling sempurna di dunia. Akses dengan laut hanya dengan feri dan kapal charter.

Jika ingin surfing kesini, sebaiknya dilakukan dari bulan Maret sampai Oktober. Namun, ombak terbesar juga mungkin terjadi pada bulan Juni – September.

Apalagi, posisi Kepulauan Mentawai yang ada di tengah Samudera Hindia. Membuatnya daerah ini, dikelilingi alam laut mengagumkan. Serta sempurna sebagai tujuan wisata. Seperti; wisata petualang, wisata budaya, dan wisata bahari. Sebuah kombinasi lengkap dan menjadi magnet tersendiri.

Ada hal lain yang cukup unik di Mentawai, pelancong akan disuguhi nuansa peradaban kuno. Zaman neolitikum. Dimana suku-suku di kepulauan ini tidak mengenal pengerjaan logam dan bercocok tanam. Bahkan tidak juga teknik menenun kain.

Jadi, Anda akan melihat perbedaan yang sangat kontras dengan kebudayaan masyarakat Minangkabau. Yang berada di bagian darat Sumatera Barat. Walau pun berada di wilayah yang sama. 

Jeffreys Bay, Afrika Selatan, tempat acara tahunan brand Surfing Billabong √3

Jeffreys Bay, Afrika Selatan, Tempat Acara Tahunan Brand Surfing Billabong - 10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - 2 ada di Indonesia

Spot surfing di Jeffreys Bay, berada di Provinsi Eastern Cape Afrika Selatan. Arah barat daya. Memakan waktu sekitar 1 jam perjalan. Dari bandara Elizabeth. Ini adalah destinasi surfing terbaik.

Waktu terbaik, datang saja pada musim dingin. Itu kisaran Juni, Juli, dan Agustus. Saat-saat ini, anda akan bertemu rantai ombak terbaik. Asik, kan!..

Jadi, Afrika bukan melulu Negara tujuan safari saja. Melainkan menyimpat spot menarik untuk dijajal.

Makanya, Pantai Jeffreys Bay dijadikan salah satu ajang kompetisi tahunan, oleh brand Billabong. Biasanya, pada Juli. Disini, Billabong mengusung tema “Pro surfing”.

Warga setempat, biasa menyebut pantai ini sebagai ‘J’Bay’. Lokasi ini, bernuansa muda-mudi. Nuansa menyenangkan dan santai ala pantai.

Anda dapat datang kapan pun di ‘J’Bay’. Waktu musim panas dan dingin, hanya terdapat sedikit perbedaan. ,Sekitar 50 Celcius.

Tak hanya para surfer, pantai ini cocok untuk tujuan wisata keluarga. Bisa bersantai atau belajar selancar. Warga disini, memiliki kebijakan dalam pengawasan ketat. Saat anak-anak kecil bermain di pantai. Untuk keselamatan.

Ada komitmen, para Big Kahuna (peselancar handal). Di sini. Mereka, secara moral suka membantu para groms (peselancar pemula).

Pantai ‘J’Bay’ memiliki penjaga yang bertugas sepanjang tahun. Musim panas, pantai ini memiliki suhu air 220 Celcius. Sekitar 160 Celcius pada musim dingin.

Jika beruntung, adan bisa menyaksikan Lumba-lumba di pantai. Mereka sering muncul sepanjang tahun. Itu pula membuat pantai indah ini, juga disebut Dolphin Beach.

Fuerteventura, Spanyol, Mekahnya Para Peselancar #4

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - Fuerteventura - Spanyol

Merupakan bagian dari Pulau Canary, dan dua terbesar diantaranya terletak di Samudera Atlantik. Terletak di garis pesisir pantai benua Afrika, Fuerteventura dikenal dengan sebutan Mekahnya para peselancar.

Sejajar dengan gugusan pantai Florida dan Meksiko dengan garis khatulistiwa. Suhu udara berada di bawah 18 °C dan naik hingga 24°C.  Sehingga para peselancar akan merasa dimanjakan, karena ombaknya tidak bergantung pada bulan dan musim. Ombak terbaiknya datang di bulan Oktober hingga Maret.

Spot dengan ombak terbaik di Rocky Point, Harbour Wall, Shooting Gallery, Generosa, Suicides, Mejillonas, Majanicho, El Hierro, The Bubble, German Rights, Cotillo dan Esquinzo.

Seperti dalam video unggahan akun Alex Quinoa dalam situs Youtube yang mengeksplorasi pulau Fuerteventura dengan kegiatan surfing. Jadi bagi pecinta olahraga air yang satu ini, sudah sewajibnya memasukan nama pulau ini dalam daftar tempat surfing yang harus ditaklukan.

Oahu Hawai, Dengan Ombak Raksasa dan Wipeouts 5

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - 2 ada di Indonesia Hawaii-Oahu-North-Shore-Surfing-min

Memiliki ombak besar. Yang dijuluki wipeouts besar. Jelas itu menyebut tempat surfing satu ini. Hawai. Amerika dianggap kiblatnya surfing. Dan itu, di Pantai utara Oahu. Yaitu negara Holy Grail.

Waikiki dianggap aset terbesar Hawai. Dan pengunjung datang kesini, karena ingin surfing. Spot surfing di sini, cocok jika anda di level pelajar. Omba Waiki akan memanjakan anda.

Beda tempat jika anda pro. Hawai akan menawarkan anda, gelombang besar di North Shore. Tidak hanya itu, anda akan digoda oleh seksinya gulungan ombak di; Sunset Beach, pantai Pupukea, dan tentunya Banzai Pipeline.

Waktu terbaik untuk surfing; bagi pemula Maret-Mei. Sedangkan pro surfer, bulan November-Februari.

Kosta Rika, Lokasi Surfing Legendaris 6

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - Surfing Costa Rica 2

Di Amerika Tengah, berbatasan dengan Nikaragua di sebelah utara, Panama di tenggara-timur, Samudra Pasifik di barat dan selatan, dan Laut Karibia di timur, Republik Kosta Rika adalah lokasi surfing legendaris.

Surfer ‘hardcore’ sebagian besar datang ke sini. Terutama karena putaran gelombang setiap tahun konsisten. Disini, banyak terdapat spot surfing berkualitas. Kedua garis pantai menghasilkan gelombang besar dengan musim ombak besar mulai dari bulan April dan berakhir pada bulan Oktober.

Ini bisa jadi perjalanan hidup Anda yang keren. Sipakan diri untuk “ombak di negara terbaik” di Playa Naranjo.

California, Amerika Utara, Masuk Dalam Catatan Sejarah Surfing 7

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - California mavericks competition

Pantai California seperti persembahan alam untu para penggila ombak. Memiliki garis pantai memanjang, dengan jenis gelombang yang beragam. Ini membuat hampir sebagian besar pantai, dapat dijadikan tempat surfing.

Jika anda baru belajar, tempat terbaik untuk surfing ada di pantai Malibu. Bisa juga di Manhatten. Sedangkan bagi pro, anda akan ditantang gelombang besar di Mavericks. Sebuah wilayah. Berada dari San Francisco.

Spot surfing disini, salah satu tempat bersejarah pejalanan surfing di dunia. Anda dapat mencatat wilayah ini, sebagai salah satu destinasi rencana surfing. Dalam mengisi musim liburan.

Tidak ada musim khusus disini, anda dapat surfing sepanjang tahun. Ketinggian rata-rata ombak, mencacpai 2 hingga 4 kaki.

Bali, Tempat Petualangan Surfing Yang Eksotis 8

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - Uluwatu Beach Bali

Siapa yang tidak kenal dengan daerah ini. Bali terkenal sebagai pulau dewata. Merupakan destinasi wisata terkenal. Di dunia. Spot surfing terbaik, merupakan salah satu daya magnet. Mengundang para penggila ombak. Lokal maupun internasional.

Bali, masuk dalam catatan tujuan surfing terbaik. Salah satu yang Bali janjikan, yakni; adanya banyak jenis ombak. Dimana terdapat beragam tipe.

Mulai dari ombak kecil. Ini cocok bagi pemula. Sedang. Dan gelombang ombak raksasa yang ganas. Ini yang digilai peselancar pro.

Pulau Bali memberi pengalaman pertualangan surfing nan eksotis. Dalam kurun waktu seperempat abad belakangan, pulau dengan seribu pura ini, digandrungi para surfer.

Susah untuk disangkal, kualitas dan kuantitas ombak Bali. Ribuan ombak yang terus muncul, tak ada habisnya ini, seolah nyanyian sexy yang mengundang untuk di tunggangi.

Keramahan warga dan ombaknya, selalu terbuka untuk semua level surfing.

Ada banyak tempat yang dapat menjadi pilihan bagi anda penantang ombak. Sebut saja seperti Uluwatu. Sebuah wilayah yang terletak di ujung pulau Bali. Sangat populer dengan keindahan tebing dan pura-nya.

Pantai-pantai di Uluwatu, terkenal secara internasional. Kompetisi surfing kelas dunia, kerap berlangsung disini.

Pantai Padang-padang, Blue Point, Suluban, Bingin, Balangan, Impossible dan masih banyak lagi spot surfing lain ada disana. Yang paling terkenal, adalah pantai Padang-Padang.

Pada musim tertentu, tinggi gelombang bisa mencapai 8 meter. Dan, terkenal akan ombak Barrel. Yang sangat panjang.

Atau, surfer juga bisa menjajal gelombang besar. Di pantai Keramas. Seolah tidak mau kalah dengan Pantai Uluwatu. Pantai Keramas juga menjanjikan pengalaman hebat bagi para surfer. Para profesional yang berkunjung ke Bali, pasti ke Pantai ini.

Gelombang ombak yang konsisten, membuat tempat surfing ini, kerap dijadikan ajang kompetisi surfing. Berkelas kelas dunia.

Pantai Kuta bisa juga menjadi tujuan utama untuk surfing. Pantai yang paling ramai di Bali ini memiliki banyak lokasi surfing, dari ombak kecil untuk pemula sampai ombak kelas dunia. Halfway, Padma, Kuta Reef dan masih banyak lagi spot yang terkenal di sepanjang pantai Kuta.

Pantai-pantai lain yang bisa menjadi tujuan surfing di Bali adalah; Pantai Canggu, Pantai Serangan, Pantai Medewi, Pantai Balian, dan masih banyak lagi, dan lagi. So, Bali memang surganya surfer dunia.

Santa Catarina, Brasil, Tempat Surfing Yang Diberkati 9

10 Tempat Surfing Terbaik di Dunia - Santa Catarina-min

Pantai Santa Catarina, terletak di Brazil berbatasan dengan Panama, merupakan salah satu tujuan wisata para peselancar dari berbagai belahan dunia. Kepulauan ini dianggap sebuah  tempat yang diberkati di negara Brazil, bagi para peselancar. Kenapa? Karena disini ombaknya konsisten dan rata-rata besar, seperti di spot Santinho dan Mocambique.

Pantai Joaquina salah satu tempat surfing terbaik di dunia yang dimiliki Brazil, salah satu tempat  favorit para peselancar. Spot ini ditemukan pada tahun 1970 oleh para peselancar, memiliki empat spot pantai favorit diantaranya adalah Praia Mole, Campeche dan Lagoinha do Leste

Sa moa, Tempat Surfing Dengan Air Yang Hangat √10

Pulau Samoa juga layak dicatat sebagai tempat surfing terbaik di dunia. Apalagi, para peselancar disini dapat menikmati kekayaan budaya Polinesia. Suhu Air hangat, keindahan alam tropis dengan kualitas ombak yang konsisten. Hal terbaik yang bisa didapatkan di tempat ini adalah gulungan ombak-ombak cantik dari berbagai arah sepanjang tahunnya. Ombak terbaik dapat ditemui dari bulan April ke Oktober.

Spot yang dimiliki oleh Samoa yaitu Desa A’ufaga, Salani, Boulders, Coconuts, Salamumu, Tiavea, Laulii, Falea’puna, Fagaloa Bay dan Solosolo.

Ombak Bono, tempat surfing terbaik, masuk daftar ke √11

Anda bisa berselancar diatas gelombang besar hingga 1 jam lebih. Baca selengkapnya; Ombak Bono Riau

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Trending