Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang, Rok Terbaik Itu 15 cm di Atas Lutut

0
698
Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang, Rok Terbaik Itu 15 cm di Atas Lutut
Bener HUT Kota Arma Ke-41

Jepang adalah negara yang memiliki daya tarik kuat di mata dunia. Bukan hanya sekedar kebudayaannya, namun juga aspek lain yang dikembangkan oleh Jepang selalu menarik untuk disimak. Salah satunya tentang seragam sekolah cewek Jepang.

Memang, selain budaya, tempat dan perkembangan teknologinya, yang tak boleh dilewatkan dari Jepang adalah daya tarik ceweknya. Cewek-cewek Jepang itu menarik untuk dilihat. Bukan hanya soal wajah khas rata-rata imut,  tapi juga soal selera fashion mereka yang modis.

Siapa yang tidak tahu JKT48? Cara berpakaian sister group dari AKB48 ini sangat kental nuansa Jepangnya. Gaya fashion dan seragam mereka kental nuansa negeri matahari terbit itu.

Kesepakatan Fashion Jepang, Rok Terbaik Itu 15 cm di Atas Lutut

Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang

Di Jepang ada kesepakatan bahwa rok terbaik itu 15 cm di atas lutut. Benar, di Jepang Rok harus di atas lutut (rok mini), hal ini agar penampilan mereka terlihat menarik. Jika peraturan ini tidak ditaati di sekolah, maka yang bersangkutan akan dipulangkan.

Tapi ada beberapa sekolah yang mengharuskan siswinya menggunakan rok lebih panjang. Di Jepang, para pelajar kerap kali dituntut tampil modis dan fashionable ketika pergi ke sekolah. Tak jarang, cewek Jepang melipat roknya agar tampak lebih tinggi, sehingga lebih leluasa memamerkan bentuk kakinya yang jenjang.

Trend Fashion Seragam Pelaut

Seragam pelaut atau se-ra fuku mulai digunakan di Jepang sejak tahun 1921. Ide seragam pelaut dengan rok yang dilipit-lipit (sehingga mudah tertiup angin) ini dibuat dengan tujuan agar gerakan cewek Jepang tidak terhambat saat berolahraga. Tapi dulu sih rok dari seragam ini tidak sependek sekarang. kalo sekarang lihat cewek Jepang pake seragam pelaut itu bikin mimisan!seragam-cewek-jepang-8 Fakta Menarik Tentang Seragam Sekolah Cewek Jepang

Seragam Blazer Siswi Jepang

Seragam pelaut sudah menjadi ciri khas cewek Jepang sejak awal abad ke-19. Di pertengahan abad ke-19 barulah dimulai adanya seragam baru yang lebih modern, yakni seragam blazer. Seragam ini terlihat lebih modis dan berkarisma saat dipadukan dengan kemeja dan dasi panjang. Dan tetap, rok cewek Jepang harus pendek.

seragam-cewek-jepang-9 Seragam Blazer

Seragam Sweater/Vest

seragam-cewek-jepang-1 Seragam Sweater Vest

Di beberapa sekolah, ada yang membebaskan siswinya untuk menggunakan seragam berupa sweater atau vest yang senada jika bosan dengan blazer. Beberapa memilih memadukan warna cerah untuk membuat tampilannya terlihat manis dan menarik. Lucu banget kan ya kalo lihat cewek Jepang pake seragam vest yang dipadukan sama dasi kupu-kupu? Bawaannya pengen ngajakin main aja, gak usah sekolah.

Trend Seragam One Piece

Trend Seragam One Piece

Merupakan pengembangan dari seragam pelaut, seragam one piece ini mengusung model rok dan baju yang menyatu. Karena biasa digunakan oleh sekolah khusus cewek, kamu akan jarang menemukan cewek Jepang menggunakan seragam jenis ini. Tapi para Otaku sangat menyukai seragam jenis ini karena memang cewek Jepang jadi terlihat manis saat menggunakannya.

Kaus Kaki Panjang

seragam-cewek-jepang-2 Kaus Kaki Panjang

Untuk mengimbangi rok seragamnya yang pendek, cewek Jepang menggunakan kaus kaki panjang hingga 10 cm di bawah lutut. Soal warna, cewek Jepang seragam menggunakan warna hitam dan putih untuk kaus kakinya; menyesuaikan dengan seragam.

Loose Shocks

Loose shocks atau kaus kaki kedodoran menjadi tren khusus cewek Jepang di musim dingin. Aksesoris pendukung ini biasanya dipadukan dengan seragam pelaut. Tapi pada kenyataannya, loose shocks ini cocok digunakan pada seragam apapun selama rok seragamnya pendek. Bikin makin mimisan deh kalo liat cewek Jepang pake rok pendek dipadukan loose shocks!

seragam-cewek-jepang-7 Loose Shocks

Sementara untuk sepatu, Cewek Jepang tidak menggunakan seragam, karena mereka diharuskan menggunakan sepatu indoor khusus selama di dalam sekolah. Jadi dari rumah biasanya cewek Jepang mengenakan alas kaki biasa saja.

Selain itu, gaya fashion seragam sekolah cewek Jepang juga dilengkapi beberapa aksesories menarik lainnya.

Seperti diantarany dasi. Di film-film, kamu pasti sering menemukan cewek Jepang pake dasi untuk seragamnya. Meski tidak wajib, tapi dasi ini digunakan sebagai pemanis di seragam cewek Jepang. Bukan hanya dari kupu-kupu, cewek Jepang juga pake dasi panjang yang biasanya bermotif bunga.

Tas cewek Jepang itu sudah seperti lemari berisi koleksi pribadinya mereka saja. Cewek Jepang gemar menempelkan segala hal yang berbau kesukaannya di tas sekolah. Entah itu PIN, gantungan, atau sekedar coretan.

Selain seragam, cewek Jepang juga memiliki aksesoris pendukung yang membuat tampilan mereka jadi nampak manis, kan? Dibandingkan dengan seragam sekolah cewek di Indonesia, seragam cewek Jepang terlihat lebih menyenangkan.

Kamu suka cewek Jepang pake seragam yang mana?

Bener HUT Kota Arma Ke-41
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here