Connect with us

wisata

Tips wisata Jogja bagi pemula | JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Published

on

Tips wisata Jogja bagi pemula - JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Apakah Anda ingin ber-wisata pada liburan Anda? Jika demikian, dan Anda berpikir untuk mengambil paket wisata Jogja sebagai tujuannya, maka tips wisata Jogja berikut ini, bisa menjadi panduan Anda.

Hidup ditengah kesibukan rutinitas, memang cenderung memberi beban tersendiri pada pikiran Anda. Dan banyak orang, memutuskan untuk bepergian saat mengisi liburannya. Dan itu jelas sangat baik.

Melakukan perjalan wisata, akan memberi nuansa baru kehidupan Anda. Dimana, dapat mengalami budaya baru, memperluas wawasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan itu baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Siap mengepak tas dan menuai manfaat ini? Dan jika paket wisata Jogja tujuan Anda, itu luar biasa!

Tetapi pertama-tama, ada dasar-dasar yang perlu Anda urus, seperti memilih paket wisata. Ada banyak pilihan agensi wisata di luar sana. Dan tentunya, menawarkan layanan yang beragam.

Bagaimana Anda menemukan orang yang menawarkan paket terbaik untuk kebutuhan perjalanan Anda? Artikel berikut ini, mungkin akan bermanfaat bagi Anda!

Baca juga artikel wisata lainnya:

Apa Kebutuhan Perjalanan Anda?

Langkah pertama, untuk memilih paket wisata Jogja terbaik, adalah memiliki panduan yang terencana pada kebutuhan perjalanan Anda sendiri. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa gaya perjalanan saya?

  • Apakah Anda lebih menyukai tamasya, budaya, atau kegiatan yang menyenangkan?
  • Apakah Anda suka bepergian sendiri atau dalam grup?
  • Kemana tujuan perjalanan utama pilihan Anda?
  • Berapa anggaran yang Anda miliki?

Ketika Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini, jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi paket wisata Jogja yang selaras dengan gaya perjalanan Anda.

Buat Daftar 3-5 Agensi Wisata dan Paketnya

Jika Anda belum pernah menggunakan agensi wisata sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu bagaimana memilih yang tepat.

Inilah sebabnya, mengapa sangat penting untuk memulai dengan membuat daftar agensi wisata.

Punya teman yang suka bepergian? Mintalah mereka untuk rekomendasi agensi wisata dari mereka. Dan jika pencarian Anda tidak menghasilkan rekomendasi yang cukup, buka online dan cari “paket wisata Jogja Terbaik.”

Setelah membuat daftar, langkah selanjutnya adalah menjelajahi website mereka dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentang paket tur mereka.

Periksa pilihan ini, untuk mendapatkan ide bagus. Tentang bagaimana agensi harus menyajikan paket mereka. Jika Anda memerlukan klarifikasi tentang paket wisata, hubungi dan bicara dengan agen perjalanan tersebut.

Evaluasi Reputasi Agen Wisata

Jangan memilih agensi tur semata-mata karena mereka menawarkan paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ya, harganya bisa saja tepat, jadwal paket sesuai dengan jadwal Anda, dan segala sesuatu yang lain terlihat mengasyikkan di atas kertas, tetapi apa yang orang-orang yang pernah ambil dari paket tur katakan? Buka daring dan cari ulasan. Jika operator tur menawarkan layanan pelanggan yang buruk atau mereka tidak memberikan apa yang mereka iklankan, pastikan wisatawan yang kecewa akan meninggalkan ulasan buruk pada platform seperti TripAdvisor.

Sampai Anda mengevaluasi ulasan ini, jangan memberikan uang Anda kepada agensi tur, tidak peduli seberapa menariknya paket wisata Jogja yang mereka tawarkan. Anda tidak mau bukan, terlantar di tanah asing.

Pelajari Keahlian Pemandu Wisata

Kualitas pemandu wisata dapat menambah pengalaman Anda atau malah meredamnya.

Jika Anda tidak ingin yang terakhir terjadi, pastikan untuk bertanya tentang keahlian pemandu wisata tersebut. Panduan ini harus bersifat lokal di daerah Jogja yang Anda kunjungi. Dan memiliki sertifikasi profesional. Salah satunya adalah, memiliki badan usaha resmi.

Perjalanan membutuhkan waktu dan uang. Anda ingin memastikan Anda mendapatkan nilai untuk keduanya. Dengan panduan ini, Anda sekarang berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih paket wisata. Yang tidak hanya bernilai waktu dan uang Anda, tetapi juga berkesan.

Jogjakarta Travel Guide –  Agar wisata Anda berkesan

Tips wisata ke jogja ini, bertujuan untuk memberikan Anda informasi terbaik dan terkini, tentang tujuan perjalanan utama di Yogyakarta.

Di sini Anda akan menemukan rekomendasi tempat menginap, hal-hal untuk dilihat dan dilakukan, jasa transportasi atau rental mobil Jogja dan tempat makan.

Tips wisata Jogja ini, akan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan. Khususnya, untuk perjalanan yang berkesan. Sehingga, Anda dapat melakukan perjalanan yang lebih baik di Yogyakarta / Jogja.

Cari informasi selengkap mungkin. Ini akan memberi Anda ide-ide hebat. Sehingga, perjalanan wisata Jogja ini, akan membuat Anda merasa seperti orang lokal dalam waktu singkat.

1.      Atraksi Pariwiata Jogja

Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan di sekitar kota jogja. Sehingga cukup membuat kewalahan, ketika mencoba merencanakan liburan Anda di sana.

Pertama, tentu saja orang akan berpikir untuk mengunjungi Candi Borobudur & Prambanan. Mereka cantik, cantik dan yang paling penting, kaya (nilai budaya). Untuk itu, Anda dapat memesan paket Sunrise Borobudur. Ketika ingin mengalami matahari terbit yang indah di Borobudur dan menemukan matahari terbenam keemasan di sekitar area Candi Prambanan.

Jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, Anda dapat juga merencanakan paket wisata tur kecil “Ratu Boko”, untuk melihat pemandangan langit yang sangat indah serta perbukitan, langit disana, lebih biru daripada air dan lebih hijau dari daun selada.

Tentu saja, itu bukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan di Yogya. Ada dua tempat favorit lainnya untuk melakukan Tour Trekking Mount Merapi Sunrise, ia menawarkan pemandangan yang indah. Satu lagi yang harus Anda kunjungi, yakni Tour Goa Jomblang untuk kegiatan caving yang luar biasa.

2.      Transportasi Yogyakarta.

Transportasi Umum

Menjelajahi kota Jogja dengan Trans Jogja adalah hal yang menyenangkan. Itu patut Anda coba. Tarif terjangkau dan akses mudah, adalah alasan utama Anda harus mencobanya.

Dengan mengendarai Trans Jogja, akan lebih mudah bagi Anda untuk bepergian ke berbagai tempat di pusat kota.

Penduduk setempat, biasanya menggunakan sistem angkutan cepat bus, Trans Jogja, ketika melakukan perjalanan di dalam kota.

Jam Operasi: 5:30 pagi – 9:30 malam

Angkutan Umum Lainnya

  • Stasiun Bus Giwangan – terminal utama Yogyakarta untuk bus antar kota. Rute bus menghubungkan kota-kota di seluruh Pulau Jawa.
  • Stasiun Kereta Lempuyangan – Biasa digunakan untuk kelas ekonomi.
  • Stasiun Tugu – Untuk kereta kelas Bisnis & Eksekutif.
  • Bandara Internasional Adisucipto – Menjadi bandara internasional terkecil di Jawa, tetapi tersibuk di Indonesia.

Mobil Pribadi

Jika Anda lebih suka menggunakan mobil pribadi untuk berkeliling Jogja, Jawa, hingga Bali, ada cukup banyak penyedia sewa mobil disana. Saya pribadi, berpengalaman menggunakan Rental Mobil Jogja dari Kuruma Wisata.

Pelayanannya, cukup bagus dan profesional. Secara pribadi, hal berkesan yang diberikan adalah, sopir mobilnya yang sabar dan profesional, dalam melayani rute yang saya tetapkan.

Karena baru sekali, jadi saya tidak berpengalaman keagen rental mobil lainnya. Jadi, saya belum berani memberi saran lebih banyak dalam hal ini.  

3.      Rekomendasi Makanan di Jogja

Resto Vegetarian Jogja

Dalam tips wisata Jogja kali ini, saya merekomendasikan makanan terbaik di Jogja. Ini ala vegetarian. Khas Indonesia. Diantaranya, termasuk nasi goreng, gado gado (salad sayuran dengan saus kacang), lotek (mirip dengan gado gado), tahu dan tempe (tahu dan kedelai) dan pecel (campuran salad sayuran dengan tauge dan saus kacang).

Sebenarnya, ada banyak pilihan makanan lain, tapi Anda tidak mungkin untuk mencoba semua, jika perjalanan wisatanya, hanya satu minggu, hohoho..

Makanan Lokal

Ini sudah terkenal. Soal makan di Jogjakarta itu, sangat murah. Jika Anda mencari inspirasi tempat makan, saya akan merekomendasikan beberapa yang harus dicoba. Makanan lokal Jogja adalah Gudeg, Lotek, Sate Klathak, Sate Petir, Ayam Geprek, Bak Mie, Kopi Joss, Angkringan & Makanan lesehan dan banyak lagi.

Oh.. Jogja, memang menawarkan berbagai hal. Yang tentunya, akan membuat Anda berencana menambah jadwal liburannya.

4.      Hotel di Jogja

Tips wisata Jogja ini, akan memberi Anda waktu berkualitas yang luar biasa, selama perjalanan. Anda dapat menemukan lebih banyak ide akomodasi di tempat menginap. Mulai dari Hotel Bintang 1, Hotel Bintang 2, Hotel Bintang 3 dan Hotel Bintang 4 di Jogya.

Juga tersedia opsi tempat menginap hemat di Jogja. Seperti Homestay, Hostel, dan Guesthouse terbaik di Jogja.

Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih mewah, Jogja juga memiliki beberapa hotel mewah bintang 5 yang luar biasa. Di mana Anda bisa mendapatkan layanan yang terbaik, mewah dan royalti.

5.      Money Changer di Jogja

Rupiah (IDR) merupakan mata uang resmi Indonesia. Ada banyak fasilitas money changer di seluruh tempat wisata Yogyakarta, mereka menerima mata uang seperti dolar AS, Euro, dolar Australia, pound Inggris, Ringgit Malaysia, dan Dolar Singapura.

  • Ada 2 tempat penukaran uang di Jogja. Yakni, di hotel Inna Garuda di Jalan Malioboro dekat stasiun kereta Tugu. Barumun Abadi dan Mulia Money Changer. Mulia Money Changer, memiliki cabang di Ambarrukmo Plaza (dekat bandara). Biasanya, buka hingga pukul 07:00 – 20:00.
  • ATM / BANK dapat ditemukan hampir di setiap tempat wisata di Jogja. Beberapa Bank besar di Jogja antara lain, BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Bank Mandiri.
  • Kartu kredit seperti Visa, Eurocard, MasterCard, dan American Express diterima secara luas di sebagian besar toko, restoran, dan hotel di Jogja. Banyak ATM juga menerima Visa & Mastercard.

6.      Pasar Belanja Unik

Anda tahu tentang pasar tradisional? Itu pasar seperti pada umumnya. Fungsinya, bukan hanya soal tempat jual beli semata. Juga menjadi semacam ruang serba guna. Di mana selain aktivitas dagang, juga menyediakan tempat makan, minum, bersosialisasi, atau hanya sekedar ngongkrong menikmati waktu.

Jalan Malioboro, bisa disebut sebagai jalan raya paling ‘asik’ di seluruh Yogyakarta, ini menjadi rumah bagi pasar kota yang paling semarak.

Trotoar tertutup adalah tempat aktivitas; penjual yang menawarkan pakaian, kain, pakaian rumah dan ornamen lainnya. Anda juga dapat dengan mudah menemukan pernak-pernik dan batik murah.

Baiklah.. itu hanya sebagian kecil dari rute perjalanan wista di Jogja, yang dapat saya rekomendasikan. Dan masih banyak lagi opsi. Yang memungkinkan Anda, menambah rute baru perjalanan liburan Anda.

Google Map Jogja

Semoga artikel ini bermanfaat.  

wisata

WISATA SULAWESI SELATAN PAKET KOMPLIT

Published

on

Wisata Sulawesi

WISATA SULAWESI SELATAN PAKET KOMPLIT

Istirahat sejenak, tidak perlu terdesak. Ambil waktumu barang kali sebentar untuk menikmati keindahan Indonesia yang tak kalah cetar. Terkadang juga, impian untuk mengunjungi negara lain masih sangat tinggi. Padahal Indonesia sangat kaya akan tempat wisata yang sangat menyejukkan mata. Indonesia memiliki belasan ribu pulau yang dapat kamu eksplorasi lho!

 Berbagai bentuk dan jenis tempat wisata bisa ditemui. Mulai dari pegunungan, pantai, persawahan hingga tempat wisata bersejarah yang dapat menambah wawasan.  Berbicara mengenai tempat wisata, terdapat tempat wisata yang sangat indah di Sulawesi. Buat yang belum tahu dimana letak Pulau Sulawesi, Pulau Sulawesi Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. Akibat letak geografisnya yang sangat unik pulau ini memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Wisata Sulawesi sangat beragam dan komplit.

Pulau Sulawesi memiliki enam provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, ibukota Makassar; Provinsi Sulawesi Utara, ibukota Manado;  Provinsi Sulawesi Tengah, ibukota Palu; Provinsi Sulawesi Tenggara, ibukota Kendari; Provinsi Gorontalo, ibukota Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Barat, ibukota mamuju. Salah satu dari enam provinsi tersebut memiliki tempat wisata yang unik, indah dan selalu menarik para wisatawan. Wisata Sulawesi itu terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berikut ialah tiga Rekomendasi tempat wisata Sulawesi Selatan yang wajib di kunjungi :

WISATA PULAU SAMALONA

Pulau Samalona ialah pulau mungil yang sangat indah. Terletak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar. Walaupun mungil pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat menawan. Pulau Samalona terdiri dari pasir putih dan laut biru yang sangat jernih. Terkenal dengan Keindahan bawah laut sehingga para wisatawan dapat berenang dan menyelam sambil melihat terumbu karang yang sangat indah. Terdapat banyak jenis ikan dengan warna yang sangat menakjubkan.  Selain tu terdapat banyak sekali pohon kelapa yang membuat suasana sangat rindang dan nyaman.

Hal menarik lainnya ialah Pulau Samalona ini menyimpan beberapa peninggalan Perang Dunia Kedua. Setidaknya terdapat tujuh kapal yang tenggalam di daerah tersebut. Diantaranya ialah Kapal Lancaster Bomber, Kapal Maru ( Kapal perang Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter ), dan beberapa kapal lainnya.

Bangkai bangkai kapal tersebut kini telah diubah menjadi karang dan rumah bagi ratusan ekosistem di laut. Nah disanalah wisatan biasanya dating untuk berenang diantara pulau tersebut. Menarik bukan ?

TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG

Taman Nasional Bantimurung merupakan taman nasional yang menyuguhkan banyak jenis objek alam. Wisata alam yang ada berupa air terjun, gua yang merupakan habitat beragam spesies fauna dan lembah bukit kaput yang curam dengan vegetasi tropis. Taman Nasional ini sangat menonjolkan kupu – kupu sebagai daya Tarik utama. Terdapat sekitar 20 jenis kupu – kupu yang di lindungi di Taman Nasional Bantimurung. Bahkan beberapa spesies kupu kupu tersebut termasuk unik dan endemik sehingga hanya dapat ditemukan di Sulawesi Selatan. Alfred Russesl penah meneliti lokasi Bantimurung ini antara tahun 1856 – 1857 dan menemukan sedikitnya 250 spesies kupu – kupu dari hasil penelitiannya. Maka dari itulah Bantimurung ini dijuluki beliau sebagai The Kindom of Butterfly.

Keunikan lain yang dapat ditemukan pada wisata Sulawesi kali ini ialah Taman Nasional Bantimurung ini memiliki dua buah gua yang dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua tersebut ialah Gua Mimpi dan Gua Batu. Selain itu, terdapat beberapa jenis aktivitas yang menari untuk di lakukan di dalam Kawasan Taman Nasional Bantimurung yaitu Kawasan Wisata Bantimurung, Helena Sky Bridge, Kawasan Prasejarah Leang – leang, Kawasan Wisata Pattunang, Kawasan Gua Vertikal Leang Pute, Kawasan Pengamatan Satwa Karaenta, dan masih banyak lagi.

MALINO

Rekomendasi Wisata Sulawesi Terakhir ini tidak kalah menariknya. Malino sangat terkenal akan pesona alamnya yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Malino kerap dijuluki Puncaknya Sulawesi Selatan kerena bentuk dan pemandangannya yang meyerupai daerah puncak bogor. Salah satu tempat wisatanya itu ialah Kawasan wisata kebun teh Malino Highland. Kebun teh ini dicap sebagai Kawasan megang karena luas lahan yang hampir 200 hektar, Kawasan ini juga dihuni beberapa satwa langka. Serta memiliki paparan kebun Bungan nan cantik dan menawan.

Selain Kawasan Kebun The, wisata di daerah Malino yang tak kalah keren ialah Hutan Pinus Malino. Berkunjung ke Bumi Malino tidak akan lengkap apabila tidak singgah ke daerah hutan Pinus. Hutan Pinus Malino terletak di ketinggian sekitar 1500 metes diatam permukaan laut. Tentu saja Hutan Pinus Malino menjanjikan kesejukan pemandagan mata dan udara yang sangat segar karena berada di jajaran perbukitan. Sehingga kamu dapat menyegarkan pikiran dan kepenatan dari Kota.

Wisata Sulawesi kali ini sangat lengkap dan menarik ya. Sulawesi Selatan memang destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Seluruh jenis tempat wisata mulai dari gunung, laut bahkan wisata fauna pun dapat kita tempuh. Maka dari itulah kita harus bangga dengan kekayaan dan keindahan alam di Indonesia.

Continue Reading

Travelling

Tempat Wisata Malam Jogja | Tempat Nongkrong Asik

Published

on

Wisata Malam Hari Jogja

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata malam Jogja. Cocok untuk tempat nongkrong menikmati suasana kunjungan Anda.

Jogja adalah tempat yang klasik, ngangenin, dan setiap sudutnya menawan. Setidaknya hal itulah yang membuat orang-orang dari berbagai daerah selalu kembali ke kota satu ini. Menariknya, Jogja tidak pernah sepi baik pagi, siang, sore, maupun malam hari. Selalu ada hal menarik yang bisa anda lakukan.

Di Jogja anda tidak akan pernah kehabisan tempat menarik, meskipun di penghujung hari. Justru ketika malam hari tiba, banyak tempat-tempat menarik yang wajib anda kunjungi. Berikut ini rekomendasi wisata di Jogja yang dapat anda kunjungi di malam hari :

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro - Tempat wisata malam Jogja
Youtube

Menghabiskan waktu anda dengan berkeliling Malioboro di malam hari tidak boleh anda lewatkan. Justru ketika malam tiba, suasana di jalan Malioboro akan semakin menarik untuk dijelajahi. Banyak pedagang yang menjajakan barang dan makanannya di malam hari.

Dengan menikmati secangkir kopi di warung tenda sepanjangan jalan Malioboro, anda akan menikmati kehangatan warga Jogja. Belum lagi jika anda ingin menyusuri jalan ini sampai ke ujung, maka anda akan tiba di titik 0 kilometer.

Kawasan 0 kilometer ini merupakan sejumlah bangunan yang merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda. Bangunan ini akan dihiasi dengan lampu-lampu menarik yang memberikan kesan semarak. Anda akan menjumpai banyak wisatawan melakukan foto selfie disini. Beberapa seniman juga menunjukan karyanya di titik nol kilometer.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja
flickr.com

Jika ditanya apa ikon paling terkenal dari kota Jogja? Jawabnya mungkin adalah tugu Jogja. Tugu Jogja juga menjadi salah satu rekomendasi wisata di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan. Belum ke Jogja kalau tidak berswafoto monumen satu ini.

Monumen ini terletak di persimpangan antara Jl. AM. Sangaji, Jl. Diponegoro, Jl. Sudirman, dan Jl. Margo Utomo (P. Mangkubumi). Letaknya yang berada di pusat kota memang terlihat tidak menarik jika dilihat pada siang hari. Belum lagi suasana macet karena jalan ini merupakan jalan utama yang sering dilintasi.

Namun pada malam hari tugu Jogja akan memancarkan pesonanya. Diterangi dengan lampu dan aksesoris taman yang menarik, tempat ini layak menjadi lokasi untuk berfoto. Untuk melakukannya mungkin anda harus menunggu hingga malam dan jalanan agak sepi.

3.  Heha Sky View

Heha Sky View
jogjaonstage.com

Satu lagi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan masuk dalam rekomendasi tempat wisata malam di Jogja adalah Heha Sky View. Tempat satu ini memang paling menarik jika didatangi pada malam hari. Karena menampilkan pemandangan city light dari Kota jogja.

Lokasi Heha Sky View sendiri adalah di Jl. Dlingo-Patuk, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Buka dari pukul 11 pagi sampai dengan 11 malam, anda cukup merogek kocek sebesar 20 – 25 ribu untuk tiket masuk.

Jangan khawatir kelaparan karena anda akan menemukan restoran yang menyajikan beragam makanan enak di dalamnya. Fasilitasnya juga lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir menghabiskan waktu lama disini. Belum lagi dengan spot instagramable seperti Balon Udara, Sky Bridge, dan teras kacanya yang selalu menarik untuk dipakai berfoto.

4. Angkringan

Angkringan
phinemo.com

Nah, ini salah satu yang tidak boleh lepas untuk dikunjungi ketika malam tiba di Jogja. Berburu angkringan mau yang terkenal atau tidak rasanya sama menariknya untuk dikunjungi. Sekedar minum kopi, teh, jahe anget, dan mencoba snack dan cemilan yang tersedia di angkringan akan membuat malam anda semakin nikmat.

Jika anda mencari angkringan yang lumayan terkenal dan dekat dari kawasan Malioboro, anda bisa mencoba angkringan Lik Man atau Angkringan KR. Keduanya sudah lumayan terkenal, apalagi angkringan Lik Man dengan kopi jossnya, lokasinya juga cukup dengan stasiun tugu sehingga sangat strategis.

Beragam menu makanan ditawarkan oleh kedua angkringan ini mulai dari nasi kucing, gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, sate lemak dan sebagainya. Angkringan KR bahkan menawarkan beragam menu nasi kucing, mulai dari sambal teri, oseng ati, oseng jamur, mercon, sambal tomat, dan oseng tempe.

Kalau anda bosan, masih banyak angkringan lain yang menawarkan menu tidak kalah lezat dari kedua angkringan di atas. Contohnya angkringan nganggo suwe Lek Adi, angkringan klebengan, angkringan JAC pendopo ndalem, angkringan Pak Jack dan masih banyak lagi.

Demikian rekomendasi tempat wisata Malam Jogja. Lokasi nongkrong asik menikmati liburan Anda. Baca juga: JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Continue Reading

wisata

Ngarai Sianok – Bukit Tinggi, Cerita dan Keindahannya

Ngarai Sianok, menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin terlupakan. Sebuah guratan alam yang menggambar keindahan. Tiada tandingnya.

Published

on

By

Ngarai Sianok, Bukit Tinggi - Tempat Wisata di Sumatera Barat

Jika anda kebetulan mengarah ke Sumatera Barat, jangan lupa berkunjung ke Ngarai Sianok. Ngarai Sianok Bukit Tinggi, menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin terlupakan. Sebuah guratan alam yang menggambar keindahan. Tiada tandingnya.

Ngarai Sianok, bisa dikatakan, sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik. Andalan negeri yang terkenal dengan sebutan Minang Kabau.  

Ingat dengan uang pecahan Rp. 2 ribu? Disana ada gambar Ngarai Sianok. Sebuah lukisan alam yang terbentuk dari patahan lempeng bumi. Dengan dua dinding bukit yang menjulan tinggi. Dan pada bagian bawah, terlihat seolah jatuh ke dasar.

Baca juga tempat wisata lainya;

Lokasi Dan Sejarah, Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Ngarai Sianok terletak di Kota Bukit Tinggi. Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang). Lembah ini memanjang dan berkelok. Terbentuk secara alami, menjadi garis batas kota. Dari selatan ngarai Koto Gadang, sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh.

Jurang Ngarai Sianok, memiliki kedalama sekitar 100 m. Membentang sepanjang 15 km, dengan lebar sekitar 200 m. Jurang ini, terbentuk dari patahan lempeng bumi. Memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian, memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam. Bahkan bisa dikatakan tegak lurus. Proses alam, membuatnya menjadi lembah hijau nan asri.

Gerakan turun kulit bumi (sinklinal), pada bagian dasar, membentuk jalannya aliran sungai. Disebut, Batang Sianok. Batang artinya sungai, (dalam bahasa Minangkabau, red) yang airnya jernih. Sungai tersebut mengalir hingga ke muara Samudera Hindia.

Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget. Karena, banyak kerbau liar. Hidup bebas di sekitar dasar ngarai.

Batang Sianok, kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak. Fasilitas ini, dibuat olehsuatu organisasi olahraga air “Qurays”. Rute yang ditempuh, adalah; dari nagari Lambah. Sampai jorong Sitingkai nagari Palupuh. Selama kira-kira 3,5 jam.

Di tepian Ngarai Sianok, masih banyak dijumpai tumbuhan langka. Seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Ada juga beragam jenis Fauna. Seperti, monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga tapir Asia.

Sebagai lembah, Ngarai Sianok, suasananya sangat tenang dan damai. Apalagi ditambah dengan udara yang bersih dan sejuk. Keelokan panorama alamnya, membuat daerah ini mendapat penghargaan berngengsi. Sebagai The Best Tourism Object. Dalam ajang, Penghargaan Padang Tourism Award 2007.

Ngarai Sianok terilihat dari ketinggian. Pemandangan ini bisa dinikmati dari Taman Panorama. Foto: Wikimedia Commons

Fasilitas Rekreasi di Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Selain sebagai tujuan wisata alam, Ngarai Sianok menyiapkan berbagai fasilitas olah raga. Seperti, arung jeram, kayak, dan kano. Pilihan lainnya, trekking, bersepeda gunung. Atau, bisa juga berjalan-jalan santai. Menyusuri spot-spot wisata disini.

Spot menarik yang wajib di kunjungi di Ngarai Sianok Bukit Tinggi adalah; Taman Panorama, Janjang Koto Gadang, dan Lubang Jepang. Disana tersedia juga, beberapa souvenir khas Bukittinggi. Bisa menjadi kenangan anda sudah pernah kesana.

Skimboarding Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Skimboarding Ngarai Sianok – Photo: Newsc.clikpositif.com

Salah satu unggulan aktifitas di Ngarai Sianok, adalah Skimboarding. Ini daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jenis olahraga ini merupakan perpaduan, antara skateboard dan surfing. Dengan menggunakan papan luncur, kamu bisa bermain Skimboarding. Caranya, seperti bermain surfing. Di genangan air di sekitar sungai.

Skimboarding, memang belum populer. Baik di Indonesia maupun di daerah Sumatera Barat itu sendiri. Namun, semenjak pertama sekali di perkenalkan oleh Mandrak dari Komunitas BMX, setempat. Menjadi semakin diminati.

Skimboarding merupakan kombinasi skateboard dengan surfing. Karena, sebagian besar trik atau tehnik permainannya, memiliki banyak persamaan. Seperti perlengkapan yang digunakan. Dalambermain Skimboarding, Anda harus memiliki papan selancar, sebagai alat utama. Ini mirip papan surfing. Hanya saja, papan seluncur di skimbording lebih kecil, dibanding surfing.

Dalam olahraga ini, pemain tinggal melemparkan papan. Hingga melayang di atas air. Lalu, sambil berlari, menaiki papan seluncur tersebut. Bisa melakukan akrobatik meliuk, seperti permainan surfing di ombak. Bagi yang memiliki nyali tinggi, dapat bertraksi melakukan semacam lompatan pada jalus yang telah disiapkan.

Untuk lokasi Skimboarding di kawasan Ngarai Sianok , tergolong cukup unik. Karena, aktivitasnya, dilakukan pada genangan air. Bukan pada aliran Sungai Sianok. Lokasinya, yakni di seberang penurunan/pendakian Saribu. Ini, jaraknya, berkisar 200 meter, dari lokasi jembatan Ngarai Sianok, yang berada di perbatasan Bukittinggi-Agam.

Continue Reading

wisata

Perbedaan Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai | Bengkulu

Published

on

By

Bunga Rafflesia Bengkulu

Provinsi Bengkulu sering juga disebut sebagai bumi Rafflesia. Karena, Bunga Rafflesia memang tumbuhnya disana.

Bunga Rafflesia terkenal, karena memiliki ukuran yang besar.

Namun, ada satu lagi bunga yang memiliki ukuran raksasa. Dan ini juga sering tumbuh di Provinsi Bengkulu. Orang-orang disana, menyebutnya “Bungei Kibut”. Atau lebih populer disebut sebagai Bunga Bangkai.

Tapi jangan salah, antara Bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia tidaklah sama.

Walau pun, sebagian besar publik sering menyebut Bunga Rafflesia sebagai bunga bangkai. Dan, beberapa diantaranya lebih akrab dengan nama bunga Rafflesia Arnoldi.

Rafflesia Arnoldi adalah nama seorang berkebangsaan Inggris. Nama lengkapnya, Thomas Stanford Raffles. Penemuan bunga eksotik berukuran besar tersebut, kemudia melambungkan namanya sebagai penemu.

Dan dari sanalah kemudian bunga itu dinamai dengan namanya, Raffles Arnoldi.

Baca juga koten wisata menarik;

Kisah dibalik nama Bunga Rafflesia

Walau pun bunga raksasa itu tetap dinamai sebagai Rafflesia Arnoldi, namun, belakangan beredar kabar bahwa, penemu pertamanya bukan Thomas Stanford Raffles.

Ada kisah tersendiri dalam proses penamaan untuk Bunga Rafflesia. Disebut-sebut ada intrik politik yang kelam.

Dimana disebutkan bahwa, orang asing pertama yang menemukan bunga tersebut adalah Louis Auguste Deschamp, dokter yang menyukai menjelajah alam. Ia berasal dari Perancis.

Dalam penjelajahannya, ia sempat ditangkap pemerintah Belanda, yang saat itu masih menguasai Indonesia. Tapi, oleh Van Overstraten yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jendral, Deschamp tidak di tahan.

Ia diperbolehkan untuk melanjutkan ekspedisi selama tiga tahun di Pulau Jawa. Dari tahun 1791 hingga 1794.

Dalam sebuah buku yang dipublikasikan pada 2011, menyebutkan, Deschamp lah yang pertama melihat, serta mengumpulkan spesimen, dan membuat gambar Rafflesia. Dimana yang ia temukan di Pulau Nusakambangan, pada 1797.

Itu artinya, 20 tahun lebih dahulu dari penemuan yang dilakukan Dr Joseph Arnold, yang melambungkan namanya.

Sekitar tahun 1798, Deschamp pulang ke negaranya Perancis dengan membawa koleksi hasil temuannya. Namun, ketika mendekati Selat Inggris, kapal yang dikendarainya ditangkap. Dan semua barang koleksinya dirampas oleh Inggris.

Dari sanalah kemudian kisah menjadi berubah. Yang mana kemudian bunga yang sangat unik itu kemudian, dinamai Rafflesia. Sebuah nama yang berasal dari orang Inggris. Bukan Belanda, bukan juga Prancis.

Raffles, yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur Jendral Inggris di Bengkulu, meminta William Jack mendiskripsikan bunga langka itu ditemukan di wilayah Bengkulu. Tepatnya, di Bengkulu Selatan (Nais, 2001; Meijer, 1997).

Perbedaan Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai

Tapi, tulisan ini tidak ingin membahas cerita kelam tersebut. Tapi, lebih untuk membahas tentang perbedaan, antara bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai.

Fakta tentang Bunga Bangkai (Amorphophallus), sampai saat ini masih banyak tidak diketahui publik, bahkan termasuk di Indonesia.

Ya itu tadi, sering kali bunga bangkai masih diangap sebagai spesies yang sama dengan bunga Rafflesia.

Padahal antara keduanya merupakan spesies yang berbeda mulai dari klasifikasi biologi, bentuk, warna, siklus dan cara hidupnya.

Selain perbedaan itu, masih terdapat beberapa fakta lain tentang dua bunga raksasa yang mampu menyedot perhatian dunia tersebut.

Bunga Bangkai Raksasa (Amorphophallus Titanum)

Antara Bengkulu, Raflesia dan Bunga Bangkai
Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus Titanum)

Bunga Bangkai jelas bukan bunga Rafflesia. Dari bentuknya saja jauh berbeda. Walau pun, sama-sama dalam ukuran raksasa.

Secara fisik, Bunga Bangkai memiliki daun, batang, dan tumbuh menjulang tinggi.

Sedangkan, Bunga Rafflesia merupakan jenis parasit yang hidup pada inang tertentu, tanpa memiliki batang dan daun. Bunganya, berbentuk kelopak yang ketika mekar sempurna akan melebar rebah ke tanah.

Dari segit taksonomi, Bunga Bangkai dan Rafflesia adalah spesies yang jauh berbeda. Berdasarkan tingkat kelas, Bunga Bangkai (Amorphophallus sp.) merupakan anggota kelas Liliopsida. Sedangkan Bunga rafflesia, merupakan anggota kelas Magnoliopsida.

Terdapat setidaknya, 170 jenis Bunga Bangkai di seluruh dunia. Dan sekitar 25 jenis, bisa ditemui di Indonesia.

Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Titanum, pertama kali ditemukan oleh Odoardo Beccari, seorang ahli botani berkebangsaan Italia.

Waktu itu, tahun 1878, dalam perjalanannya wilayah Bengkulu, tepatnya di Kepahiang – Rejang Lebong, ia menemukan tumbuhan Bunga Bangkai.

Yang mana kemudian, oleh rekannya, Prof. Giovanni Arcaneli dari Turki, diberi nama ilmiah Amorphophallus Titanum. Sejak itulah, dunia botani mengenal adanya Bunga Bangkai dengan nama ilmiah Amorphophallus Titanum Beccari.

Bunga Bangkai kemudian ditetapkan sebagai flora maskot Provinsi Bengkulu. Juga dijadikan lambang kebun raya Botanische Gärten Bonn, Jerman.

Bahkan, karena keunikannya, peneliti asal University of Wisconsin, AS, Thomas C Gibson, menyebutkan, di benua Eropa dan Amerika saja, ada sekitar 6.000 kebun raya dan arboretum yang mengoleksi bunga bangkai raksasa tersebut.

Perlu waktu 40 tahun untuk mekar sempurna

Bukan perkara gampang untuk melihat Bunga Bangkai mekar sempurna. Butuh proses yang panjang.

Sebutir biji Bunga Bangkai Jenis Titan Arum (Amorphpophallus titanium) diperkirakan butuh waktu 20, hingga 40 tahun, hingga berbunga untuk yang pertama kalinya.

Antara Bengkulu, Raflesia dan Bunga Bangkai

Tidak hanya besar yang membuatnya unik. Bunga ini mempunyai proses pertumbuhan yang berbeda.

Yakni mengalami dua fase siklus kehidupan. Berlangsung secara bergantian dan terus menerus. Yakni, fase vegetatif dan fase generatif.

Pada fase vegetatif, di atas umbi Bunga Bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya.

Kemudian batang dan daun menjadi layu, hingga menyisakan umbi di dalam tanah. Tidak mati.. ia akan bertransformasi.

Memasuki fase selanjutnya, disebut fase generatif. Disini, akan muncul bunga majemuk. Ia menggantikan batang dan daun yang layu sebelumnya.

Warna kelopak Bunga Bangkai raksasa ini pun, selalu beragam dan tak pernah sama setiap kali mekar. Meskipun berasal dari umbi yang sama.

Warna bunganya dapat bervariasi. Seperti merah hati, jingga, merah dadu, dan kehijauan.

Sementara tongkolnya pun muncul dengan warna yang beragam. Bisa keunguan, agak putih, serta kuning.

Sesaat menjelang mekar, suhu di dalam ‘seludang’ yang belum terbuka, bisa mencapai 50 hingga 60 derajat celcius. Kondisi ini membuat bunga ini terlihat mengeluarkan asap, di tengah dinginnya udara.

Bau yang dikeluarkan, ternyata tidak sekedar beraroma busuk saja. Biasanya aroma yang dikeluarkan, bercampur antara menyerupai kertas terbakar, amis ikan, telur busuk, bahkan bau bangkai tikus.

Di Bengkulu, tepatnya di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang, Tim Peduli Puspa Langka (Holidin Bersaudara), pernah menemukan Bunga Bangkai mencapai 100 kg.

Bunga bangkai raksasa tertinggi yang pernah mekar, tercatat menjulang setinggi 3.45 hingga 4,20 meter. Wow..

Bunga Rafflesia arnoldi

Mereka sama-sama tumbuh dan dikenal sebagai ikon Provinsi Bengkulu, mereka juga sama-sama disebut bunga Raksasa.

Sebagian yang kemudian mungkin membuat masyarakat berpikir, Bunga Rafflesia itu sama dengan Bunga Bangkai.

Padahal, lihat saja dari gambarnya, jauh sekali perbedaannya.

Antara Bengkulu, Raflesia dan Bunga Bangkai
Rafflesia arnoldi mekar sempurna

Rafflesia Arnoldi adalah jenis tumbuhan parasit obligat. Ia terkenal karena memiliki ukuran sangat besar.

Bahkan tercatat, sebagai bunga terbesar di dunia.

Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) tetrastigma. Dan tidak memiliki daun. Sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Penamaan Bunga Raksasa ini, tidak lepas dari sejarah dideglerasikannya ia dengan nama Rafflesia Arnoldi, pada tahun 1818. Yang menyabutkannya berasal dari hutan tropis Bengkulu (Sumatera). Yang kemudian membuat daerah ini dikenal dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

Ini kita melepas tentang adanya sejarah baru. Yang menyebut bahwa, Dr. Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles, bukanlah penemu pertama bunga ini.

Namun yang jelas, penamaan bunga Rafflesia Arnoldi, didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles dan Dr. Joseph Arnold.

Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan).

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Tumbuh bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya.

Di Pulau Jawa, diketahui pernah tumbuh satu jenis padma parasit atau Bunga Rafflesia .

Rafflesia juga mempunyai siklus kehidupan unik. Namun berbeda dengan proses kehidupan Bunga Bangkai.

Bunga Rafflesia ini, merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai.

Diameter bunga ketika sedang mekar penuh, bisa mencapai 1 meter. Dengan berat mencapai sekitar 11 kilogram.

Bunga Rafflesia menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma.

Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai “tanaman” adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma.

Bunga ini mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat, seperti mulut gentong.

Di dasar bunga, terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik. Bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga.

Umur yang pendek

Bungar Rafflesia, setelah mekar sempurna, tidak bertahan lama. Biasanya, hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari). Setelah itu, layu dan mati.

Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

Namun, untuk pelestarian, Bunga Rafflesia dijaga dan dalam upaya penangkaran. Disebutkan, ia bisa tumbuh sempurna dibeberapa tempat, seperti di Kebun Raya Bogor.

Continue Reading

wisata

Onsen paling terpencil di Jepang & ‘naked communion’

Published

on

Beautiful Asian Woman Nude in Onsen (Hot Tub)

Jepang adalah rumah bagi lebih dari 3.000 mata air panas alami – tetapi satu sangat legendaris sehingga para pemanjat memulai perjalanan bolak-balik empat hari untuk berendam di dalamnya.

Bertengger di samping Sungai Kurobe jauh di pegunungan Alpen Jepang, sumber air panas kecil berwarna biru-susu yang akan kukelupkan ke dalam kakiku adalah urusan yang agak sederhana. Segenggam ember kuning berfungsi sebagai tempat cuci, dan pakaian diseimbangkan di bebatuan terdekat. Ini bukan pengalaman spa mewah – tapi itulah keindahannya.

Selama lebih dari 1.000 tahun, mata air panas alami – yang dikenal sebagai onsen – telah menjadi bagian penting dari kehidupan Jepang, membersihkan tubuh dan jiwa. Ada lebih dari 3.000 onsen untuk dipilih di Jepang. Kaya mineral dan bersumber langsung dari 25.000 mata air panas yang menggelembung di bawah permukaan kepulauan geotermal, pemandian ini menyediakan tempat perlindungan bagi refleksi pribadi dan komunitas, ketika keluarga, teman, dan tetangga melepaskan pakaian mereka dan melangkah ke perairan yang mengepul bersama. Dari spa yang cerdas, pusat kota hingga gua-gua di tepi samudra, masing-masing onsen Jepang menawarkan pesona tertentu – tetapi satu terletak di lokasi yang tidak seperti yang lain.

Terletak di samping Sungai Kurobe jauh di pegunungan Alpen Jepang, onsen paling terpencil di Jepang membutuhkan waktu dua hari untuk mencapai (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Terletak di samping Sungai Kurobe jauh di pegunungan Alpen Jepang, onsen paling terpencil di Jepang membutuhkan waktu dua hari untuk mencapai (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Dikenal sebagai onsen paling terpencil di Jepang, Takamagahara (secara harfiah: “dataran tinggi surga”) membutuhkan waktu dua hari untuk mencapai – ziarah pengabdian sejati bagi para perenang paling ekstrem. Untuk berendam di perairan restoratif di Taman Nasional Chubu-Sangaku, pejalan kaki dan peminat onsen berjalan 40 km melalui hutan dan sepanjang sungai, memanjat lereng curam dan menghabiskan malam di serangkaian pondok gunung yang terisolasi. Ini bukan jejak pemula: ini adalah ekspedisi sejati, membutuhkan daya tahan fisik serta pemahaman mendalam tentang iklim gunung yang berubah-ubah.

Imbalannya terletak pada sekelompok pemandian sederhana yang terletak jauh di lembah berbatu. Sementara pandangan, mineral, dan desain unik untuk setiap onsen Jepang, masing-masing berbagi koneksi yang tidak berwujud ke alam. Di dunia yang semakin urban saat ini, tidak mengherankan bahwa pemandian udara terbuka, yang dikenal sebagai rotenburo, adalah di antara yang paling dicari, menawarkan sekilas langit malam berbintang dan angin sepoi-sepoi saat para perenang berbaring di perairan yang kaya mineral. Bermil-mil dari peradaban, dikelilingi oleh pohon-pohon alpine dan serenaded dengan suara deras air, Takamagahara adalah puncak dari pengalaman rotenburo.

Untuk berendam di perairan restoratif Takamagahara, pejalan kaki harus menempuh perjalanan 40 km melalui hutan, sepanjang sungai dan melalui dataran tinggi (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Untuk berendam di perairan restoratif Takamagahara, pejalan kaki harus menempuh perjalanan 40 km melalui hutan, sepanjang sungai dan melalui dataran tinggi (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Sementara kenaikan empat hari perjalanan bolak-balik mungkin tampak ekstrem, tradisi ziarah Jepang berlangsung selama berabad-abad – contoh sempurna dari perjalanan yang setara dengan, jika tidak melampaui, tujuan. Setelah dikunjungi oleh para peziarah era Edo, gunung-gunung di sekitar Takamagahara didewakan dan dipandang sebagai manifestasi dari kami, atau roh-roh agama Shinto asli Jepang.

Saya seorang pecinta onsen yang mengaku sendiri, dan jadi ini bukan perjalanan pertama yang saya rencanakan untuk mandi di onsen Jepang, tapi itu pasti yang paling intens. Dari pengalaman Onsen pertama saya di kedalaman musim dingin Hokkaido, hilang dalam percakapan selama berjam-jam menghabiskan waktu berendam dan bersantai dengan teman-teman, saya bertobat di tempat. Lima tahun kemudian, dengan panasnya musim panas akhirnya menghilang, pendakian gunung tampak seperti pengantar sempurna untuk musim baru petualangan air panas. Membayangkan lereng gunung yang liar dan terpencil tanpa ada banyak jiwa yang terlihat – kontras yang mencolok dari lingkungan Tokyo saya yang sibuk – saya naik kereta peluru larut malam ke Toyama dan berangkat dalam perjalanan bus dua jam yang berliku ke jalan setapak di dekat desa kecil desa Orasi lebih awal keesokan paginya.

Tidak ada sinyal sel di sepanjang jalan dan cuaca sering berubah (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Tidak ada sinyal sel di sepanjang jalan dan cuaca sering berubah (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Dalam beberapa menit, pendakian yang curam dari lereng anyaman akar dan jalur berbatu menegaskan reputasi jalur yang tangguh. Berusaha mengimbangi rekan pendakian saya, saya melanjutkan, terengah-engah tetapi bertekad, melalui jalan setapak yang sempit dan berukir kasar. Disambut dengan banyak “Konnichiwa!” Dan sesekali “Halo!” Pada pandangan tak terduga dua orang Barat, kami sama sekali tidak sendirian.

Ketika kami memanjat, kabut bergulung di atas bukit, mengubah lanskap sepenuhnya ketika kami kehilangan sinyal ponsel dan merasakan ikatan terakhir dari dunia sehari-hari hilang. Jalan berbatu kami di lereng segera diganti dengan papan kayu yang digunakan untuk melindungi karpet flora alpine. Papan lapuk adalah pemandangan yang tidak biasa namun indah, meliuk-liuk di lereng jauh ke kejauhan, menarik mata Anda bersama mereka. Kami mulai melihat garis warna di antara rumput, yang terakhir dari bunga alpine musim ini.

Itu adalah salah satu akhir pekan terakhir sebelum pondok gunung, yang dikenal sebagai yamagoya, akan ditutup untuk musim dingin. Pondok-pondok ini – yang mendapatkan helikopter mereka persediaan setiap bulan dan dijalankan oleh staf yang tinggal – memungkinkan pejalan kaki untuk melepaskan perlengkapan berkemah mereka yang berat dengan menyediakan tempat tidur sederhana dan makanan buatan rumah. Sebagai satu-satunya koneksi ke dunia luar, gubuk-gubuk itu merupakan jaringan vital di pegunungan terpencil, yang menawarkan ramalan terperinci dan rekomendasi rute berdasarkan pola cuaca dan melacak pejalan kaki untuk memastikan tidak ada yang hilang. Ketika kami tiba di yamagoya pertama kami untuk beristirahat, Tarodaira, kami berhenti untuk kari Nepal sederhana dan mengisi ulang botol-botol kami dengan air pegunungan segar di keran sisi jalan yang berhamburan.

Serangkaian pondok gunung terpencil tempat pejalan kaki dapat makan dan tidur menyusuri jalan setapak menuju onsen paling terpencil di Jepang (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Serangkaian pondok gunung terpencil tempat pejalan kaki dapat makan dan tidur menyusuri jalan setapak menuju onsen paling terpencil di Jepang (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Kerangka miring Yakushizawa, gubuk semalam kami, muncul di kejauhan sekitar 12 km kenaikan nanti. Dikelilingi oleh cuaca yang buruk selama bertahun-tahun, pondok kayu itu masih kuat, tuan rumah kami meyakinkan kami, mengetuk panel kayu ketika ia menuntun kami ke asrama bersama. Dilapisi dengan tikar tatami dan selimut yang ditumpuk dengan rapi, itu adalah pengaturan yang sederhana dan sudah sibuk dengan para tamu malam. Ketika kami pulih di balkon yang menghadap ke Sungai Kurobe, saya menyaksikan para pendaki yang tampaknya tak habis-habisnya membongkar pancing sederhana sebelum berangkat di sepanjang tepi air.

Apa yang bisa lebih baik dari ini?

Saat makan malam, tempura renyah dan mangkuk nasi mengepul keluar dari pot pusat berjalan dari tamu ke tamu. Sup dari guci dan teh bersama melengkapi makan sebagai panggilan antusias “itadakimasu” (“bon appétit”) terdengar dari para tamu di sekitar kita. Ketika kami berbincang dengan tetangga kami, dari siku ke siku, seruan riang dari “kanpai!” Terdengar, bir-bir mengetuk bersama dalam ritual universal gelas terangkat dan diakui keberhasilan. Mengingat tujuan akhir kami, itu adalah pesta komunal yang pas.

Salah satu kesenangan pemandian umum adalah kesempatan untuk berhubungan erat dengan teman, keluarga, atau kolega. Berjemur berdampingan, para pemandian dapat mengabaikan ikatan hierarkis budaya Jepang dan berbicara secara terbuka di tengah uap mata air panas. Konsep tersebut, yang dikenal sebagai hadaka no tsukiai, (“persekutuan telanjang”), menghilangkan penghalang dan menjalin ikatan yang tidak mungkin terjadi tanpa keintiman dari mandi bersama. Ketika semua orang telanjang, semua orang bahkan sama. Bahkan, suasana tenang onsen tergantung pada keseimbangan halus dari kode komunal yang tak terucapkan. Dari melepas sepatu hingga membersihkan diri di stasiun pencucian individual, etiket ini segera menjadi kebiasaan kedua – pelarian yang bersih dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari dengan setiap tahap.

Konsep Jepang tentang hadaka no tsukiai, (“komuni telanjang”), diyakini dapat menghilangkan hambatan dan menjalin ikatan (Credit: Thom_Morris / Getty Images)

Keesokan paginya, kami bangun sebelum matahari terbit, bergabung dengan sesama pejalan kaki kami untuk mendapatkan nasi yang ditaburi dengan asin, asam umeboshi (acar prem) bersama dengan sup dan tamagoyaki (omelet). Kami berterima kasih kepada tuan rumah kami dan berangkat. Trekking di papan kayu dan melompat di rekan-rekan mereka yang runtuh, kami terus berjalan menuju dataran tinggi Kumanodaira dan pemandangannya yang terkenal menuju puncak gunung yang jauh.

Jalan setapak berlanjut di sepanjang jalan berbatu yang kasar. Mengitari sudut, kami menemukan dua pendaki tua yang mencapai dengan hati-hati ke pagar yang melapisi rute. “Blueberry!” Seru mereka, menunjuk ke cabang. Teman-teman menjelaskan bahwa mereka mendaki seluruh Pegunungan Alpen Jepang setiap tahun, dan terkekeh pada klaim saya bahwa kenaikan itu sulit. Mereka telah mendaki gunung-gunung ini sejak mereka masing-masing 10 dan mengatakan mereka kemudian mengumpulkan K2 dan Everest bersama-sama. Meyakinkan kami bahwa kami akan menikmati onsen, mereka berharap kami dapat berjalan dengan baik.

Bunga-bunga alpen dan blueberry liar menandai jalan menuju musim semi outdoor "dataran tinggi surga" (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Bunga-bunga alpen dan blueberry liar menandai jalan menuju musim semi outdoor “dataran tinggi surga” (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Menaiki tangga dan menegosiasikan jembatan sempit, kami akhirnya berhasil sampai ke pondok Takamagahara yang sederhana dan melihat tanda-tanda untuk onsen. Kami menurunkan tas kami dan berjalan menyusuri jalan berbatu 20 menit menuju sumber air panas yang terkenal, didukung oleh prospek memanjakan diri dalam rendam yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Aroma belerang yang matang – aroma yang tak terhindarkan tetapi menyenangkan bagi para penggemar onsen – adalah petunjuk pertama dari sumber air panas yang tersembunyi ini. Sementara dua kolam Takamagahara yang dipisahkan berdasarkan gender dilindungi dengan penutup bambu sederhana, pemandian campuran ketiga terbuka untuk elemen – dan pemandangan. Pemandian campuran gender ini, yang dikenal sebagai konyoku, adalah umum di Jepang hingga abad ke-19, tetapi sekarang onsen pedesaan adalah beberapa yang terakhir untuk melanjutkan tradisi ini. Ketika kami tiba, air biru pucat dari kolam pemandian campur sudah menampung dua lelaki tua telanjang.

Papan kayu melindungi flora alpine dan memberikan jalur yang jelas untuk pejalan kaki (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Papan kayu melindungi flora alpine dan memberikan jalur yang jelas untuk pejalan kaki (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Tepat di seberang jalan, saya melihat pintu masuk ke pemandian wanita, tetapi agak lama mengobrol dengan para pemandian, termasuk orang yang mengaku memiliki apa yang disebutnya “onsen-mania”. Dia menjelaskan bahwa dia telah mendaki delapan hari untuk mencapai Takamagahara dari prefektur Gifu. Ketika kami bertanya tentang sumber tekadnya yang mengesankan, ia menyatakan cintanya pada rotenburo dan memberi isyarat pada lingkungan kami. “Apa yang bisa lebih baik dari ini?” Tanyanya.

Ketika teman hiking saya bergabung dengan teman-teman yang baru ditemukan, saya pergi ke pemandian wanita dan menemukan kolam sederhana yang dilapisi batu dengan kios kayu untuk ganti pakaian. Aku benar-benar sendirian, terlindung dari pemandian di bawah tetapi dengan pemandangan terbuka ke pepohonan dan gunung-gunung di luar. Aku melangkah ke kolam tembus pandang dan jam-jam hiking mencair saat aku mengagumi puncak-puncak berbatu di kejauhan. Kemudian, saya tenggelam lebih dalam, membiarkan air menutupi bahu saya.

Berjarak beberapa mil dari peradaban, dikelilingi oleh pohon-pohon alpine dan serenaded oleh air deras, Takamagahara adalah puncak dari pengalaman rotenburo (Kredit: Lily Crossley-Baxter)
Berjarak beberapa mil dari peradaban, dikelilingi oleh pohon-pohon alpine dan serenaded oleh air deras, Takamagahara adalah puncak dari pengalaman rotenburo (Kredit: Lily Crossley-Baxter)

Sebelum memulai perjalanan ini, saya berpikir bahwa “menyatu dengan alam” berarti sebagian besar sendirian di dalamnya. Dan karena saya belum pernah ke salah satu dari sedikit mandi konyoku Jepang yang tersisa, saya tidak pernah benar-benar mempertimbangkan mandi di onsen campuran. Tapi ketika aku meregangkan pundakku dalam uap, aku ingat frasa Jepang “kachou fuugetsu”. Sementara menerjemahkan secara harfiah ke “bunga, burung, angin, bulan”, itu mewakili pentingnya mengalami keindahan alam dan menggunakan kesempatan untuk belajar tentang diri Anda.

Ketika saya mengingat kembali saat-saat yang tak terhitung dari hadaka no tsukiai yang saya alami di pemandian khusus wanita dan tradisi lama mandi campuran Jepang, saya dengan ragu-ragu melangkah keluar dari kolam khusus wanita dan sekali lagi melihat handuk saya. Dengan percikan cepat dari ember kuning, saya mencelupkan jari kaki ke dalam untuk bergabung dengan pemandian lain dan mengalami esensi kebahagiaan onsen komunal di atas dataran tinggi surga Jepang.

Continue Reading

Daerah

Ternyata Pantai Linau Tak Ubahnya Seperti Pantai Kuta Bali

Published

on

Ternyata Pantai Linau Tak Ubahnya Seperti Pantai Kuta Bali

Garuda Citizen – Pantai linau menjadi salah satu destinasi favorit banyak orang ketika berlibur. Dengan pemandangan yang asri, anda bisa bersantai sejenak dan menikmati suasana yang berbeda dari keseharian Anda.

Pantai linau ini ternyata tak ubahnya seperti pantai kuta Bali. Selain pasir pantainya berwarna kecoklatan yang berpadu dengan birunya ombak. Pantainya juga terlihat landai disertai dengan air lautnya yang bening bagaikan kaca.

Dengan keindahan alamnya yang luar biasa, sehingga Pantai ini sangat lah baik menjadi tempat untuk bersantai dan menceburkan diri bersama keluarga, teman atau pun pacar anda. Apa lagi saat ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan asing.

Lokasi Pantai Linau terletak di Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Tepatnya disisi jalan lintas Kaur menuju daerah Lampung, berjarak 20 Kilo Meter dari pusat kota Bintuhan, ibu kota kabupaten Bengkulu Selatan. Jarak pantai tersebut dapat ditempuh sekitar 5 jam dari kota Bengkulu dan 3 jam dari kota Manna.

Salah seorang pengunjung, Deki (45) tahun, warga Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, rela jauh – jauh datang hanya ingin melihat indahnya pantai linau di sore hari.

Menurut Deki, Pantai Linau sangat cantik dan indah, tak kalah dengan objek wisata yang ada di pulau Jawa maupun Bali. Selain itu kata Deki, Biaya yang dikeluarkan tidak mahal, hanya sebesar Rp.5000 untuk tiket masuk.

Bahkan, jika anda ingin naik sampan sejauh 100 Meter dari bibir pantai, anda cikup membayar dengan pendayung sampan senilai Rp.10.000. Namun, Jika anda yang dari jauh ingin lebih hemat, maka disarankan membawa, tikar, bantal dan makanan dari rumah.

“Kalau saya lihat di pinggir pantai banyak batu-batu karang, rumput laut dan hewan ubur-ubur. Sehingga saya menilai pantai ini masih bersih,”ungkap Deki.

Selain Pantai Linau, Daerah Kaur Juga Ada Pantai Laguna

Selain pantai linau, ternyata daerah Kabupaten Kaur juga ada pantai Laguna Samudra. Tidak hanya indah, Pantai ini juga dihiasi dengan air laut yang bening seperti kaca dan pasir pantai yang putih bersih.

Rupanya Pantai Laguna Juga Tak Kalah Indahnya Dengan Pantai Linau
Pengunjung Pantai Laguna Lagi Asik Mandi Bersama Keluarga

Pantai Laguna Samudra terletak di Desa Marpas, Kecamatan Nasal. Dari Kota Bintuhan yang merupakan ibukota kabupaten Kaur, Pantai Laguna berjarak  28 Kilometer  ke arah Provinsi Lampung.

Pantai ini juga banyak di kunjungi wisatawan dari luar daerah. Terutama wisatawan asing dari luar negeri. Dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih, sehingga pantai ini sangat disukai para wisatawan yang berkunjung.

Hembusan angin sepoi-sepoi disertai suara kicauan burung yang begitu merdu diantara pepohonan yang menghijau di pinggir pantai. Sembari melepaskan lelah dibawah pepohonan. Membuat para pengunjung menjadi betah ketika berada di lokasi pantai.

Asyiknya lagi, di Pantai Laguna kita bisa mandi karena ombaknya tidak berbahaya. Selain itu bagi yang berselancar terdapat spot dengan ombak yang cantik yang sangat cocok untuk berselancar.

Di tambah lagi kita bisa mencicipi kuliner khas Kaur yang dibuat dari gurita. Yang paling terkenal adalah sate gurita yang sedapnya gak bisa dibilangin. Harganya juga gak mahal hanya Rp.25 ribu saja kita sudah mendapat satu porsi sate gurita.

Selain itu, di pinggir pantai juga disediakan pondok-pondok kecil untuk beristirahat sambil menikmati panorama laut yang membiru yang menyegarkan tenggorokan dengan minuman dingin.

Untuk Memanjakan Pengunjung, Pantai Laguna Dilengkapi Berbagai Fasilitas

Pantai Laguna ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memanjakan kamu. Antara lain berupa shelter, toilet dan parkir luas yg dapat menampung 500 lebih kenderaan mobil dan motor.

Bagi yang mau menginap disini juga tersedia berbagai pilihan penginapan. Bagi yang mau mencari oleh-oleh dapat membeli karya tangan penduduk setempat berupa ukiran kayu dan kalung gelang yang dirangkai dengan cangkang kerang sehingga menjadi produk yang unik dan menarik untuk dibawa pulang.

Segeralah ajak kawan, sanak kerabat, Pacar dan keluarga untuk berkunjung ke Pantai Linau dan Pantai Laguna. Kalian tentu tidak akan kecewa dengan objek wisata pantai yang ada di daerah Kabupaten Kaur.(Ben)

Continue Reading

wisata

Raja Ampat Papua, Surga Petualang Kelas Dunia

Wisata Raja Ampat Papua, memang telah mendunia. Pesona Wisata Kepulauan Raja Ampat tersebut, telah dibuat dalam film dokumenter. Berjudul “Edis Paradise 3″. Tayang perdana, di Swiss.

Published

on

By

Hampir setiap orang, pernah tempat wisata satu ini. Ya, Raja Ampat Papua. Destinasi wisata Indonesia kelas dunia. Berikut berbagai informasi lengkap, tentang surga dunia di ujung nusantara itu.

Tempat Wisata Raja Ampat Papua, memang telah mendunia. Pesona Wisata Kepulauan Raja Ampat tersebut, telah dibuat dalam film dokumenter. Berjudul “Edis Paradise 3″. Tayang perdana, di Swiss.

Raja Ampat Papua, Surga Petualang Kelas Dunia

Film dokumenter itu, di sutradarai oleh Avant Premiere. Mendeskripsikan pesona wisata Raja Ampat. Khususnya, tentang, keindahan alam bawah laut disana.

Dimana, Raja Ampat di Papua, disebut sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan ini terinspirasi karena posisi Raja Ampat. Dimana, berada di pusat segitiga karang dunia.

Kepulauan Raja Ampat, termasuk dalam teritorial Provinsi Papua Barat, Indonesia. Mempunyai gugusan pulau tersebar sebanyak 610. Namun, hanya 35 pulau yang dihuni oleh penduduk. Dan, sebagian besar belum memiliki nama.

Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Dari 610 pulau, empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. Ini, merupakan pulau-pulau besar.

Sebagai daerah kepulauan, alat transportasi adalah angkutan laut. Melalui inilah, kegiatan masyarakat Raja Ampat berlangsung. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten. Sementara, jalur transportasi udara, menggunakan pesawat. Lebih dulu, menuju Kota Sorong. Setelah dari Sorong, perjalanan ke Waisai dapat dilanjutkan dengan transportasi laut.

Sebagai daerah yang wilayahnya dikelilingi laut, kaya akan hasil laut. Diketahui, 75% spesies ikan di seluruh dunia, ada di perairan Raja Ampat.

Satu hal lagi yang paling penting, perairan Raja Ampat memiliki ekosistem alam yang terjaga kelestarian nya. Besarnya nilai strategis alam di Papua, menyebabkan wisata kepulauan Raja Ampat di Papua, dilindungi dengan undang-undang RI.

Dengan begitu pencegahan berbagai tindakan negatif terhadap ekosistem laut bisa ditangani dengan hukum. Bukan tanpa alasan! Pesona Wisata Raja Ampat telah menjadi fokus wisata dunia sampai saat ini.

Baca juga; Tips wisata Jogja Bagi Pemula

Pesona Kepulauan Raja Ampat Papua

Ekosistem bawah laut via Lihat Wisata

Diving menjadi bagian utama yang ditawarkan oleh Raja Ampat Papua. Diving (menyelam) dan snorkeling di Raja Ampat memang tiada duanya. Panorama keindahan alam bawah laut, benar-benar mempesona. Dimana, berbagai jenis spesies ikan dan terumbu karang yang hidup natural.

Coba anda bayangkan, sensasi berada ditengah ikan pari manta yang lebar tubunya mencapai 2 meter. Keren bukan?

Selain sekitar 1500 spesies ikan, di perairan Raja Ampat ditemukan juga 537 jenis koral. Dan, 699 makhluk hidup tak bertulang belakang.

Bagi anda yang hobi diving, sebaiknya ditemani oleh seorang ahli diving. Setidaknya, warga lokal yang memahami spot-spot aman dan menyenangkan. Menggunakan peralatan menyelam yang lengkap.

Walau pun anda sering diving di lokasi lain, anda akan tetap mendapat pengalam lain. Saat diving di Raja Ampat. Anda akan takjub, terhadap pesona bawah laut. Terumbu karang yang ada menjadi tempat sekaligus sumber makanan, bagi ribuan spesies ikan. Serta satwa laut lainnya.

Wisata apa saja yang ada di Raja Ampat Papua?

Wisata laut, itu sudah pasti. Selain diving dan snorkeling, ada beberapa hal lain. Perlu diketahui, tempat wisata di Papua ini memiliki hutan yang cukup lebat. Gugusan batu kapur yang berwarna. Serta, aneka spesies tumbuhan dan sarang penyu di tepi pantai.

Wisatawan kebanyakan memilih surfing di Raja Ampat. Karena, memiliki ombak laut cukup menantang.

Ada beberapa pulau di Raja Ampat. Yang paling banyak dikunjungi, adalah Pulau Waiwo, Pulau Wayag, Kepulauan Gam, Pulau Karang, dan Pulau Arborek. Anda juga berpotensi melihat burung langka, Cendrawasih. Unggas yang menjadi khas Papua ini, bisa ditemukan di Kepulauan Gam.

Burung Cendrawasih - Raja Ampat Papua

Ada 4 jenis burung cendrawasih yang hidup di Kepulauan Gam. Yaitu, cendrawasih besar, cendrawasih kecil, cendrawasih merah, dan cendrawasih belah rotan.

Untuk yang suka mendaki, bisa mengunjungi Pulau Karang. Di pulau ini Anda bisa mendaki karang. Tingkat kemiringan hingga 90 derajat. Usaha anda tidak akan sia-sia. Jika bisa sampai ke atas. Dari sana, Anda akan dibayar dengan pesona panorama keindahan alam Raja Ampat. Dari atas puncak ini, Anda bisa melihat semua gugus pulau hijau. Yang dikeliling birunya air laut.

Kearifan Lokal Budaya di Kepulauan Raja Ampat

Selain kekayaan alam saja, Raja Ampat juga memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian. Sangat unik dan menarik. Beberapa desa di Raja Ampat, memang sudah mengukuhkan keberadaan mereka sebagai desa wisata. Salah satunya, Desa Arborek. Desa yang berada di satu pulau kecil ini, memiliki banyak sekali kesenian. Mulai tarian-tarian tradisional, makanan Sinole yang dibuat dari sagu, hingga kerajinan anyaman daun pandan, khas Arborek. Yang sudah diwariskan secara turun-temurun antar generasi.

Desa Arborek hanyalah satu diantara desa-desa lain dengan keunikannya masing-masing.

Berbagai peninggalan sejarah pun banyak terdapat di Kepulauan Raja Ampat. Mulai dari sebagian penduduknya yang memiliki darah kerajaan Tidore Maluku. Peninggalan-peninggalan perang dunia ke 2. Sampai, gua-gua dengan lukisan tangan khas manusia purba. Tersebar luas di Raja Ampat.

Mempelajari keunikan Raja Ampat seolah tidak ada habisnya. Inilah yang membuat kepulauan ini begitu berjaya. Sebagai tujuan wisata tingkat dunia.

Rute dan Biaya Ke Pulau Raja Ampat Papua Dari Jakarta

Rute menuju tempat wisata kepulauan Raja Ampat papua, dari Jakarta, menggunakan pesawat terbang. Dari Bandara Soekarno Hatta ke Kota Sorong, memakan waktu sekitar 6 jam. Biasanya, akan transit terlebih dahulu di Makassar atau Manado. Ada banyak maskapai melayani penerbangan ke Kota Sorong. Beberapa di antaranya, Garuda Indonesia, Pelita Air, Silk Air, dan Merpati.

Berapa ongkos pesawat ke Raja Ampat Papua? Harga tikut penerbangan ke Sorong fluktuatif. Kisaran Rp 1,5 juta – Rp 3 juta sekali jalan. Dari hitungan terendah, maka ongkos pesawat pergi-pulang membutuhkan bujet Rp 3 juta.

Dari Sorong, perjalanan berlanjut ke Waisai, ibu kota kepulauan Raja Ampat. Kota Waisai ini berada di Pulau Waigeo. Satu dari 4 pulau utama di Raja Ampat.

Dari Sorong ke Waisai, ada dua pilihan alat transportasi. Yakni, kapal laut atau pesawat Susi Air. Untuk menekan biaya, kapal laut adalah pilihan tepat. Kapal cepat dengan waktu berlayar sekitar dua jam. Ongkosnya, sekitar Rp 130.000.

Tiket Masuk Ke Tempat Wisata Raja Ampat Papua

Ada tarif wajib untuk masuk ke tempat wisata Raja Ampat. Wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL). Nilainya dipatok Rp 500.000 per orang, untuk wisatawan nusantara. Dan, Rp 1 juta per orang, untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

Homestay
Kriss Iba Homestay di Batanta, Raja Ampat – Photo Travel Kompas

Akomodasi Di Raja Ampat ada banyak pilihan. Seperti hotel, resor, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat. Karena, harga per malamnya paling rendah. Kisaran harga homestay di Raja Ampat dimulai dari Rp 250.000. per malam. Sebaiknya, pilihlah homestay yang dekat dengan tempat wisata. Atau, situs selam yang ingin dikunjungi. Ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.

Untuk mencari homestay di Raja Ampat, Anda dapat membuka situs resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di Stay Raja Ampat

Alat Transportasi di Kepulauan Raja Ampat Papua

Alat Trasportasi di Kepulauan Raja Ampat Papua

Raja Ampat adalah daerah kepulauan, dengan total 1.864 pulau. Jika ingin berwisata alam di Raja Ampat, Anda membutuhkan kapal motor island hopping. Ini memang membutuhkan budget ekstra.

Mahalnya, harga BBM di Raja Ampat, sangat berpengaruh terhadap harga sewa kapal motor. Contohnya untuk menuju Wayag dari Waisai, diperlukan bujet Rp 13 juta PP. Menuju Pianemo dari Waisai diperlukan bujet Rp 8 juta PP. Ke Teluk Mayablibit dari Waisai dibutuhkan bujet Rp 6 juta rupiah PP. Satu perahu motor biasanya dapat diisi 10-12 orang. Untuk menekan bujet transportasi di Raja Ampat, pergilah secara berkelompok. Kemampuan tawar-menawar ongkos kapal motor juga sangat diperlukan.

Continue Reading

wisata

Gunung Rinjani Lombok, Keindahan dan Ceritanya

Gunung Rinjani, berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Memiliki ketinggian 3.726 meter, diatas permukaan laut. Merupakan gunung merapi tertinggi kedua, di Indonesia.

Published

on

By

Gunung Rinjani Lombok - Tempat Wisata Indonesia

Wisata, GC – Berbicara tentang spot pendakian terfavorite, semua sepakat dengan yang satu ini. Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok. Para pendaki dan pecinta alam, jelas kenal dengan tempat wisata indah ini.

Gunung Rinjani, berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Memiliki ketinggian 3.726 meter, diatas permukaan laut. Merupakan gunung merapi tertinggi kedua, di Indonesia.

Gunung Rinjani Lombo, memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km. Kawahnya, membentuk danau cukup. Dengan kedalaman, mencapai 230 meter. Terkenal dengan sebutan, danau Segara Anak. Indah, dengan warna airnya yang membiru. Bagaikan, anak lautan. Air yang mengalir dari danau, membentuk air terjun. Membentuk anak sungai. Mengalir melewati jurang nan curam. Sangat mempesona.

Banyak para pendaki, memancing di danau ini. Karena banyak terdapat ikan mas dan mujair. Ada juga lokasi pemandian air panas alami. Lokasinya, tidak jauh dari Danau Segara Anak.

Inilah, yang menjadi salah satu alasan. Sehingga, banyak pendaki dari seluruh penjuru Indonesia ingin kesana. Penasaran menaklukan gunung megah ini.

Medan pendakian Gunung Rinjani Lombok, bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Namun, khususnya bagi yang belum pernah, perlu pemandu profesional. Agar pendakian lebih aman.

Ada 2 jalur pendakian. Untuk mencapai Puncak Rinjani. Yaitu, Jalur Sembalun dan Jalur Senaru. Jalur Sembalun, merupakan jalur favorit para pendaki. Karena, meskipun treknya lebih panjang, namun bisa menghemat 700 m ketinggian.

Di Jalur Sembalun Gunung Rinjani, pendaki akan melalui hamparan padang savana. Sebuah pemandangan yang memberi sensasi tersendiri. Sangat luas dan cantik. Ada 3 pos peristirahatan di jalur ini. Dari pos 1 dan 2, perjalan masih kategori ringan. Selepas pos 3, baru pendaki akan menghadapi tanjakan terjal. Dengan kemiringan, sekitar 60 derajat.

Sedangkan di Jalur Senaru, pendaki akan melewati hutan tropis. Cukup lebat dan terjal. Sama halnya dengan Jalur Sembalun, jalur ini juga terdapat 3 pos peristirahatan. Hingga, pos pelawangan. Biasa digunakan sebagai area perkemahan.

Pesona yang dimiliki oleh Gunung Rinjani Lombok, nyaris sempurna. Bahkan, mampu memikat minat para wisatawan mancanegara.

Apalagi, Lombok sendiri, di dukung oleh banyak tujuan wisata lainnya. Seperti, Gili Trawangan, Meno, Kedis, Sudak, dll. Belum lagi, daya pesona perairan dan laut.

Baca juga: Tempat Wisata Terbaik Indonesia

Yang Perlu Diketahui Tentang Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok – Photo: net

Bulan Juli dan Agustus, menjadi waktu terbaik. Jika ingin berpetualangan ke gunung Rinjani. Pemandangan yang bisa dilihat, dari spot-spot ketinggian, sangatlah indah.

Gunung Rinjani bukan sekedar gunung biasa. Ia merupakan gunung merapi yang masih aktif. Disini pula kita bisa melihat panorama alam sekitar yang tidak kalah indah. Dibanding, pemandangan sekitar pantai. Gunung Rinjani juga menjanjikan Sunrise dan sunset terindah!

Hebatnya, Gunung Rinjani berhasil menyabet beberapa penghargaan. Untuk, kategori tempat wisata berbasis ekologi dan masyarakat. 

Penghargaan dunia yang telah diterima Gunung Rinjani, yakni World Legacy Award. Untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler. Pada tahun 2004.

Pada tahun 2005, TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tommorow Award. Untuk, kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan, pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tommorow Award. Selain serentetan penghargaan itu, Rinjani menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.

Kekayaan Flora & Fauna, Gunung Rinjani Lombong

Photo: adventure-mds

Selain panorama alam, yaitu kekayaan floranya. Ini yang membuat gunung Rinjani begitu spesial. Jika kita melakukan pendakian ke gunung ini, disetiap 1000 meter, akan disuguhi jenis flora yang berbeda-beda.

Di ketinggian 2000 meter, kita dapat menyaksikan pohon cemara gunung. Berjejer rapi. Pada ketinggian 3000 meter, keindahan bunga Edelweiss, akan menyambut ramah para pendaki.

Selain ragam flora, di taman nasional Gunung Rinjani Lombok, terdapat beragam pesona fauna. Ini didukung oleh status gunung. Sebagai Taman Nasional. Sehingga, kelestarian habitat alamnya, sangat terjaga.

Jenis fauna terbanyak, burung, rusa, dan landak. Serta, beberapa jenis monyet hidup damai disini. Monyet-monyet disini memang sangat lucu tingkahnya. Namun, harus sedikit waspada. Karena suka mencuri makanan wisatawan.

Kearifan Lokal di Sekitar Gunung Rinjani Lombok

Photo: TheLangkahTravel

Hubungan warga lokal tidak hanya sebatas nilai ekonomi. Lebih dari itu. Masyarakat setempat menjalin hubungan apik. Antara ekologi, spiritual, dan ekonomi. Bahkan, bagi masyarakat Sasak, Gunung Rinjani dianggap mempunyai nilai spiritual yang tinggi.

Masyarakat Sasak sangat menghormati Gunung Rinjani. Sebagai wujud rasa hormatnya, semua rumah warga setempat menghadap ke arah Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani juga melambangkan perwujudan kerukunan antar umat beragama. Khususnya umat Hindu Lombok dan Islam Watu Telu. Kedua umat tersebut, sangat mensakralkan danau Segara Anak. Terkadang, umat Islam Watu Telu berdoa di danau Segara Anak pada saat purnama.

Sedangkan umat Hindu, melakukan ritual Mulam Pakelem. Dengan cara melarungkan persembahan di danau Segara Anak. Ritual ini bertujuan untuk keharmonisan alam semesta.

Continue Reading
Advertisement

Trending