Connect with us

Fashion

Membeli Sepatu online: Waspadai Hal Berikut

Published

on

membeli sepatu online

Online shopping atau berbelanja secara online telah menjadi komoditas di tengah masyarakat. Apalagi ditambah dengan situasi pandemi seperti ini, orang orang pun mulai mencari alternatif lain. Berpergian ke toko sepatu bukanlah menjadi solusi yang bagus lagi. Karena sangat banyak risiko yang harus diambil ketika ingin berbelanja secara offline. Membeli sepatu online lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Itulah mengapa banyak orang mulai berpindah dan bertransaksi secara online. Generasi di Indonesia yang di dominasi oleh millenial ini pun mulai mengubah cara bertransaksi di Indonesia. Angka pembeli yang tinggi akan terus mendorong para pembeli untuk mencoba hal hal baru secara online. Dan sekarang, anda sendiri bisa membeli sepatu dari toko sepatu online.

Namun membeli sepatu online masih menjadi tantangan bagi para pembeli yang belum mengerti. Anda sendiri terkadang masih bingung dengan sistem jual beli secara online. Apa yang harus diperhatikan? Atau apa yang harus waspadai saat membeli sepatu dari online shop?

Ini semua akan terjawab di artikel kami. Kami akan membantu anda dengan transaksi pertama atau juga untuk meningkatkan kesadaran akan online shopping. Membeli secara online tentunya menjadi hobi dan juga bentuk hiburan. Tapi, anda juga harus waspada, karena ada banyak sekali jenis sepatu penipuan yang harus dihindari.

Kualitas Bahan Sepatu yang Ingin Dibeli

Jika anda sudah pernah membeli sepatu secara online, maka anda akan tau bahwa ekspektasi tidak akan selalu sesuai dengan realitanya. Sepatu yang anda inginkan bisa jadi datang dengan sesuatu yang beda dari apa yang anda harapkan. Sudah ada banyak sekali kejadian dimana bahan sepatu tidak sesuai seperti yang diharapkan. Bahan dari berbagai sepatu seperti sepatu premium adalah tipuan semata saja.

Sepatu bisa terbagi menjadi dua kategori. Sebelum membeli sepasang sepatu, anda harus bisa mengerti perbedaan diantara sepatu tersebut. Sepatu asli atau original adalah jenis sepatu yang datang dari brand asli. Merek merek seperti Nike dan Adidas memiliki wewenang untuk mengeluarkan sepatu sesuai brand mereka masing masing. Sepatu jenis ini akan dijual di toko retailer seperti yang ada di mall.

Sepatu original akan memiliki harga yang tidak bisa diganti ganti. Ini beda dengan sepatu premium yang tidak memiliki harga standar. Sepatu premium adalah sepatu yang bisa disebut juga sebagai replica. Sepatu jenis ini jauh lebih murah karena dibuat dengan bahan yang lebih murah.

Contohny, brand barang terkenal bisa menjual sepatu dengan bahan kulit yang mahal. Harga replica akan hanya memiliki harga sebesar 1/4 dari harga tersebut. Dan kemudian dijual dengan harga 1/2 kali lipat. Itulah mengapa banyak orang sangat kesusahan membedakan mana yang asli atau palsu saat membeli barang online.

Ketika membeli sepatu secara online, anda hanya bisa melihat foto yang ditampilkan. Sesudah melihat produk, maka anda akan memilih untuk membeli atau tidak membeli. Sehingga kualitas pun kadang terlupakan. Untuk menghindari tipuan tipuan, anda bisa melihat kualitas dari deskripsi produk terlebih dahulu. Minta penjelasan dari penjual untuk memastikan semuanya sesuai dan anda tidak akan terkejut nantinya

Membeli Sepatu Online dari E-commerce

Membeli sepatu online tidaklah hal yang bisa dilakukan tanpa teliti. Jika tidak teliti, maka barang yang datang tidak akan memuaskan. Sebagai seorang pembeli, anda harus jeli dalam melihat can mencari toko terbaik untuk kebutuhan anda. Toko yang bagus bisa dicari melalui dua platform terpercaya. Tempat pertama adalah situs situs e-commerce, dan yang kedua adalah media sosial.

Ketika berbincang mengenai membeli sepatu online dari situs e-commerce, ada beberapa hal yang wajib diketahui. E-commerce merupakan salah satu tempat berbelanja online yang di regulasi dan juga terpercaya. Pihak tersebut mengambil peran untuk menjadi pihak ketiga. Itulah mengapa berbelanja di e-commerce akan jauh lebih terpercaya dibandingkan dengan tempat online lainnya.

E-commerce juga memberikan kemudahan bertransaksi karena anda bisa membeli sepatu secara online dan juga mudah. Kemudahan yang ditawarkan oleh e-commerce adalah seperti membayar melalui kartu kredit, debit, transfer, dompet digital, dan lain lain. Ini beda dengan toko toko yang hanya menerima pembayaran melalui transfer.

Beberapa situs e-commerce yang sedang terkenal di Indonesia adalah seperti Tokopedia, Shopee, dan juga Blibli. Jika anda melakukan transaksi di salah satu platform tersebut dan tidak puas dengan hasil, maka uang akan bisa dikembalikan. Ini menjadi keunggulan utama dalam membeli barang dari e-commerce.

Namun anda harus tetap berhati hati, karena foto dan realita tidak selalu sama. Bahan di platform e-commerce, anda bisa ditipu oleh harga yang sangat murah. Perlu diperhatikan juga reputasi masing masing toko. Karena anda bisa membeli dari toko yang sudah memiliki banyak pelanggan di masa lalunya.

Ukuran Sepatu Saat Membeli Sepatu Online

Salah satu kelemahan dari membeli sepatu secara online adalah ukuran kaki dan juga ukuran sepatu anda. Sudah ada banyak sekali kejadian dimana sepatu tidak bisa digunakan setelah dibeli. Ini karena ternyata, size sepatu tidak muat di kaki para pembeli. Untuk menghindari hal seperti ini, pembeli bisa mengukur kaki terlebih dahulu.

Mengukur kaki sebenarnya bisa dilakukan dimana saja dan tidak harus pada toko sepatu. Anda bisa mengambil penggaris atau juga tali meteran untuk mengukur panjang kaki. Kemudian, anda bisa menyesuaikan panjang kaki tersebut dengan sistem ukuran kaki. Ini akan membuat sepatu yang ingin anda beli secara online lebih akurat. Jadi anda tidak perlu mengembalikan sepatu tersebut.

Perlu diperhatikan juga, bahwa masing masing brand akan memiliki hitungan ukuran sepatu yang berbeda. Contohnya adalah, ukuran sepatu 43 di brand seperti Nike akan sangat berbeda dengan brand sepatu dari contohnya Adidas. Ini karena masing masing brand memiliki standar mereka sendiri. Saat membeli di situs e-commerce, akan ada hitungan ukuran dan panjang untuk setiap sepatu. Anda bisa melihat dari deskripsi untuk memastikan bahwa ukuran sepatu sudah sesuai.

Tidak hanya pada brang, masing masing sepatu juga memiliki ukuran yang berbeda meskipun angkanya sudah sama. Ini karena sepatu akan memiliki kerangka atau silhouette yang berbeda. Sepatu seperti sneakers akan cukup dengan size yang sesuai dengan standar. Namun, sepatu seperti sepatu loafer akan lebih lebar di bagian depan. Sehingga anda harus mengecilkan sepatu dengan satu ukuran dibawah standar tersebut. Ini harus diperhatikan saat membeli sepatu.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending