HUT RI Ke 71 Di Laksanakan Di Enggano, Pulau Terluar Indonesia

Must Read

Geisha Jepang ritual menggoda dan kehidupannya

Geisha Jepang...  Oke!!.. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu tentang ihkwal sosok sensasional ini.

Wanita dayak; pesona kecantikan, mitos dan faktanya

Ada banyak cerita tentang wanita dayak. Baik tentang beragam mitos dan stigma serem yang terlanjur beredar di tengah publik....

Geisha Jepang sensualitas dan kehidupannya

Siapa sich yang tidak tahu atau minimal pernah mendengar tentang wanita-wanita cantik Jepang berbalut kimono ini. Keberadaan Geisha Jepang indentik dengan...

Tari Merak Jawa Barat, Sang Penjantan Tebar Pesona

Sebagian besar masyarakat Indonesia jelas mengenal Tari Merak. Berbalut busana penuh warna, khas, dengan gerakan penuh keceriaan Tari Merak...

Komunitas Spiritual Indonesia, Membangun Spirit di Dunia Maya

Spiritual Indonesia adalah komunitas yang terbentuk secara online. Diawali dari obrolan di forum, milis, yahoo group, hingga akhirnya terbentuk...

Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang

Jepang adalah negara yang memiliki daya tarik kuat di mata dunia. Bukan hanya sekedar kebudayaannya, namun juga aspek lain...

Pada perayaan HUT RI ke 71, Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara akan melaksanakan upacara akbar di Enggano. Sebuah pulau terpencil dan terluar Indonesia.

Selain pejabat setempat, seperti Gubernur Bengkulu, Bupati Bengkulu Utara dan lainnya, acara besar tersebut akan dihadiri beberapa menteri dari pusat. Terutama Menteri Kelautan dan Perhubungan RI.

Sebagaimana dikatakan, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Bengkulu Utara, Alex Periyansyah, selaku bagian dari panitia upacara HUT RI pada 17 Agustus 2016, bahwa pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk acara besar tersebut.

Perayaan tersebut jelas akan memberi manfaat besar bagi kemajuan pulau Enggano itu sendiri. Karena, wilayah yang masuk dalam kawasan Kabupaten Bengkulu Utara akan menjadi sorotan pemerintah provinsi dan pusat.

“Perayaan HUT RI di Kepulauan Enggano ini merupakan sebuah peluang yang baik. Khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedepannya nanti,” ungkap Alex Periyansyah

Mustinya, lanjut Alex, kita sudah sepantasnya berterimakasih kepada Bupati Bengkulu Utara, Mi’an dan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti. Dimana telah berinistiaf untuk mengadakan perhelatan akbar HUT RI di Enggano. Sebuah ide yang nyaris tidak pernah terfikir selama ini. Yang mana nantinya, akan membuat pulau terpencil tersebut akan diketahui masyarakat luar.

“Dengan diketahui masyarakat luar dan perhatian pemerintah pusat, Enggano berpotensi melangkah lebih maju. Dan tentunya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Alex kepada Beni Irawan dari Garuda Citizen.

Berdasarkan informasi yang didapat, dari beberapa awak media dan Asisten 1 Kabupaten Bengkulu Utara, Sahat Situmorang, yang sedang standby ditempat, suasana persiapan acara sudah terlihat. Dermaga penyebarangan ASDP Pulau Bai sejak Jum’at (12/8/2016) lalu sudah ramai. Baik dari masyarakat umum maupun para panita yang berangkat menuju Pulau Enggano.

“Suasana di dermaga saat ini sudah terlihat ramai. Meskipun cuaca agak sedikit ekstrim, namun para panitia dan orang-orang yang ingin menuju ke pulau Enggano tetap semangat untuk ikut menghadiri upacara akbar HUT RI,” ungkap sumber dilapangan.

Selain itu, asisten 1, Sahat Situmorang, juga menjelaskan pada Selasa (16/8/2016) malam, puncak HUT RI akan di adakan acara malam pestival. Setelah itu, akan di sambung lagi dengan melakukan rangkaian kegiatan lainnya.

“Saat ini yang berangkat baru kami dari panitia seksi perlengkapan, logistik, dan dapur umum. Juga membawa perlengkapan bagi anggota Paskibra untuk upacara. Yang jelas seluruh tim panitia akan menuju ke Enggano,” ujar Sahat Situmorang.

Sekilas tentang Pulau Enggano

Pulau Enggano adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia. Pulau Enggano ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, ProvinsiBengkulu, dan merupakan satu kecamatan. Pulau ini berada di sebelah barat daya dari kota Bengkulu dengan koordinat 05° 23′ 21″ LS, 102° 24′ 40″ BT.

Secara geografis, Pulau Enggano berada di wilayah Samudera Indonesia yang posisiastronomisnya terletak pada 05°31’13 LS dan 102°16’00 BT.

Secara administratif, Pulau Enggano termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Enggano merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara dengan pusat pemerintahan berada di Desa Apoho. Luas wilayah Pulau Enggano mencapai 400,6 km² yang terdiri dari enam desa yaitu Desa Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana, dan Kahyapu.

Enggano merupakan pulau samudra (oceanic island) yang dalam sejarah geologisnya tidak pernah menyatu dengan Pulau Sumatera. Pulau samudra biasanya memiliki banyak keunikan, salah satunya berupa flora dan fauna yang tidak umum ditemukan di tempat lain.

Pulau Enggano kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Dari hasil eksplorasi Tim peneliti LIPI sepanjang April-Mei 2015, daerah ini terdapat lebih dari 16 kandidat jenis baru flora dan fauna yang kemungkinan merupakan khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Terdapat pula lebih dari tujuh catatan baru yang bisa menjadi koreksi terhadap pemahaman yang selama ini dipegang tentang persebaran flora dan fauna.

Tidak hanya itu, potensi wisata pulau Enggano, sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, pulau yang telah dinobatkan sebagai Daerah Burung Endemik (Endemic Bird Area) ini, menyajikan beragam hal eksentrik untuk dinikmati. Salah satunya adalah, wisata pengamatan buaya sungai di sejumlah sungai atau muara yang ada di pulau ini.

Kemudian, tentu saja yang menjadi salah satu andalan pulau ini adalah burung liar. Setidaknya, ada dua spesies endemik asli kepulauan ini yang bisa diamati, yakni Celepuk Enggano (Otus enganensis) dan Burung Kacamata (Zosteraps salvadorii). Selebihnya yang terbilang cukup melimpah dan terkenal dari pulau ini adalah Burung Betet Ekor Panjang, Tiung atau Beo Enggano dan sejumlah burung unik lainnya. (BEN)

Latest News

4 OPD Kepahiang Dilaporkan FPR Ke Kejagung

BedahBerita.Co.Id, Front Pembela Rakyat (FPR) melaporkan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Kepahiang.Atas indikasi adanya tindak...

3 Tersangka Korupsi DD Embong Sido Di Tahan

Kepahiang, garudacitizen.com - Tiga Tersangka (TSK) Korupsi Dana Desa (DD) Embong Sido Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang ditahan pihak Kejari Kepahiang, setelah...

Jaksa Geledah Pemkab Dan DPRD Kepahiang, Indikasi Kasus Tanah Kantor Camat TB Karai

BedahBerita.Co.Id, Nampaknya Kasus pengadaan Lahan Tanah Kantor Camat Tebat Karai mulai serius di garap Kejaksaan Negeri Kepahiang, setelah Laporan yang di layangkan...

Spiritual Retreat, Love & Unity Tour, Indonesia 2019

Sri Bhagavan, pemimpin spritual dan pendiri International Vedanta Society yang berpusat di Kolkata, India akan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 2-13 Desember...

Zaman Bupati Mian, Miliaran Anggaran Dinkes 2018 Diduga Syarat KKN

Bengkulu Utara, GC – Zaman kepemimpinan Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian. Miliaran anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2018 di Dinas Kesehatan (Dinkes)...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -