Connect with us

Bisnis

Kisah Sukses Bisnis Melalui Akun Instagram

Published

on

Kisah Sukses Bisnis Melalui Akun Instagram

Berbisnis online saat ini sudah mulai berkembang sangat pesat dengan keuntungan yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Keuntungan ini pastinya butuh proses panjang dan manajemen bisnis yang baik agar pelanggan mau datang dan membeli produk bisnis. Instagram adalah salah satu platform terbaik untuk berbisnis. Ada banyak kisah sukses bisnis melalui akun Instagram.

Instagram pada awalnya memang hanya berisi foto pribadi tetapi saat ini kegunaannya sudah berkembang sebagai display katalog dari produk bisnis. Perubahan zaman membuat semua hal yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi satu dalam platform digital. Ada banyak fitur canggih yang menjadikan Instagram pas untuk memulai bisnis.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Kisah Sukses Bisnis di Instagram

Ada banyak sekali orang yang mencapai suksesnya melalui Instagram dengan omset yang tidak pernah disangka sebelumnya. Media Instagram ini sangat pas untuk melakukan iklan dan branding produk agar dikenal oleh masyarakat. Ini dia beberapa kisah sukses bisnis melalui akun Instagram yang bisa menjadi inspirasi berbisnis:

1. Sepatu Port Blue Milik Jangkar Banowo

Sepatu kulit adalah salah satu aksesoris yang menambah aura maskulin dari pria dan bisa dikombinasikan dengan outfit apapun. Ada satu pengusaha sepatu kulit yang sukses besar di Instagram yakni sepatu Port Blue yang dimiliki oleh Jangkar Banowo. Akun Instagram dari sepatu ini adalah @portblueshoes yang menjadi media pemasaran.

Usaha sepatu kulit lokal ini sekarang sudah bisa mencapai omset sekitar Rp500 juta per-bulannya loh. Port Blue sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu dan masih terus berkembang sampai saat ini. Fitur Instagram yang digunakan untuk menjangkau lebih banyak orang adalah dengan menggunakan fitur iklan dengan budget hingga Rp70 juta perbulan.

Kesuksesan sepatu Port Blue bahkan menarik minat tim media sosial Instagram secara langsung untuk datang ke rumah produksinya. Jangkar hanya menggunakan satu ruang kosong di loteng rumahnya untuk mengambil foto dari produk yang kemudian diunggah di Instagram. Jadi sekarang, studio bukan hal yang penting untuk mendapat foto bagus.

2. Dulcet Patisserie

Pernah berpikiran untuk berjualan kue lokal dengan omset ratusan juta perbulannya? Terdengar tidak mungkin tetapi hal ini sudah dibuktikan oleh Karina Mecca dan Keshia Deisra, kakak beradik owner dari @dulcetpatisserie. Dalam satu bulan, omset dari penjualan kue sudah bisa berada di kisaran angka Rp300 juta.

Penggunaan Instagram dan Website sebagai media penjualan dan menarik pelanggan ini dilakukan di tengah-tengah bisnis. Sebelumnya, dua kakak beradik ini hanya menggunakan promosi mouth to mouth melalui kerabat dan keluarga terdekat. Bahkan keduanya pernah melakukan penjualan rumah ke rumah loh.

Bisnis ini kemudian menarik pelanggan melalui konten visual yang memang menjadi basis dari media sosial Instagram. Konten foto dan video yang menarik dipadukan dengan caption unik berhasil menggaet banyak pelanggan. Konsep besarnya hanya pada artistik dan kelezatan kue tetapi dibungkus lagi melalui konten promosi menarik.

3. @Peapepo

Karikatur adalah hasil seni yang mungkin memang sering diremehkan padahal proses pembuatannya tidak mudah. @peapepo ini adalah salah satu bisnis yang berspesialis di bidang pembuatan hadiah dan souvenir dengan basis utama karikatur loh. Awalnya, usaha ini berjalan dari tahun 2014 karena pujian dari banyak orang mengenai kado wisuda.

@peapepo sendiri dikelola oleh tiga sekawan yakni Evelyn, Kevin, dan juga Ronald yang semuanya alumni dari Universitas Surabaya. Usaha hadiah wisuda ini berkembang sangat pesat bahkan ketiganya sudah memiliki workshop sendiri yang berbasis di Surabaya.

Hanya dalam kurun waktu lima tahun, Peapepo berhasil menjangkau konsumen luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Jadi tidak ada yang tidak mungkin ya selama mau berinovasi dan mencoba. Keaktifan dalam membuat konten baik di fitur stories atau feed menjadi kunci sukses dari usaha Peapepo ini.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram

4. @RevoltIndustry

Mendapatkan banyak keuntungan dari Instagram ternyata bisa dari belajar secara otodidak tentang keterampilan tertentu. RevoltIndustry adalah bisnis yang didirikan dengan ciri khas pembuatan bermacam-macam aksesoris dengan bahan dasar kulit sapi. Jika dulu kulit sapi hanya dipakai untuk pembuatan bedug, sekarang ada kreasi baru ya.

Di awal menjalankan bisnis ini, Agung, Stephen, dan Gary mempelajari sendiri cara membuat aksesoris dari kulit sapi. Usaha ini pada 2014 lalu sempat mengalami kebakaran yang menghanguskan seluruh produknya. Kerugian yang didapatkan memang sangat besar tetapi bisnis ini mampu bangkit dan berkembang pesat.

Pangsa pasar dari aksesoris buatan RevoltIndustry sudah berhasil bekerja sama dengan brand industri dari luar negeri loh. Dua negara yang menjadi pelanggan dari produk kulit sapi ini adalah Jepang dan Swiss. Keberadaan Instagram berfungsi untuk membangun keunikan dan karakter dari RevoltIndustry sendiri. Instagram menjadi media penting untuk melakukan marketing.

5. Chic & Darling

Salah satu kisah sukses bisnis melalui akun Instagram selanjutnya datang dari Kania Annisa Anggiani, seorang ibu rumah tangga. Bisnis ini bergerak di produk-produk unik nan lucu mulai dari tas, totebag, baju, hingga masker. Akun Instagram dari bisnis ini adalah @chicanddarling yang sudah memiliki 122 ribu followers.

Chic and Darling menggunakan Instagram sebagai media pemasaran dari produk yang dihasilkan baik dalam bentuk foto ataupun video. Pengelolaan konten sudah dikelola bersama tim kreatif agar bisa menarik minat banyak pelanggan. Saat ini bisnis yang dikelola sudah berkembang sangat pesat loh.

Keunikan dari produk yang dihasilkan Chic and Darling adalah pada sentuhan warna-warna pastel yang terlihat menarik. Apalagi konten yang diunggah semuanya terasa nyaman dipandang karena memang diambil dari sudut dan pencahayaan yang tepat. Barang yang dijual di akun Instagram ini terasa limited edition dengan kesan mahal juga pastinya.

Tips Bisnis di Instagram oleh Instagram Business

Semua kisah sukses bisnis melalui akun Instagram ini membuat Instagram terus berupaya mengembangkan platform digitalnya untuk berkembang. Pada November 2019 lalu, dilaksanakan sesi diskusi yang diselenggarakan langsung oleh Instagram Business dengan banyak tips bisnis yang bisa dipelajari.

Cara pertama untuk berkembang di Instagram adalah dengan bergabung ke komunitas berdasarkan produk yang ditawarkan Hal ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana keinginan pasar agar produk yang dihasilkan bisa sesuai.

Instagram juga memiliki kekuatan tersendiri dari fitur stories yang terbukti efektif untuk keberlanjutan bisnis. Lewat fitur ini, pelanggan bisa melihat kegiatan bisnis yang dilakukan serta memperhatikan insight yang didapatkan. Fitur ini juga bisa menjadi media etalase produk dengan konten secara realtime untuk menarik pelanggan.

Semua kisah sukses bisnis melalui akun Instagram di atas sudah pasti menggunakan fitur mengiklankan produk yang dijual. Algoritma Instagram yang memuat iklan berdasarkan preferensi pengguna bisa menjadi media yang tepat untuk menjangkau komunitas yang mengincar produk semacam yang ditawarkan.

Jadi itulah dia beberapa kisah sukses bisnis melalui akun Instagram dan juga beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengembangkan produk. Instagram selalu menjadi media yang menarik sebagai etalase dan menjajakan foto dari produk yang dibuat.

Trending