Connect with us

wisata

Destinasi Wisata Pekalongan, Pesona Kota Tua – Pecinan

Published

on

Destinasi Wisata Pekalongan - Pesona Kota Tua - Pecinan

Destinasi Wisata Pekalongan – Di salah satu spot kota Pekalongan, tepatnya terletak di ujung Jalan Belimbing – kawasan Pecinan, diantara Gedung-gedung tua saling berhadapan yang terlihat kontras dihiasi jalan beraspal mulus terdapat Klenteng Po An Thian yang bersisian dengan Gereja ST. Petrus. Dan tak jauh dari sana, juga berdiri megah Masjid berkubah kuning. Tidak dapat di pungkiri, disini membuktikan bahwa harmonisasi dari perbedaan itu indah adanya.

Ini adalah satu bagian dari destinasi wisata Pekalongan yang membuat kita masyarakat Indonesia patut bersyukur dengan pemikiran besar nan bijaksana para founding fathers saat meletakan landasan ideology bangsa; Bhineka Tunggal Ika.

Indonesia memang sebuah negara besar dengan segenap keanekaragaman sosial didalamnya. Baik suku, budaya, ras, agama, dan lainnya.

Pekalongan sebagai kota perlintasan utama jalur Pantura, ternyata menyimpan kekayaan berupa ratusan bangunan cagar budaya (heritage) yang layak untuk masuk dalam catatan destinasi (tujuan) wisata anda. Hal ini pula yang mungkin menjadi wilayah penting masa kolonialis Belanda. Itu terbukti dengan banyaknya warisan bangunan bergaya Ardeko-indis di kota ini.

Pada tahun 2011 lampau, Tim Inventarisasi Bangunan Cagar Budaya Kota Pekalongan telah mengekspose temuan sebanyak 286 bangunan kuno, yang bisa dikategorikan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB). Bangunan-bangunan tersebut dibangun antara tahun 1930 hingga 1970. Sebagian besar bangunan tersebut dikelola oleh perorangan dan sisanya pemerintah.

Beberapa kawasan dengan nuansa Kota Tua melengkapi kedahagaan pengunjung akan daya tarik masa lalu seperti kawasan Jatayu (alun-alun Utara) dengan berbagai bangunan heritage seperti Kantor Pos, Greja Protestan (kini dipakai untuk ibadah GKJ Pekalongan), Gedung Societet (kini GOR Pekalongan), bekas kantor DPU (kini dipakai sebagai kantor Batik TV), Gedung Pertani, serta rumah mantan Pembantu Gubernur (Residence) Wilayah Pekalongan yang dibangun pada tahun 1850 (serta eks gedung kantor eks Pembantu Gubernur, berdiri terpisah di kawasan THR Pekalongan).

Kawasan alun-alun utara Kota Pekalongan di Jalan Jetayu pada dasarnya sudah dikenal sebagai tempat kesenian dan kebudayaan sejak zaman kolonial. Di tempat tersebut terdapat bangunan tua seperti, bekas kantor pusat industri gula zaman penjajahan Belanda yang sekarang dimanfaatkan sebagai museum batik nasional.
Tidak hanya itu, masih terdapat sederet bangunan yang seolah ingin bercerita tentang berjuta kisah yang pernah terjadi pada masa lalu. Tersebar di 13 kawasan, diantaranya adalah masjid Jami Kauman, kantor dinas kesehatan, inspektorat daerah dan Rumah Tahanan Kota Pekalongan. Gedung pendidikan Satya Wiguna, Stasiun Kereta Api Pekalongan, dan Kantor Pelabuhan Perikanan Samodra, Kerkop atau makam Kristen di Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Masjid Aulia di komplek pemakaman umum Sapuro, merupakan masjid tertua di kota Pekalongan, berusia 299 tahun (didirikan tahun 1135 H atau 1712 M). Konon dari kawasan mesjid inilah, penyebaran agama Islam dilakukan di kawasan Pantura.

Antara Pekalongan dan Pecinan

Gapura Pecinan Pekalongan

Gapura Pecinan Pekalongan | Photo : cintapekalongan.com

Dari catatan sejarah, hubungan antara negeri Cina dengan Jawa sudah terjalin lama dan berumur sangat tua. Diceritakan, seorang peziarah Cina bernama Fa-Hien sempat singgah di Jawa setelah mengunjungi tempat-tempat suci di India dan Ceylon. Fa-Hien menyebut Ya-va (Jawa) dalam laporan pertama tentang keberadaan umat hindu di jawa. Sejak saat itu pemerintah Cina mengadakan hubungan diplomatik dengan Ya-va (Jawa).
Semenjak itu banyak orang-orang Cina khususnya pedagang Cina yang singgah ke Jawa termasuk ke Pekalongan, bahkan jauh sebelum orang-orang Eropa datang. Namun, kapan tepatnya mereka pertama kali mendaratkan kapal di wilayah Pekalongan tidak diketahui pasti. Hanya diperkirakan sekitar abad 17 Masehi. Hal ini bedasarkan naskah kuno Tiongkok ” Yitoung Techi” (Geografi Akbar) yang dibuat pada masa Dinasti Ming.

Nashkah tersebut menyebutkan lokasi “Pou-Kia-Lung” di perbatasan negeri Jawa,sebelah timur berbatasan dengan “negeri yang dipimpin seorang wanita”, sebelah barat dengan kerajaan “Shi-Li-Fout-Shi” (Sriwijaya), sebelah selatan dengan kerajaan Ta-Chi dan sebelah utara dengan kerajaan “Tsiem-Pa (Campa).
Dengan demikian, nama Pekalongan sudah dulu ada, tetapi bukan berasal dari kata Pau-Kia-Loung melainkan sebaliknya, istilah Pau-Kia-Loung diambil dari nama Pekalongan.

Selain itu, Dinasti Sung yang berkuasa di Cina anata tahun 960 sampai 1279 M juga mempunyai catatan tersendiri tentang Pekalongan yang biasa disebut oleh para pedagang Cina dengan nama “Pu-Kau-Lung” dengan Rajanya yang memiliki rajutan rambut di bagian belakang Kepalanya. Sedangkan rakyatnya bertubuh pendek dan memakai kain tenun berwarna-warni (diduga Batik). Kapal dagang Cina berlayar dari kanton pada bulan November menggunakan bantuan angin,sampai di “Pu-Ka-Long” (Pekalongan) sekitar satu bulan kemudian.

Sedangkan menurut M Huan (Sekretaris Laksamana Ceng Ho) pada abad 19 ketika ia singgah di Pekalongan. Disebutkan pada waktu itu orang-orang Cina sudah tinggal di kampung Sampangan yang letaknya dekat dengan sungai Kupang (Sekarang Sungai Loji). Pekalongan pada saat itu disebut dengan istilah Wu-Chueh (Pulau dengan Pemandangan Indah), dan sudah dihuni oleh orang pribumi, Cina dan beberapa orang Arab. Dahulunya para pedagang Cina ini mengangkut dagangan mereka menggunakan Prahu yang melintasi sungai Kupang dari Pelabuhan.

Kondisi Kampung Cina Pekalongan

Munculnya pemukiman di kampung Sampangan merupakan awal perkembangan Pekalongan selanjutnya. Dahulu sungai Kupang sebagai pangkalan pelabuhan dagang antar pulau. Kawasan ini dikenal dengan istilah “Pintu Dalam”. Oleh pemerintah Kolonial Belanda, akhirnya wilayah ini dijadikan pemukiman khusus warga Tionghoa.

Penguasa Kolonial Belanda, membagi-bagi pemukiman sesuai etnis mereka masing-masing, bukan masing-masing etnis ini saling menutup diri dan tidak saling berbaur. Pembagian ini bertujuan agar pemerintah Kolonial Belanda bisa mengontrol populasi dan kriminalitas di Pekalongan.

Kawasan untuk Warga Tionghoa ini diberi nama “Chinese-Wijk” yang terdiri dari wilayah Keplekan Lor (Jalan Sultan Agung) dan Keplekan Kidul (Jalan Hasanudin).

Wilayah Pintu Dalem ini merupakan akses masuk ke Pecinan di Pekalongan. Pada masa Kolonial Belanda, pintu dalem terletak di pertigaan sebelum Gereja Santo Petrus dan disana terdapat sebuah bangunan tua (Gapura) milik Kapiten Tionghoa yang sampai sekarang masih berdiri.

Selain di wilayah Keplekan, pemukiman Tionghoa juga ada di sekitar kawasan Kerimunan (Jalan Salak dan Jalan Manggis). Ada sebuah peninggalan sejarah kejayaan Kampung Pecinan ini di Kota Pekalongan yang masih bisa kita lihat sampai sekarang. Di kawasan Jalan Belimbing, disana terdapat rumah-rumah khas Cina yang dibangun pada masa Kolonial dan sebuah Kelenteng yang berdiri di bantaran Kali dekat Jembatan Loji (Belakang Gereja).

Selain itu, dalam catatan Liem Bwan Tjie (tokoh pelopor arsitektur modern generasi pertama di Indonesia) menyebutkan bahwa pada tahun 1934 di Jalan Juliana Weeg (Jalan Belimbing), terdapat sebuah rumah megah milik seorang pengusaha Cina dengan kolam renang didalamnya. Rumah tersebut bisa kita lihat jika kita pergi ke kawasan Jalan Belimbing atau belakang pasar Banjarsari.

Sementara di Jalan Kerimunan (Jalan Salak) terdapat sebuah bangunan yang orang sekitar menyebutnya Gedoeng Gajah. Bangunan unik ini adalah rumah milik warga Tionghoa dengan taman yang luas dan ternyata didalam bangunan Gedung Gajah tersebut terdapat Sinagog atau tempat ibadah orang Yahudi.

Menurut Baliem Subarjo, salah seorang tokoh Tionghoa Pekalongan mengatakan, dahulu sekitar tahun 1960-an, kawasan Jalan Kerimunan merupakan kawasan Permukiman,bukan kawasan Perekonomian seperti sekarang ini.

Dahulu kawasan ini dihiasi dengan rumah-rumah khas Cina dan memang untuk tempat tinggal bukan berdagang.

Meskipun demikian, suasana Jalan Belimbing masih lenggang (sepi) seperti dahulu. Dan Kini citra kawasan Pecinan di Pekalongan sudah memudar karena banyak bangunan-banguna baru. Tetapi masih ada beberapa rumah yang hingga kini masih bertahan yang menjadikan kawasan ini masih tetap menarik untuk dikunjungi.

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

wisata

WISATA SULAWESI SELATAN PAKET KOMPLIT

Published

on

Wisata Sulawesi

WISATA SULAWESI SELATAN PAKET KOMPLIT

Istirahat sejenak, tidak perlu terdesak. Ambil waktumu barang kali sebentar untuk menikmati keindahan Indonesia yang tak kalah cetar. Terkadang juga, impian untuk mengunjungi negara lain masih sangat tinggi. Padahal Indonesia sangat kaya akan tempat wisata yang sangat menyejukkan mata. Indonesia memiliki belasan ribu pulau yang dapat kamu eksplorasi lho!

 Berbagai bentuk dan jenis tempat wisata bisa ditemui. Mulai dari pegunungan, pantai, persawahan hingga tempat wisata bersejarah yang dapat menambah wawasan.  Berbicara mengenai tempat wisata, terdapat tempat wisata yang sangat indah di Sulawesi. Buat yang belum tahu dimana letak Pulau Sulawesi, Pulau Sulawesi Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. Akibat letak geografisnya yang sangat unik pulau ini memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Wisata Sulawesi sangat beragam dan komplit.

Pulau Sulawesi memiliki enam provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, ibukota Makassar; Provinsi Sulawesi Utara, ibukota Manado;  Provinsi Sulawesi Tengah, ibukota Palu; Provinsi Sulawesi Tenggara, ibukota Kendari; Provinsi Gorontalo, ibukota Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Barat, ibukota mamuju. Salah satu dari enam provinsi tersebut memiliki tempat wisata yang unik, indah dan selalu menarik para wisatawan. Wisata Sulawesi itu terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berikut ialah tiga Rekomendasi tempat wisata Sulawesi Selatan yang wajib di kunjungi :

WISATA PULAU SAMALONA

Pulau Samalona ialah pulau mungil yang sangat indah. Terletak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar. Walaupun mungil pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat menawan. Pulau Samalona terdiri dari pasir putih dan laut biru yang sangat jernih. Terkenal dengan Keindahan bawah laut sehingga para wisatawan dapat berenang dan menyelam sambil melihat terumbu karang yang sangat indah. Terdapat banyak jenis ikan dengan warna yang sangat menakjubkan.  Selain tu terdapat banyak sekali pohon kelapa yang membuat suasana sangat rindang dan nyaman.

Hal menarik lainnya ialah Pulau Samalona ini menyimpan beberapa peninggalan Perang Dunia Kedua. Setidaknya terdapat tujuh kapal yang tenggalam di daerah tersebut. Diantaranya ialah Kapal Lancaster Bomber, Kapal Maru ( Kapal perang Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter ), dan beberapa kapal lainnya.

Bangkai bangkai kapal tersebut kini telah diubah menjadi karang dan rumah bagi ratusan ekosistem di laut. Nah disanalah wisatan biasanya dating untuk berenang diantara pulau tersebut. Menarik bukan ?

TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG

Taman Nasional Bantimurung merupakan taman nasional yang menyuguhkan banyak jenis objek alam. Wisata alam yang ada berupa air terjun, gua yang merupakan habitat beragam spesies fauna dan lembah bukit kaput yang curam dengan vegetasi tropis. Taman Nasional ini sangat menonjolkan kupu – kupu sebagai daya Tarik utama. Terdapat sekitar 20 jenis kupu – kupu yang di lindungi di Taman Nasional Bantimurung. Bahkan beberapa spesies kupu kupu tersebut termasuk unik dan endemik sehingga hanya dapat ditemukan di Sulawesi Selatan. Alfred Russesl penah meneliti lokasi Bantimurung ini antara tahun 1856 – 1857 dan menemukan sedikitnya 250 spesies kupu – kupu dari hasil penelitiannya. Maka dari itulah Bantimurung ini dijuluki beliau sebagai The Kindom of Butterfly.

Keunikan lain yang dapat ditemukan pada wisata Sulawesi kali ini ialah Taman Nasional Bantimurung ini memiliki dua buah gua yang dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua tersebut ialah Gua Mimpi dan Gua Batu. Selain itu, terdapat beberapa jenis aktivitas yang menari untuk di lakukan di dalam Kawasan Taman Nasional Bantimurung yaitu Kawasan Wisata Bantimurung, Helena Sky Bridge, Kawasan Prasejarah Leang – leang, Kawasan Wisata Pattunang, Kawasan Gua Vertikal Leang Pute, Kawasan Pengamatan Satwa Karaenta, dan masih banyak lagi.

MALINO

Rekomendasi Wisata Sulawesi Terakhir ini tidak kalah menariknya. Malino sangat terkenal akan pesona alamnya yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Malino kerap dijuluki Puncaknya Sulawesi Selatan kerena bentuk dan pemandangannya yang meyerupai daerah puncak bogor. Salah satu tempat wisatanya itu ialah Kawasan wisata kebun teh Malino Highland. Kebun teh ini dicap sebagai Kawasan megang karena luas lahan yang hampir 200 hektar, Kawasan ini juga dihuni beberapa satwa langka. Serta memiliki paparan kebun Bungan nan cantik dan menawan.

Selain Kawasan Kebun The, wisata di daerah Malino yang tak kalah keren ialah Hutan Pinus Malino. Berkunjung ke Bumi Malino tidak akan lengkap apabila tidak singgah ke daerah hutan Pinus. Hutan Pinus Malino terletak di ketinggian sekitar 1500 metes diatam permukaan laut. Tentu saja Hutan Pinus Malino menjanjikan kesejukan pemandagan mata dan udara yang sangat segar karena berada di jajaran perbukitan. Sehingga kamu dapat menyegarkan pikiran dan kepenatan dari Kota.

Wisata Sulawesi kali ini sangat lengkap dan menarik ya. Sulawesi Selatan memang destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Seluruh jenis tempat wisata mulai dari gunung, laut bahkan wisata fauna pun dapat kita tempuh. Maka dari itulah kita harus bangga dengan kekayaan dan keindahan alam di Indonesia.

Continue Reading

Travelling

Tempat Wisata Malam Jogja | Tempat Nongkrong Asik

Published

on

Wisata Malam Hari Jogja

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata malam Jogja. Cocok untuk tempat nongkrong menikmati suasana kunjungan Anda.

Jogja adalah tempat yang klasik, ngangenin, dan setiap sudutnya menawan. Setidaknya hal itulah yang membuat orang-orang dari berbagai daerah selalu kembali ke kota satu ini. Menariknya, Jogja tidak pernah sepi baik pagi, siang, sore, maupun malam hari. Selalu ada hal menarik yang bisa anda lakukan.

Di Jogja anda tidak akan pernah kehabisan tempat menarik, meskipun di penghujung hari. Justru ketika malam hari tiba, banyak tempat-tempat menarik yang wajib anda kunjungi. Berikut ini rekomendasi wisata di Jogja yang dapat anda kunjungi di malam hari :

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro - Tempat wisata malam Jogja
Youtube

Menghabiskan waktu anda dengan berkeliling Malioboro di malam hari tidak boleh anda lewatkan. Justru ketika malam tiba, suasana di jalan Malioboro akan semakin menarik untuk dijelajahi. Banyak pedagang yang menjajakan barang dan makanannya di malam hari.

Dengan menikmati secangkir kopi di warung tenda sepanjangan jalan Malioboro, anda akan menikmati kehangatan warga Jogja. Belum lagi jika anda ingin menyusuri jalan ini sampai ke ujung, maka anda akan tiba di titik 0 kilometer.

Kawasan 0 kilometer ini merupakan sejumlah bangunan yang merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda. Bangunan ini akan dihiasi dengan lampu-lampu menarik yang memberikan kesan semarak. Anda akan menjumpai banyak wisatawan melakukan foto selfie disini. Beberapa seniman juga menunjukan karyanya di titik nol kilometer.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja
flickr.com

Jika ditanya apa ikon paling terkenal dari kota Jogja? Jawabnya mungkin adalah tugu Jogja. Tugu Jogja juga menjadi salah satu rekomendasi wisata di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan. Belum ke Jogja kalau tidak berswafoto monumen satu ini.

Monumen ini terletak di persimpangan antara Jl. AM. Sangaji, Jl. Diponegoro, Jl. Sudirman, dan Jl. Margo Utomo (P. Mangkubumi). Letaknya yang berada di pusat kota memang terlihat tidak menarik jika dilihat pada siang hari. Belum lagi suasana macet karena jalan ini merupakan jalan utama yang sering dilintasi.

Namun pada malam hari tugu Jogja akan memancarkan pesonanya. Diterangi dengan lampu dan aksesoris taman yang menarik, tempat ini layak menjadi lokasi untuk berfoto. Untuk melakukannya mungkin anda harus menunggu hingga malam dan jalanan agak sepi.

3.  Heha Sky View

Heha Sky View
jogjaonstage.com

Satu lagi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan masuk dalam rekomendasi tempat wisata malam di Jogja adalah Heha Sky View. Tempat satu ini memang paling menarik jika didatangi pada malam hari. Karena menampilkan pemandangan city light dari Kota jogja.

Lokasi Heha Sky View sendiri adalah di Jl. Dlingo-Patuk, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Buka dari pukul 11 pagi sampai dengan 11 malam, anda cukup merogek kocek sebesar 20 – 25 ribu untuk tiket masuk.

Jangan khawatir kelaparan karena anda akan menemukan restoran yang menyajikan beragam makanan enak di dalamnya. Fasilitasnya juga lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir menghabiskan waktu lama disini. Belum lagi dengan spot instagramable seperti Balon Udara, Sky Bridge, dan teras kacanya yang selalu menarik untuk dipakai berfoto.

4. Angkringan

Angkringan
phinemo.com

Nah, ini salah satu yang tidak boleh lepas untuk dikunjungi ketika malam tiba di Jogja. Berburu angkringan mau yang terkenal atau tidak rasanya sama menariknya untuk dikunjungi. Sekedar minum kopi, teh, jahe anget, dan mencoba snack dan cemilan yang tersedia di angkringan akan membuat malam anda semakin nikmat.

Jika anda mencari angkringan yang lumayan terkenal dan dekat dari kawasan Malioboro, anda bisa mencoba angkringan Lik Man atau Angkringan KR. Keduanya sudah lumayan terkenal, apalagi angkringan Lik Man dengan kopi jossnya, lokasinya juga cukup dengan stasiun tugu sehingga sangat strategis.

Beragam menu makanan ditawarkan oleh kedua angkringan ini mulai dari nasi kucing, gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, sate lemak dan sebagainya. Angkringan KR bahkan menawarkan beragam menu nasi kucing, mulai dari sambal teri, oseng ati, oseng jamur, mercon, sambal tomat, dan oseng tempe.

Kalau anda bosan, masih banyak angkringan lain yang menawarkan menu tidak kalah lezat dari kedua angkringan di atas. Contohnya angkringan nganggo suwe Lek Adi, angkringan klebengan, angkringan JAC pendopo ndalem, angkringan Pak Jack dan masih banyak lagi.

Demikian rekomendasi tempat wisata Malam Jogja. Lokasi nongkrong asik menikmati liburan Anda. Baca juga: JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Continue Reading

wisata

Tips wisata Jogja bagi pemula | JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Published

on

Tips wisata Jogja bagi pemula - JOGJAKARTA TRAVEL GUIDE

Apakah Anda ingin ber-wisata pada liburan Anda? Jika demikian, dan Anda berpikir untuk mengambil paket wisata Jogja sebagai tujuannya, maka tips wisata Jogja berikut ini, bisa menjadi panduan Anda.

Hidup ditengah kesibukan rutinitas, memang cenderung memberi beban tersendiri pada pikiran Anda. Dan banyak orang, memutuskan untuk bepergian saat mengisi liburannya. Dan itu jelas sangat baik.

Melakukan perjalan wisata, akan memberi nuansa baru kehidupan Anda. Dimana, dapat mengalami budaya baru, memperluas wawasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan itu baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Siap mengepak tas dan menuai manfaat ini? Dan jika paket wisata Jogja tujuan Anda, itu luar biasa!

Tetapi pertama-tama, ada dasar-dasar yang perlu Anda urus, seperti memilih paket wisata. Ada banyak pilihan agensi wisata di luar sana. Dan tentunya, menawarkan layanan yang beragam.

Bagaimana Anda menemukan orang yang menawarkan paket terbaik untuk kebutuhan perjalanan Anda? Artikel berikut ini, mungkin akan bermanfaat bagi Anda!

Baca juga artikel wisata lainnya:

Apa Kebutuhan Perjalanan Anda?

Langkah pertama, untuk memilih paket wisata Jogja terbaik, adalah memiliki panduan yang terencana pada kebutuhan perjalanan Anda sendiri. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa gaya perjalanan saya?

  • Apakah Anda lebih menyukai tamasya, budaya, atau kegiatan yang menyenangkan?
  • Apakah Anda suka bepergian sendiri atau dalam grup?
  • Kemana tujuan perjalanan utama pilihan Anda?
  • Berapa anggaran yang Anda miliki?

Ketika Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini, jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi paket wisata Jogja yang selaras dengan gaya perjalanan Anda.

Buat Daftar 3-5 Agensi Wisata dan Paketnya

Jika Anda belum pernah menggunakan agensi wisata sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu bagaimana memilih yang tepat.

Inilah sebabnya, mengapa sangat penting untuk memulai dengan membuat daftar agensi wisata.

Punya teman yang suka bepergian? Mintalah mereka untuk rekomendasi agensi wisata dari mereka. Dan jika pencarian Anda tidak menghasilkan rekomendasi yang cukup, buka online dan cari “paket wisata Jogja Terbaik.”

Setelah membuat daftar, langkah selanjutnya adalah menjelajahi website mereka dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentang paket tur mereka.

Periksa pilihan ini, untuk mendapatkan ide bagus. Tentang bagaimana agensi harus menyajikan paket mereka. Jika Anda memerlukan klarifikasi tentang paket wisata, hubungi dan bicara dengan agen perjalanan tersebut.

Evaluasi Reputasi Agen Wisata

Jangan memilih agensi tur semata-mata karena mereka menawarkan paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ya, harganya bisa saja tepat, jadwal paket sesuai dengan jadwal Anda, dan segala sesuatu yang lain terlihat mengasyikkan di atas kertas, tetapi apa yang orang-orang yang pernah ambil dari paket tur katakan? Buka daring dan cari ulasan. Jika operator tur menawarkan layanan pelanggan yang buruk atau mereka tidak memberikan apa yang mereka iklankan, pastikan wisatawan yang kecewa akan meninggalkan ulasan buruk pada platform seperti TripAdvisor.

Sampai Anda mengevaluasi ulasan ini, jangan memberikan uang Anda kepada agensi tur, tidak peduli seberapa menariknya paket wisata Jogja yang mereka tawarkan. Anda tidak mau bukan, terlantar di tanah asing.

Pelajari Keahlian Pemandu Wisata

Kualitas pemandu wisata dapat menambah pengalaman Anda atau malah meredamnya.

Jika Anda tidak ingin yang terakhir terjadi, pastikan untuk bertanya tentang keahlian pemandu wisata tersebut. Panduan ini harus bersifat lokal di daerah Jogja yang Anda kunjungi. Dan memiliki sertifikasi profesional. Salah satunya adalah, memiliki badan usaha resmi.

Perjalanan membutuhkan waktu dan uang. Anda ingin memastikan Anda mendapatkan nilai untuk keduanya. Dengan panduan ini, Anda sekarang berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih paket wisata. Yang tidak hanya bernilai waktu dan uang Anda, tetapi juga berkesan.

Jogjakarta Travel Guide –  Agar wisata Anda berkesan

Tips wisata ke jogja ini, bertujuan untuk memberikan Anda informasi terbaik dan terkini, tentang tujuan perjalanan utama di Yogyakarta.

Di sini Anda akan menemukan rekomendasi tempat menginap, hal-hal untuk dilihat dan dilakukan, jasa transportasi atau rental mobil Jogja dan tempat makan.

Tips wisata Jogja ini, akan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan. Khususnya, untuk perjalanan yang berkesan. Sehingga, Anda dapat melakukan perjalanan yang lebih baik di Yogyakarta / Jogja.

Cari informasi selengkap mungkin. Ini akan memberi Anda ide-ide hebat. Sehingga, perjalanan wisata Jogja ini, akan membuat Anda merasa seperti orang lokal dalam waktu singkat.

1.      Atraksi Pariwiata Jogja

Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan di sekitar kota jogja. Sehingga cukup membuat kewalahan, ketika mencoba merencanakan liburan Anda di sana.

Pertama, tentu saja orang akan berpikir untuk mengunjungi Candi Borobudur & Prambanan. Mereka cantik, cantik dan yang paling penting, kaya (nilai budaya). Untuk itu, Anda dapat memesan paket Sunrise Borobudur. Ketika ingin mengalami matahari terbit yang indah di Borobudur dan menemukan matahari terbenam keemasan di sekitar area Candi Prambanan.

Jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, Anda dapat juga merencanakan paket wisata tur kecil “Ratu Boko”, untuk melihat pemandangan langit yang sangat indah serta perbukitan, langit disana, lebih biru daripada air dan lebih hijau dari daun selada.

Tentu saja, itu bukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan di Yogya. Ada dua tempat favorit lainnya untuk melakukan Tour Trekking Mount Merapi Sunrise, ia menawarkan pemandangan yang indah. Satu lagi yang harus Anda kunjungi, yakni Tour Goa Jomblang untuk kegiatan caving yang luar biasa.

2.      Transportasi Yogyakarta.

Transportasi Umum

Menjelajahi kota Jogja dengan Trans Jogja adalah hal yang menyenangkan. Itu patut Anda coba. Tarif terjangkau dan akses mudah, adalah alasan utama Anda harus mencobanya.

Dengan mengendarai Trans Jogja, akan lebih mudah bagi Anda untuk bepergian ke berbagai tempat di pusat kota.

Penduduk setempat, biasanya menggunakan sistem angkutan cepat bus, Trans Jogja, ketika melakukan perjalanan di dalam kota.

Jam Operasi: 5:30 pagi – 9:30 malam

Angkutan Umum Lainnya

  • Stasiun Bus Giwangan – terminal utama Yogyakarta untuk bus antar kota. Rute bus menghubungkan kota-kota di seluruh Pulau Jawa.
  • Stasiun Kereta Lempuyangan – Biasa digunakan untuk kelas ekonomi.
  • Stasiun Tugu – Untuk kereta kelas Bisnis & Eksekutif.
  • Bandara Internasional Adisucipto – Menjadi bandara internasional terkecil di Jawa, tetapi tersibuk di Indonesia.

Mobil Pribadi

Jika Anda lebih suka menggunakan mobil pribadi untuk berkeliling Jogja, Jawa, hingga Bali, ada cukup banyak penyedia sewa mobil disana. Saya pribadi, berpengalaman menggunakan Rental Mobil Jogja dari Kuruma Wisata.

Pelayanannya, cukup bagus dan profesional. Secara pribadi, hal berkesan yang diberikan adalah, sopir mobilnya yang sabar dan profesional, dalam melayani rute yang saya tetapkan.

Karena baru sekali, jadi saya tidak berpengalaman keagen rental mobil lainnya. Jadi, saya belum berani memberi saran lebih banyak dalam hal ini.  

3.      Rekomendasi Makanan di Jogja

Resto Vegetarian Jogja

Dalam tips wisata Jogja kali ini, saya merekomendasikan makanan terbaik di Jogja. Ini ala vegetarian. Khas Indonesia. Diantaranya, termasuk nasi goreng, gado gado (salad sayuran dengan saus kacang), lotek (mirip dengan gado gado), tahu dan tempe (tahu dan kedelai) dan pecel (campuran salad sayuran dengan tauge dan saus kacang).

Sebenarnya, ada banyak pilihan makanan lain, tapi Anda tidak mungkin untuk mencoba semua, jika perjalanan wisatanya, hanya satu minggu, hohoho..

Makanan Lokal

Ini sudah terkenal. Soal makan di Jogjakarta itu, sangat murah. Jika Anda mencari inspirasi tempat makan, saya akan merekomendasikan beberapa yang harus dicoba. Makanan lokal Jogja adalah Gudeg, Lotek, Sate Klathak, Sate Petir, Ayam Geprek, Bak Mie, Kopi Joss, Angkringan & Makanan lesehan dan banyak lagi.

Oh.. Jogja, memang menawarkan berbagai hal. Yang tentunya, akan membuat Anda berencana menambah jadwal liburannya.

4.      Hotel di Jogja

Tips wisata Jogja ini, akan memberi Anda waktu berkualitas yang luar biasa, selama perjalanan. Anda dapat menemukan lebih banyak ide akomodasi di tempat menginap. Mulai dari Hotel Bintang 1, Hotel Bintang 2, Hotel Bintang 3 dan Hotel Bintang 4 di Jogya.

Juga tersedia opsi tempat menginap hemat di Jogja. Seperti Homestay, Hostel, dan Guesthouse terbaik di Jogja.

Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih mewah, Jogja juga memiliki beberapa hotel mewah bintang 5 yang luar biasa. Di mana Anda bisa mendapatkan layanan yang terbaik, mewah dan royalti.

5.      Money Changer di Jogja

Rupiah (IDR) merupakan mata uang resmi Indonesia. Ada banyak fasilitas money changer di seluruh tempat wisata Yogyakarta, mereka menerima mata uang seperti dolar AS, Euro, dolar Australia, pound Inggris, Ringgit Malaysia, dan Dolar Singapura.

  • Ada 2 tempat penukaran uang di Jogja. Yakni, di hotel Inna Garuda di Jalan Malioboro dekat stasiun kereta Tugu. Barumun Abadi dan Mulia Money Changer. Mulia Money Changer, memiliki cabang di Ambarrukmo Plaza (dekat bandara). Biasanya, buka hingga pukul 07:00 – 20:00.
  • ATM / BANK dapat ditemukan hampir di setiap tempat wisata di Jogja. Beberapa Bank besar di Jogja antara lain, BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Bank Mandiri.
  • Kartu kredit seperti Visa, Eurocard, MasterCard, dan American Express diterima secara luas di sebagian besar toko, restoran, dan hotel di Jogja. Banyak ATM juga menerima Visa & Mastercard.

6.      Pasar Belanja Unik

Anda tahu tentang pasar tradisional? Itu pasar seperti pada umumnya. Fungsinya, bukan hanya soal tempat jual beli semata. Juga menjadi semacam ruang serba guna. Di mana selain aktivitas dagang, juga menyediakan tempat makan, minum, bersosialisasi, atau hanya sekedar ngongkrong menikmati waktu.

Jalan Malioboro, bisa disebut sebagai jalan raya paling ‘asik’ di seluruh Yogyakarta, ini menjadi rumah bagi pasar kota yang paling semarak.

Trotoar tertutup adalah tempat aktivitas; penjual yang menawarkan pakaian, kain, pakaian rumah dan ornamen lainnya. Anda juga dapat dengan mudah menemukan pernak-pernik dan batik murah.

Baiklah.. itu hanya sebagian kecil dari rute perjalanan wista di Jogja, yang dapat saya rekomendasikan. Dan masih banyak lagi opsi. Yang memungkinkan Anda, menambah rute baru perjalanan liburan Anda.

Google Map Jogja

Semoga artikel ini bermanfaat.  

Continue Reading

Trending