Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Dulu Instagram hanya sebuah media sosial yang digunakan untuk membagikan video maupun foto yang berkaitan dengan kehidupan keseharian. Namun, karena banyak yang menggunakannya sebagai platform bisnis, maka Instagram mengeluarkan jenis akun baru, yaitu Instagram bisnis. Bagi yang tertarik untuk menggunakannya, sebaiknya cari tahu dulu tentang cara membuat akun bisnis Instagram.

Pebisnis khususnya wajib tahu bagaimana cara membuat akun bisnis Instagram karena akan berguna untuk memajukan bisnis yang dirintis. Bahkan, penggunaan media sosial Instagram juga mampu meningkatkan penjualan. Namun, sebelum mengetahui bagaimana membuat akun bisnis Instagram, ketahui dulu apa saja fungsi Instagram bisnis berikut ini.

Fungsi Instagram Bisnis

Selain jenis akun Instagram bisnis pribadi, kini terdapat jenis akun Instagram bisnis. Akun ini digunakan untuk mempromosikan bisnis dengan cara menjaring audiens yang dianggap sebagai pelanggan potensial. Oleh karena itu, penting bagi pebisnis tahu cara membuat akun bisnis Instagram karena fungsinya beragam. Adapun fungsi Instagram bisnis lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang telah diketahui bahwa Instagram begitu populer bagi semua umur dan kalangan. Kemudian, pebisnis dapat menentukan kategori audiens berdasarkan usia hingga minat calon pelanggan melalui iklan yang dipasang pada Instagram bisnis. Dengan seringnya iklan yang tampil pada platform Instagram, maka brand awareness-pun meningkat.

2. Memudahkan dalam Melihat Insight Market

Salah satu keunggulan dari Instagram bisnis yaitu terdapat fitur insight, Fitur ini sangat memudahkan pebisnis mengetahui statistik jangkauan, jumlah klik situs, email, telepon hingga impresi profil. Dengan adanya insight maka pebisnis dapat lebih optimal dalam menggunakan Instagram bisnis dan menentukan strategi bisnis yang akan diaplikasikan.

3. Memudahkan dalam Menentukan Waktu Terbaik untuk Posting

Adanya fitur insight juga bisa membantu pebisnis menentukan kapan waktu terbaik untuk posting. Statistik yang ditampilkan, seperti jam dan hari apa postingan yang mendapat banyak respon akan mudah dilihat oleh pebisnis. Oleh karena itulah mengapa pebisnis wajib tau cara membuat akun bisnis Instagram agar tidak menebak-nebak kapan waktu terbaik untuk posting.

4. Memungkinkan Pebisnis Beriklan ke Pelanggan Potensial

Fungsi lain Instagram bisnis yaitu memudahkan pebisnis jika ingin beriklan dan ditujukan pada pelanggan potensial. Pasalnya, pebisnis bisa mengatur siapa saja audiens yang bisa melihat iklan tersebut, baik melalui feeds maupun Instagram Stories. Kemudian, pelanggan juga akan lebih mudah menjangkau suatu bisnis melalui akun bisnis Instagram.

Baca juga: Berapa Tarif Pasang Iklan di Instagram?

5. Membantu Pebisnis dalam Merespon Pelanggan

Akun bisnis Instagram akan lebih mudah dijangkau oleh pelanggan. Maka, pelanggan dapat berkomunikasi dengan suatu bisnis hanya dari akun bisnis Instagram saja. Pebisnis pun bisa lebih cepat merespon pelanggan, baik ketika bertanya soal produk atau jasa, atau ketika pelanggan melakukan komplain.

Fitur Instagram Bisnis

Semua fungsi Instagram bisnis tersebut dapat dimaksimalkan melalui beragam fitur Instagram bisnis. Oleh karena itu, bagi para pebisnis selain mengetahui bagaimana cara membuat akun bisnis Instagram juga wajib memahami fitur apa saja yang ada pada Instagram bisnis. Berikut ini adalah fitur Instagram bisnis yang bisa membantu mengembangkan bisnis:

1. Postingan yang Dipromosikan

Fitur ini memudahkan pebisnis ketika ingin mempromosikan bisnisnya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Pebisnis bisa memilih postingan apa yang ingin dipromosikan dan muncul melalui Instagram Story atau Feed audiens. Namun, pebisnis sebaiknya juga memperhatikan tujuan, audiens, durasi, dan juga budget ketika ingin mempromosikan bisnis melalui Instagram bisnis.

2. Kontak Bisnis

Pebisnis bisa memilih jenis kontak apa yang ingin dihubungi oleh pelanggan, yaitu bisa berupa e-mail bahkan nomor handphone. Jika memiliki website juga bisa disisipkan pada bagian kontak untuk menggiring audiens agar membukanya. Kemudian, pebisnis juga bisa memasukkan alamat untuk memudahkan audiens jika ingin mengunjungi toko offline suatu bisnis.

3. Insight

Fitur ini berguna bagi pebisnis karena bisa menganalisa sejauh mana followers maupun pengunjung terhubung dengan konten di suatu akun Instagram bisnis. Melalui insight, pebisnis dapat dengan mudah melihat statistik yang berhubungan dengan audiens, konten, dan juga aktivitas. Dengan begitu, pebisnis akan lebih mudah menentukan strategi seperti apa yang akan diterapkan.

4. Label Produk

Bagi pebisnis yang menjual produk di Instagram bisnis bisa menggunakan fitur label produk. Fitur ini membuat feed terlihat seperti etalase toko sehingga audiens lebih mudah untuk melihat spesifikasi dan harga produk. Jika ingin melakukan pembelian, audiens tinggal klik ‘masukkan ke keranjang belanja’ dan melakukan pembayaran.

5. Link Terkait Informasi Produk

Ketika menggunakan Instagram story untuk beriklan, pebisnis bisa menggunakan fitur link terkait informasi produk. Jadi, audiens tinggal swipe up atau menggeser story ke atas untuk melihat produk yang diiklankan di halaman website. Dengan begitu, audiens dapat dengan mudah mengetahui spesifikasi produk yang diiklankan tersebut tanpa kesulitan mencarinya di website.

6. Auto Reply

Mengaktifkan fitur Auto Reply bisa memudahkan pebisnis ketika sedang offline. Fitur ini bisa memberikan informasi yang pelanggan inginkan meskipun admin sedang tidak online. Pebisnis hanya mengatur keyword apa saja yang bisa pelanggan tulis untuk mendapatkan informasi terkait.

Contoh Bio Instagram Bisnis

Jasa Followers Instagram

Ada banyak fitur Instagram bisnis yang bisa mendongkrak penjualan dan memajukan bisnis yang dirintis. Namun, ada satu hal lain yang bisa menentukan keberhasilan suatu bisnis melalui Instagram bisnis, yaitu pengisian bio atau biodata. Bio pada akun Instagram bisnis merupakan profil yang ingin ditunjukkan pada audiens.

Profil atau bio dianggap penting untuk diperhatikan karena mampu memberikan kesan pertama dari brand bisnis yang dirintis. Di Instagram bisnis, bio bisa memuat hingga 150 karakter yang berfungsi untuk menunjukkan nama bisnis dan juga deskripsi bisnis. Oleh karena itu, penting untuk mengisi bio yang menarik untuk menjaring banyak audiens dan juga pelanggan potensial.

Ada beragam contoh bio Instagram bisnis yang menarik untuk diaplikasikan. Misalnya, yaitu menggunakan emoji pada bio Instagram bisnis, namun gunakanlah secara terbatas. Emoji bisa menciptakan kepribadian brand suatu bisnis dan terkadang bisa memberikan kesan lebih menarik daripada kata-kata.

Sebagai contoh, menggunakan emoji pin lokasi untuk menunjukkan lokasi bisnis, atau amplop untuk menunjukkan alamat email. Jadi, pastikan emoji yang digunakan berhubungan dengan setiap item yang ingin disertakan dalam bio. Kemudian, bisa menggunakan hashtag branded untuk mengumpulkan konten yang dibuat oleh pengguna lainnya.

Hashtag ini bisa membantu audiens lainnya ketika mencari tahu produk maupun layanan bisnis yang ditawarkan. Sertakan juga call-to-action yang simple namun mengena. Namun, isi dari call-to-action ini harus sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Misalnya, jika Instagram bisnis tersebut bertujuan untuk memberikan informasi seputar produk. Maka, contoh call-to-action yang bisa dicoba, yaitu seperti ‘temukan produk favorit Anda di feed kami’ atau ‘temukan produk spesial khusus untuk pelanggan setia’.

Kemudian, sertakan pula informasi kontak yang dimiliki untuk memudahkan audiens ketika tertarik dengan produk atau layanan suatu bisnis. Terakhir, isi bio Instagram bisnis dengan menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Misalnya, jika menjual produk organik, bisa menggunakan kata-kata seperti ‘lebih natural lebih baik’ atau ‘hidup apik dengan organik’.

Baca juga: Kisah Sukses Bisnis Melalui Akun Instagram

Instagram Bisnis APK

Setelah mengetahui beragam contoh bio Instagram bisnis, kini saatnya mengetahui apa itu aplikasi Instagram bisnis dan bagaimana cara membuat akun bisnis Instagram. Instagram bisnis APK merupakan bagian dari aplikasi Instagram yang dikhususkan bagi pebisnis yang ingin melakukan promosi melalui Instagram.

Di Instagram bisnis, pebisnis bisa menjual berbagai produk maupun jasa hanya melalui Instagram. Ada banyak fitur pendukung di Instagram bisnis yang tidak ada pada Instagram personal sehingga mampu menjangkau lebih banyak audiens. Selain itu, tingkat interaksi antara sebuah bisnis dan audiens pun lebih mudah dibangun melalui Instagram bisnis APK.

Cara membuat akun bisnis Instagram sangatlah mudah, yaitu dengan mengunduh dan menginstall Instagram di Play Store atau App Store. Kemudian, buka Instagram, daftarkan dengan email bisnis dan lengkapi semua data yang ada di bio, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pilih ‘Pengaturan’ dan buka ‘Akun’, lalu pilih ‘Beralih ke Akun profesional’.

Kemudian, pilihlah jenis akun bisnis dan pilih kategori bisnis yang diinginkan dan pastikan kategori yang dipilih sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Isilah data informasi bisnis yang ingin ditampilkan pada profile. Jika memiliki halaman Facebook, tekan ‘Pilih Halaman’ dan log in ke akun Facebook tersebut.

Setelah itu, pengguna akan otomatis ke halaman utama akun Instagram bisnis dan telusurilah fitur yang ada pada akun bisnis tersebut. Jika ingin mengubah akun Instagram pribadi ke bisnis, mulailah dari memilih ‘beralih ke akun profesional’. Kemudian, ikuti langkah selanjutnya sesuai yang telah dijelaskan di atas.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram

Apakah Akun Bisnis Instagram Berbayar?

Instagram bisnis diperuntukkan bagi pebisnis yang ingin mempromosikan bisnisnya. Fiturnya yang bervariasi juga bisa mendukung kemajuan bisnis dan meningkatkan penjualan. Bahkan, cara membuat akun bisnis Instagram sangat mudah sehingga tidak ada alasan bagi pebisnis untuk tidak menggunakannya.

Namun, salah satu keraguan pengguna Instagram bisnis adalah apakah akun bisnis Instagram berbayar? Jawabannya adalah tidak, akun bisnis Instagram tidak berbayar alias gratis. Namun, apabila ingin memaksimalkan penggunaan Instagram bisnis dengan cara beriklan, pebisnis bisa melakukan pembayaran.

Instagram Ads merupakan platform khusus untuk beriklan di Instagram feeds maupun stories. Cara membuat akun bisnis Instagram dan membuat iklannya pun amat mudah dilakukan. Namun, sebelum ingin beriklan di Instagram Ads, pastikan sudah memiliki halaman Facebook terlebih dahulu.

Langkah pertama dalam membuat Instagram Ads yaitu dengan membuka halaman facebook Ads Manager dan buka menu ‘Kampanye’ dan klik ‘Buat Iklan’. Pebisnis dihadirkan dua pilihan dalam membuat iklan, yaitu ‘Pembuatan Iklan Terpadu’ dan ‘Pembuatan Iklan Cepat’. Jika ingin iklan yang dibuat lebih spesifik, pilihlah ‘Pembuatan Iklan Terpadu’.

Baca juga: Cara Mendapat Followers Instagram Gratis

Tentukan tujuan iklan yang ingin dicapai, dengan meng-klik kategori yang dihadirkan, yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Pertimbangkan tujuan iklan yang paling cocok untuk bisnis tersebut kemudian pilih jenis iklan. Ada dua jenis iklan yang ditawarkan, yaitu ‘Uji Split’ dan ‘Pengoptimalan Anggaran’ dan pilihlah salah satunya.

Kemudian, tulis nama iklan dan pilih tujuan trafik, apakah ingin diarahkan ke website, WhatsApp, atau aplikasi lainnya. Tentukan pula spesifikasi target audiens, yaitu berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, dan penargetan terperinci lainnya. Setelah itu, tentukan penempatan, apakah ingin ditampilkan di Instagram saja atau sekaligus di halaman Facebook.

Pilih jadwal iklan yang akan ditampilkan dan hubungkan dengan akun Instagram bisnis yang telah dibuat. Selanjutnya, pilih format iklan, buatlah teks dan pilih gambar yang menarik perhatian audiens. Terakhir, lakukan pembayaran, bisa melalui kartu debit maupun kartu kredit dan iklan pada Instagram Ads akan segera tampil.

Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik

Ternyata cara membuat akun bisnis Instagram sangat mudah namun membuat Instagram bisnis menarik adalah tantangan tersendiri. Namun, pebisnis sebaiknya mampu membuat Instagram bisnis menarik untuk mendapatkan lebih banyak atensi audiens. Jika ingin mengetahui bagaimana cara membuat Instagram bisnis menjadi menarik, berikut ini adalah ulasannya:

1. Memiliki Konsep Postingan Feeds yang Rapi

Instagram merupakan media sosial yang amat visual sehingga harus memiliki tampilan akun yang bagus dan rapi. Namun, tidak perlu juga me-hire desainer grafis ataupun fotografer profesional asalkan foto yang ditampilkan terang, tajam, dan memiliki komposisi yang bagus. Setelah itu, perhatikan juga caption tiap postingan dan usahakan berinteraksi dengan audiens.

2. Aktif di Fitur Instagram Stories

Instagram Stories dapat hilang setelah diposting selama 24 jam, namun fitur ini mampu membangun hubungan dan interaksi yang baik dengan audiens. Pasalnya, di dalam fitur Instagram stories terdapat subfitur yang menarik sehingga akun Instagram bisnis bisa berinteraksi dengan audiens. Instagram stories juga menghadirkan visual lebih besar sehingga mampu menarik perhatian audiens.

3. Memaksimalkan Fitur Video/IGTV

Durasi posting video di Instagram sangat terbatas yaitu hanya 60 detik saja. Namun, jangan khawatir karena ada fitur IGTV dimana pebisnis bisa membagikan konten video dengan durasi yang lebih lama. Dengan menggunakan IGTV, maka konten yang dihadirkan lebih bervariasi, misalnya membuat video endorsement, tutorial, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Fitur Label Produk

Buatlah audiens memiliki pengalaman nyata berbelanja meskipun hanya melalui Instagram bisnis. Oleh karena itu, pebisnis bisa menggunakan fitur label produk sehingga audiens bisa lebih mudah melihat spesifikasi produk dan melakukan pembelian. Fitur label produk juga memiliki tab tersendiri sehingga bisa berfungsi juga sebagai katalog.

5. Memberikan Promo Diskon atau Giveaway

Untuk mengakali algoritma Instagram yang kian random, maka pebisnis bisa memberikan promo berupa diskon atau giveaway. Cara ini tidak hanya bisa membuat Instagram bisnis menjadi lebih menarik tetapi juga bisa menambah engagement rate, followers, dan brand awareness. Konten seperti ini juga bisa membuat bisnis menjadi viral dan diketahui lebih banyak audiens.

6. Aktif Repost Foto Followers

Cara membuat akun bisnis Instagram tidaklah sulit namun membuatnya menjadi lebih menarik butuh perhatian tersendiri. Salah satunya yaitu dengan aktif repost foto dari followers yang telah mempromosikan bisnis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa suatu akun Instagram bisnis pun peduli dengan para followers-nya. Cara ini dianggap efektif untuk menaikkan jumlah followers dan juga engagement rate.

7. Beriklan di Instagram Ads

Setelah membuat konten yang menarik baik di feeds maupun di Instagram Stories, cobalah untuk beriklan di Instagram Ads. Instagram Ads mampu mempromosikan suatu bisnis lebih spesifik pada audiens. Pasalnya, pebisnis yang ingin beriklan di Instagram Ads bisa menargetkan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, demografi, bahkan kebiasaan.

Baca juga: Cara Iklan Instagram Tertarget 

Itulah ulasan lengkap mengenai apa itu Instagram bisnis dan bagaimana cara membuat akun bisnis Instagram.

Ternyata membuat akun bisnis Instagram sangat mudah dan tidak memerlukan biaya. Kecuali Anda berpikir untuk membeli followers. Jadi, hal ini sangat layak untuk dicoba karena dengan aneka fitur yang lengkap, Instagram bisnis mampu memajukan dan mengembangkan suatu bisnis.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram