Temanggung Jawa Tengah, 10 Balita Terkena Virus AIDS

0
203

TEMANGGUNG – Sebanyak 10 balita di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menderita HIV/AIDS dan diduga mereka sudah mengidap penyakit tersebut sejak masih dalam kandungan.

Pengelola data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Temanggung Agus Anang mengatakan sejumlah balita tersebut lahir dari orang tua yang juga pengidap penyakit HIV/AIDS.”Selama ini mereka dalam pantauan KPA.

Sejak dalam kandungan sudah mulai kami pantau, pendekatan terhadap balita dan orang tuanya kami lakukan hingga saat ini,” katanya.

Menurut Agus, selama ini orang tua mereka sudah mulai terbuka sehingga pendampingan bisa dilakukan maksimal. “Awalnya orang tua dari balita tersebut memang sempat menutup diri, tetapi sekarang sudah mulai terbuka. Komunikasi sudah terjalin dengan baik.

Agus menambahkan bahwa dari 10 balita tersebut, dua di antaranya merupakan anak kembar dan satu balita lainnya pendatang dari kabupaten lain.

“Pendatang ini baru terdata di awal tahun, tetapi kami tidak membedakan, mereka semua dalam pantauan kami,”  Berdasarkan catatan KPA Temanggung, selain 10 balita tersebut, hingga akhir Maret 2016 tercatat ada enam warga Temanggung yang mengidap HIV/AIDS, sehingga jumlah kasus HIV/AIDS di Temanggung tercatat 334 orang, dengan jumlah orang yang meninggal akibat kasus ini sebanyak 156 orang.

“Kasusnya terus meningkat, akhir tahun 2015 tercatat hanya 328 orang saja. Jumlah ini belum termasuk 10 balita tersebut,” tandas Agus.(Arintoko)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here