Cara Iklan Instagram Tertarget Agar Konversi Maksimal

Instagram merupakan social media yang banyak digunakan oleh para milenial untuk berkomunikasi maupun untuk menunjukkan sebuah momen. Namun, selain itu, Instagram juga bisa digunakan sebagai tempat berbisnis dan berjualan. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki fitur yang dapat mengiklankan akun dengan target yang diinginkan. Namun, bagaimanakah cara iklan instagram tertarget agar dapat konsumen yang tepat?

Kenapa Instagram?

Salah satu keunggulan dari Instagram adalah banyaknya fitur yang bisa membantu mengiklankan sebuah akun dengan gratis. Beberapa fitur diantaranya adalah Instastory, hashtag dan postingan pada akun. Namun, iklan secara gratis tersebut hanya dapat dilihat oleh para pengikut saja. Jika ingin iklan ke konsumen yang tepat sasaran, maka ada baiknya menggunakan Instagram Ads.

Instagram Ads adalah fitur yang dapat mengiklankan sebuah akun atau produk dengan random sehingga dapat terlihat oleh berbagai pengguna. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pengguna harus membayarkan sejumlah dana agar akun dipromosikan. Namun, Instagram Ads tidak hanya sekedar mengiklan akun ke semua orang, melainkan ke konsumen yang tepat.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram

Cara Membuat Iklan di Instagram

Sebelum mengetahui cara iklan Instagram tertarget, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat Instagram Ads. Untuk bisa menggunakan fitur ini, maka akun Instagram harus berbentuk akun bisnis terlebih dahulu dan harus memiliki akun Facebook. Selanjutnya ikutilah langkah-langkah berikut untuk membuat Instagram Ads pada Instagram:

1. Create Ads melalui Facebook

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk pembuatan iklan adalah membuat fanpage dengan menggunakan akun Facebook. Dengan fanpage ini, pemilik akun bisa beriklan tidak hanya di Facebook namun juga di Instagram. Selanjutnya, melalui Ads Manager buatlah iklan dengan menekan tombol Create Ads pada tombol kanan atas.

Pada bagian ini, pengguna akun bisa memilih antara dua jenis iklan yang disediakan, yaitu iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Karena target dari iklan ini adalah orang yang spesifik, maka sebaiknya menggunakan ol;am terpandu. Karena jenis iklan ini lebih spesifik dan detail dibandingkan dengan iklan cepat.

Pada saat pembuatan iklan, tentukan pula tujuan dari iklan tersebut. Ada 3 jenis kategori yang disediakan yaitu kesadaran, pertimbangan dan konversi. Setiap kategori memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing, maka sebaiknya mengetahui tujuan dari masing-masing kategori.

Untuk cara iklan Instagram tertarget, maka pilihlah kategori kesadaran dengan pilihan kesadaran. Kategori ini akan membantu meningkatkan brand awareness orang dan menjangkau orang-orang yang berpotensi besar tertarik terhadap merek produk.

Atau para pemilik usaha juga bisa memilih kategori konversi dan memilih penjualan katalog produk. Jenis kategori ini akan menampilkan produk sesuai dengan target yang ditentukan sehingga berpeluang menambah penjualan.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

2. Menentukan Pilihan Iklan

Jika tujuan iklan telah ditetapkan, maka tahap selanjutnya adalah jenis anggaran dan tayangan dari iklan tersebut. Facebook menyediakan dua opsi iklan yaitu uji split dan optimalkan anggaran. Yang dimaksud dalam optimal anggaran adalah iklan akan ditampilkan secara optimal dalam semua set iklan dengan anggaran harian atau total anggaran yang telah ditetapkan. Bagi yang memiliki anggaran terbatas, dapat menggunakan pilihan strategi kampanye.

Namun, bagi yang merasa bahwa target audience-nya tidak selalu online maka ada baiknya memilih penjadwalan iklan. Dengan pilihan ini, maka para user dapat menentukan sendiri jam tayang iklan agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Sedangkan untuk uji split, user akan membuat dua iklan dengan konten yang berbeda dengan audiensyang berbeda pula. Dengan cara tersebut, pengguna dapat mengetahui mana iklan yang mendapatkan respon paling banyak dari dua jenis audience tersebut. Namun, harga dari opsi ini juga lebih mahal dibandingkan dengan pengoptimalan anggaran.

3. Menentukan Target Audience

Untuk memastikan agar iklan dilihat oleh audience yang tepat, maka pilihlah target yang benar. Cara iklan Instagram tertarget dapat dilakukan dengan memilih spesifikasi orang yang diinginkan. Semakin detail spesifikasi yang dibuat, maka semakin besar pula peluang untuk memiliki audience yang tepat sasaran.

Pada bagian ini, para user bahkan dapat mengatur agar iklan dapat tayang pada orang-orang tertentu, seperti pelanggan loyal atau pelanggan yang pernah membeli di akun tersebut. Namun, jika ingin yang lebih luas lagi, maka pengguna dapat mengosongkan bagian tersebut juga.

Untuk lokasi, tentukan target lokasi dari para audience yang diinginkan. Jika targetnya adalah seluruh masyarakat di Indonesia, maka pilihlah lokasi indonesia, tanpa harus memilih kota maupun kode posnya. Namun, jika ingin spesifik pada suatu tempat, tinggal menambahkan informasi lokasi.

Cara iklan Instagram tertarget adalah dengan menentukan jenis umur dan kelamin di awal pengaturan. Pastikan pengaturan ini sudah sesuai agar iklan hanya muncul pada orang-orang yang memang tertarik dengan produk atau bisnis akun tersebut.

Untuk membantu iklan agar lebih detail lagi, maka dalam pengaturan  iklan dapat dipilih juga minat dan perilaku yang diinginkan. Contohnya, jika pengguna akan mengiklankan pakaian olahraga, maka pilihlah minat olahraga atau kebugaran dan kesehatan.

4. Penempatan

Karena tujuan awalnya adalah menempatkan iklan di Instagram, maka pastikan untuk memilih penempatan Instagram sebagai tempat iklan. Pilihlah semua opsi yang berada di Instagram, sehingga iklan dapat muncul di Instastory maupun di postingan kabar. Dengan begitu, peluang iklan terlihat oleh orang lain akan semakin besar.

Namun, salah satu kelebihan dari fitur ini adalah iklan dapat ditayangkan di berbagai tempat lainnya selain Instagram seperti Facebook dan Audience Network. Meskipun berbeda platform namun target audience-nya akan tetap sama sesuai dengan pengaturan.

5. Pilih Format Iklan

Sebelum meluncurkan iklannya, pilihlah jenis format iklan yang ingin ditampilkan. Di Instagram ada lime format yang dapat dipilih mulai dari karosel hingga video tunggal. Pilihlah jenis format iklan yang dirasa terbaik dan dapat mewakili akun bisnis tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan judul dan tulisan agar menarik target audience untuk berkunjung atau melihat akun bisnis. Selanjutnya, pastikan untuk melakukan pembayaran agar iklan dapat segera tayang.

Salah satu kunci dalam cara iklan Instagram tertarget adalah data dari audience yang diinginkan. Selain informasi gender dan umur, perlu diketahui pula jam yang paling efektif untuk iklan ditayangkan. Karena bisa jadi target audience hanya membuka Instagram pada jam-jam tertentu saja. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui detail mengenai audience yang diinginkan.

Jadi, itulah cara iklan Instagram tertarget yang bisa dilakukan para pelaku usaha yang ingin mempromosikan akun atau bisnisnya. Caranya pun sangat mudah dan dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, jadi tidak membutuhkan anggaran yang besar. Selain itu, Instagram memiliki fitur yang dapat melihat dan menganalisa kunjungan pada akun sehingga bisa melihat apakah iklan sudah efektif atau belum.

Dengan fitur-fitur tersebut, para pengguna tidak hanya mempromosikan iklan namun juga bisa memastikan apakah iklan efektif atau tidak. Sehingga jika ada yang kurang efektif, maka iklan dapat disesuaikan dan diperbaiki lagi. Jadi, silahkan mencoba cara iklan Instagram tertarget di atas untuk mendapatkan audience yang diinginkan.