Connect with us

Daerah

Menarik! Inilah 7 Keunikan Kota Ambon yang Keren Abis

Published

on

Inilah 7 Keunikan Kota Ambon yang Keren Abis

Selain terkenal dengan sukunya, kota Ambon dari daerah Maluku ternyata memiliki ragam keunikan yang menarik untuk dibahas. Kali ini, kita akan mengulas keunikan kota Ambon yang harus Anda tahu. Jika tidak kenal, tentu Anda belum bisa sayang bukan? Maka dari itu, Anda juga harus mengenal salah satu kota terkenal di Indonesia yang satu ini.

Sebagai warga Indonesia yang baik, mengenal satu suku, kota, ataupun daerah lain adalah sebuah kewajiban. Karena indonesia memang ditinggali oleh masyarakat dengan ragam suku tersebut. Nah, apa saja keunikan kota Ambon yang perlu Anda tahu?

7 Keunikan Kota Ambon

Memiliki Destinasi Wisata yang Kece

7 Keunikan Kota Ambon

Satu hal yang sering terlupakan dari kota Ambon adalah destinasi wisatanya. Kota yang satu ini adalah sebuah kota yang memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya sangat keren untuk Anda kunjungi. Banyak banget wisata yang recomended di kota ini.

Salah satu destinasi yang cukup terkenal adalah Pantai Ora. Pantai ini adalah sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan samudra pasifik. Jadi tidak heran jika pantai ini memiliki pesona yang sangat indah. Tidak kalah dengan pantai lain di Indonesia.

Pantai ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Maka tidak salah jika Anda menjadikan Ambon sebagai salah satu tujuan wisata. Maka dari itu, perlu banget Anda ketahui, selain pantai Ora, banyak banget destinasi wisata yang patut untuk Anda kunjungi.

Semua waktu, tenaga, dan materi yang Anda keluarkan untuk melakukan proses traveling di kota Ambon pasti akan terbayar dengan indahnya pesona yang ada. Jika Anda masih kepo dengan ragam destinasi kota Ambon, Anda bisa cari di Internet.

Ukulele Masuk Lewat Ambon

7 Keunikan Kota Ambon

Pasti Anda tahu apa itu alat musik ukulele. Pada dasarnya, ukulele adalah alat musik bukan asli Indonesia. Alat musik ini berasal dari pulau di dekat Amerika, Hawaii. Dibawah ke Indonesia oleh pimpinan portugis ketika menjajah.

Pengenalan alat musik ini di Indonesia pertama kali dilakukan di Ambon. Wow, bukankah hal itu sangat keren? Jadi tidak heran jika di Ambon banyak orang yang bisa memainkan Ukulele. Karena memang alat music ini tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat Ambon.

Jika Anda ingin belajar ukulele agar lebih berkesan, maka cobalah belajar di Ambon. Dijamin Anda pasti merasakan bagaimana kerennya belajar Ukulele di daerah awal masuknya alat musik ini di Nusantara.

Hal ini merupakan salah satu sejarah yang perlu banget dikenalkan pada masyarakat dan generasi. Agar semua paham jika Indonesia adalah sebuah bangsa yang membuka diri pada perkembangan music dunia dan tentunya terus mengembangkannya.

Kelahiran Senam Poco-Poco

source: fin.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal dengan senam yang satu ini? Dengan dibawakan lagu khas Ambon, senam ini sangat asyik untuk diikuti. Selain itu, senam ini memiliki gerakan yang sederhana dan semua orang pasti bisa menirunya.

Dijamin deh, jika Anda meniru dengan benar, Anda pasti berkeringat dan sehat. Senam ini adalah sebuah senam khas Ambon yang dikenal di Indonesia. Membuktikan jika Ambon memanglah sebuah daerah yang memiliki banyak keistimewaan.

Kolaborasi budaya tradisional dan modern begitu terasa dari senam yang satu ini. Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak. Maka dari itu, kita semua tentu harus paham jika senam ini adalah sebuah senam yang patut dibanggakan.

Baca juga: Sejarah Kota Ambon yang Harus Diketahui

Kota Sejuta Penyanyi

7 Keunikan Kota Ambon

Tahu nggak sih jika Ambon adalah kota yang dijuluki sebagai ‘kota sejuta penyanyi’. Sebutan ini tentu bukan tanpa alasan. Kota ini adalah sebuah kota yang melahirkan banyak musisi terkenal di Indonesia.

Maka tidak heran jika kota ini mendapat julukan sebagai kota sejuta penyanyi. Keunikan kota Ambon yang satu ini adalah kebanggaan bagi Indonesia. Mengingat musik adalah salah satu seni yang sangat dibutuhkan di era modern ini.

Maka dari itu, keberadaan kota Ambon semakin terlihat karena memang kota ini bisa menghasilkan banyak musisi keren di tanah air. Sebut saja, Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Monita Tahalea, dan lain-lain.

Hal ini bukan tanpa sebab. Karena di banyak kegiatan khas Ambon, hampir selalu ada sesi bernyanyi. Pada saat itulah, bakat terpendam dari rakyat Ambon semakin terasah dan tentunya semakin berkembang menjadi keunikan yang patut diapresiasi.

Tidak Mengenal Arah Mata Angin Biasa

Keunikan yang selanjutnya adalah fakta yang mengatakan bahwa ‘orang Ambon tidak memiliki konsep mata angin seperti orang biasa’. Memang sih, Ambon adalah sebuah kota yang besar dan bahkan bisa dikatakan metropolitan.

Namun masyarakat di kota ini dikatakan jarang memakai utara, selatan, barat, timur. Namun mereka menggunakan dua istilah yang mengarah pada gunung dan pantai. Dua istilah itu adalah Kadara dan Kalao. Dari nama itu, tentu Anda sudah bisa menebak sendiri mana arah ke laut dan mana arah ke gunung.

Selain itu, mereka juga memakai matahari terbit dan terbenam sebagai patokan untuk melihat mata angin. Memang sebuah ciri khas yang unik dan menarik. Tidak salah jika Ambon adalah sebuah kota yang khas dan beda dari kota lainnya.

Perjuangan Rakyat yang Hebat

Salah satu keunikan yang patriotik dari Ambon adalah perjuangan melawan penjajah. Ambon adalah sebuah wilayah yang sangat diperhitungkan dalam pergulatan nusantara dan penjajahan. Maka dari itu, banyak terjadi perlawanan di daerah ini.

Salah satu pahlawan yang terkenal adalah Thomas Matulessy. Seorang pahlawan Ambon yang sangat terkenal hingga saat ini. Hal ini membuktikan jika memang perjuangan rakyat Ambon dalam melawan penjajah bukanlah sebuah hal yang main-main.

Kesengsaraan yang diakibatkan oleh penjajah tentu membuat banyak orang merasa tidak tahan. Termasuk rakyat Ambon yang akhirnya bisa keluar dari penjajahan itu karena perjuangan mereka sendiri mengalahkan penjajah yang kejam.

Hal itu memberikan pelajaran bagi kita semua jika perjuangan pahlawan haruslah terus kita hargai. Kenikmatan yang kita nikmati saat ini salah satu ada dikarenakan perjuangan pahlawan melawan penjajah di zaman itu. Maka dari itu, saat ini tugas kita adalah mempertahankan kemerdekaan yang susah payah kita dapatkan ini.

Kebudayaan yang Keren

source:  ADI (TERASMALUKU.COM)

Anda pasti pernah mendengar nama ‘suku Ambon’. Suku ini tentu memiliki banyak ciri khas, adat-istiadat dan tentunya kebudayaan. Banyak rumah tradisional dan kuliner tradisional yang memang khas Ambon.

Maka dari itu, Ambon bisa dikatakan sangatlah membanggakan bagi Indonesia. Karena menjadi salah satu daerah yang meragamkan kebudayaan yang Indonesia miliki, yang mana kebudayaan ini tentu tetap harus kita jaga selama-lamanya.

Nah, dari pembahasan mengenai keunikan kota Ambon di atas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan sendiri bagaimana kerennya kota yang satu ini. Sebagai saudara se-Indonesia, Anda tentu juga harus bangga memiliki saudara seperti rakyat Ambon.

Semoga penjelasan berita maluku tentang keunikan kota Ambon di atas bermanfaat untuk Anda baca. Selain itu semoga menjadi informasi yang bisa meluaskan cakrawala Anda. Salam perdamaian..

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending