jenis sepatu

Semua orang pasti memiliki koleksi sepatu yang terdiri dari berbagai macam dan jenis sepatu. Koleksi sepatu anda pun belum tentu lengkap tanpa adanya sepatu yang akan kita bahas hari ini. Sepatu menjadi alat yang penting dan akan digunakan dalam kehidupan sehari hari. Ada banyak sekali jenis sepatu yang memiliki fungsi yang berbeda beda. Secara umum, sepatu akan digunakan untuk melindungi kaki anda dari kotoran dan juga material kasar. Namun seiring berjalannya waktu, sepatu pun berubah tren dan gayanya.

Di Indonesia sendiri, tren sepatu pun mulai berkembang dan banyak orang mulai memiliki ketertarikan terhadap sepatu. Ini mendorong para pembeli untuk terus mencari sepatu yang sesuai dengan kesukaan mereka. Ada banyak orang juga yang melihat sepatu sebagai peluang bisnis. Di artikel hari ini, kita akan membahas jenis sepatu yang sedang trending dan sangat berguna untuk keseharian anda.

Naiknya Tren Sepatu di Indonesia

Indonesia sedang menghadapi banyak perkembangan di bidang sosial dan ekonomi. Akibat pengaruh dari pop culture, orang orang pun mengikuti tren yang ada dari luar negeri. Hal hal yang dilihat dari sosial media pun menjadi acuan semua orang dalam mencari sepatu yang cocok untuk mereka. Sepatu menjadi salah satu fast fashion dimana tren akan hanya berlangsung beberapa bulan hingga tahun saja. Jika sudah melewati batas waktu tertentu, akan ada tren tren baru yang muncul untuk menggantikan tren tersebut. Beberapa tren sepatu yang muncul akibat pengaruh tren luar negeri adalah seperti naiknya merek merek sepatu. Di saat ini, ada banyak sekali sepatu hype atau sepatu yang memiliki harga yang sangat tinggi. Sepatu sepatu tersebut dibuat oleh desainer terbesar di seluruh dunia. Harga masing masing sepatu pun bisa mencapai hingga puluhan juta rupiah per pasangnya.

Selain berhubungan dengan faktor tren luar negeri, ada juga faktor seperti musim. Musim musim tertentu di Indonesia akan membawa tren yang baru di Indonesia. Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan juga musim kemarau. Saat sedang menghadapi musim hujan, pastinya anda akan mencari sepatu sepatu yang sesuai dengan kebutuhan. Sepatu dengan anti air pun menjadi pilihan banyak orang. Sedangkan untuk musim kemarau, anda akan harus mengetahui pentingnya memilih sepatu dengan desain yang lebih dingin atau memiliki banyak rongga. Tren seperti ini harus anda mengerti terlebih dahulu sebelum membeli sepatu.

Naiknya tren jenis sepatu ini membawa varian baru di dunia fashion. Sekarang, sudah ada banyak toko toko retailer di Indonesia. Jika tidak memiliki akses ke retailer tersebut, anda juga bisa mencari toko sepatu online yang menjual berbagai macam sepatu. Toko sepatu online juga bisa memberikan anda beberapa gambaran untuk sepatu yang sedang trending.

Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki:

Sepatu Sneakers

Sepatu yang paling pertama dan paling diminati saat ini adalah sepatu sneakers. Sneakers menjadi sorotan di seluruh dunia dan juga di Indonesia. Di Indonesia saja, sudah ada peningkatan pembelian sneakers hingga 300% pada tahun 2020. Akibat perkembangan media sosial dan juga publikasi yang besar, orang orang pun lebih tertarik dengan dunia sneakers. Sneakers pun telah meraih banyak perhatian dan juga komunitas komunitas sepatu di Indonesia. Dibandingkan dengan semua jenis sepatu lain, sneakers memiliki jumlah penjualan paling besar.

Anda mungkin bertanya tanya, apa yang membuat orang sangat tertarik dengan sneakers? Sneakers memiliki desain yang casual dan tidak dimiliki oleh jenis sepatu lain. Biasanya, sepatu hanya digunakan sebagai alas kaki saat berpergian keluar rumah. Sekarang, tujuan dari sneakers adalah untuk mencerminkan kepribadian anda melalui apa yang anda gunakan.

Sepatu sneakers ini pun menjadi sarana semua orang untuk menunjukkan diri mereka melalui desain yang ada di sepatu. Sepatu sneakers memiliki makna dan cerita di masing masing desain. Setiap gambaran yang ada pada sepatu tersebut pun pasti memiliki inspirasinya tersendiri. Ini menambah nilai untuk sepatu tersebut. Contohnya adalah sneaker seperti Air Jordan 1 akan memiliki nilai yang terus menjadi mahal.

Ini karena sepatu tersebut memiliki cerita tersendiri saat sedang dibuat. Sepatu seperti Air Jordan 1 adalah sepatu yang sudah sangat lama menjadi sepatu favorit. Sepatu ini pun mendapatkan popularitas karena pertama kali digunakan oleh Michael Jordan. Artis artis besar seperti Michael Jordan menjadi ikon besar di industri sneakers. Ada beberapa juga artis lain seperti Kanye West yang berhasil mempopulerkan sepatu sneaker seperti Yeezy dari Adidas. Sneakers bisa dicari dengan mudah dari berbagai consignment store.

Kebanyakan sepatu sneaker dapat anda gunakan secara kasual diluar rumah atau saat berpergian. Sepatu sneaker dapat digunakan di saat saat formal dan juga non formal. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sneaker sebagai sepatu untuk berolahraga juga.

Sepatu Pantofel

Sepatu pantofel menjadi salah satu sepatu yang wajib anda miliki dalam koleksi sepatu anda. Pastinya semua orang akan pernah pergi ke acara formal sekali dalam seumur hidup kalian. Semua acara formal ini pun membutuhkan pakaian yang sesuai dengan acara. Jika tidak, maka anda akan memiliki penampilan yang berbeda dan ini tidak akan memberikan kesan yang baik. Untuk memberikan kesan yang baik, anda bisa menggunakan baju berkerah dan juga celana panjang. Tambahan yang paling sempurna untuk kombinasi pakaian tersebut adalah sepatu yang hitam, mengkilat, dan juga kelihatan formal. Sepatu pantofel tidak se-trendy seperti sepatu sneakers. Sepatu pantofel pun bisa anda cari dengan mudah di semua tempat dan juga di mall. Toko sepatu online juga akan menjual pantofel jika anda telah menemukan toko yang anda inginkan.

Sepatu pantofel pun mempunyai warna yang berbeda beda Biasanya, warna sepatu pantofel yang klasik adalah warna hitam. Warna hitam pun menjadi warna yang elegan dan juga elit untuk digunakan. Menggunakan sepatu pantofel pun cukup fleksibel karena sepatu ini bisa anda gunakan dengan banyak sekali pakaian formal. Sering kali, baju ini hanya digunakan dengan baju berkera. Sepatu pantofel akan lebih murah dibandingkan dengan sepatu sneakers. Harga yang ditetapkan untuk sepatu pantofel adalah dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Ini wajib anda miliki karena situasi formal akan hanya bisa anda hadapi dengan menggunakan sepatu formal.

Sepatu Loafer

Berjalan jalan pun tidak perlu lagi repot repot dengan menggunakan sepatu sneakers. Sekarang, anda bisa menggunakan sepatu yang lebih santai dan juga jauh lebih casual. Sepatu loafer adalah sepatu yang mirip dengan sepatu pantofel dan juga memiliki bahan sepatu sneakers. Biasanya, sepatu loafer ini pun tidak akan memiliki tali. Jadi anda bisa langsung memasukkan kaki anda tanpa harus ada kerepotan. Sepatu loafer dikategorikan sebagai sepatu yang semi kasual dan juga semi formal. Bentuk dari sepatu ini unik dan beda dari sepatu lain pada umumnya. Anda harus merawat sepatu ini dengan baik, karena loafer memiliki bahan yang lebih lembut dibandingkan bahan lain.

Loafer mengikuti tren tren sepatu yang sedang ada pada saat ini. Tidak hanya untuk pria, wanita juga bisa menggunakan loafer karena desainnya yang lebih elegan. Jika anda buru buru dan ingin menggunakan sepatu yang cepat, maka loafer bisa jadi sepatu yang harus anda miliki. Loafer bisa menjadi alternatif sepatu low budget bagi teman teman semua.

Sepatu Training

Olahraga akan membutuhkan sepatunya sendiri. Anda tidak akan mungkin bisa menggunakan sepatu biasa untuk bermain bola atau berolahraga. Ini akan membuat sepatu tersebut cepat rusak. Alasan inilah mengapa banyak orang memiliki sepatu, namun sepatu tersebut tidak bisa tahan lama. Dalam waktu beberapa bulan saja, sepatu yang anda beli sudah rusak. Pastinya anda penasaran mengapa sepatu tersebut bisa cepat rusak bukan? Ini karena masing masing sepatu akan memiliki fungsi yang berbeda beda. Sepatu pantofel digunakan untuk acara formal. Sepatu sneakers akan digunakan untuk jalan jalan dan bersantai. Begitu jugalah untuk sepatu training yang memiliki tujuan untuk olahraga.

Sepatu training atau sepatu olahraga biasanya di dominasi oleh perusahaan besar. Beberapa perusahaan besar yang mungkin sudah anda ketahui adalah seperti Adidas dan Nike. Sepatu training biasanya digunakan untuk berolahraga. Namun sepatu yang paling sering anda temukan adalah sepatu jogging atau running.

Hal yang membedakan sepatu ini dengan sepatu sneakers adalah dari fungsinya. Sepatu training akan memiliki kerangka atau desain yang mirip dengan sepatu sneakers. Sepatu sneakers biasanya digunakan oleh orang orang untuk style saja. Karena sepatu ini tidak bisa tahan lama jika anda gunakan untuk aktivitas berat seperti olahraga.

Ada banyak sekali jenis sepatu training yang bisa melengkapi kebutuhan anda. Beberapa sepatu yang mungkin anda akan butuhkan adalah seperti sepatu basket atau juga sepatu futsal. Ini adalah contoh dari sepatu training yang wajib anda miliki ketika berolahraga. Ingin membeli sepatu ini? Coba lakukan thrifting sepatu untuk mendapatkan harga yang murah.

Sepatu Skate Boarding

Salah satu jenis sepatu yang sangat terkenal di zaman ini adalah sepatu skating. Skateboarding adalah olahraga yang gemar dilakukan oleh orang dari luar negeri. Meski pun di Indonesia masih belum banyak peminatnya, tren dari skateboard tersebut pun sampai ke Indonesia.

Karena adanya Youtube dan juga Instagram, ada banyak sekali sepatu lama yang mulai trending di masa sekarang. Beberapa diantaranya adalah seperti sepatu dengan merek Vans dan juga merek Converse. Kedua merek ini sangat terkenal di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Karena sudah populer, banyak retail pun menjual sepatu ini di Indonesia dengan harga yang tinggi.

Di Indonesia sendiri, sepatu seperti Converse dan juga Vans jarang digunakan untuk skateboarding. Sepatu ini dibeli oleh para millenial dan digunakan secara casual. Warna pun dari sepatu sepatu tersebut pun sangat bagus dan memiliki desain yang simple. Sepatu skateboarding biasanya lebih tahan lama dan memiliki sol sepatu yang tebal. Sol ini akan menjamin bahwa sepatu yang anda beli bisa bertahan hingga bertahun tahun lamanya.

Investasi seperti membeli sepatu skate boarding bisa menjadi sepatu all in one untuk anda. Apabila anda ingin menghemat dan transaksi dari platform membeli sepatu, maka ini adalah sepatu terbaik untuk anda beli. Seandainya anda memiliki uang yang lebih, anda juga bisa membeli sepatu dengan desain yang lebih bagus lagi.

3 KOMENTAR