Kadis PU Bengkulu Utara Lakukan Pemantauan Pekerjaan Fisik

0
391
Kadis PU Bengkulu Utara Lakukan Pemantauan Pekerjaan Fisik

Bengkulu Utara – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu Ir, Maswandi tampaknya tak mau hanya menerima laporan di atas kertas. Khususnya terkait pelaksanaan pekerjaan proyek fisik yang sedang di laksanakan oleh para kontraktor saat ini.

Sehingga di sela-sela kesibukan yang ada di kantor sebagai Kadis PU Bengkulu Utara, dia tetap melakukan terus pemantauan pekerjaan proyek di lapangan.

Seperti tepat pada hari kamis (28/7/2016) kepala dinas PU, terjun langsung mengecek pelaksanaan pekerjaan jalan perluasan desa Datar Ruyung, kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam kesempatan itu, Ir Maswandi, sempat berdialog langsung dengan masyarakat sekitar dan salah seorang kontraktor proyek pekerjaan jalan tersebut.

“Saya minta pengerjaan proyek ini sesuai dengan ketentuan dan harus cepat proses pengerjaannya. Yang mana di anggap perlu di tambah.. ya mohon pihak kontraktor tambahkan,” tegas Maswandi.

Jalan perluasan desa datar ruyung sepanjang 500 M itu setatus pengerjaannya saat ini sudah di lakukan hotmix. Menurut Kepala Dinas PU, dirinya berkeinginan besar agar seluruh jalan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara berkapasitas hotmix. Mengingat ketahan jalan hotmix lebih lama di bandingan dengan jalan lapen.

“Sebenarnya keingginan saya seleuruh jalan di Bengkulu Utara di hotmix, karena lebih lama tahannya di bandingkan dengan jalan lapen,” ungkapnya.

Di tahun 2017 nanti, menurut Maswandi, jika tidak ada halangan pihaknya mencoba untuk menarik anggaran dana pusat untuk masuk ke daerah lebih besar lagi. Yaitu sebesar 315 Milyar.

Terkait proyek pekerjaan Fisik jalan Lainnya, Maswandi, meminta agar pihak kontraktor cepat dalam bekerja. Terutama terhadap pihak kontraktor yang lamban bekerja, Ia akan memberikan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Yakni memberikan teguran atau peringatan mulai dari peringatan 1,2 dan 3.

“Jika masih bandel, akan kitalakukan pemutusan kontrak kerja CV atau PT yang bersangkutan. Juga akan kita masukan ke dalam Daftar Hitam (Black List). Serta jaminan pelaksanaan pengambilan uang muka di cairkan sebesar dengan yang telah di keluarkan atau sesuai progress,” ancam Maswandi.

Dilanjudkan Maswandi, pengawasan lapangan itu dilakukan sebagai upaya mempercepatkan proses pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara. Sehingga dengan pengawasan secara ketat target dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

“Saya tidak ingin menerima laporan di atas kertas makanya saya yang turun langsung,” tekadnya.

Di lain pihak, masyarakat desa sekitar, zulwandi, mengatakan sangat senang ketika melihat jalan ini di aspal hotmix. Banyak imbas positif yang didapat. Selain harga jual tanah akan meningkat, juga akses pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat. Begitu pula dengan penataan lingkungan pedesaannya akan lebih teratur.

“Kami sebagai warga sangat senang,selain tanah kami mahal,juga akses transportasi untuk mengakut barang lancar,bahkan dengan adanya jalan yang sudah di aspal pembangunan rumah didaerah ini  akan lebih teratur,” terang Warga, dengan wajah yang tersenyum.(BEN)

loading...