Cara Iklan Di Instagram Gratis Paling Praktis

Instagram merupakan salah satu social media yang banyak digunakan untuk kegiatan berbisnis. Banyaknya pengguna di Indonesia serta kemudahan dalam menggunakannya merupakan salah satu alasannya. Namun, selain itu, Instragam memiliki fitur dimana para akun bisnis dapat mempromosikan akunnya secara gratis. Mari pelajari cara iklan di Instagram gratis dengan cara yang mudah dan simpel.

Pada umumnya, mempromosikan sebuah bisnis tidaklah gratis. Hal ini pun juga berlaku di fitur iklan Instagram Ads yang ada di Instagram. Dengan membayar nominal tertentu, iklan mengenai usaha klien akan muncul di Instagram selama periode tertentu dan dapat dilihat oleh banyak orang sekaligus. Semakin besar jumlah yang dibayarkan, maka semakin sering iklannya akan ditayangkan.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Trik untuk Beriklan Gratis di Instagram

Meskipun Instagram Ads berbayar, namun tetap ada cara iklan di Instagram gratis yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha. Namun, sebelum melakukan cara-cara tersebut, ada baiknya untuk membuat akun Instagram menjadi akun bisnis dulu. Hal ini untuk mempermudah proses pencarian akun nantinya. Bagi yang ingin beriklan gratis di Instagram cobalah cara-cara berikut:

1. Instastory

Cara iklan di Instagram gratis yang pertama adalah dengan membuat Instastory mengenai usaha atau sebuah produk. Setiap akun Instagram memiliki akses untuk membuat Instastory yang dapat dilihat oleh orang lain. Agar Instastory dapat dilihat oleh orang lain selain pengikut akun, maka pastikan untuk tidak menggembok akun (jika bukan akun bisnis)

Instastory pada Instagram dapat bertahan selama 24 jam, sehingga para pengikut bisa melihatnya selama periode tersebut. Namun, jika ingin Instastory tidak hilang, maka taruhlah di highlight. Fungsi dari highlight adalah menyimpan atau mendokumentasikan postingan penting agar mudah dicari dan dilihat. Sehingga pastikan untuk menggunakan fitur ini untuk memudahkan akses pencarian.

Cara membuat Instastory pun sangat mudah dan cepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol + di kiri atas foto profil. Selanjutnya, jika hanya ingin mengunggah foto lama, maka tekan layar ke atas dan pilihlah foto dari galeri. Tambahkan beberapa kalimat dan kata untuk menarik orang berkunjung ke akun dagangan.

Sedangkan bagi yang ingin membuat video, caranya tidak jauh berbeda. Dengan masuk ke fitur Instastory, tekan tombol biru pada bawah layar dan tekanlah sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Satu video Instastory hanya bisa merekam untuk beberapa Detik saja jadi pastikan untuk merekam secara efektif.

2. Hashtag

Jika ingin akun lebih mudah dicari oleh banyak orang, maka caranya adalah dengan memberi hashtag atau pagar pada bagian deskripsi foto atau komen. Jadi, dengan memasang hashtag pada postingan orang yang sedang mencari hal tersebut bisa melihat akun yang menggunakan hashtag yang sama.

Contohnya, jika menjual kentang, pasanglah #kentangsurabaya pada setiap postingan. Selanjutnya, jika seorang pembeli ingin mencari kentang di surabaya, mereka bisa mencari dengan hashtag yang sama. Jika hal tersebut dilakukan, maka akun atau postingan tersebut dapat dilihat oleh yang bersangkutan.

Oleh karena itu hashtag memegang peranan yang penting dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah akun. Jadi, usahakan untuk selalu memasang hashtag pada setiap postingan. Semakin banyak dan detail hashtag-nya, maka semakin besar peluangnya untuk ditemukan oleh pembeli.

3. Program Beriklan Gratis

Banyak perusahaan media digital yang juga menyediakan layanan iklan gratis. Namun, sebelum akun diiklankan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti mengikuti akun tersebut dan menyebutkan nama akun tersebut. Cara iklan di Instagram gratis ini sebenarnya mudah dan bisa saling menguntungkan satu sama lain.

Namun, tidak semua akun bisa mengikuti program ini karena jumlahnya biasanya akan dibatasi. Jadi, jika ingin ikut program tersebut maka pastikan untuk mengirimkan informasi semenarik mungkin mengenai usaha yang dijalankan.

Baca juga: Cara Iklan Instagram Tertarget

4. Rajin Update Isi Instagram

Salah satu trik untuk iklan gratis di Instagram adalah dengan rajin update isi dari akun tersebut. Semakin sering diupdate dan diunggah, maka semakin sering akan muncul di layar atau Home pengikut. Jadi, usahakan untuk mengunggah foto atau video pada akun untuk menarik perhatian konsumen.

Selain itu, pastikan untuk memposting di saat yang tepat. Jadi, dari 24 jam sehari, pada jam berapakah orang paling sering membuka Instagram? JIka sudah menemukan jawabannya, maka unggahlah postingan pada jam tersebut agar dapat dilihat oleh orang lain. Pada umumnya, orang akan membuka Instagram mulai pagi hari dari jam 06.00-08.00 atau siang hari pada jam 12:00-14:00.

5. Repost di Instagram Pribadi

Ketika akun mengunggah sebuah foto atau video, yang dapat melihat unggahan tersebut secara langsung hanyalah yang mengikuti akun tersebut. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika pengikutnya sudah banyak, namun jika masih sedikit maka tidak akan ada yang melihatnya. Oleh karena itu, ketika ingin Instastory juga dilihat oleh orang lain, maka repostlah menggunakan akun pribadi.

Caranya pun sangat mudah, yaitu ketika akan mengunggah foto atau video, jangan lupa untuk menyebut nama akun pribadi. Selanjutnya, dengan akun pribadi, repost postingan tersebut agar dapat dilihat oleh orang-orang yang mengikuti akun pribadi. Cara ini berpeluang membuat orang mengikuti akun bisnis tersebut.

6. Manfaatkan Akun Teman & Keluarga

Manfaat akun teman dan keluarga untuk melakukan iklan gratis di Instagram. Cara iklan di Instagram gratis sebenarnya sama dengan cara di atas, namun jangan lupa untuk menyebut nama mereka juga. Atau jika ingin cara yang lebih mudah, lakukan endorsement dengan pihak keluarga. Berikan sampel maupun produk aslinya agar dapat dipromosikan pada akun pribadi mereka.

Kekurangan dari Iklan Gratis di Instagram

Meskipun banyak cara iklan di Instagram gratis, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya ada keterbatasan waktu tayang dan jangkauan yang bisa dilakukan. Cara-cara diatas tidak akan tayang lama terutama untuk Instastory. Oleh karena itu, salah satu caranya adalah dengan menyimpannya di postingan maupun highlight.

Cara tersebut ampuh untuk menyimpan postingan namun tidak dapat memunculkannya lagi dalam Instastory atau home orang lain. Para pelaku usaha harus mengunggahnya lagi agar dapat muncul dan dilihat oleh orang. Oleh karena itu, para pemilik bisnis harus rajin mengunggah dan update isi dari akun yang ada.

Selain itu, kekurangan dari iklan gratis di Instagram adalah terbatasnya jumlah orang yang melihat. Jika tidak menggunakan hashtag orang tidak akan terlalu sadar akan kehadiran akun atau postingan tersebut. Sedangkan jika menggunakan iklan berbayar, iklan akan sering muncul dan dapat dilihat oleh banyak orang sekaligus meskipun tidak berteman.

Namun, bagi para pengusaha baru, cara iklan di Instagram gratis dapat dicoba terlebih dahulu untuk menambah pengikut. Cara-cara tersebut juga dapat menambah jumlah pengunjung yang melihat akun bisnis usaha. Jangan lupa untuk terus berusaha dan mengikuti akun orang agar mereka menjadi penasaran mengenai akun yang mengikuti mereka.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram