Connect with us

Bisnis

Cara Beli Followers Instagram dan Hal yang Perlu Anda Ketahui

Published

on

Cara beli followers Instagram

Instagram bukan hanya sekedar media sosial untuk berbagi konten foto. Saat ini Instagram sudah menjadi tempat orang atau perusahaan untuk branding. Instagram tidak ada artinya tanpa followers. Semakin banyak followers maka pengaruh pemilik akun akan semakin besar. Demi followers banyak, cara beli followers Instagram saat ini menjadi sesuatu yang dicari oleh para pemilik Instagram.

Instagram terbukti efektif dijadikan sebagai media promosi. Namun akun Instagram yang tidak memiliki banyak follower tentunya tidak memberi efek apa-apa terhadap penjualan. Jadi, banyak pemilik akun berlomba-lomba mencari followers bahkan jika harus membeli sekalipun. Cara beli followers di Instagram kian beragam. Artis, perusahaan, pemilik online shop melakukan hal ini.

Seperti apa sebenarnya seluk beluk pembelian followers Instagram ini? Apakah cara seperti ini legal dan aman? Apa pengaruhnya bagi pemilik akun? Artikel ini akan menjelaskan perihal cara beli followers Instagram dan serba-serbinya.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Hal yang Harus Diketahui Beli Followers IG

Cara Beli Followers Instagram dan Hal yang Perlu Anda Ketahui
Cara Beli Followers Instagram dan Hal yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata ada cara beli followers Instagram. Jangan-jangan akun IG yang memiliki jutaan followers itu juga hasil beli followers? Jawabannya, bisa jadi. Banyak orang memandang bahwa membeli followers Instagram itu adalah hal negatif. Pasalnya, followers hasil dari pembelian tampak seperti “teman palsu” di mata orang awam. Lalu, apa alasan mereka sampai harus membeli followers?

Instagram bisa diibaratkan showcase untuk pemiliknya. Apalagi jika pemiliknya adalah seseorang atau sebuah usaha yang memerlukan exposure. Tentu mereka memerlukan orang untuk melihat barang, jasa, atau person yang ada di akun Instagram tersebut. Followers adalah orang-orang yang bisa melakukan itu. Mereka akan melihat dan mengingat brand atau konten yang diunggah sehingga timbul rasa tertarik.

Followers ada dua jenis yaitu aktif dan pasif. Followers aktif artinya akun dimiliki dan dikendalikan oleh manusia. Sedangkan BOT adalah akun pasif yang berasal dari seluruh dunia dan tidak dioperasikan oleh manusia. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Followers aktif bisa unfollow kapan saja sedangkan followers BOT cenderung longlasting karena ia tidak akan unfollow.

Tujuan orang membeli followers adalah untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan likes serta comments, branding, dan tentu saja untuk berinteraksi. Yang bisa melakukan semua ini adalah followers aktif. Jika yang dibeli adalah followers pasif, maka hal ini tidak akan terjadi. Hal ini justru berujung kerugian pada akun-akun seperti online shop.

Membeli followers Instagram tidak sepenuhnya buruk selama dilakukan secara benar. Saat ini banyak penyedia layanan jasa followers Instagram. Mereka memiliki database akun-akun Instagram yang siap dijadikan followers untuk akun Instagram lain. Orang-orang pemilik akun Instagram yang tergabung dalam penyedia jasa followers akan mem-follow secara otomatis atau bisa dikatakan paksa.

Baca juga: Berapa Tarif Pasang Iklan di Instagram?

Walaupun secara paksa, namun orang-orang dalam database penyedia jasa followers tadi sudah paham akan konsekuensi bergabung dengan penyedia jasa followers. Jadi hal semacam ini legal. Penyedia jasa followers memiliki akses terbatas untuk mengendalikan akun-akun di dalam databasenya. Misalnya akses untuk following namun tidak dapat mengganti password apalagi menyabotase akun.

Selebgram yang Beli Followers

Tuduhan pembelian followers sering dialamatkan kepada para selebgram. Walaupun memang sebagian besar dari mereka terbukti melakukannya. Di Indonesia, beberapa selebgram juga pernah kepergok melakukan pembelian followers. Berikut ini daftarnya:

1. Ria Ricis

Pada tahun 2019 silam, Ria Ricis pernah mengeluh di Instagramnya bahwa akunnya error dan followers berkurang sampai 200 ribu. Selebgram dan YouTuber tajir ini ditengarai menggunakan followers palsu atau hasil membeli oleh beberapa netizen.

Namun, hal ini bisa jadi benar karena pada waktu itu, Instagram memang sedang melakukan pengecekan atas aktifitas tidak normal pada penggunanya. Instagram membersihkan akun-akun palsu atau kloning karena dianggap tidak memberikan efek apapun dan minim interaksi.

Ria Ricis sempat membantah dan mengatakan kalau yang terjadi murni error system. Bahkan ia berkata akan kembali follow back akun-akun followersnya yang tiba-tiba ter-unfollow. Kebenaran hal ini masih menjadi perbincangan pasalnya followers Ria Ricis kerap naik secara drastis.

Baca juga: Kisah Sukses Bisnis Melalui Akun Instagram

2. @canon_bw

Wilson, selebgram pemilik akun Instagram @canon_bw mengaku bahwa dirinya juga pernah membeli followers. Ia memilih menggunakan jasa penyedia automatic tools IG yang berfungsi untuk menaikkan jumlah likes, comments, dan juga follow serta unfollow.

Namun, semakin kesini ia menyadari kerugian menggunakan followers hasil pembelian ini. Pasalnya, profesinya sebagai fotografer membutuhkan followers aktif yang bisa berinteraksi. Likes dan comments dari followers asli sangat berpengaruh untuk meningkatkan audience dari foto-foto yang diposting.

Wilson merasa followers yang dibelinya tidak memberikan efek apa-apa terhadap foto hasil karyanya. Comments yang diberikan seperti hanya template belaka dan tidak ada hubungannya dengan postingan. Beberapa kalimat aneh yang diberikan followers palsu ini antara lain good, very nice dan this is cool.

3. Syahrini

Walaupun berprofesi sebagai artis, Syahrini bisa dikategorikan sebagai selebgram juga karena keaktifannya di Instagram. Banyak kegiatan endorse yang dilakukan oleh Syahrini dan bernilai hingga puluhan juta rupiah. Followers Syahrini juga terbilang banyak karena mencapai lebih dari 30 juta.

Namun begitu, Syahrini sering dituduh membeli followers baik oleh rekan sesama artis atau oleh pemilik akun Instagram lain. Beberapa waktu lalu followers Syahrini juga hilang secara tiba-tiba dalam jumlah banyak. Sebuah akun Instagram mengatakan kalau hal itu karena Syahrini membeli followers yang mayoritas BOT.

Walaupun belum ada bukti yang menguatkan, namun kehilangan followers secara tiba-tiba memang bisa menjadi indikasi bahwa akun dihinggapi banyak followers BOT. Sistem Instagram yang mendeteksi hal ini segera melakukan pembersihan karena aktivitasnya dianggap tidak wajar.

4. Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting bisa disebut sebagai ratu endorse. Tarif sekali endorse Ayu Ting Ting bisa mencapai nominal yang fantastis. Jumlah followersnya juga bisa bikin orang melongo. Pasalnya, ada sekitar lebih dari 40 juta followers yang bertengger di akun Instagram pedangdut asal Depok ini.

Pada tahun 2017 silam, Ayu pernah dituding membeli followers dan dilakukan penelitian terhadap akun Ayu. Didapatkan hasil sekitar 11% dari total followers Ayu disaat itu yang masih berjumlah 20 jutaan adalah palsu. Jadi ada sekitar 2,3 juta akun BOT dalam Instagram Ayu Ting Ting. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tool bernama FameAudit.

Artis yang Beli Followers

Idealnya, followers didapat secara alami tanpa harus membeli. Beberapa caranya adalah dengan cara konsisten mengunggah konten, memilih waktu yang tepat untuk mengunggah, hingga tepat memilih hashtag. Namun memang cara ini tidak bisa memberikan followers yang banyak dalam waktu singkat. Apalagi jika pemilik akun adalah sebuah usaha baru atau bukan orang yang berpengaruh.

Bagi seorang artis, membeli followers bisa meningkatkan popularitasnya. Memiliki banyak followers di Instagram akan membuat seorang artis tampak sukses, eksis, dan juga populer. Selain itu, Instagram juga sering dijadikan ajang promosi dan juga branding bagi artis itu sendiri. Apapun yang di posting di Instagram seolah mencerminkan jati diri si artis.

Cara beli followers Instagram yang merambah ke dunia selebriti membuktikan bahwa followers memang diperlukan. Pasalnya, followers memiliki kekuatan untuk menyebarkan maksud dan kemauan si artis. Artis menjadi semakin terkenal dan otomatis hal ini akan seiring dengan peningkatan pendapatan artis. Penjualan merchandise, album, film, atau apapun bisa didongkrak dari Instagram.

Baca juga: Cara Mendapat Followers Instagram Gratis

Semakin banyak follower menjadi tolak ukur pemilik akun semakin kesohor. Berikut ini deretan artis yang terbukti membeli followers:

1. Taylor Swift

Penyanyi kondang Taylor Swift ternyata juga membeli followers. Di akun Instagramnya, Swift memiliki setidaknya 120 juta followers. Namun siapa sangka 49% dari jumlah itu adalah akun palsu alias akun hasil pembelian.

2. Ariana Grande

Ariana Grande adalah idola anak muda karena karakter suaranya yang unik dan wajahnya yang imut. Tidak heran jika banyak orang mengikutinya di Instagram, bahkan followersnya mencapai 161 juta. Tetapi tidak semuanya akun asli, ada sekitar 46% followers Ariana Grande adalah akun palsu.

3. BTS

Boyband Korea yang digandrungi banyak orang di seluruh dunia ternyata juga terbukti membeli followers. Dari total 20 juta followersnya, sekitar 48% nya adalah akun palsu. Hal ini memang membuat patah hati, namun itulah kenyataannya. Bahwa boyband sebesar BTS pun membeli followers.

4. Kim Kardashian

Ratu drama Kim Kardashian membeli followers untuk eksis di Instagram. Dengan reputasinya sebagai drama queen, hal ini menjadi sangat wajar. Dari total 143 juta pengikutnya di Instagram, sekitar 46% nya adalah akun palsu. Tampaknya ini juga dialami oleh keluarga Kardashian yang lain.

5. Ellen DeGeneres

Ellen menyandang predikat artis dengan follower palsu terbanyak. Sebanyak 58% followers Ellen di Instagram adalah akun palsu. Artis yang mengawali acara talk show The Ellen Show ini memiliki sekitar 75 juta pengikut di Instagram.

Cara Mengetahui Instagram yang Beli Followers

Tidak selamanya cara beli followers Instagram ini menjadi solusi terbaik. Pasalnya, saat ini sudah banyak cara yang digunakan untuk membongkar akun-akun yang terbukti membeli followers. Terutama akun-akun yang membeli followers BOT.

Jika ingin tetap membeli followers namun ingin akun tetap aman dan pembelian memberikan pengaruh yang signifikan, maka belilah followers aktif. Membeli followers pasif tidak akan memberi pengaruh apa-apa terhadap akun karena mereka tidak bisa berinteraksi.

Akun Instagram dengan followers yang banyak namun minim likes atau comments tentu akan terlihat aneh. Bukan hanya pengguna lain yang bisa mengetahui pembelian ini, pihak Instagram pun bisa mengetahuinya. Sebenarnya, pengguna followers palsu ini justru mengancam reputasinya sendiri.

Baca juga: Cara Iklan Instagram Tertarget 

Cara untuk mengetahui sebuah akun Instagram memiliki followers hasil pembelian ternyata cukup mudah. Bahkan orang awam pun bisa melakukannya. Berikut ini beberapa cara mudah mendeteksinya:

1. Jumlah Like Meningkat Drastis Sesaat Setelah Foto Diunggah

Akun dengan followers palsu akan memiliki jumlah like yang sangat banyak pada saat foto diunggah. Tanpa perlu waktu lama, jumlah like dalam satu jam setelah foto diunggah bisa melebihi jumlah followers. Jika ini terjadi, bisa dipastikan akun itu menggunakan jasa like dari follower palsu.

Normalnya, jumlah like yang diberikan followers asli adalah sekitar 5-25% dari jumlah pengikut. Hal ini sangat logis dan wajar. Secara logika, tidak semua followers di Instagram menyukai apa yang sedang diunggah. Sederhana, bukan.

2. Bio Kosong Tapi Followers Banyak

Umumnya, akun Instagram dengan followers asli akan memiliki bio yang lengkap. Pasalnya, akun Instagram memang ditujukan untuk branding, salah satunya melalui profil. Jika ada akun Instagram yang profilnya sepi namun followersnya ramai, bisa jadi itu adalah followers palsu.

Lebih lagi jika akun yang memiliki followers banyak ini jarang mengunggah konten. Tanpa konten dan hashtag, mustahil sebuah akun memiliki banyak pengikut. Apalagi jika akun terhitung baru namun bio kosong, jelas ini adalah akun dengan followers palsu.

3. Kolom Komentar Kosong atau Tidak Sesuai dengan Konten

Followers banyak namun sepi komentar, terasa aneh, bukan? Jika ada akun Instagram seperti ini, followersnya dipastikan palsu atau pasif. Setidaknya, ketika pemilik akun memposting sesuatu pasti ada beberapa persen dari pengikutnya yang memberikan komentar.

Kalaupun ada komentar, biasanya yang diberikan adalah komentar aneh. Aneh disini adalah komentar yang tidak sesuai dengan foto yang diposting. Komentar aneh yang sering muncul adalah good, sweet, looking good, looks great dan beberapa kalimat template lainnya.

4. Cek Akun Followers

Jika rasa penasaran sudah tidak terbendung lagi, silahkan cek akun followers. Biasanya, followers palsu tidak memiliki foto profil, tidak ada postingan, serta followersnya sedikit. Akun-akun ini adalah akun BOT yang sengaja diciptakan atau dibuat oleh penyedia jasa tambah followers. Followers jenis ini jelas bukan dijalankan oleh manusia.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

FAQ

Ada beberapa hal yang sering menjadi pertanyaan pengguna Instagram terkait cara beli followers Instagram. Berikut ini adalah pertanyaan yang paling sering muncul:

1. Bagaimana Beli Followers Instagram Aktif

Cara beli followers Instagram aktif bisa dilakukan dengan menghubungi jasa penyedia followers. Penyedia followers ini menjual followers aktif yang dioperasikan oleh manusia asli. Harga yang dibanderol untuk pembelian followers aktif ini tergantung dari banyaknya jumlah followers.

Instagram aktif yang dijadikan followers bisa memberikan pengaruh yang besar. Mereka bisa memberikan likes, comments dan juga follow. Keberadaan mereka bisa membuat akun Instagram terlihat kredibel sehingga meningkatkan value dari konten. Jadi, pastikan membeli followers aktif di penyedia jasa followers yang kredibel.

Sumber: How to Purchase Instagram Followers

2. Apakah beli followers aman

Membeli followers Instagram itu aman selama pemilik akun tidak memberikan password kepada penyedia jasa followers. Biasanya ini berlaku untuk pembelian followers aktif dimana penyedia jasa hanya akan meminta link akun Instagram saja. Sampai pada tahap ini, pembelian followers menjadi aman dan tidak terjadi pelanggaran ketentuan di sosial media.

Perlu diingat bahwa pihak Instagram mampu mendeteksi aktivitas tidak wajar seperti followers yang bertambah secara drastis dalam jumlah banyak. Tidak heran jika terlalu sering membeli followers apalagi followers pasif, maka akun Instagram bisa di suspend oleh pihak Instagram.

3. Dimana beli followers yang aman

Membeli followers yang aman bisa dilakukan di jasa penyedia followers yang sudah terpercaya. Kredibilitas penyedia akun Instagram bisa dilihat dari klien-klien yang menggunakan jasanya. Memastikan klien dari penyedia termasuk cara beli followers Instagram yang aman.

Biasanya, akan dijumpai klien-klien besar seperti perusahaan jika penyedia jasa followers merupakan penyedia yang terpercaya. Namun jika tidak ada testimoni klien atau tidak ada bukti pernah digunakan oleh artis, selebgram atau perusahaan, maka bisa dipastikan penyedia jasa itu adalah penyedia bodong.

Kesimpulan

Kesimpulannya, cara beli followers Instagram ini sah-sah saja dilakukan selama yang dibeli adalah followers aktif bukan BOT. Pasalnya followers aktif ini memang bisa memberikan impact yang besar terhadap pemilik akun. Apalagi jika pemilik akun adalah seorang pemilik online shop, perusahaan, dan juga public figure.

Namun, tidak disarankan untuk menggunakan cara beli followers Instagram BOT karena justru akan menurunkan value dari akun itu sendiri. Selain tidak memberikan impact apa-apa selain kesan bahwa pemilik akun memiliki followers banyak, akun BOT akan membuat Instagram melakukan pembersihan terhadap akun.

Bisnis

3 Cara Membuat Website Gratis di Hp

Published

on

Semua orang sudah mulai terhubung di dunia maya. Meskipun tidak memiliki perangkat yang canggih, siapa saja bisa kok membuat website mereka sendiri. Di artikel hari ini, ada 3 cara membuat website gratis di Hp. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya 1 rupiah pun.

Jika ingin membuat sebuah website dengan instant dan cepat, maka artikel ini sangat cocok buat anda. Dua hal penting yang akan digunakan dalam proses ini adalah sebuah smartphone dan juga internet.

Website yang akan kita buat hari juga tidak akan asal asalan. Website berikut bisa berfungsi secara maksimal seperti website pada umumnya. Anda bisa membangun, melakukan publikasi, dan juga mengubah struktur website dari handphone.

Membuat website gratis di smartphone bukan berarti bahwa website terbatas. Justru dengan adanya perangkat lain, anda akan lebih bebas untuk mengubah apa saja yang diinginkan. Silahkan login juga ke laptop apabila anda ingin mengubah setting secara mendalam lagi.

Ingin website pribadi sekarang juga? Ayo kita bedah 3 cara membuat website gratis di Hp.

1. GoDaddy

GoDaddy adalah aplikasi dan penawaran jasa pembuatan website yang paling booming di tahun ini. Anda pasti sudah sering melihat iklan GoDaddy yang beredar dimana mana. Ternyata penawaran mereka memang gratis dan tidak memakan biaya sama sekali.

Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi sama sekali. Proses awal dimulai dengan mengunjungi website dan membuat akun. Kemudian anda bisa langsung membuat website dari handphone tanpa harus mengunduh aplikasi. Fitur ini disebut dengan istilah website builder GoDaddy.

Tekanlah “New Website” kemudian anda akan dibawa ke sebuah tempat pengeditan. Ini adalah awal dari pembuatan website anda di GoDaddy.

Ada banyak sekali fitur yang masih belum dimengerti atau dikenal oleh pengguna. Salah satu diantaranya adalah fitur edit element. Edit element akan berguna untuk menambahkan halaman baru di website anda. Atur saja jumlah halaman, konten, judul halaman, dan lain lain. Semua ini dilakukan secara gratis.

Meskipun gratis, GoDaddy sudah tergolong sangat berkualitas. Pengguna baru akan diberikan tema gratis. Kemudian anda bisa melakukan preview untuk melihat tampilan dari handphone dan tampilan komputer.

Rancang website terlebih dahulu supaya bisa terlihat menarik secara visual. Kemudian masuk ke bagian “Posts” untuk menambahkan jumlah konten kapan saja dan dimana saja.

2. Weebly

Cara membuat website gratis di hp selanjutnya adalah dengan menggunakan Weebly. Weebly adalah salah satu perusahan yang sudah lama memberikan layanan pembuatan website. Satu fitur unik dari Weebly adalah mobile editor.

Melalui mobile editor dari Weebly, anda bisa mengakses website melalui aplikasi resmi. Weebly’s mobile editor adalah aplikasi resmi yang bisa di download dari Google Play Store. Fitur dari Weebly ini sangat kuat karena anda bisa mengedit website sambil offline. Ketika sudah online, maka aplikasi akan secara langsung mengupload konten melalui smartphone.

Weebly mudah untuk digunakan bagi pengguna baru. Karena Weebly berbeda dengan tampilan lainnya. Sistem penggunaan Weebly melalui aplikasi adalah drag and drop. Ini berarti anda hanya perlu menarik atau menekan lama supaya bisa memindahkan konten.

Aplikasi ini cocok jika anda ingin membuat website untuk brand e-commerce. Tidak hanya sederhana, Weebly juga tergolong minimalis dan gratis.

3. WordPress

Cara membuat website gratis di hp terakhir kita hari ini adalah WordPress. WordPress disebut sebagai raja dari semua blog online. Layanan mereka sangat sempurna jika anda membutuhkan website yang terlihat profesional. Terlebih lagi, WordPress juga tergolong gratis dan tidak akan memberatkan biaya sama sekali.

Ada banyak keunggulan dari menggunakan WordPress. Tekan satu tombol saja dan website anda sudah siap dibuat. Isi nama website dan juga isi data diri yang telah diminta. Beberapa data yang akan diminta adalah seperti nama website, biodata, dan lain lain. Tambahkan logo supaya orang bisa lebih mengenal website anda.

Ingin langsung posting? Tidak masalah! Tekan “Add Post” dan tampilan akan langsung ditunjukkan. Isilah konten sebanyak banyaknya. Keunggulan dari WordPress adalah pengguna diberikan akses gratis untuk mendapatkan plugin.

Dengan WordPress, pengguna dapat membuat website secara gratis dan profesional. Memang WordPress ini tidak selalu sederhana. Layanan ini lebih cocok untuk digunakan dengan sebuah panduan atau pengalaman. Proses pendaftaran dan pembuatan website gratis ini tidak mengambil waktu lebih dari 10 menit.

Kesimpulan

Sudah ada puluhan layanan yang diberikan secara gratis untuk membuat website. Jika ingin sukses, maka anda pun harus bisa menemukan satu saja yang dapat digunakan dengan mudah. Cobalah satu satu jika perlu.

Kemudian temukan layanan yang terbaik untuk anda sendiri. Ada layanan yang sederhana, profesional, dan juga minimalis. Sekian adalah 3 cara membuat website gratis di hp dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Continue Reading

Bisnis

5 Cara Membuat Infografis Untuk Meningkatkan Brand

Published

on

cara membuat infografis

Infografis marketing adalah sebuah strategi yang fantastis untuk dicoba. Strategi konten marketing biasanya saja mungkin tidak membawa banyak perkembangan pada brand anda. Namun jangan takut, strategi marketing infografik bisa menjadi solusinya. Anda telah datang ke halaman yang tepat untuk mengenal cara membuat infografis.

Infografik marketing merupakan salah satu cabang dari strategi konten marketing. Biasanya konten marketing dilakukan dengan menggunakan gambar dan ilustrasi visual.

Jenis konten marketing satu ini sangat efektif. Terutama jika konten anda mempunyai banyak angka atau data. Secara otomatis, pembaca akan kesusahan memproses angka tersebut. Ada banyak sekali jumlah angka yang bisa membuat pembaca kebingungan.

Solusinya terletak pada tampilan visual dalam bentuk infografik. Anda bisa menggabungkan angka menjadi diagram yang mudah dan enak untuk dinikmati. Sebuah strategi konten marketing harus terus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Jika anda ingin mengenal cara membuat infografik lebih jauh lagi, ayo kita membedah lebih jauh terkait konten marketing.

Manfaat Menggunakan Strategi Marketing Infografis

1. Bisa Menangkap Perhatian Dengan Efektif

Manusia adalah makhluk hidup yang sangat mudah tertarik dengan suatu hal. Apalagi jika hal tersebut berbentuk unik atau memiliki warna yang menarik perhatian. Jika dari teks saja, mungkin orang orang sudah bosan melihat alfabet. Itulah mengapa banyak kampanye konten marketing menggunakan teknik infografis untuk menarik perhatian.

Pelanggan dan pembaca akan lebih mudah menyerap 90 % dari informasi apabila diterima secara visual. Hal ini menjadi tambahan jika anda ingin menerapkan strategi marketing infografis.

2. Meningkatkan Kesadaran Terhadap Brand

Infografik dibuat dengan tujuan untuk menyajikan informasi yang relevan. Secara visual, penyajian dari infografik akan termasuk website, nomor telefon, logo, dan brand website anda. Ini menjadi cara yang paling populer masa kini untuk meningkatkan kesadaran brand.

Apabila brand anda sudah terkenal, maka traffic dan pembeli akan bertambah seiring berjalannya waktu. Ini dikarenakan infografik tidak hanya memperlihatkan sebuah brand. Melainkan memberikan penjelasan atau gambaran secara visual dibandingkan dengan menggunakan paragraf.

3. Infografik Dapat Meningkatkan Hasil Pencarian Marketing

Strategi marketing infografik ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat tersebut adalah meningkatkan pencarian dari website originalnya. Sebenarnya cara membuat infografis dapat dipadukan dalam konten penulisan. Anda bisa menambahkan gambar dalam tulisan atau teks panjang.

Secara otomatis, website lain akan memberikan anda back link kepada konten infografik yang original. Back link yang banyak bisa melontarkan brand anda ke puncak search engine.

Konten infografik memiliki peluang yang tinggi untuk membuat pembaca datang ke website. Memang awalnya orang hanya melihat promosi dalam bentuk poster. Akan tetapi, ada studi yang membuktikan peningkatan angka konsumen sebanyak 60%.

4. Mudah Untuk Mendapatkan Backlink Gratis

Popularitas dari sebuah website bergantung kepada jumlah pengunjung yang bisa diterima. Jika konten yang anda buat dapat disebarkan secara luas, maka akan ada manfaat positifnya juga. Manfaat positif dari infografik adalah kemudahan website anda untuk mendapatkan backlink.

Backlink bisa ditempelkan pada setiap konten infografik yang berbentuk seperti foto atau video. Tentunya akan ada website lain yang ingin mengambil foto tersebut untuk dipasang. Jika hal ini terjadi, pemilik asli konten tersebut akan menerima backlink secara otomatis.

Bayangkan saja kalau ada website besar yang menggunakan konten infografik anda. Anda bisa menerima backlink yang seharusnya jutaan rupiah secara gratis!

5. Perkembangan Strategi Marketing Infografis Lebih Mudah Dilacak

Setiap strategi marketing infografik harus dilacak untuk melihat perkembangannya. Jika tidak dapat melacak perkembangan, maka semuanya akan sia sia bukan? Strategi marketing ternyata jauh lebih mudah untuk dilacak dibandingkan strategi lainnya.

Pada strategi marketing infografik, pengguna bisa melihat berapa kalinya konten dilihat, di share, dan juga di klik. Semua informasi ini dapat anda gunakan untuk merancang konten infografis selanjutnya.

Kenali sasaran konsumen yang ingin anda dapatkan. Karena dengan informasi tersebut, anda bisa mengatur kembali dan membuat konten infografis jauh lebih menarik.

Cara Membuat Infografis Untuk Dicoba:

1. Infografis Statistik

Penyampaian statistik tidak perlu memusingkan bagi para pembaca lagi. Ada banyak diagram yang menarik dan bisa dimengerti oleh pembaca dengan lebih mudah. Contoh dari infografis statistik adalah seperti penggunaan ikon, grafik, diagram, dan font yang estetik.

2. Infografis Informatif

Infografis informatif adalah template yang sempurna untuk menyampaikan informasi yang banyak. Jenis infografis ini dapat banyak jumlah teks menjadi beberapa paragraf saja.

Jangan lupa juga untuk memadukan paragraf tersebut dengan gambar dan warna yang menarik.  Karena hal ini akan menarik perhatian pembaca untuk pertama kalinya.

3. Infografis Linimasa

Infografik linimasa adalah bentuk infografis yang menggabarkan sebuah sejarah dalam urutan waktu tertentu. Contohnya anda ingin menampilkan sejarah dari suatu brand.

Akan sangat membosankan jika sejarah tersebut disajikan dalam bentuk teks. Ini akan mengambil waktu 3 hingga 6 menit untuk dibaca oleh orang. Dan dalam waktu sekian, orang orang sudah malas untuk melihat konten anda.

Solusinya adalah dengan cara membuat infografis linimasa. Infografik linimasa menyajikan 2 jenis informasi penting. Yaitu ada gambar, kemudian diikuti dengan informasi penjelasan.

4. Infografis Proses

Mirip dengan sebuah teks atau artikel, infografis proses dapat menjelaskan langkah secara singkat. Jenis infografis ini cocok untuk menampilkan kesimpulan terkait langkah yang dibutuhkan dari satu titik ke titik berikutnya.

Infografis proses dirancang sedemikian rupa supaya bisa diikuti dari atas sampai bawah. Biasanya infografis ini identik dengan heading kemudian diikuti dengan angka.

5. Infografis Perbandingan

Infografis perbandingan sering sekali digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda. Strategi marketing infografik ini penting jika anda ingin meningkatkan brand.

Contoh terbaik dalam penggunaan infografik perbandingan adalah dengan membandingkan produk atau jasa anda dengan brand lain.

Membuat konten infografis perbandingan dapat berdampak bagus kepada brand anda sendiri. Secara tidak langsung, anda bisa meningkatkan popularitas dari brand. Pelanggan lainnya pun akan lebih mudah untuk mengambil keputusan untuk membeli suatu produk atau jasa.

Kesimpulan

Infografik menjadi bentuk strategi marketing yang efektif untuk menjangkau semua kalangan pembaca. Apabila dibandingkan dengan semua bentuk strategi marketing lainnya, infografik merupakan strategi yang paling efektif untuk dipadukan dengan strategi marketing lainnya.

Ada banyak manfaat yang akan diterima ketika anda memadukan konten infografik kepada strategi marketing lainnya. Setelah mengenal strategi konten marketing ini, kami mengharapkan bahwa anda akan langsung menerapkannya.

Continue Reading

Bisnis

Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Published

on

konten marketing

Membangun bisnis di zaman digital menjadi tantangan yang dihadapi oleh banyak pebisnis. Seiring berubahnya zaman, tentu cara pemasaran produk kepada pembeli dan konsumen juga harus berubah. Konten marketing sendiri masih menjadi pertanyaan karena ada banyak sekali definisi yang bercabang. Secara singkat, konten marketing adalah cara paling efektif untuk meningkatkan popularitas untuk meningkatkan angka pembelian.

Di artikel hari ini, kami akan membedah secara tuntas apa saja tipe tipe konten marketing hingga media yang tepat untuk menyiarkan tersebut.

Apa itu Konten Marketing?

Pemasaran konten adalah suatu strategi untuk menyalurkan konten kepada pembaca atau konsumen. Konten tersebut juga harus bisa menarik perhatian dalam cara yang natural dan sederhana. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membangun konten seperti menceritakan sebuah cerita.

Konten harus bisa dinikmati oleh pembaca. Ketika anda dapat merancang konten yang efektif, pembaca akan merasa tersambung pada konten. Sehingga konten yang telah dirancang pun dapat merasa autentik sambil.

Baca Juga: Apa itu Konten Marketing Instagram dan Contohnya

Mengapa Konten Marketing Sangat Penting?

  • Konten marketing dapat mendidik pembeli sambil menarik pelanggan baru secara tidak langsung. Konten seperti ini bisa menggapai perhatian jutaan orang dari seluruh belahan dunia.
  • Kemudian, konten marketing juga bisa digunakan sebagai alat untuk membangun kepercayaan antar pelanggan dan juga brand.
  • Tidak boleh dilupakan bahwa tujuan lain dari konten marketing adalah untuk menjelaskan suatu produk. Melalui ini, pelanggan bisa menjelaskan apa yang ingin anda jual kepada para pembaca. Penjelasan tersebut sangat penting karena pelanggan akan membutuhkan fakta serta penjelasan terhadap konten yang ingin dijual.

Jenis Konten Marketing

Ada banyak sekali jenis konten marketing dengan strategi yang berbeda. Akan tetapi semua jenis pemasaran konten tetap memiliki tujuan yang sama.

1. Konten Marketing Media Sosial

Media sosial adalah teknologi yang paling berkembang pesat di tahun 2020. Di tahun 2020, telah tercatat bahwa pengguna media sosial secara global mencapai hingga 3,6 miliar orang. Itulah mengapa pebisnis mulai mengubah strategi marketing mereka dan mengincar pasar baru. Pasar tersebut adalah milenial, pengguna media sosial, dan lain lain. Beberapa media sosial yang digunakan adalah seperti Twitter, Facebook, Pinterest, dan Instagram.

2. Konten Marketing Infografis

Konten marketing infografik memanfaatkan daya tarik dari seorang pembaca. Daya tarik dapat ditingkatkan melalui penggunaan grafik dan diagram. Grafik memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk menyerap informasi.

Selain itu, konsumen dapat menerima informasi lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga cara pemasaran ini menjadi cara yang sempurna untuk menyampaikan media secara efektif.

Baca juga: 5 Cara Membuat Infografis Untuk Meningkatkan Brand

3. Konten Marketing Podcast dan Video

Pada tahun 2020, sebuah studi menunjukkan bahwa ada peningkatan angka bagi peminat podcast dan video. Podcast dan video adalah media penyampaian informasi yang mudah untuk dicerna oleh konsumen. Karena, podcast dan video bisa dibuat dalam bentuk paling kreatif.

Salah satu tantangan terbesar dari menggunakan konten marketing jenis ini adalah membangun konsumen yang berminat. Podcast harus berpatokan pada suatu topik tertentu yang tidak bisa selalu diubah. Karena pengubahan pada konten seperti podcast dan juga video akan berdampak pada penggemar yang sudah lama menjadi konsumen. Jika ingin tau, kamu juga membuat konten ini untuk membantu anda: Cara Membuat Podcast di Spotify Gratis dan Mudah.

4. Konten Marketing Website

Website menjadi bentuk media digital yang paling banyak dikunjungi oleh semua orang. Siapa saja bisa membuka website secara instan. Konten marketing jenis ini memanfaatkan media dalam bentuk teks, artikel, esai, dan sebagainya. Hal ini diharapkan bisa menarik minat para pembaca sambil menjual sebuah produk tertentu.

Ada beberapa tantangan yang ikut dengan konten marketing website. Website membutuhkan para pembuat konten untuk terus melakukannya secara konsisten. Ditambah lagi dengan strategi dalam peletakkan konten, penggunaan link, dan lain lain. Jenis marketing satu ini wajib dilakukan secara teliti sambil mengikuti perubahan zaman.

Supaya lebih mudah lagi, anda bisa langsung menyewa jasa konten marketing SEO. Jasa SEO dapat meringankan beban para pemilik website dengan memberikan rancangan, bantuan, dan juga maintenance kepada website. Sehingga website anda dapat dilontarkan ke halaman pertama di search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Baca Juga: 5 Cara Mengedit Video di Laptop Dengan Cepat

Perbandingan Antara Iklan dan Konten Marketing

Teknologi telah berubah banyak sejak cara marketing 10 tahun yang lalu. Jika dilihat di masa lalu, penjualan bisa laris oleh karena iklan. Hal yang serupa diterapkan pada marketing konten. Hanya saja pemasaran konten menggunakan media untuk menjangkau angka pembaca yang lebih luas. Iklan hanya dapat menargetkan sebuah pasar yang kecil sambil mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Apabila dibuat sedikit perbandingan, cara pemasaran ini akan lebih menghemat biaya. Anda pun bisa mengantisipasi segala macam pengeluaran yang dibutuhkan ketika melakukan pemasaran konten.

Apa itu SEO Dalam Konten Marketing?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Istilah SEO ini sudah lama beredar seiring munculnya konten marketing. SEO menjadi strategi yang paling diminati situs situs e-commerce untuk meningkatkan angka penjualan, pembeli, pengunjung, dan traffic.

Meningkatnya angka pengunjung disebabkan oleh peringkat sebuah website. Semakin terkenal dan semakin dikunjungi, maka semakin tinggi juga peringkat dari website tersebut.

Dengan menerapkan berbagai strategi, sebuah website bisa dilontarkan ke halaman depan Google. Sehingga pembaca atau para pengguna akan melihat domain website anda di halaman utama ketika sebuah kata kunci sedang dicari.

Contoh Konten Marketing Paling Efektif

Sebuah strategi konten marketing harus bisa dilihat dari berbagai kategori. Kategori tersebut adalah efektivitas, biaya, dan manfaat jangka pendek serta jangka panjang. Semua kategori tersebut bisa dipenuhi dengan menggunakan jenis konten marketing website.

Website berguna karena meningkatkan profesionalitas sebuah brand. Dengan dilihatnya profesionalitas tersebut, orang akan berani untuk mengunjungi situs tersebut. Secara langsung, konten marketing website sangat efektif untuk membangun kepercayaan terhadap brand dan pelanggan.

Selain itu konten marketing website juga bisa membuat brand menghemat banyak sekali biaya. Berbeda dengan sebuah iklan, konten marketing hanya memperlukan sebuah website yang diberikan maintenance. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya beberapa ratus ribu hingga juta jika ingin website terus berjalan di puncak halaman search engine.

Dan yang terakhir, konten marketing melalui website jauh lebih berpengaruh karena akan ada di internet untuk selamanya. Jejak digital dari pemasaran sebuah website 10 tahun yang lalu pun dapat berdampak pada performa anda hingga hari ini juga. Sehingga semua sumber daya yang dituangkan ke dalam website tidak akan sia sia.

Bagaimana Cara Memulai Konten Marketing?

Ada banyak cara untuk memasarkan konten di Internet. Cara paling sederhananya adalah dengan memulai dari sebuah blog. Blog menjadi media terbaik bagi para antusias pemasar konten. Melalui blog, anda bisa menuliskan konten yang akan di index secara langsung oleh Google. Isilah blog atau website yang serupa dengan menggunakan konten yang sesuai dengan tema website tersebut.

Kemudian perhatikan juga detail lainnya seperti struktur dari tulisan yang ingin di post. Semakin rapi dan berkualitas konten yang ditulis berarti bahwa angka pembaca juga akan lebih banyak.

Konten saja tidak cukup untuk meningkatkan angka traffic di website anda. Sebuah website harus menerapkan backlink, pemasangan link, foto, dan juga peletakan kata kunci yang tepat. Dengan kombinasi semua cara tersebut, pelanggan bisa dengan efektif meningkatkan penjualan dan popularitas bagi brand.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Website Gratis di Hp

4 Kunci Penting Konten Marketing

Pemasaran Konten dapat disimpulkan ke dalam 4 poin penting. Poin tersebut adalah:

  • Popularitas- Brand besar selalu memiliki cara terbaik untuk mendapatkan popularitas. Kuncinya hanyalah satu. Untuk menjadi populer, anda harus bisa menyediakan sesuatu unik.

Suatu produk atau jasa yang belum dimiliki oleh orang lain. Dengan adanya jasa unik, maka popularitas akan meningkat seiring berjalannya waktu. Orang akan mencari produk anda sebagai suatu solusi atau kebutuhan.

  • Riset- Sebelum melaksanakan promosi, maka anda wajib mencari terlebih dahulu. Fungsi dari riset adalah untuk memberikan gambaran.

Contoh dari gambaran tersebut adalah target konsumen anda, apa yang menarik perhatian konsumen, dan lain lain. Informasi seperti ini akan meningkatkan minat pembaca untuk terus tertarik pada konten yang anda tuliskan.

  • Perbandingan- Cara anda menyampaikan sebuah konten harus unik dan autentik. Penyajian konten secara original sangat penting dalam dunia pemasaran. Apabila anda mengikuti konten orang lain, maka hal tersebut dapat dianggap sebagai plagiat.

Di sisi lainnya, anda juga dapat melakukan sedikit perbandingan dari segi konten. Melihat konten kompetitor akan menguntungkan bagi anda. Anda bisa melihat mana kelemahan dari konten lawan. Sehingga konten anda sendiri akan terus meningkat. Lakukan perbandingan supaya anda tidak menjiplak konten website sebelah. Dengan ini, situs anda akan aman ketika diletakkan ke dalam Google.

  • Daya Tarik- Kami telah menjelaskan sebelumnya seberapa penting daya tarik. Kunci untuk menarik perhatian pembaca adalah dari segi visual. Saat konten ditampilkan, hal pertama yang akan dilihat adalah struktur atau rancangan sebuah konten.

Contoh dari konten yang bagus dan bisa menarik perhatian adalah apabila anda menggunakan objek visual yang menarik. Beberapa diantaranya adalah seperti video, foto, animasi, dan lain lain. Kemudian konten tersebut bisa disebarkan secara strategis ke berbagai media.

Sama halnya dalam sebuah konten berbentuk teks. Anda juga bisa meningkatkan daya tarik di dalam konten tersebut. Namun daya tarik yang dimaksud adalah dari penggunaan bahasa yang persuasif.

Strategi Pemasaran Paling Efektif

1. Menetapkan Tujuan Dari Digital Marketing Anda

Semua orang mempunyai tujuan khusus ketika melakukan pemasaran. Karena jika tidak, maka anda akan melakukan pemasaran tanpa arah. Tujuan dari konten marketing adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembeli.

Membuat target yang bisa tercapai akan bagus sebagai alat perbandingan. Anda bisa melihat kembali perkembangan dari suatu brand. Brand yang sudah besar pasti bisa mencapai target kemudian membuat target baru. Pencapaian ini akan terus terjadi. Pastikan anda memiliki target contohnya pada akhir bulan, atau pada akhir tahun.

2. Merencanakan Jenis Konten Untuk Dipublikasi

Konten datang dalam banyak sekali bentuk. Seperti yang sudah disebutkan, contoh dari konten sendiri adalah seperti teks, video, podcast, audio, dan lain lain. Anda bisa merencanakan bentuk konten dari pertanyaan berikut.

  • Apa yang dibutuhkan konsumen?
  • Bagaimana konsumen bisa menyerap informasi secara efektif?
  • Mengapa konsumen membutuhkan produk anda?

Ada banyak lagi pertanyaan yang bisa membuat anda sadar akan apa yang dibutuhkan konsumen. Secara garis besar, latar belakang target konsumen sangat penting. Jika brand anda ingin mendapatkan daya tarik yang tinggi, mengenal konsumen adalah jawabannya.

Konsumen yang bisa menyerap informasi secara teks adalah seperti brand yang harus menjual produk dengan spesifikasi. Sedangkan produk yang dijual dari segi visual saja cukup bisa menggunakan video.

3. Memilih Output Konten

Jadi anda telah selesai merancang semuanya. Mulai dari teks, video, dan lain lain. Kini adalah saatnya untuk memilih salah satu diantara semua output konten. Output konten adalah media untuk menyebarkan konten tersebut kepada masyarakat umum.

Contohnya adalah seperti media sosial, website, dan lain lain. Ini bisa anda kaitkan kembali pada pembahasan jenis konten marketing kami yang tadi.

4. Menetapkan Budget Konten Marketing

Jangan lupakan yang namanya budget! Budget sangat penting untuk disesuaikan dengan jenis konten marketing yang ingin anda capai. Biaya dari pemasaran konten berbeda beda. Meskipun mahal, anda harus menyesuaikan biaya dengan manfaat yang diterima.

Konten marketing ini memanglah menjadi satu bentuk investasi. Jika pemasaran konten hanya sebatas pemanfaatan media sosial, pasti biaya yang dibutuhkan tidak akan banyak.

5. Menetapkan Hari Distribusi Konten

Hal terakhir dalam pelaksanaan pemasaran adalah untuk menyebarkan konten anda. Namun penyebaran konten tidak boleh dilakukan secara sekaligus.

Agar konten bisa efektif, anda harus memiliki jadwal tertentu. Karena akan jauh lebih baik jika anda melakukan pemasaran konten secara berkala. Jika dibandingkan dengan memposting konten semuanya secara sekaligus, pasti konten akan menumpuk.

Konsumen dari website anda juga tidak akan berinteraksi dengan konten karena diluncurkan semuanya secara sekaligus. Pastikan anda posting konten secara rutin.

Kesimpulan

Kami berharap bahwa anda telah memahami dan mempelajari banyak hal dari artikel ini. Konten marketing dapat bercabang dan lebih spesifik lagi. Teknik pemasaran ini memang memiliki jangkauan yang lebih luas. Itulah mengapa ilmu sangat dipentingkan apabila anda akan mengeluarkan uang untuk membangun brand anda.

Konten marketing akan selalu menjadi kunci kesuksesan bagi banyak pebisnis. Jika anda ingin terus menjual dan bersaing, maka kuasailah konten marketing.

Continue Reading

Trending