Connect with us

Daerah

Sejarah Kota Ambon yang Harus Diketahui

Published

on

Sejarah Kota Ambon yang Harus Diketahui

Setiap kota yang ada di Indonesia hampir selalu memiliki sejarah masing-masing yang lekat dengan nusantara di zaman dahulu. Termasuk salah satu kota terkenal di Indonesia, Ambon yang menurut berita Maluku memiliki sejarah yang menarik. Nah bagaimana sih sejarah kota ambon yang perlu Anda tahu?

Sejarah ini, tentu juga tidak lepas dari proses berdirinya Indonesia dan nusantara. Berbagai kerajaan yang ada di daerah Ambon juga ikut serta dalam proses pendirian kota Ambon itu sendiri. Semakin penasaran dengan sejarah kota Ambon? Inilah penjelasannya:

Sejarah Kota Ambon

Sejarah Kota Ambon

Cikal Bakal Ambon

Kota Ambon adalah sebuah kota yang menarik untuk dikunjungi. Ambon adalah sebuah daerah yang ditinggali oleh suku Ambon itu sendiri. Jadi, Ambon pada mulanya adalah sebuah nama suku (hingga sekarang) yang diadopsikan menjadi nama daerah.

Suku Ambon ini mendiami sebuah pulau yang akhirnya dinamakan dengan Ambon. Daerah di Maluku ini sangatlah diincar oleh penjajah ketika zaman penjajahan. Hal ini dikarenakan wilayah ini memiliki banyak potensi sumber daya alam yang melimpah dan menarik untuk dieksploitasi.

Proses pergerakan dan perjuangan bangsa Ambon untuk melawan itu semua tentu juga memiliki kisah yang menarik. Rakyat Ambon tentu saja juga mengerti akan hal ini. Namun, pada masa itu, Ambon adalah sebuah wilayah yang sangat maju karena memang dibangun dengan hebat oleh para Penjajah.

Maka tidak heran, jika Ambon adalah salah satu kota yang urgen dalam hal pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dengan kata lain, Ambon adalah kota yang sangat penting dalam sejarah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nama “Ambon”

Pada dasarnya, tidak ada bukti yang jelas asal-usul nama ‘Ambon’. Namun yang beberapa sumber mengatakan jika Ambon itu berasal dari ‘Embun’ yang mengacu pada pegunungan di pulau ini yang memang memiliki banyak embun ketika pagi hari.

Bila ditelaah, hal itu memang agak filosofis. Namun dari pergulatan sejarah yang ada, Ambon adalah sebuah nama yang identik dengan masyarakat Maluku Tengah. Karena memang pada awalnya, Ambon adalah sebutan itu masyarakat tersebut.

Intinya, nama ‘Ambon’ belum memiliki sumber data yang jelas bagaimana proses terbentuknya. Yang jelas, pasti memiliki sejarah tersendiri. Anda bisa lebih menggalinya ketika datang dan bertemu dengan orang Ambon yang asli.

Baca juga: Tempat Wisata Pantai di Ambon

Masa Penjajahan

Memang tidak dipungkiri jika Ambon adalah wilayah Indonesia. Maka dari itu juga ikut dampak penjajahan dahulu kala oleh beberapa negara. Seperti Portugis, Inggris, Belanda, hingga Jepang. Pada masa itu, tentu merupakan masa yang kelam dan tentunya membuat rakyat Ambon memiliki sejarah yang buruk pada masa penjajahan.

Masa Penjajahan Portugis

Masa ini adalah masa penjajahan yang pertama. Kala itu, Portugis menjajah dan mendirikan banyak hal di Ambon. Kala itu, penguasa Portugis mendirikan dan membangun sebuah benteng dengan mempekerjakan rakyat pribumi.

Benteng ini tentu menjadi salah satu instrumen kekuasaan Portugal dan menjadi alat pertarungan melawan penjajah lain ataupun rakyat pribumi. Sebuah masa yang boleh dikatakan sangat kelam bagi rakyat Ambon.

Masa Penjajahan Inggris

Setelah dijajah Portugis, Inggris juga ikut menjajah Ambon. Inggris juga memerintah Ambon selama beberapa tahun dengan kekuasan dan mandat Britania Raya. Sama saja seperti dijajah Portugal, namanya dijajah tentu akan menghasilkan luka dan penderitaan.

Masa Penjajahan Belanda

Karena Ambon adalah Indonesia, maka tidak salah jika Ambon juga dijajah oleh Belanda. Penjajahan itu berlangsung selama 3,5 abad dan meninggalkan bekas penderitaan yang sangat besar.

Namun, pada tanggal 7 September 1921, Ambon diberikan hak yang sama dengan pemerintahan kolonial. Hal ini adalah bentuk ataupun hasil dari perjuangan rakyat Ambon dalam melawan dan memperjuangkan kemerdekaan mereka.

Hebatnya, kala itu Ambon bisa mengikuti irama perpolitikan yang dimainkan oleh penjajah. Sehingga, masyarakat Ambon tidak terjajah secara parah oleh bangsa Belanda dan masih sempat untuk mempersiapkan masa depan anak cucu mereka.

Masa Penjajahan Jepang

Meski penjajahan Jepang hanya 3,5 tahun. Namun penderitaan yang dihasilkan jauh lebih berat ketimbang penjajahan sebelumnya. Karena memang rakyat dieksploitasi dan dihabisi dengan sangat tegas.

Penjajahan Jepang adalah salah satu penjajahan yang paling parah bagi rakyat Indonesia. Termasuk Ambon. Bahkan, rakyat Ambon juga melakukan perlawanan untuk merebut kota Ambon yang dikuasai oleh tentara Jepang.

Pada saat itulah, rakyat Ambon benar-benar berjuang mati-mati untuk merebut kemerdekaan mereka. Banyak pahlawan yang gugur untuk memperjuangkan hal itu. Maka dari itu, tidak heran banyak juga pahlawan dari Ambon.

Hari Jadi Kota Ambon

Sama seperti kota lainnya, Ambon juga memiliki hari jadi yang penentuannya tidak main-main. Seminar 4 hari pada tanggal 14-17 September 1972. Akhirnya memunculkan tanggal kelahiran yaitu 7 September.

Pada hari itulah, kelahiran Ambon diperingati. Peringatan ini pertama kali dilakukan pada tanggal 7 September 1973. Sebuah hari yang besar bagi masyarakat Ambon yang cinta pada budaya dan sejarah bangsanya.

Kerusuhan Ambon 2011

Bukan tanpa kerusuhan, konflik internal Ambon juga pernah terjadi. Hal itu tentu disebabkan oleh banyak faktor. Kerusuhan di Ambon memang sudah terpautkan dalam sejarah sebagai kerusuhan yang benar-benar terjadi di Ambon.

Masalah utamanya adalah politik, namun hal itu diteruskan dengan isu SARA dan agama. Hal itu menyebabkan Ambon semakin menjadi-jadi dan tentunya konflik itu sangat menyisakan luka bagi rakyat Ambon.

Untuk memperingati kerusuhan itu, di Ambon dibangun sebuah gong Perdamaian. Sebuah simbolisme sebagai pengingat pada masyarakat Ambon agar tidak kembali berkonflik dan lebih mengutamakan musyawarah dalam menentukan sikap.

Dalam sebuah kerusuhan, pasti ada provokasi yang memang sengaja digaungkan agar konflik itu menjadi-jadi. Berita maluku tentu mencatat sejarah Ambon ini sebagai sejarah kelam yang tidak perlu terulang kembali di masa depan. Karena hal itu tidak memberikan imbas positif sama sekali.

Kekisruhan hanya akan menghasilkan penderitaan, kesengsaraan, kerusakan, dan tentunya korban jiwa. Maka dari itu, jangan sampai kita semua sering memprovokasi dan terprovokasi atas apapun yang bisa melahirkan perpecahan dan kerusuhan. Perdamaian adalah sebuah hal yang sangat dibutuhkan manusia. maka dari itu, kita harus menjunjungnya tinggi-tinggi.

Kesimpulan

Dari banyaknya sejarah kota Ambon yang kami ahas di atas, tentu ada sebuah pelajaran yang bisa kita Ambil. Setiap kota setiap masyarakat pasti memiliki masa kelam. Masa dimana kesengsaraan dan penderitaan benar-benar terasa.

Maka dari itu berita maluku mengajak kepada kita semua untuk terus menjaga perdamaian dan tentunya menghindari konflik. Jangan sampai anak cucu kita merasakan hal buruk yang kita lakukan hari ini. Jangan biasakan menyinggung hal-hal sensitif apalagi SARA.

Semoga ulasan tentang sejarah kota ambon ini bisa Anda resapi dengan baik. Sejarah ini membuktikan, selain memiliki wisata dan makanan khas Maluku yang top, Ambon juga memiliki sejarah yang menarik dan patriotis untuk dijadikan bahan pembelajaran.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending