Connect with us

Tehnologi

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Published

on

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Keberadaan smartphone menjadi salah satu hal yang penting. Salah satu brand yang cukup terkenal adalah Samsung. Smartphone keluaran Samsung ini menjadi produk unggulan di kelasnya. Dengan teknologi yang mumpuni, perusahaan ini mampu menghadirkan berbagai teknologi yang apik. 

Salah satunya adalah memberikan keamanan yang baik dalam melindungi ponsel. Lalu, bagaimana cara membuka Samsung yang terkunci karena lupa dengan password? Ada beberapa trik di dalamnya.

Smartphone yang di pakai sehari-hari tentu saja memuat banyak informasi atau hal-hal penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Rata-rata handphone juga menjadi wadah untuk menaruh rahasia pribadi yang mana tidak boleh orang lain tahu.

Pembahasan berita teknologi telekomunikasi saat ini, berupa Namun hal ini akan menjadi masalah jika lupa pola atau pin untuk membuka layar. Berbagai cara tentu di lakukan untuk membuka HP Samsung yang terkunci ini. Dan tentu saja banyak orang yang akan merasa panic. 

Dalam menghadapi situasi seperti ini, tidak perlu merasa panik karena ad acara untuk membuka Samsung yang terkunci dari password. Dengan ini, maka masalah bisa teratasi dengan baik bukan? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Menggunakan Fitur “Forgot Password”

Cara pertama yang paling mudah digunakan untuk membuka pin HP Samsung yang terkunci adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Fitur ini adalah “Forgot Password”. Bagaimana caranya dan apakah ampuh dalam membuka kunci dari smartphone Samsung yang terkunci?

Mula-mula, cobalah untuk memasukan kode pengaman pada ponsel. Kode pengaman sandi ini baik berupa “Pola” atau “PIN” secara acak. Pada layar akan muncul tulisan ‘Password Salah’, lakukanlah hingga beberapa kali hingga muncul opsi “Forgot Password/Pattern“.

Setelah itu, pengguna bisa memilih opsi tersebut, pilih “Lupa Password / Forgot Password”. Kemudian, akan muncul kolom “Sign In” dan lakukan sign in dengan menggunakan account gmail yang ada di handphone tersebut.

Cara selanjutnya adalah masukan “Username” dan “Password” gmail yang ada di dalam ponsel Samsung tersebut, hal ini menjadi penting untuk membuka Samsung yang terkunci sehingga ingatlah dengan baik akun yang ada di dalamnya.

Terakhir, pilihlah opsi “Sign In” atau “Login” dan tunggu prosesnya hingga selesai. Mudah sekali bukan? Meski caranya mudah dan sederhana, tetapi tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Sehingga, bagi ponsel yang tidak memiliki fitur ini bisa menambahkan beberapa tools yang tersedia.

Menggunakan Fitur Samsung Find My Mobile

Selain menggunakan cara bawaan dari ponsel, cara selanjutnya untuk membuka kunci Samsung yang lupa password adalah dengan find my mobile. Cara yang satu ini akan membantu untuk membuka pin hp Samsung yang terkunci. 

Sayangnya cara ini tidak tersedia di semua device Samsung. Biasanya fitur ini ditemukan di serie Samsung paling terbaru. Bagaimana caranya?

Samsung Find My Device sendiri merupakan situs dan aplikasi resmi yang dikeluarkan Samsung untuk membantu penggunanya. Cara ini juga sangat mudah dan yang terpenting adalah keamanannya lho. Bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, bukalah situs Find My Mobile di Browser, kemudian nantinya di sana akan muncul kolom untuk login atau Sign In dengan akun Samsung yang dimiliki. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan bahwa sudah memiliki akun di find my mobile.

Sehingga, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa kunci atau ponsel hilang, maka buatlah akun ini jauh-jauh hari sebelumnya.

Kembali pada cara membuka kunci dengan fitur ini, kemudian setelah berhasil login ke akun Samsung, klik tombol “Lock my screen” di panel sebelah kiri. Nah dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol “Lock”.

Dalam beberapa menit, akan muncul form untuk mengubah sandi pin lockscreen sobat menjadi sandi pin yang baru. Tunggulah beberapa saat dan jika sudah segera coba gunakan pin yang sudah Anda perbarui di handphone sobat yang terkunci.

Itu adalah salah satu cara untuk membuka kunci layar handphone Samsung yang terkunci. Mudah bukan?

Menggunakan Android Find My Device

Selain menggunakan Find My Device, cara membuka Samsung yang terkunci bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa kalian unduh melalui play store secara gratis. Pada dasarnya, aplikasi Android Find My Device sendiri adalah aplikasi dan web resmi besutan Google. 

Sehingga berbagai merk HP Android bisa menggunakan cara ini, bukan hanya ponsel Samsung saja, di sini pengguna bisa menggunakan browser di Laptop atau PC atau juga bisa meminjam handphone lain untuk membuka aplikasi atau web Google Find My Device.

Langkah pertama adalah pengguna harus masuk ke laman Android Find My Device atau jika melalui handphone bisa unduh secara gratis di google play store.

Jika sudah selesai di unduh, maka buka aplikasi ini. Jika sudah masuk, nantinya pengguna akan di minta login terlebih dahulu dengan akun google yang terdapat pada handphone yang terkunci.

Setelah itu, akan ada tiga pilihan yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu pilihlah opsi Kunci atau Lock. Kemudian, lakukan refresh dengan pada browser atau aplikasi beberapa kali jika perangkat ini masih belum di temukan.

Setelah itu, klik tombol Kunci atau Lock, nantinya akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang dilupakan. Ketik password baru, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit, dan sekarang sudah bisa membuka handphone yang terkunci dengan password baru.

Baca juga: 6 Toko Online di Indonesia yang Menerima Pembayaran Melalui Paypal

Cara Lain Membuka Kunci

Selain ketiga cara di atas, ada cara lain yang bisa di pakai jika ketiga cara di atas tidak berhasil juga. Di sini ada  cara paling jitu namun memiliki risiko yang tinggi yaitu hilangnya data utama di handphone. 

Cara ini adalah dengan menggunakan fitur factory reset. Perlu diperhatikan bahwa opsi ini menjadi menjadi opsi terakhir karena nantinya cara ini akan menghapus seluruh data di dalam ponsel. Selain itu, lebih baik SD Card dilepas dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidaki diinginkan.

Saran lain adalah sebelum melakukan factory reset adalah untuk membackup semua data yang ada di hp yang kalian miliki. Cara ini menjadi cara terakhir untuk membuka Samsung yang terkunci.

Berikut caranya untuk melakukan factory reset:

Pertama, pastikan untuk mematikan dahulu handphone yang terkunci. Kemudian tekan “Tombol Power + Volume Up + Home” secara bersamaan, tahan sampai beberapa detik hingga muncul menu “Menu Recovery Mode“.

Beberapa handphone memiliki cara menekan tombol yang berbeda untuk masuk ke recovery mode, tapi cara menekan di atas adalah cara mayoritas atau kebanyakan handphone. Namun jika cara menekan tombol di atas tidak bekerja pada handphone, bisa browsing di google untuk mengetahuinya.

Jika sudah masuk ke Recovery Mode, kemudian gunakan tombol “Volume UP dan Down” untuk memilih opsi “Wipe Data / Factory Reset“. Setelah itu tekan “Tombol Home” atau “power” untuk melanjutkan atau memulai prosesnya.

Biasanya, ketika ponsel sedang dalam mode recovery mode, layar sentuh tidak bisa berfungsi. Oleh karena itu, gunakan tombol volume untuk memilih dan tombol power untuk “okay”.

Langkah selanjutnya silahkan pilih opsi “Reboot” dan tekan “Tombol Home” atau “power“. Setelah itu, pengguna harus menunggu handphone proses booting, setelah itu ponsel akan masuk ke home dan handphone sobat kosong seperti saat pertama membelinya

Berbagai cara di atas adalah sebuah cara untuk membuka Samsung yang terkunci karena lupa password. Maka, ingatlah baik-baik password yang ada agar tidak perlu bersusah payah membukanya karena lupa. Semoga bermanfaat!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending