WISATA SULAWESI SELATAN PAKET KOMPLIT

0
48
Wisata Sulawesi

WISATA SULAWESI SELATAN PAKET KOMPLIT

Istirahat sejenak, tidak perlu terdesak. Ambil waktumu barang kali sebentar untuk menikmati keindahan Indonesia yang tak kalah cetar. Terkadang juga, impian untuk mengunjungi negara lain masih sangat tinggi. Padahal Indonesia sangat kaya akan tempat wisata yang sangat menyejukkan mata. Indonesia memiliki belasan ribu pulau yang dapat kamu eksplorasi lho!

 Berbagai bentuk dan jenis tempat wisata bisa ditemui. Mulai dari pegunungan, pantai, persawahan hingga tempat wisata bersejarah yang dapat menambah wawasan.  Berbicara mengenai tempat wisata, terdapat tempat wisata yang sangat indah di Sulawesi. Buat yang belum tahu dimana letak Pulau Sulawesi, Pulau Sulawesi Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. Akibat letak geografisnya yang sangat unik pulau ini memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Wisata Sulawesi sangat beragam dan komplit.

Pulau Sulawesi memiliki enam provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, ibukota Makassar; Provinsi Sulawesi Utara, ibukota Manado;  Provinsi Sulawesi Tengah, ibukota Palu; Provinsi Sulawesi Tenggara, ibukota Kendari; Provinsi Gorontalo, ibukota Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Barat, ibukota mamuju. Salah satu dari enam provinsi tersebut memiliki tempat wisata yang unik, indah dan selalu menarik para wisatawan. Wisata Sulawesi itu terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berikut ialah tiga Rekomendasi tempat wisata Sulawesi Selatan yang wajib di kunjungi :

WISATA PULAU SAMALONA

Pulau Samalona ialah pulau mungil yang sangat indah. Terletak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar. Walaupun mungil pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat menawan. Pulau Samalona terdiri dari pasir putih dan laut biru yang sangat jernih. Terkenal dengan Keindahan bawah laut sehingga para wisatawan dapat berenang dan menyelam sambil melihat terumbu karang yang sangat indah. Terdapat banyak jenis ikan dengan warna yang sangat menakjubkan.  Selain tu terdapat banyak sekali pohon kelapa yang membuat suasana sangat rindang dan nyaman.

Hal menarik lainnya ialah Pulau Samalona ini menyimpan beberapa peninggalan Perang Dunia Kedua. Setidaknya terdapat tujuh kapal yang tenggalam di daerah tersebut. Diantaranya ialah Kapal Lancaster Bomber, Kapal Maru ( Kapal perang Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter ), dan beberapa kapal lainnya.

Bangkai bangkai kapal tersebut kini telah diubah menjadi karang dan rumah bagi ratusan ekosistem di laut. Nah disanalah wisatan biasanya dating untuk berenang diantara pulau tersebut. Menarik bukan ?

TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG

Taman Nasional Bantimurung merupakan taman nasional yang menyuguhkan banyak jenis objek alam. Wisata alam yang ada berupa air terjun, gua yang merupakan habitat beragam spesies fauna dan lembah bukit kaput yang curam dengan vegetasi tropis. Taman Nasional ini sangat menonjolkan kupu – kupu sebagai daya Tarik utama. Terdapat sekitar 20 jenis kupu – kupu yang di lindungi di Taman Nasional Bantimurung. Bahkan beberapa spesies kupu kupu tersebut termasuk unik dan endemik sehingga hanya dapat ditemukan di Sulawesi Selatan. Alfred Russesl penah meneliti lokasi Bantimurung ini antara tahun 1856 – 1857 dan menemukan sedikitnya 250 spesies kupu – kupu dari hasil penelitiannya. Maka dari itulah Bantimurung ini dijuluki beliau sebagai The Kindom of Butterfly.

Keunikan lain yang dapat ditemukan pada wisata Sulawesi kali ini ialah Taman Nasional Bantimurung ini memiliki dua buah gua yang dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua tersebut ialah Gua Mimpi dan Gua Batu. Selain itu, terdapat beberapa jenis aktivitas yang menari untuk di lakukan di dalam Kawasan Taman Nasional Bantimurung yaitu Kawasan Wisata Bantimurung, Helena Sky Bridge, Kawasan Prasejarah Leang – leang, Kawasan Wisata Pattunang, Kawasan Gua Vertikal Leang Pute, Kawasan Pengamatan Satwa Karaenta, dan masih banyak lagi.

MALINO

Rekomendasi Wisata Sulawesi Terakhir ini tidak kalah menariknya. Malino sangat terkenal akan pesona alamnya yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Malino kerap dijuluki Puncaknya Sulawesi Selatan kerena bentuk dan pemandangannya yang meyerupai daerah puncak bogor. Salah satu tempat wisatanya itu ialah Kawasan wisata kebun teh Malino Highland. Kebun teh ini dicap sebagai Kawasan megang karena luas lahan yang hampir 200 hektar, Kawasan ini juga dihuni beberapa satwa langka. Serta memiliki paparan kebun Bungan nan cantik dan menawan.

Selain Kawasan Kebun The, wisata di daerah Malino yang tak kalah keren ialah Hutan Pinus Malino. Berkunjung ke Bumi Malino tidak akan lengkap apabila tidak singgah ke daerah hutan Pinus. Hutan Pinus Malino terletak di ketinggian sekitar 1500 metes diatam permukaan laut. Tentu saja Hutan Pinus Malino menjanjikan kesejukan pemandagan mata dan udara yang sangat segar karena berada di jajaran perbukitan. Sehingga kamu dapat menyegarkan pikiran dan kepenatan dari Kota.

Wisata Sulawesi kali ini sangat lengkap dan menarik ya. Sulawesi Selatan memang destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Seluruh jenis tempat wisata mulai dari gunung, laut bahkan wisata fauna pun dapat kita tempuh. Maka dari itulah kita harus bangga dengan kekayaan dan keindahan alam di Indonesia.