Berada di teritorial provinsi Bengkulu, Wisata Pulau Enggano masih menyimpan potensi yang belum terkenal di mata dunia. Tak hanya pantai dengan ombak-ombak ganas atau sederet spesies baru yang berhasil ditemukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) baru-baru ini, kehidupan sosial di pulau terpencil ini pun belum banyak terdengar.

burung di pulau enggano

Baca juga artikel sebelumnya:
Sekilas Tentang Pulau Enggano, Raja Ampatnya Bengkulu
HUT RI Ke 71 Di Laksanakan Di Enggano, Pulau Terluar Indonesia

Dulu, pulau Merbau adalah pusat bermukim bagi penduduk Enggano. Wabah kolera yang merebak membuat warga lokal pindah ke Enggano Besar. Karenanya, rumah penduduk lebih banyak terdapat di pulau Enggano Besar. Pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya hanya dijadikan tempat singgah para nelayan kala berlayar.

Tak terpusat layaknya pemukiman yang terpisah dari daratan utama, penduduk Enggano justru mendirikan rumah mengitari tepi pulau. Uniknya, kultural masyarakat Enggano ini tak mengenal minuman memabukkan, busur, panah, seni tembikar, maupun tenun layaknya suku lain di Indonesia.

Secara adat istiadat, warga Enggano punya hubungan kekeluargaan berdasarkan asal keturunan. Penduduk asli Enggano, yakni Kauno, Kaahoao, Kaharuba, Kaitaro, dan Kaarubi yang masing-masing dikepalai oleh ketua suku. Meski demikian, pengunjung pun bisa temukan suku lain seperti Minang, Bugis, Sunda, atau Jawa di sini. Tak hanya sekedar panorama alam, menyelami kearifan budaya lokal pun jadi satu agenda wajib kala traveling.

Sekilas Tentang Pulau Enggano, Raja Ampatnya Bengkulu 1
Salah satu acara adat di pulau Enggano

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia bagian barat. Tidak ada referensi pasti nama pulau ini berasal darimana, namun ada sumber yang menyebutkan bahwa Enggano berasal dari kosakata bahasa Portugis yang artinya kecewa dan marah.

Nama pulau ini mungkin sedikit terdengar asing, karena memang pulau indah yang satu ini belum begitu terkenal. Pulau Enggano memang belum terekspose dengan baik sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Tapi bukan berarti pulau satu ini akan kalah dengan beberapa tempat wisata ditempat lain. Bahkan, potensi wisata yang ada di Pulau Enggano ini boleh dikatakan sangat luar biasa. Dan tidak pula berlebihan jika disebut; Pulau Enggano adalah surga yang tersembunyi.

Letak Pulau Enggano

Pulau Enggano adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia. Pulau Enggano ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Dan Enggano merupakan sebuah kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara dengan pusat pemerintahan berada di Desa Apoho. Luas wilayah Pulau Enggano 400,6 km², terdiri dari enam desa yaitu Desa Kahyapu, Ka’ana, Apoho, Malakoni, Meok dan Banjarsari.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Peta Pulau Enggano pada google maps.

Dilihat dari peta tersebut, Pulau Enggano terletak cukup jauh dari Pulau Sumatera. Cukup menantang untuk dijadikan tujuan traveling.

Objek Wisata Di Pulau Enggano

Wisata Pulau Enggano, Surga Tersembunyi Di Laut Bengkulu
Pemandangan Pantai Pulau Enggano (foto by Sofian Rafflesia via flickr.com)

Pulau Enggano menyimpan banyak sekali keindahan. Keadaan alamnya terbilang masih sangat asri karena belum banyak terjamah oleh manusia. Oleh karena itu wisata alam yang ada di Pulau Enggano ini memang masih alami dan murni sekali.

Pulau Enggano memiliki pantai yang sangat indah, pasir putih yang menghampar luas disepanjang pantai ini masih sangat bersih dan asri sekali. Selain itu disini juga akan dijumpai banyak jenis ikan karang berwarna-warni yang bisa dilihat langsung tanpa harus menyelam, karena air laut yang sangat jernih.

Hal ini pula membuat Pulau Enggano disebut sebagai Raja Ampatnya Bengkulu. Pantai yang terkenal keindahannya di Pulau Enggano diantaranya adalah Pantai Koomang dan Pantai Humo.

Pantai Koomang

Pantai-Koomang-Pulau-Enggano
Goa Di Pantai Koomang (foto by Soffian Ralfesia via flickr.com)

Inilah pantai paling terkenal di Pulau Enggano. Pantai Koomang terletak di ujung utara pesisir pulau enggano. Pantai Koomang merupakan sebuah tanjung yang terdiri dari batuan dan karang-karang. Batuan dan karang tersebut membentuk tebing-tebing yang terjal.

Di Pantai Koomang ada sebuah goa yang sangat unik yang terbentuk di salah satu dinding karang, didalamnya terdapat laguna berupa kolam kecil dengan air yang jernih. Nah laguna di pantai komang ini adalah spot terbaik untuk sobat jadikan tempat berendam dan berenang, membersihkan diri dan membasuh luka dihati, asik !

Pantai Humo

Wisata Pulau Enggano, Surga Tersembunyi Di Laut Bengkulu
Salah satu sudut pantai di Pulau Enggano

Pantai Humo menyimpan kekayaan ekosistem laut yang luar biasa. Di sepanjang bibir pantai yang berpasir putih halus ini sobat akan melihat banyak sekali kepiting dan berbagai jenis siput pantai. Selain itu di pantai ini terdapat tubiran, sebutan masyarakat setempat untuk tumpukan karang yang membentuk titian yang memanjang ke laut.

Sobat bisa berjalan ke ujung tubiran ini untuk memancing atau sekedar memandangi ikan-ikan kecil berenang, lalu merenung menghilangkan penat dan mengusir galau. Jangan lupa baca Bismillah agar tidak kesurupan.

Pantai ini sangat cocok untuk sobat jadikan momen bersama pasangan, karena suasana alamnya yang sangat mendukung untuk bisa menciptakan suasana romantis.

Surfing di Pulau Enggano

surfing-di-pulau-enggano
Surfing di laut Enggano (photo: mysumatra.com)

Ini adalah kegiatan favorit yang dilakukan para wisatawan di Pulau Enggano. Ombak di Pulau Enggano memang sangat pas untuk surfing. Surfing di Pulau Enggano bisa jadi aktivitas seru yang memicu adrenalin karena ombak Samudra Hindia di Pulau Enggano memang cukup menantang.

Surfing di Pulau Enggano memang seru, tapi untuk yang belum pernah punya pengalaman surfing disarankan untuk hati-hati, karena ombaknya cukup ganas.

Mancing Di Pulau Enggano

Sensasi mancing di Pulau Enggano tak kalah dengan Raja Ampat. Salah satu spot mancing favorit di Pulau Enggano adalah tubiran di Pantai Humo. Mancing santai, memancing sambil bersantai menikmati pemandangan laut yang aduhai. Benar-benar menjadikan kegiatan mancing di Pulau Enggano menjadi kegiatan yang membuat lupa dengan segala kepenatan. Membuat pikiran menjadi segar dan jernih.

Traveling Guide Pulau Enggano

Berikut beberapa informasi dan tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk sobat yang ingin traveling untuk menjajal keindahan Pulau Enggano.

Transportasi Pulau Enggano

Berposes dengan salah satu Kepala Suku Pulau Enggano
Berposes dengan salah satu Kepala Suku Pulau Enggano

Untuk mencapai Pulau Enggano, ada beberapa alternatif yang bisa ditempuh. Bisa melewati laut ataupun udara. Untuk perjalanan laut dibutuhkan waktu sekitar 12-18 jam tergantung keadaan cuaca.

Jika ingin menempuh perjalanan laut, bisa dengan menaiki KMP Raja Enggano atau KMP Perintis Sabuk Nusantara di Pelabuhan Baai. KMP ini hanya memiliki jadwal ke Enggano 2 kali dalam seminggu. Disarankan untuk menyiapkan jurus mabuk. Obat anti mabuk maksudnya.

Untuk yang ingin menggunakan jalur udara, bisa menaiki pesawat perintis dari kota bengkulu. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 30-40 menit.

Untuk transportasi di Pulau Enggano, disarankan untuk menyewa sepeda motor. Karena akan lebih leluasa untuk menjelajahi pulau. Beberapa spot wisata di Pulau Enggano tidak memungkinkan untuk diakses dengan kendaraan roda empat. Selain itu dengan menggunakan sepeda motor akan lebih terasa feel adventurenya, karena tiap spot bisa dengan mudah di jangkau.

Hotel di tempat wisata Pulau Enggano

Pulau Enggano belum memiliki fasilitas hotel, tapi bisa menginap di beberapa fasilitas penginapan yang disediakan oleh warga alias rumah warga atau rumah kepala suku. Tenang, masyarakat di Pulau Enggano terkenal ramah dan welcome dengan wisatawan. Yang penting perlu membaur dan “pengertian”, jangan lupa untuk memberikan sesuatu sebagai tanda terimakasih sudah diberikan tumpangan menginap.

Untuk masalah fasilitas hotel dan penginapan di Pulau Enggano, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Menurut informasinya nanti akan ada fasilitas penginapan yang dilengkapi dengan pemandian air panas.

Wisata Pulau Engano memang sedang “berdandan” untuk bisa tampil mempesona dan menarik banyak wisatawan. Bahkan kalau dilihat dari potensinya, wisata pulau Enggano ini memiliki potensi yang besar sekali. Banyak yang sudah mengakui keindahan pulau koral nan jauh terpencil ini, seperti yang pernah dikatakan oleh Gubernur Provinsi Bengkulu H Ridwan Mukti;

“Pulau Enggano ibarat gadis cantik yang belum berhias atau bersolek”

wanita Sekilas Tentang Pulau Enggano, Raja Ampatnya Bengkulu

Sepertinya ungkapan ini memang pas, wisata Pulau Enggano hanya butuh polesan dari pemerintah dan investor untuk membangun fasilitas dan infrastuktur di pulau ini. Setelah itu hanya masalah waktu hingga wisata Pulau Enggano menjadi populer dan digandrungi para wisatawan, boleh jadi Raja Ampat nanti bakal tersaingi.

Itulah dia surga traveling yang tersembunyi di dalam Pulau Enggano, hanya salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Maka banggalah kita sebagai anak Indonesia, karena bumi kita kaya akan surga.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here