Ngarai Sianok – Bukit Tinggi, Cerita dan Keindahannya

0
35
Ngarai Sianok, Bukit Tinggi - Tempat Wisata di Sumatera Barat

Jika anda kebetulan mengarah ke Sumatera Barat, jangan lupa berkunjung ke Ngarai Sianok. Ngarai Sianok Bukit Tinggi, menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin terlupakan. Sebuah guratan alam yang menggambar keindahan. Tiada tandingnya.

Ngarai Sianok, bisa dikatakan, sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik. Andalan negeri yang terkenal dengan sebutan Minang Kabau.  

Ingat dengan uang pecahan Rp. 2 ribu? Disana ada gambar Ngarai Sianok. Sebuah lukisan alam yang terbentuk dari patahan lempeng bumi. Dengan dua dinding bukit yang menjulan tinggi. Dan pada bagian bawah, terlihat seolah jatuh ke dasar.

Lokasi Dan Sejarah, Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Ngarai Sianok terletak di Kota Bukit Tinggi. Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang). Lembah ini memanjang dan berkelok. Terbentuk secara alami, menjadi garis batas kota. Dari selatan ngarai Koto Gadang, sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh.

Jurang Ngarai Sianok, memiliki kedalama sekitar 100 m. Membentang sepanjang 15 km, dengan lebar sekitar 200 m. Jurang ini, terbentuk dari patahan lempeng bumi. Memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian, memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam. Bahkan bisa dikatakan tegak lurus. Proses alam, membuatnya menjadi lembah hijau nan asri.

Gerakan turun kulit bumi (sinklinal), pada bagian dasar, membentuk jalannya aliran sungai. Disebut, Batang Sianok. Batang artinya sungai, (dalam bahasa Minangkabau, red) yang airnya jernih. Sungai tersebut mengalir hingga ke muara Samudera Hindia.

Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget. Karena, banyak kerbau liar. Hidup bebas di sekitar dasar ngarai.

Batang Sianok, kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak. Fasilitas ini, dibuat olehsuatu organisasi olahraga air “Qurays”. Rute yang ditempuh, adalah; dari nagari Lambah. Sampai jorong Sitingkai nagari Palupuh. Selama kira-kira 3,5 jam.

Di tepian Ngarai Sianok, masih banyak dijumpai tumbuhan langka. Seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Ada juga beragam jenis Fauna. Seperti, monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga tapir Asia.

Sebagai lembah, Ngarai Sianok, suasananya sangat tenang dan damai. Apalagi ditambah dengan udara yang bersih dan sejuk. Keelokan panorama alamnya, membuat daerah ini mendapat penghargaan berngengsi. Sebagai The Best Tourism Object. Dalam ajang, Penghargaan Padang Tourism Award 2007.

Ngarai Sianok terilihat dari ketinggian. Pemandangan ini bisa dinikmati dari Taman Panorama. Foto: Wikimedia Commons

Fasilitas Rekreasi di Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Selain sebagai tujuan wisata alam, Ngarai Sianok menyiapkan berbagai fasilitas olah raga. Seperti, arung jeram, kayak, dan kano. Pilihan lainnya, trekking, bersepeda gunung. Atau, bisa juga berjalan-jalan santai. Menyusuri spot-spot wisata disini.

Spot menarik yang wajib di kunjungi di Ngarai Sianok Bukit Tinggi adalah; Taman Panorama, Janjang Koto Gadang, dan Lubang Jepang. Disana tersedia juga, beberapa souvenir khas Bukittinggi. Bisa menjadi kenangan anda sudah pernah kesana.

Skimboarding Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Skimboarding Ngarai Sianok – Photo: Newsc.clikpositif.com

Salah satu unggulan aktifitas di Ngarai Sianok, adalah Skimboarding. Ini daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jenis olahraga ini merupakan perpaduan, antara skateboard dan surfing. Dengan menggunakan papan luncur, kamu bisa bermain Skimboarding. Caranya, seperti bermain surfing. Di genangan air di sekitar sungai.

Skimboarding, memang belum populer. Baik di Indonesia maupun di daerah Sumatera Barat itu sendiri. Namun, semenjak pertama sekali di perkenalkan oleh Mandrak dari Komunitas BMX, setempat. Menjadi semakin diminati.

Ya, skimboarding merupakan perpaduan dari skateboard dan surfing. Karena, ada beberapa persamaan trik. Termasuk perlengkapan yang digunakan. Untuk bermain Skimboarding, harus punya papan selancar. Seperti papan surfing. Hanya saja, papan luncur di skimbording lebih kecil, dibanding surfing.

Dalam olahraga ini, pemain tinggal melemparkan papan. Hingga melayang di atas air. Lalu, sambil berlari, menaiki papan luncur tersebut. Bisa meliuk, seperti main surfing. Bagi yang bernyali tinggi, bisa melakukan lompatan pada trek yang disiapkan.

Untuk lokasi Skimboarding di kawasan Ngarai Sianok , tergolong unik. Karena, dilakukan di genangan air. Bukan di aliran Sungai Sianok. Lokasinya, berada di seberang pendakian/penurunan Janjang Saribu. Atau, berjarak sekitar 200 meter, dari jembatan Ngarai Sianok, perbatasan Bukittinggi-Agam.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here