Connect with us

Bisnis

Ini Ternyata Tips Memilih Batik Modern yang Berkualitas Tinggi

Published

on

Ini Ternyata Tips Memilih Batik Modern yang Berkualitas Tinggi

Dari segi desain dan motif batik modern tidak kalah dengan batik tradisional. Bahkan dari segi harga dan kenyamanan saat digunakan batik jenis ini lebih berpihak kepada masyarakat.

Sekalipun demikian masih banyak batik ala modern yang tidak berkualitas tetapi dijual dengan harga sangat mahal. Bahkan tidak sedikit yang mutu batik memang buruk tetapi disembunyikan dan dinyatakan sebagai batik high class.

Oleh karena itu dibutuhkan tips tertentu ketika ingin membeli batik ala modern. Namun sebelum dijelaskan kiat yang dimaksud, di bawah ini akan dijabarkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan batik ala modern. Berikut penjelasannya:

Pengertian Batik Modern

Batik Modern adalah pakaian jenis batik yang teknik pembuatannya tidak berdasar pada pakem tertentu. Tidak sama dengan batik tradisional yang di setiap daerah memiliki desain, motif, warna dan corak yang khas.

Teknik pembuatan batik ala modern lebih diarahkan pada desain agar mewakili trademark dari fashion terbaru. Pemasaran batik pun tidak dibuat secara khusus melainkan disebarkan di semua daerah termasuk dimasukkan ke pasar tradisional.

Oleh karena pemasaran yang intensif dibandingkan batik tradisional, batik ala modern lebih mudah dikenali. Bahkan peminatnya pun lintas kalangan tidak hanya orang dewasa dan remaja, anak-anak pun banyak yang menyukainya.

Tips Memilih Batik Modern

Setelah mengetahui pengertian batik ala modern maka berikut akan dijelaskan tips memilih batik kontemporer yang berkualitas tinggi. Paling tidak jika membeli batik menggunakan tips ini calon pembeli tidak tertipu dengan batik yang mudah rusak. Silakan disimak ini tips yang dimaksud:

1. Ketahui Jenis Kain Batik Terlebih Dahulu

Tips yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu jenis kain dari batik yang akan dipilih. Jangan malu untuk bertanya tentang kualitas kain apakah luntur, mudah robek, mudah berkerut dan kualitas yang lain.

Lebih bagus lagi jika calon pembeli memiliki pemahaman terkait kain baju batik yang berkualitas. Sehingga tanpa bertanya kepada penjual secara langsung sudah bisa dideteksi apakah batik yang dijual bermutu dan nyaman dipakai atau tidak.

2. Pastikan Ukuran sesuai Dengan Postur Badan

Untuk membeli batik yang modern pastikan ukurannya tepat dan ukuran memang sesuai dengan postur badan calon pembeli. Pasalnya, sebagian besar baju batik modern dibuat dalam bentuk siap pakai yang tentunya si pembeli harus selektif dalam memilih ukuran batik.

Resiko kalau asal memilih ukuran batik ialah akan mendapatkan ukuran yang tidak pas baik karena terlalu longgar atau karena terlalu sempit. Apapun kesalahan ukuran batik yang didapatkan tentu baju yang dipakai justru membuat penampilan semakin buruk.

Karena alasan ini sebelum memulai membeli baju batik tipe modern paskan terlebih dahulu dengan ukuran tubuh. Setelah itu baru mencari penjual yang di dalam stok-nya terdapat baju batik dengan ukuran yang pas tersebut.

3. Memastikan Bahan Pakaian Nyaman Digunakan

Tips memilih batik modern yang selanjutnya adalah memastikan kalau bahan batik nyaman digunakan. Ini juga membutuhkan pemahaman calon pembeli terhadap segala informasi terkait bahan-bahan batik dari semua kualitas.

Tak hanya itu, calon pembeli juga harus mampu membedakan mana bahan batik yang nyaman digunakan dengan yang tidak. Kalau sekiranya nyaman maka silakan batik langsung dibeli sekalipun harganya relatif lebih tinggi.

Tips ini juga mencegah calon pembeli tertipu bahan batik tidak berkualitas tetapi penjual menjual dengan harga mahal. Sebab nantinya akan terjadi penawaran yang a lot atau pembeli bisa berpindah ke penjual lain jika harga batik memang tidak sesuai dengan kualitasnya.

4. Teliti dalam Mencermati Motif Batik

Baju batik kontemporer maupun tradisional mengusung motif beragam sekalipun tidak se-ekslusif motif dari batik kekinian. Tidak dimungkiri pula untuk batik ala modern, kerumitan motif menjadi alasan banderol harga yang ditawarkan penjual.

Semakin rumit motif batik kontemporer maka tentu harganya lebih mahal begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, jika ada penjual batik mempertahankan harta mahal silakan periksa terlebih dahulu motif yang dibuat.

Jika terlihat khusus dan khas maka berarti batik tersebut memang bermutu. Harga mahal yang ditawarkan memang sebanding dengan pembuatan motif batik yang membutuhkan kreativitas tinggi.

5. Jangan Tertipu dengan Iming-Iming Harga Batik Murah

Tips memilih batik kekinian yang kelima ialah jangan sampai tertipu dengan iming-iming harga batik yang murah. Sebab, sekalipun hanya batik ala modern, harga juga menjadi cerminan dari sebuah kualitas.

Semakin mahal harga batik, maka kualitasnya juga semakin bagus. Begitu juga sebaliknya, jika batik dijual dengan harga sangat murah maka mutunya patut dipertanyakan.

Jangan sampai calon pembeli terjerat dengan batik yang katanya berkualitas tinggi tetapi dijual dengan harga murah. Apalagi jika disimak sekilas terlihat mutu batik yang tidak begitu bagus. Jika menemukan penjual seperti ini lebih baik pindah ke penjual batik yang lain saja.

6. Pilih Batik yang Kualitas Jahitannya Bagus

Batik modern umumnya digunakan untuk pakaian-pakaian resmi kekinian termasuk acara rapat dan pesta yang diikuti oleh para remaja, mahasiswa dan sebagian orang dewasa.

Tentu tidak lucu jika pas di tengah acara formal batik yang dipakai sobek karena jahitannya lepas atau batik terlihat tidak proporsional karena jahitan yang kurang rapi. Nah untuk mencegah hal tersebut, lebih baik pilih batik kontemporer yang dijahit dengan halus dan rapi.

Batik ala modern dijahit dengan sembarangan bisa saja terjadi. Apalagi salah satu kriteria batik ala kekinian adalah diproduksi dalam jumlah besar sehingga terkadang para penjahitnya teledor yang membuat hasil jahitan tidak berkualitas.

Batik S-128, Toko Batik Modern Online yang Top

Jika tips memilih baju batik modern di atas sudah dipahami, maka selanjutnya silakan memilih penjual batik kontemporer yang berkualitas. Salah satunya adalah Batik S-128 yang tidak hanya melayani calon pembeli batik secara online tetapi juga offline.

Di sini calon pembeli akan mendapatkan batik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Selain itu, stok batik dibuat untuk semua ukuran dan jika stok kosong biasanya penjual memesan batik yang baru ke supplier saat itu juga agar calon pembeli tidak menunggu lama.

Salah satu kelebihan dari batik milik Batik S-128 adalah produknya lengkap baik batik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Semua batik menggunakan kain yang nyaman digunakan serta dijahit oleh profesional sehingga jahitan lebih halus dan rapi.

Batik S-128, Toko Batik Modern Online yang Amanah

Jika membeli pakaian batik modern di Batik S-12b atau melalui situs www.batik-s128.com pembeli tidak khawatir tertipu penjual batik abal-abal. Pasalnya toko online ini juga menjual batik offline tepatnya berada di JL KH Samanhudi 128 Solo yang masih satu kawasan dengan Kawasan/Kampoeng Batik Laweyan.

Jadi tunggu apa lagi silakan pesan batik modern di toko Batik S-128 saja. Pasti calon pembeli akan puas karena mendapatkan produk baju batik yang berkualitas tinggi.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending