Berapa Tarif Pasang Iklan di Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang saat ini digandrungi hampir seluruh lapisan masyarakat dari berbagai usia. Banyak orang kemudian tertarik untuk menjadikan Instagram sebagai media berbisnis dengan menjajakan produknya di sana. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan adalah iklan berbayar, tapi berapa tarif pasang iklan di Instagram saat ini?

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh pengembang, Instagram bisa membawa sebuah brand mendapatkan banyak pelanggan. Untuk berbisnis, tersedia opsi akun bisnis yang bisa membantu dalam perolehan data penting. Pertanyaan mengenai berapa tarif pasang iklan di Instagram mulai banyak muncul seiring kesadaran akan pentingnya beriklan di media ini.

Biaya Iklan di Instagram

Pertanyaan berapa tarif pasang iklan di Instagram merupakan pertanyaan dasar yang biasanya dimiliki oleh pebisnis pemula. Pada tahun 2019 lalu, biaya iklan di Instagram biasanya bisa dibandrol dengan harga paling murah Rp25.000 per-harinya. Harga yang dipilih tentu saja berkaitan dengan seberapa banyak iklan tersebut ditayangkan di pengguna.

Kabar baik mulai berhembus di tahun 2020 ini karena memang anggaran dana iklan bisa dengan Rp10.000 saja. Tetapi untuk jangkauan yang lebih luas, paling mahal iklan dibandrol dengan harga Rp10 juta rupiah loh. Pilihan dana ini berbanding lurus dengan jumlah audience dan juga lama waktu penayangan. Sebuah iklan berharga 10 ribu hanya bisa menjangkau 3.400 orang.

Fitur terbaru dari Instagram saat ini bisa mengatur target audiens yang diinginkan berdasarkan jenis kelamin ataupun tempat tinggal. Bahkan iklan juga bisa diatur menurut hobi dari penggunanya dan juga beberapa spesifikasi lainnya loh.

Sistem yang dimiliki Instagram akan melakukan penghitungan terhadap pengaturan yang dilakukan. Bahkan waktu penayangan iklan pun menjadi salah satu pertimbangan mahal tidaknya harga beriklan. Jadi bisa dibilang untuk beriklan di Instagram, bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki dan fitur yang diinginkan.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Jenis Iklan di Instagram

Iklan di Instagram ternyata ada banyak macamnya loh dan bisa disesuaikan dengan market yang ditargetkan. Pemilihan jenis iklan yang benar juga sangat penting untuk penyesuaian konten di dalamnya. Ini karena memang dimensi foto di tiap jenis iklannya berbeda-beda setiap jenisnya. Ini dia beberapa jenis iklan yang ada di Instagram:

1. Iklan Cerita

Salah satu jenis iklan paling dasar yang ada di Instagram adalah iklan pada fitur Stories dengan ciri khas dimensi memanjangnya. Iklan pertama ini biasanya akan muncul dalam setiap kali menggeser 3 cerita dari akun berbeda yang diikuti. Iklan jenis ini bisa terhubung langsung dengan website penjualan sehingga memang lebih mudah bagi pelanggan.

Fitur iklan dari cerita ini bisa menjangkau banyak sekali pelanggan setiap harinya loh. saat ini membuka cerita menjadi rutinitas yang menarik perhatian daripada melihat-lihat timeline dengan isi yang seringkali monoton. Instagram juga biasanya menyesuaikan iklan berdasar preferensi pengguna untuk meningkatkan angka insight.

2. Iklan Foto

Jenis iklan kedua yang ditawarkan oleh pihak Instagram adalah iklan foto yang biasanya muncul di timeline dari pengguna. Iklan ini biasanya berfungsi untuk mempromosikan salah satu unggahan foto yang ada di sebuah akun. Di sini biasanya ditampilkan visual sederhana dari produk yang ditawarkan dengan format persegi atau lanskap.

Iklan foto tidak hanya menampilkan sebuah foto dan akun pemilik saja tetapi juga bisa disertakan link yang akan muncul menjadi tulisan biru “Shop Now”. Meskipun tampak sederhana, jika foto yang diambil tampak unik dan menarik, pelanggan akan tertarik untuk mengunjungi akun bisnisnya.

3. Iklan Video

Instagram memiliki fitur untuk mengunggah tidak hanya foto tetapi juga video dalam durasi 2 menit saja. Hal ini tentunya bisa menjadi kesempatan besar sebagai media promosi. Iklan video yang kurang dari dua menit harus diciptakan dengan baik agar bisa menarik pelanggan.

Format yang bisa digunakan untuk iklan video adalah format persegi ataupun lanskap sesuai dengan konsep yang dibutuhkan. Mengiklankan produk dengan video bisa memberikan kekuatan berupa suara, penampilan, dan juga gerakan tertentu. Buat konsep semenarik mungkin dengan video yang tidak membosankan.

Baca juga: Cara Iklan Instagram Tertarget

4. Iklan Carousel

Jika mencari jenis iklan yang lebih kaya dengan rincian produk yang lebih jelas, maka iklan carousel ini adalah jenis iklan yang tepat. Melakukan promosi dengan iklan ini bisa membuat satu postingan iklan berisi berbagai produk ataupun satu produk dengan sudut berbeda.

Hebatnya lagi, jenis iklan satu ini bisa memuat video dan juga foto loh dalam satu postingan. Target pemasaran hanya perlu menggeser foto atau video untuk mendapatkan detail yang lebih lengkap dari produk yang dipasarkan. Ini tentunya bisa jadi tantangan baru karena sebisa mungkin informasi mengenai produk bisa tersampaikan secara mendetail.

5. Iklan Koleksi

Pada Iklan koleksi ini biasanya berformat persegi tetapi dengan muatan atau gambar yang lebih banyak di dalamnya. Tipe iklan satu ini sering digunakan untuk produk mengenai gaya hidup manusia yang bisa dilihat dari berbagai sisi.

Dalam iklan ini bisa disertakan foto dan video ataupun gabungan dari keduanya. Dari iklan ini, audience dapat menangkap informasi lebih jelas mengenai produk yang ditawarkan tanpa melakukan swipe.

6. Iklan di Jelajah

Instagram menyediakan fitur jelajah untuk membuat penggunanya bisa menyaksikan beberapa hal dari akun yang tidak diikuti. Tampilan yang ada di jelajah biasanya disesuaikan dengan like ataupun interaksi yang dilakukan oleh pengguna. Ini juga menjadi salah satu media untuk beriklan loh.

Di bagian atas lebih tepatnya di bawah tab pencarian, ada salah satu opsi Shop untuk beriklan. Tab ini sering digunakan oleh pengguna Instagram yang sedang mencari barang tertentu untuk dibeli. Lewat iklan di jelajah, kemungkinan audience untuk melakukan transaksi menjadi lebih besar.

Membuat Iklan di Instagram

Setelah tau tentang berapa tarif pasang iklan di Instagram, hal menarik selanjutnya sudah pasti cara membuat iklan di platform tersebut. Membuat Iklan di Instagram cukup mudah yakni pertama kali hanya perlu membuat Fanpage terlebih dahulu di Facebook. Ini membuat pengguna bisa berpromosi di Facebook sekaligus di Instagram.

Setelah itu kunjungi halaman Ads Manager Facebook kemudian memilih opsi “Create Ads” pada bagian atas tampilan. Akan ada beberapa opsi sebagai tujuan beriklan yang mendukung Instagram Ads seperti Video Views, Engagement, Conversions dan Brand Awareness. Saat sudah memilih tujuan beriklan, langkah berikutnya yaitu memilih target audiens, anggaran, dan jam penayangan.

Ketiga Hal inilah yang kemudian membuat harga dari iklan di Instagram bervariasi. Setelah selesai dengan pengaturan tersebut, hanya perlu mengunggah konten yang ingin diiklankan. Buat keterangan yang dikehendaki, lalu pilih opsi “Instagram Account” pada bagian atas dan masukkan username dan password. Terakhir, pilih call to action button lalu masukkan url toko.

Nah itu dia beberapa informasi penting mengenai berapa tarif pasang iklan di Instagram yang sebenarnya. Jangan terlalu ragu untuk melakukan promosi dari produk yang dihasilkan karena ini penting untuk menjangkau pelanggan. Buat konten semenarik mungkin dan kreatif pastinya agar brand awareness di masyarakat meningkat. Yang terpenting, jangan lupakan kualitas produk.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram