peralatan kapal keselamatan

Kapal menjadi salah satu moda transportasi paling banyak digunakan. Dengan beban yang berat serta penumpang yang cukup banyak, kapal biasanya dilengkapi dengan peralatan kapal keselamatan untuk menunjang keselamatan diri. Tujuannya tidak lain agar mengantisipasi malapetaka atau bahaya.

Sesuai tujuannya alat kapal ini digunakan untuk menyelamatkan diri penumpang dan kru kapal. Jadi ketika ada suatu hal yang salah atau bencana di lautan, kru kapal bisa mengantisipasi sebaik dan secepat mungkin supaya bisa menyelamatkan penumpang dan dirinya sendiri.

Peralatan kapal keselamatan diri itu juga banyak dengan fungsi yang berbeda. Sebagai seorang kru kapal, tentu Anda harus mengenalinya dengan baik. Bagi yang penasaran dan ingin tahu, simak saja daftarnya berikut

Sekoci penyelamatan

Biasanya alat ini berbentuk kapal kecil yang bisa menampung beberapa orang. Fungsinya untuk menyelamatkan sebanyak mungkin orang yang ada di kapal. Selain itu juga untuk memimpin pesawat luput maut yang mungkin melakukan evakuasi setelah bencana.

Umumnya sekoci diletakkan di kanan dan kiri kapal. Namun beberapa kapal juga menyediakannya di bagian atas atau deck sekoci. Kapal yang memuat barang untumnya memiliki peralatan kapal ini sebanyak 2. Hanya saja sekoci untuk kapal lazimnya ada 12 buah.

Life Boats Davits

Peralatan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan sekoci. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuatnya lebih diuntungkan dibanding sekoci. Misalnya., perlengkapan kapal ini memiliki berat yang cukup ringan dibanding sekoci.

Karena beratnya tersebut, peralatan kapal keselamatan ini bisa dinaik turunkan dengan mudah. berbeda dengan sekoci yang umumnya memang tidak bisa dinaik turunkan. Meskipun bisa tetap saja membutuhkan waktu yang agak lama.

Pelampung penolong

Peralatan lain yang digunakan untuk keselamatan diri di atas kapal adalah pelampung penolong. Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu fungsi peralatan ini seperti apa. Ya, alat ini dipakai untuk mengapungkan orang yang berada di atas air.

Life buoys atau pelampung penolong ini berbentuk kendaraan beroda empat. Pelampung akan langsung dilemparkan ke laut jika ada orang yang terjatuh ke lautan. Umumnya, peralatan kapal keselamatan ini terbuat dari gabus sehingga mengambang di air.

Jaket penolong

Jaket penghangat menjadi salah satu peralatan di atas kapal yang penting untuk penyelamatan diri. Umumnya jaket ini berbentuk seperti baju. Fungsinya hampir sama dengan pelampung penolong. Hanya saja jaket penolong ini dilengkapi dengan peluit serta terhubung dengan tali.

Tujuannya jika ada orang yang tenggelam di lautan, tali bisa langsung ditarik oleh tim penyelamat. Peralatan kapal untuk keselamatan diri ini juga berwarna mencolok supaya mudah dikenali oleh tim.

Inflatable Liferaft

Peralatan lain yang ada di kapal untuk menyelamatkan diri adalah inflatable liferaft atau rakit penolong. Sesuai namanya, alat penolong ini berbentuk rakit khusus yang digunakan untuk menyelamatkan orang yang tenggelam atau terjatuh ke lautan.

Ada dua tipe inflatable yang bisa ditemui, yakni rakit kaku dan juga rakit maksimal. Fungsinya bisa menjadi pengganti jika sekoci tidak bisa digerakkan ke bawah. Rakit ini dilengkapi dengan penutup selaras sehingga sangat bagus untuk proses penyelamatan korban atau penumpang.

Tali

Peralatan kapal lain yang digunakan adalah tali khusus yang diberi nama line throwing apparatus. Tali ini fungsinya untuk penghubung antara kapal dan juga orang yang akan diselamatkan. Selain itu, tali ini juga bisa digunaka untuk kebutuhan lain di kapal.          

Tali di kapal ini pertama kali digunakan oleh Schermily yang pada saat itu ingin menolong penumpang yang tenggelam ke lautan. Kapal biasanya menyediakan tali dengan panjang sampai 230 meter.

Pyrotechnis

Peralatan kapal keselamatan penumpang lainnya adalah pyrotechrus atau isyarat visual. Peralatan ini juga tidak kalah penting dari yang telah disebutkan di awal. Jadi alat ini digunakan untuk pedoman atau tanda jika ada kapal penolong yang menghampiri.

Isyarat ini biasanya hanya bisa dilihat di siang hari dengan mata telanjang. Bentuknya seperti asap apung. Lantas bagaimana jika malam hari? umumnya ada alat yang bernama obor tangan atauy red hand flare yang diaplikasikan di kapal.

Pesawat luput

Peralatan lain yang digunakan di kapal adalah pesawat luput atau survival craft. Fungsi peralatan kapal ini adalah menjaga kondisi penumpang yang terjatuh ke air tetap sehat. Biasanya berupa alat penghangat badan di dalamnya.

Kapal selalu menydiakan pesawat luput ini untuk berjaga-jaga. Setiap kapal menyediakan jumlah yang berbeda-beda. Hanya saja umumnya antara 100 hingga 300 pesawat luput sesuai jumlah penumpang.

Itu ragam peralatan kapal keselamatan untuk penyelamatan atau keselamatan diri yang paling sering ditemui di kapal. Karena menyangkut nyawa seseorang, sudah pasti alat ini selalu disediakan di atas kapal.