Connect with us

Daerah

Camat Seberang Musi Ke KASN, Jalal Ke Plt Bupati, Hasil Kajian Laporan Bawaslu

Published

on

KEPAHIANG BB, Laporan Tim Advokasi Paslon 01 Ujang Sarifudin dan Firdaus Djailani tertanggal 19 Oktober terkait
dugaan pelanggaran ketidaknetralan ASN pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Kepahiang tahun 2020 berujung sudah, pasalnya Bawaslu Kepahiang sudah menyelesaikan pemeriksaannya terhadap laporan yang masuk dan hasil kajian Bawaslu Kepahiang sudah di rekomedasikan ke KASN untuk Camat Seberang Musi Gunawan dan Ke PLT Bupati Kepahiang untuk Jalal.
Ketua Bawaslu Kepahiang Rusman Sudarsono SE membenarkan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat rekomendasi ke KASN untuk Camat Gunawan dan Jalal ke PLT Bupati.

Baca Juga : https://bedahberita.id/2020/10/18/netral-masih-ada-oknum-camat-yang-berani-kampanyekan-calon-video-oknum-camat-sm-viral/

” Benar sudah ditindak lanjuti ke instasi lain yaitu KASN dan PLT Bupati pada tanggal 26 Oktober yang lalu, karena kami Bawaslu Kabupaten Kepahiang telah menemukan indikasi dugaan pelanggaran netralitas ASN yang di lakukan oleh yang bersangkutan untuk itu di teruskan ke KASN beserta barang bukti berupa video rekaman,” ujar Rusman.

Lanjut Rusman, Bawaslu akan menunggu rekomendasi dari KASN yang biasanya disampaikan ke Sekda dan ditembuskan Ke Bawaslu, jika sudah ada itu Bawaslu akan ikut mengawasi sangsi yang diberikan tersebut apakah di terapkan apa tidak.

Baca Juga : https://bedahberita.id/2020/10/19/oknum-camat-sm-resmi-dilaporkan-rusman-laporan-sudah-registrasi/

Sementara itu Ketua Tim Keluarga Paslon 01 Edwar Samsi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kunjungan ke KASN Jakarta dan meminta agar KASN dapat segera menindaklanjuti apa yang telah dikaji oleh Bawaslu Kepahiang.

Baca Juga : https://bedahberita.id/2020/10/21/bawaslu-proses-pendalaman-kasus-oknum-camat-sm-apakah-ke-kasn-atau-ada-unsur-lain/

” Saya sudah ke Jakarta dan berkoordinasi dengan KASN untuk bisa segera melakukan kajian dan memberikan sangsi terhadap ASN yang telah melakukan dugaan ketidaknetralannya dalam Pilkada 2020 ini,” papar Edwar.

Lanjut Edwar pihaknya juga meminta agar ASN, Tenaga Kontrak yang ada di Kepahiang bekerja saja sesuai dengan tugas dan kewajiban mereka, karena kinerja yang bagus akan tetap mendapatkan tempat dan jabatan yang sesuai siapapun Bupatinya.

Baca Juga : https://bedahberita.id/2020/10/24/kasus-video-camat-sm-lanjut-pelapor-dimintai-klarifikasi-oleh-gakkumdu/

” Dan kita dari Paslon 01 akan melaksanakan UMR Propinsi untuk tenaga kontrak yang ada, kebetulan saya juga merupakan ketua K-SPSI Kabupaten Kepahiang, Kita akan perjuangkan itu untuk Kepahiang, UMR Propinsi,” tutup Edwar. (bcp)

Daerah

Unik! Inilah Rumah Adat Suku Ambon yang Harus Anda Tahu

Published

on

Unik! Inilah Rumah Adat Suku Ambon yang Harus Anda Tahu

Sebagai sebuah suku adat, Ambon yang merupakan salah satu kota terkenal di Indonesia adalah sebuah suku yang tentu memiliki rumah adat atau rumah tradisional. Kali ini, kita akan membalas dengan detail bagaimana seluk beluk rumah adat suku Ambon ini.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak suku dan budaya, tentu sangatlah bangga memiliki suku Ambon. Karena suku ini berhasil mewarnai keanekaragaman Indonesia. Maka dari itu, tidaklah saja jika Anda membaca artikel ini untuk meluaskan wawasan tentang rumah adat suku Ambon yang unik dan menarik.

Bagaimana, apakah Anda sudah penasaran dengan rumah adat suku yang satu ini? jika iya, yuk simak penjelasan berikut iku.

Rumah Adat Suku Ambon Baileo

Rumah adat suku Ambon memiliki nama unik yaitu Baileo. Sebuah nama yang mirip arti seperti Balai. Kenapa namanya demikian? Karena rumah ini besar dan seperti balai. Selain itu, banyak upacara adat yang dilakukan di rumah adat ini.

Rumah adat Baileo ini pada dasarnya memiliki fungsi seperti balai. Yakni juga digunakan sebagai tempat berdiskusi ketika masyarakat suku Ambon memiliki hajat ataupun perkumpulan.

Rumah adat Baileo ini adalah rumah adat yang merupakan satu-satu peninggalan kebudayaan Siwalima. Maka dari itu, bisa dikatakan rumah adat ini adalah sebuah warisan kebudayaan yang sangat penting dan harus tetap dijaga oleh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa jenis rumah adat Baileo yang harus Anda ketahui. Ia adalah Baileo Nolloth, Baileo Ihamanhu, Baileo Haria, dan Baileo Ullath. Beberapa jenis rumah adat itu tentunya memiliki bentuk dan ciri khas masing-masing. Maka dari itu, bisa dikatakan rumah adat suku Ambon ini sangatlah unik dan memiliki ragam jenis.

Rumah Adat Baileo Nolloth

Jenis rumah Adat yang pertama adalah Baileo Nolloth. Rumah adat ini adalah rumah Adat Baileo yang memiliki bentuk fungsi sebagai tempat upacara ataupun melakukan kegiatan adat suku Ambon. Beberapa kegiatan itu bisa seperti pelantikan kepala desa, upacara panas pela, dan upacara kain berkat.

Dari semua konstruksi bangunan ini, tidak ada paku yang menancap. Dari keseluruhan, rumah Adat ini menggunakan pasak kayu dan ikat gemutu (ijuk). Sehingga dari sini Anda pasti melihat bagaimana otentiknya bangunan rumah yang satu ini.

Bangunan bisa memiliki bentuk persegi, selain itu juga memiliki tiang-tiang penyangga yang memiliki fungsi sebagai benda yang menopang rumah tradisional ini. Rumah tradisional ini memiliki 20 tiang dan posisinya menyebelah masing-masing, 10 bagian Barat 10 bagian Timur, dan 20 tiang ini melambangkan marga-marga yang ada di Nolloth.

10 buah tiang sisi Barat memiliki lambang marga matekohy, Lawalatta, Sopacua, Pasalbessy, Hehamahua, Selanno, dan Pemahu.

Sedangkan 10 tiang pada sisi Timur memiliki lambang marga Pasalbessy, Metakohy, Manuputty, Patty, Sopacua, Mattahula, Ningkelwa, Huliselan (tiang raja), Tousalwa, dan Silahooy.

Tiang-tiang yang berjumlah 20 itu di dengan dinding menggunakan teknik ikat tali ijuk. Selain itu, bangunan ini memiliki pintu masuk berjumlah 4 dan terdapat tangga kayu di bawahnya dan masing-masing pintu adalah lambang dari 4 marga sebagai penjaga pintu, yakni:

  • Pintu Utara lambang marga Mattatula.
  • Pintu Selatan lambang marga Metakohy.
  • Pintu Barat marga lambang Pasalbessy.
  • Dan Pintu Timur lambang marga Sopacua.

Nah, dari penjelasan rumah adat itu, Anda tentu semakin yakin jika rumah Adat ini adalah sebuah rumah adat yang memiliki makna yang sangat filosofis dan tentunya erat hubungannya dengan keberadaan marga di Suku Ambon.

Semua bangunan yang ada, tidak berdiri secara cuma-cuma. Semua memiliki fungsi masing dan penggambaran masing-masing. Meski tidak ada paku yang menancap, rumah yang satu ini adalah rumah yang memiliki konstruksi kuat. Sehingga jangan diremehkan.

Baca juga: Inilah Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Rumah Adat Baileo Ihamahu

Jenis rumah adat yang selanjutnya adalah rumah Adat Ihamahu. Rumah Adat ini memiliki bentuk yang tidak kalah keren dari Rumah adat Suku Ambon jenis Nolloth. Baileo Ihamahu memiliki nama lain, yaitu Simaloa Peimahu. 

Bangunan baileo ini pada dasarnya juga memiliki mempunyai bentuk arsitektur rumah panggung terbuat dari bahan kayu gufasa dan kayu besi. Selain itu, terdapat tiga pintu masuk pada bagian samping dan depan yang mana dari masing-masing pintu dilengkapi tangga yang terbuat dari kayu yang sangat menunjukkan tradisionalnya rumah ini.

Atap bangunan rumah tradisional ini terbuat dari daun sagu, yang mencitrakan jika makanan khas Ambon adalah sagu. Untuk warna, Rumah yang satu ini didominasi dengan warna merah. Yang mana memiliki hiasan pada tiang yang diukir dengan warna emas.

Jika Anda melihat pada pada bagian dalam bangunan baileo terdapat sembilan buah tiang yang terbuat dari kayu gufasa. Dengan jumlah sembilan tiang ini melambangkan sembilan soa yang ada di Ihamamu yaitu:

  • Soa Iha.
  • Soa Mahu.
  • Soa Matalete.
  • Soa Soulima.
  • Sos Hatulesi.
  • Soa Atala.
  • Soa Kulur.
  • Soa Siri-Sori.
  • Sos Pia.

Sebagai informasi yang harus Anda tahu, Soa adalah kelompok yang terbangun dalam sebuah desa budaya khas orang maluku Tengah. Hal ini menunjukkan keberagaman dan ciri khas suku Ambon itu sendiri. Menaik bukan?

Baileo Haria

Nah, untuk yang selanjutnya adalah rumah adat suku ambon yang bernama baileo haria. Rumah khas Ambon ini adalah sebuah bangunan yang berbentuk rumah panggung terbuat dari kayu, atap nya dari daun sagu, lantainya dibuat dari papan.

Jika ditelisik lebih dalam, rumah ini memiliki tiang dengan jumlah keseluruhan 84 dan terbagi 4 baris, setiap baris terdapat 21 tiang. Sekilas, bangunan ini mirip perahu karena banyak tiang, keseluruhan rumah ini tidak dicat, tanpa ornamen, dan tidak menggunakan dinding, hal itu memang disengaja dibentuk demikian.

Sebagai informasi, rumah ini memiliki 2 pintu yaitu sisi timur dan barat, masing-masing pintu mempunyai tangga. Jika Anda masuk ke dalam rumah, maka Anda akan menemukan pintu masuk sisi timur dan pintu keluar dari sisi barat.

Baileo Ullath

Kita berlanjut pada jenis Baile yang terakhir, namanya Baileo Ullath. Berbeda dengan jenis Baileo lainnya, baileo ullath ini dibangun di atas tanah, bukan rumah panggung. Maka hanya ada pondasi yang dibuat 1 meter di atas tanah. Sehingga terlihat seperti rumah panggung.

Jika dilihat dari luar, Anda akan menemukan jika bangunan ini tidak berdinding, bagian atas dibuat seperti pagar dari balok kayu ukuran 1 meter dari lantai sisanya dibiarkan terbuka. Selain itu, atap bangunan dibuat dari daun sagu, dan lantai menggunakan pasir pantai.

Rumah khas ini memiliki 3 pintu di sisi utara, barat dan selatan. Pondasi bangunan menggunakan semen. Dari segi filosofis, terdapat 32 tiang yang merupakan perwalian marga-marga di desa Ullath.

Nah, mungkin itu saja pembahasan mengenai rumah adat suku Ambon. Berita daerah Maluku kali ini semoga bisa mencerahkan dan menambah cakrawala pengetahuan pembaca. Selamat mengenal dan memperjuangkan persatuan Indonesia.

Continue Reading

Daerah

Inilah Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Published

on

Inilah Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Selain memiliki tempat wisata yang banyak dan kece, Maluku adalah provinsi yang memiliki banyak makanan khas yang lezat rasanya. Kali ini kita akan membahas makanan khas Maluku yang patut Anda coba jika mampir ke daerah ini.

Beberapa makanan yang akan kami sebutkan adalah makanan-makanan yang memang sudah terkenal dan marak ditemukan di Maluku. Sudah penasaran makanan apa saja yang harus Anda coba? Simak ulasan berikut ini:

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Papeda

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Makanan yang pertama adalah makanan yang bernama papeda. Sebenarnya, makanan ini tidak hanya dijumpai di Maluku saja. Karena makanan ini sudah sangat terkenal. Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi maksimal dari kelezatannya, maka pergi dan makan di Maluku adalah solusi yang mantap. Mengingat di Maluku juga banyak tempat wisata yang keren.

Papeda pada dasarnya adalah makanan Papua yang tersohor di Maluku dan Papua. Ikan ini nikmat disajikan dengan ikan tongkol dengan beberapa bumbu pilihan. Sehingga meningkatkan citra rasa khas dari makanan yang satu ini.

Selain enak dan lezat, papeda adalah makanan yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Maka dari itu, ketika pergi ke Maluku, Anda dilarang banget untuk melupakan makanan lezat yang satu ini. Dijamin deh, sekali coba Anda pasti bakalan ketagihan.

Kalau hanya dari penjelasan saja, tentu hal itu tidak akan mengundang selera makan Anda secara maksimal. Maka dari itu, Anda harus mencobanya sendiri pergi ke Maluku untuk berwisata kuliner hingga puas.

Kasbi Komplet

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Makanan yang selanjutnya adalah makanan khas yang memiliki bahan dasar pembuatan dari sagu. Kasbi Komplet adalah makanan khas yang memiliki rasa yang khas pula. Makanan ini dihidangkan dengan makanan lain agar menciptakan cita rasa yang lezat.

Kasbi yang dihidangkan dengan lauk-pauk disebut dengan Kasbi Komplet. Jika Anda mampir ke Maluku, maka Anda harus benar-benar merasakan makanan khas Maluku yang satu ini. Mungkin rasanya akan lebih istimewa bagi Anda yang tidak pernah merasakan makanan dengan bahan baku sagu.

Maka dari itu, pastikan Anda mencoba makanan ini jika mampir ke Maluku. Jika Anda belum pernah makan kuliner ini, maka Anda belum dianggap pernah berkunjung ke Maluku. Maka dari itu, Anda harus mencobanya.

Ikan Asar

Makanan khas yang selanjutnya adalah ikan Asar. Makanan ini adalah sebuah makanan hasil laut yang berupa ikan. Dimasak dengan cara dibakar atau diasapi. Karena itulah, Ikan Asar ini memiliki cita rasa yang khas Maluku.

Kita tahu, Maluku adalah sebuah wilayah yang memang memiliki kekayaan laut yang melimpah. Maka dari itu, tidak salah jika wilayah ini memiliki makanan khas yang berasal dari kekayaan laut.

Ikan asar ini juga sangatlah awet. Karena ikan ini bisa bertahan hingga 7 hari. Keren bukan? Sedangkan untuk harganya adalah sekitar Rp 20.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung tempat Anda membeli dan bagaimana proses transaksinya.

Ikan Asar ini akan jauh nikmat jika digabungkan dengan nasi dan sambal colo. Makanan ini akan sangat menghibur lidah Anda yang haus akan cita rasa kuliner yang mantap. Gimana, sudah penasaran bagaimana rasa ikan asar ini?

Baca juga: Kota Terkenal di Indonesia

Acar Kuning

Makanan khas yang selanjutnya adalah acar kuning. Makanan khas ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari mentimun, wortel, dan bawang yang direndam dalam kuah yang memiliki cita rasa yang amat tinggi.

Acar adalah sebuah makanan yang sangat umum ada di berbagai rumah makan. Namun, acar Maluku ini adalah sebuah makanan yang beda dengan acar lainnya. Karena bahan baku utamanya adalah Rebung.

Beberapa bahan untuk membuat acar kuning ini adalah rebung, kecipir muda, bawang merah, cabai merah, mentimun, nanas, hingga daun salam. Semua bahan itu diolah dengan sedemikian rupa sehingga menciptakan sebuah kuliner yang nikmat dan sedap.

Acar kuning ini adalah sebuah makanan khas yang digunakan sebagai lauk. Sehingga, makanan yang akan Anda nikmati menjadi semakin nikmat dan lezat. Maka dari itu, jika Anda mampir ke Maluku, maka Anda harus mencoba kuliner yang satu ini.

Kue Bagea

Makanan khas yang selanjutnya adalah kue Bagea. Makanan ini adalah makanan ringan yang berbentuk kue dengan cita rasa yang lezat, gurih dan renyah. Bahan utama pembuatan kue Bagea ini adalah sagu. Ya karena memang sagu adalah sebuah makanan pokok di Maluku.

Kue ini memiliki tampilan yang menarik. Berbentuk bulat, selain itu di atas kue ini memiliki bentuk yang retak dengan warna krem yang menarik untuk dimakan. Intinya, penampilan kue ini memiliki bentuk yang khas dan Anda pasti tertarik untuk mencobanya.

Bahan utama pembuatan kue ini selain sagu adalah kayu mansi dan berbagai jenis kacang yang membuatnya memiliki cita rasa yang menarik dan enak. Kue Bagea ini adalah kue yang bisa dikatakan sangatlah terkenal di Maluku sebagai kue khas yang memiliki cita rasa yang lezat.

Baca juga: Keunikan Kota Ambon

Kohu-Kohu

Makanan khas yang selanjutnya bernama kohu-kohu. Makanan khas daerah maluku yang satu ini adalah makanan yang terbuat dari tauge, kacang panjang, dan kemangi. Karena itulah, makanan ini memiliki bau yang lezat yang pasti membuat Anda tertarik memakannya.

Sekilas, makanan kohu-kohu ini memiliki rupa seperti urap khas sunda. Namun memiliki isian yang berbeda dari urap sunda. Karena memang makanan ini bukan khas Sunda, akan tetapi khas Maluku.

Uniknya, makanan ini condong menggunakan bahan-bahan yang masih mentah. Sehingga vitamin dan kandungan yang ada dalam sayur masih terjaga. Maka tidak salah jika makanan ini adalah makanan yang bisa dikatakan menyehatkan.

Jika Anda ke Maluku, maka Anda tidak akan heran jika makanan ini dihidangkan hampir setiap hari karena memang merupakan makanan yang sudah sangat familiar di daerah Maluku. Jika Anda mencoba makanan yang satu ini, dijamin lidah Anda akan menari-nari riang karena kenikmatan Kohu-kohu ini.

Sambal Colo-Colo

Kita berlanjut pada makanan yang selanjutnya. Pada dasarnya, makanan ini bukanlah makanan pokok. Akan tetapi makanan yang sering banget menemani makanan besar yang ada di Maluku.

Sambal ini adalah sebuah sambal yang lezat nan sedap yang dimiliki oleh Maluku. Maka tidak heran jika sambali ini menjadi salah satu sambal primadona di Maluku. Sambal ini dibuat dengan beberapa bahan, yakni: tomat, bawang merah, cabai rawit, dan perasan jeruk.

Makanan ini nikmat banget ketika dinikmati dengan cocolan ikan bakar atau ikan goreng. Dijamin deh, ketika Anda mencobanya Anda pasti akan ketagihan dan kangen ingin mencobanya kembali.

Mungkin itu saja beberapa makanan khas Maluku yang perlu Anda ketahui. Semoga berita Maluku kali ini bermanfaat untuk pembaca. Selamat menikmati makanan khas Maluku…

Continue Reading

Daerah

Menarik! Inilah 7 Keunikan Kota Ambon yang Keren Abis

Published

on

Inilah 7 Keunikan Kota Ambon yang Keren Abis

Selain terkenal dengan sukunya, kota Ambon dari daerah Maluku ternyata memiliki ragam keunikan yang menarik untuk dibahas. Kali ini, kita akan mengulas keunikan kota Ambon yang harus Anda tahu. Jika tidak kenal, tentu Anda belum bisa sayang bukan? Maka dari itu, Anda juga harus mengenal salah satu kota terkenal di Indonesia yang satu ini.

Sebagai warga Indonesia yang baik, mengenal satu suku, kota, ataupun daerah lain adalah sebuah kewajiban. Karena indonesia memang ditinggali oleh masyarakat dengan ragam suku tersebut. Nah, apa saja keunikan kota Ambon yang perlu Anda tahu?

7 Keunikan Kota Ambon

Memiliki Destinasi Wisata yang Kece

7 Keunikan Kota Ambon

Satu hal yang sering terlupakan dari kota Ambon adalah destinasi wisatanya. Kota yang satu ini adalah sebuah kota yang memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya sangat keren untuk Anda kunjungi. Banyak banget wisata yang recomended di kota ini.

Salah satu destinasi yang cukup terkenal adalah Pantai Ora. Pantai ini adalah sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan samudra pasifik. Jadi tidak heran jika pantai ini memiliki pesona yang sangat indah. Tidak kalah dengan pantai lain di Indonesia.

Pantai ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Maka tidak salah jika Anda menjadikan Ambon sebagai salah satu tujuan wisata. Maka dari itu, perlu banget Anda ketahui, selain pantai Ora, banyak banget destinasi wisata yang patut untuk Anda kunjungi.

Semua waktu, tenaga, dan materi yang Anda keluarkan untuk melakukan proses traveling di kota Ambon pasti akan terbayar dengan indahnya pesona yang ada. Jika Anda masih kepo dengan ragam destinasi kota Ambon, Anda bisa cari di Internet.

Ukulele Masuk Lewat Ambon

7 Keunikan Kota Ambon

Pasti Anda tahu apa itu alat musik ukulele. Pada dasarnya, ukulele adalah alat musik bukan asli Indonesia. Alat musik ini berasal dari pulau di dekat Amerika, Hawaii. Dibawah ke Indonesia oleh pimpinan portugis ketika menjajah.

Pengenalan alat musik ini di Indonesia pertama kali dilakukan di Ambon. Wow, bukankah hal itu sangat keren? Jadi tidak heran jika di Ambon banyak orang yang bisa memainkan Ukulele. Karena memang alat music ini tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat Ambon.

Jika Anda ingin belajar ukulele agar lebih berkesan, maka cobalah belajar di Ambon. Dijamin Anda pasti merasakan bagaimana kerennya belajar Ukulele di daerah awal masuknya alat musik ini di Nusantara.

Hal ini merupakan salah satu sejarah yang perlu banget dikenalkan pada masyarakat dan generasi. Agar semua paham jika Indonesia adalah sebuah bangsa yang membuka diri pada perkembangan music dunia dan tentunya terus mengembangkannya.

Kelahiran Senam Poco-Poco

source: fin.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal dengan senam yang satu ini? Dengan dibawakan lagu khas Ambon, senam ini sangat asyik untuk diikuti. Selain itu, senam ini memiliki gerakan yang sederhana dan semua orang pasti bisa menirunya.

Dijamin deh, jika Anda meniru dengan benar, Anda pasti berkeringat dan sehat. Senam ini adalah sebuah senam khas Ambon yang dikenal di Indonesia. Membuktikan jika Ambon memanglah sebuah daerah yang memiliki banyak keistimewaan.

Kolaborasi budaya tradisional dan modern begitu terasa dari senam yang satu ini. Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak. Maka dari itu, kita semua tentu harus paham jika senam ini adalah sebuah senam yang patut dibanggakan.

Baca juga: Sejarah Kota Ambon yang Harus Diketahui

Kota Sejuta Penyanyi

7 Keunikan Kota Ambon

Tahu nggak sih jika Ambon adalah kota yang dijuluki sebagai ‘kota sejuta penyanyi’. Sebutan ini tentu bukan tanpa alasan. Kota ini adalah sebuah kota yang melahirkan banyak musisi terkenal di Indonesia.

Maka tidak heran jika kota ini mendapat julukan sebagai kota sejuta penyanyi. Keunikan kota Ambon yang satu ini adalah kebanggaan bagi Indonesia. Mengingat musik adalah salah satu seni yang sangat dibutuhkan di era modern ini.

Maka dari itu, keberadaan kota Ambon semakin terlihat karena memang kota ini bisa menghasilkan banyak musisi keren di tanah air. Sebut saja, Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Monita Tahalea, dan lain-lain.

Hal ini bukan tanpa sebab. Karena di banyak kegiatan khas Ambon, hampir selalu ada sesi bernyanyi. Pada saat itulah, bakat terpendam dari rakyat Ambon semakin terasah dan tentunya semakin berkembang menjadi keunikan yang patut diapresiasi.

Tidak Mengenal Arah Mata Angin Biasa

Keunikan yang selanjutnya adalah fakta yang mengatakan bahwa ‘orang Ambon tidak memiliki konsep mata angin seperti orang biasa’. Memang sih, Ambon adalah sebuah kota yang besar dan bahkan bisa dikatakan metropolitan.

Namun masyarakat di kota ini dikatakan jarang memakai utara, selatan, barat, timur. Namun mereka menggunakan dua istilah yang mengarah pada gunung dan pantai. Dua istilah itu adalah Kadara dan Kalao. Dari nama itu, tentu Anda sudah bisa menebak sendiri mana arah ke laut dan mana arah ke gunung.

Selain itu, mereka juga memakai matahari terbit dan terbenam sebagai patokan untuk melihat mata angin. Memang sebuah ciri khas yang unik dan menarik. Tidak salah jika Ambon adalah sebuah kota yang khas dan beda dari kota lainnya.

Perjuangan Rakyat yang Hebat

Salah satu keunikan yang patriotik dari Ambon adalah perjuangan melawan penjajah. Ambon adalah sebuah wilayah yang sangat diperhitungkan dalam pergulatan nusantara dan penjajahan. Maka dari itu, banyak terjadi perlawanan di daerah ini.

Salah satu pahlawan yang terkenal adalah Thomas Matulessy. Seorang pahlawan Ambon yang sangat terkenal hingga saat ini. Hal ini membuktikan jika memang perjuangan rakyat Ambon dalam melawan penjajah bukanlah sebuah hal yang main-main.

Kesengsaraan yang diakibatkan oleh penjajah tentu membuat banyak orang merasa tidak tahan. Termasuk rakyat Ambon yang akhirnya bisa keluar dari penjajahan itu karena perjuangan mereka sendiri mengalahkan penjajah yang kejam.

Hal itu memberikan pelajaran bagi kita semua jika perjuangan pahlawan haruslah terus kita hargai. Kenikmatan yang kita nikmati saat ini salah satu ada dikarenakan perjuangan pahlawan melawan penjajah di zaman itu. Maka dari itu, saat ini tugas kita adalah mempertahankan kemerdekaan yang susah payah kita dapatkan ini.

Kebudayaan yang Keren

source:  ADI (TERASMALUKU.COM)

Anda pasti pernah mendengar nama ‘suku Ambon’. Suku ini tentu memiliki banyak ciri khas, adat-istiadat dan tentunya kebudayaan. Banyak rumah tradisional dan kuliner tradisional yang memang khas Ambon.

Maka dari itu, Ambon bisa dikatakan sangatlah membanggakan bagi Indonesia. Karena menjadi salah satu daerah yang meragamkan kebudayaan yang Indonesia miliki, yang mana kebudayaan ini tentu tetap harus kita jaga selama-lamanya.

Nah, dari pembahasan mengenai keunikan kota Ambon di atas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan sendiri bagaimana kerennya kota yang satu ini. Sebagai saudara se-Indonesia, Anda tentu juga harus bangga memiliki saudara seperti rakyat Ambon.

Semoga penjelasan berita maluku tentang keunikan kota Ambon di atas bermanfaat untuk Anda baca. Selain itu semoga menjadi informasi yang bisa meluaskan cakrawala Anda. Salam perdamaian..

Continue Reading

Trending