Tips wisata Jogja bagi pemula | JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Must Read

Geisha Jepang ritual menggoda dan kehidupannya

Geisha Jepang...  Oke!!.. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu tentang ihkwal sosok sensasional ini.

Wanita dayak; pesona kecantikan, mitos dan faktanya

Ada banyak cerita tentang wanita dayak. Baik tentang beragam mitos dan stigma serem yang terlanjur beredar di tengah publik....

Geisha Jepang sensualitas dan kehidupannya

Siapa sich yang tidak tahu atau minimal pernah mendengar tentang wanita-wanita cantik Jepang berbalut kimono ini. Keberadaan Geisha Jepang indentik dengan...

Tari Merak Jawa Barat, Sang Penjantan Tebar Pesona

Sebagian besar masyarakat Indonesia jelas mengenal Tari Merak. Berbalut busana penuh warna, khas, dengan gerakan penuh keceriaan Tari Merak...

Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang

Jepang adalah negara yang memiliki daya tarik kuat di mata dunia. Bukan hanya sekedar kebudayaannya, namun juga aspek lain...

Komunitas Spiritual Indonesia, Membangun Spirit di Dunia Maya

Spiritual Indonesia adalah komunitas yang terbentuk secara online. Diawali dari obrolan di forum, milis, yahoo group, hingga akhirnya terbentuk...
- Advertisement -

Apakah Anda ingin ber-wisata pada liburan Anda? Jika demikian, dan Anda berpikir untuk mengambil paket wisata Jogja sebagai tujuannya, maka tips wisata Jogja berikut ini, bisa menjadi panduan Anda.

Hidup ditengah kesibukan rutinitas, memang cenderung memberi beban tersendiri pada pikiran Anda. Dan banyak orang, memutuskan untuk bepergian saat mengisi liburannya. Dan itu jelas sangat baik.

Melakukan perjalan wisata, akan memberi nuansa baru kehidupan Anda. Dimana, dapat mengalami budaya baru, memperluas wawasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan itu baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Siap mengepak tas dan menuai manfaat ini? Dan jika paket wisata Jogja tujuan Anda, itu luar biasa!

Tetapi pertama-tama, ada dasar-dasar yang perlu Anda urus, seperti memilih paket wisata. Ada banyak pilihan agensi wisata di luar sana. Dan tentunya, menawarkan layanan yang beragam.

Bagaimana Anda menemukan orang yang menawarkan paket terbaik untuk kebutuhan perjalanan Anda? Artikel berikut ini, mungkin akan bermanfaat bagi Anda!

Baca juga artikel wisata lainnya:

Apa Kebutuhan Perjalanan Anda?

Langkah pertama, untuk memilih paket wisata Jogja terbaik, adalah memiliki panduan yang terencana pada kebutuhan perjalanan Anda sendiri. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa gaya perjalanan saya?

  • Apakah Anda lebih menyukai tamasya, budaya, atau kegiatan yang menyenangkan?
  • Apakah Anda suka bepergian sendiri atau dalam grup?
  • Kemana tujuan perjalanan utama pilihan Anda?
  • Berapa anggaran yang Anda miliki?

Ketika Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini, jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi paket wisata Jogja yang selaras dengan gaya perjalanan Anda.

Buat Daftar 3-5 Agensi Wisata dan Paketnya

Jika Anda belum pernah menggunakan agensi wisata sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu bagaimana memilih yang tepat.

Inilah sebabnya, mengapa sangat penting untuk memulai dengan membuat daftar agensi wisata.

Punya teman yang suka bepergian? Mintalah mereka untuk rekomendasi agensi wisata dari mereka. Dan jika pencarian Anda tidak menghasilkan rekomendasi yang cukup, buka online dan cari “paket wisata Jogja Terbaik.”

Setelah membuat daftar, langkah selanjutnya adalah menjelajahi website mereka dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentang paket tur mereka.

Periksa pilihan ini, untuk mendapatkan ide bagus. Tentang bagaimana agensi harus menyajikan paket mereka. Jika Anda memerlukan klarifikasi tentang paket wisata, hubungi dan bicara dengan agen perjalanan tersebut.

Evaluasi Reputasi Agen Wisata

Jangan memilih agensi tur semata-mata karena mereka menawarkan paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ya, harganya bisa saja tepat, jadwal paket sesuai dengan jadwal Anda, dan segala sesuatu yang lain terlihat mengasyikkan di atas kertas, tetapi apa yang orang-orang yang pernah ambil dari paket tur katakan? Buka daring dan cari ulasan. Jika operator tur menawarkan layanan pelanggan yang buruk atau mereka tidak memberikan apa yang mereka iklankan, pastikan wisatawan yang kecewa akan meninggalkan ulasan buruk pada platform seperti TripAdvisor.

Sampai Anda mengevaluasi ulasan ini, jangan memberikan uang Anda kepada agensi tur, tidak peduli seberapa menariknya paket wisata Jogja yang mereka tawarkan. Anda tidak mau bukan, terlantar di tanah asing.

Pelajari Keahlian Pemandu Wisata

Kualitas pemandu wisata dapat menambah pengalaman Anda atau malah meredamnya.

Jika Anda tidak ingin yang terakhir terjadi, pastikan untuk bertanya tentang keahlian pemandu wisata tersebut. Panduan ini harus bersifat lokal di daerah Jogja yang Anda kunjungi. Dan memiliki sertifikasi profesional. Salah satunya adalah, memiliki badan usaha resmi.

Perjalanan membutuhkan waktu dan uang. Anda ingin memastikan Anda mendapatkan nilai untuk keduanya. Dengan panduan ini, Anda sekarang berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih paket wisata. Yang tidak hanya bernilai waktu dan uang Anda, tetapi juga berkesan.

Jogjakarta Travel Guide –  Agar wisata Anda berkesan

Tips wisata ke jogja ini, bertujuan untuk memberikan Anda informasi terbaik dan terkini, tentang tujuan perjalanan utama di Yogyakarta.

Di sini Anda akan menemukan rekomendasi tempat menginap, hal-hal untuk dilihat dan dilakukan, jasa transportasi atau rental mobil Jogja dan tempat makan.

Tips wisata Jogja ini, akan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan. Khususnya, untuk perjalanan yang berkesan. Sehingga, Anda dapat melakukan perjalanan yang lebih baik di Yogyakarta / Jogja.

Cari informasi selengkap mungkin. Ini akan memberi Anda ide-ide hebat. Sehingga, perjalanan wisata Jogja ini, akan membuat Anda merasa seperti orang lokal dalam waktu singkat.

1.      Atraksi Pariwiata Jogja

Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan di sekitar kota jogja. Sehingga cukup membuat kewalahan, ketika mencoba merencanakan liburan Anda di sana.

Pertama, tentu saja orang akan berpikir untuk mengunjungi Candi Borobudur & Prambanan. Mereka cantik, cantik dan yang paling penting, kaya (nilai budaya). Untuk itu, Anda dapat memesan paket Sunrise Borobudur. Ketika ingin mengalami matahari terbit yang indah di Borobudur dan menemukan matahari terbenam keemasan di sekitar area Candi Prambanan.

Jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, Anda dapat juga merencanakan paket wisata tur kecil “Ratu Boko”, untuk melihat pemandangan langit yang sangat indah serta perbukitan, langit disana, lebih biru daripada air dan lebih hijau dari daun selada.

Tentu saja, itu bukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan di Yogya. Ada dua tempat favorit lainnya untuk melakukan Tour Trekking Mount Merapi Sunrise, ia menawarkan pemandangan yang indah. Satu lagi yang harus Anda kunjungi, yakni Tour Goa Jomblang untuk kegiatan caving yang luar biasa.

2.      Transportasi Yogyakarta.

Transportasi Umum

Menjelajahi kota Jogja dengan Trans Jogja adalah hal yang menyenangkan. Itu patut Anda coba. Tarif terjangkau dan akses mudah, adalah alasan utama Anda harus mencobanya.

Dengan mengendarai Trans Jogja, akan lebih mudah bagi Anda untuk bepergian ke berbagai tempat di pusat kota.

Penduduk setempat, biasanya menggunakan sistem angkutan cepat bus, Trans Jogja, ketika melakukan perjalanan di dalam kota.

Jam Operasi: 5:30 pagi – 9:30 malam

Angkutan Umum Lainnya

  • Stasiun Bus Giwangan – terminal utama Yogyakarta untuk bus antar kota. Rute bus menghubungkan kota-kota di seluruh Pulau Jawa.
  • Stasiun Kereta Lempuyangan – Biasa digunakan untuk kelas ekonomi.
  • Stasiun Tugu – Untuk kereta kelas Bisnis & Eksekutif.
  • Bandara Internasional Adisucipto – Menjadi bandara internasional terkecil di Jawa, tetapi tersibuk di Indonesia.

Mobil Pribadi

Jika Anda lebih suka menggunakan mobil pribadi untuk berkeliling Jogja, Jawa, hingga Bali, ada cukup banyak penyedia sewa mobil disana. Saya pribadi, berpengalaman menggunakan Rental Mobil Jogja dari Kuruma Wisata.

Pelayanannya, cukup bagus dan profesional. Secara pribadi, hal berkesan yang diberikan adalah, sopir mobilnya yang sabar dan profesional, dalam melayani rute yang saya tetapkan.

Karena baru sekali, jadi saya tidak berpengalaman keagen rental mobil lainnya. Jadi, saya belum berani memberi saran lebih banyak dalam hal ini.  

3.      Rekomendasi Makanan di Jogja

Resto Vegetarian Jogja

Dalam tips wisata Jogja kali ini, saya merekomendasikan makanan terbaik di Jogja. Ini ala vegetarian. Khas Indonesia. Diantaranya, termasuk nasi goreng, gado gado (salad sayuran dengan saus kacang), lotek (mirip dengan gado gado), tahu dan tempe (tahu dan kedelai) dan pecel (campuran salad sayuran dengan tauge dan saus kacang).

Sebenarnya, ada banyak pilihan makanan lain, tapi Anda tidak mungkin untuk mencoba semua, jika perjalanan wisatanya, hanya satu minggu, hohoho..

Makanan Lokal

Ini sudah terkenal. Soal makan di Jogjakarta itu, sangat murah. Jika Anda mencari inspirasi tempat makan, saya akan merekomendasikan beberapa yang harus dicoba. Makanan lokal Jogja adalah Gudeg, Lotek, Sate Klathak, Sate Petir, Ayam Geprek, Bak Mie, Kopi Joss, Angkringan & Makanan lesehan dan banyak lagi.

Oh.. Jogja, memang menawarkan berbagai hal. Yang tentunya, akan membuat Anda berencana menambah jadwal liburannya.

4.      Hotel di Jogja

Tips wisata Jogja ini, akan memberi Anda waktu berkualitas yang luar biasa, selama perjalanan. Anda dapat menemukan lebih banyak ide akomodasi di tempat menginap. Mulai dari Hotel Bintang 1, Hotel Bintang 2, Hotel Bintang 3 dan Hotel Bintang 4 di Jogya.

Juga tersedia opsi tempat menginap hemat di Jogja. Seperti Homestay, Hostel, dan Guesthouse terbaik di Jogja.

Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih mewah, Jogja juga memiliki beberapa hotel mewah bintang 5 yang luar biasa. Di mana Anda bisa mendapatkan layanan yang terbaik, mewah dan royalti.

5.      Money Changer di Jogja

Rupiah (IDR) merupakan mata uang resmi Indonesia. Ada banyak fasilitas money changer di seluruh tempat wisata Yogyakarta, mereka menerima mata uang seperti dolar AS, Euro, dolar Australia, pound Inggris, Ringgit Malaysia, dan Dolar Singapura.

  • Ada 2 tempat penukaran uang di Jogja. Yakni, di hotel Inna Garuda di Jalan Malioboro dekat stasiun kereta Tugu. Barumun Abadi dan Mulia Money Changer. Mulia Money Changer, memiliki cabang di Ambarrukmo Plaza (dekat bandara). Biasanya, buka hingga pukul 07:00 – 20:00.
  • ATM / BANK dapat ditemukan hampir di setiap tempat wisata di Jogja. Beberapa Bank besar di Jogja antara lain, BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Bank Mandiri.
  • Kartu kredit seperti Visa, Eurocard, MasterCard, dan American Express diterima secara luas di sebagian besar toko, restoran, dan hotel di Jogja. Banyak ATM juga menerima Visa & Mastercard.

6.      Pasar Belanja Unik

Anda tahu tentang pasar tradisional? Itu pasar seperti pada umumnya. Fungsinya, bukan hanya soal tempat jual beli semata. Juga menjadi semacam ruang serba guna. Di mana selain aktivitas dagang, juga menyediakan tempat makan, minum, bersosialisasi, atau hanya sekedar ngongkrong menikmati waktu.

Jalan Malioboro, bisa disebut sebagai jalan raya paling ‘asik’ di seluruh Yogyakarta, ini menjadi rumah bagi pasar kota yang paling semarak.

Trotoar tertutup adalah tempat aktivitas; penjual yang menawarkan pakaian, kain, pakaian rumah dan ornamen lainnya. Anda juga dapat dengan mudah menemukan pernak-pernik dan batik murah.

Baiklah.. itu hanya sebagian kecil dari rute perjalanan wista di Jogja, yang dapat saya rekomendasikan. Dan masih banyak lagi opsi. Yang memungkinkan Anda, menambah rute baru perjalanan liburan Anda.

Google Map Jogja

Semoga artikel ini bermanfaat.  

Latest News

16 Tempat Ngopi Paling Asik di Jogja | COFFEE SHOPS YOGYA

Jika Anda mencari rekomendasi tempat ngopi paling asik di Jogja, mungkin 16 Coffee Shops ini layak untuk...

Apa itu internet marketing? Explore Strategi Pemasaran Online!

Apa itu internet marketing? Ini menjadi pembahasan paling menarik bagi para pelaku bisnis beberapa dekade belakangan ini. Strategi pemasaran online dianggap menjadi...

Tempat Wisata Malam Jogja | Tempat Nongkrong Asik

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata malam Jogja. Cocok untuk tempat nongkrong menikmati suasana kunjungan Anda. Jogja adalah...

Apa Itu Bisnis RT RW Net? Prinsip Dasar dan Potensinya

Apa itu Bisnis RT RW Net, kenapa ia menjadi buah bibir ditengah masyarakat. Dimana mendorong sebagian besar orang, menggali lebih jauh tentang...

Perpanjangan Waktu Habis, Kontraktor Proyek GOR Segera Bayar Denda

Bengkulu Utara, GC – Pemberian kesempatan perpanjangan waktu proyek pembangunan gedung olahraga (GOR) Kabupaten Bengkulu Utara yang menelan anggaran Dana Alokasi Khusus...

More Articles Like This

- Advertisement -