Connect with us

Sastra

Jelaskan Pengertian Drama

Published

on

jelaskan pengertian drama

Jelaskan pengertian drama? Drama adalah genre (jenis) sastra yang menggambarkan gerak kehidupan manusia. Drama adalah genre seni yang menggunakan partisipasi dan dialog yang dipentaskan untuk menunjukkan realitas kehidupan, karakter, dan perilaku manusia. 

Jelaskan pengertian drama?

Menurut KBBI, drama memiliki beberapa arti. Drama didefinisikan sebagai komposisi puisi atau prosa yang mencoba menggambarkan kehidupan dan karakter dengan cara tindakan (akting) atau dipentaskan.

Secara umum, skrip semacam itu terdiri dari beberapa baris kata dan frasa yang bergantian, dan baris terakhir. Jika ada, harus ditulis dalam satu atau lebih baris teks, dan baris terakhir harus ditulis dalam satu atau lebih baris teks. Sudah paham jawaban dari “jelaskan pengertian drama?”

Bagaimana ciri-ciri Drama

jelaskan pengertian drama
Sumber gambar: Basabasi

Selain mengetahui makna drama, penting untuk mengetahui ciri-cirinya. Pemahaman yang baik tentang drama pasti akan menambah pengetahuan seseorang tentang salah satu jenis sastra Indonesia tersebut. Prosa modern ditulis sebagai naskah untuk dibaca dan dilakukan. 

  1. Naskah drama dapat ditulis dalam bentuk prosa atau puisi. 
  2. Drama terdiri dari dialog yang disusun oleh penulis dengan karakter yang diwujudkan. 
  3. Dialog karakter menyampaikan pemikiran dan ide penulis. 
  4. Konflik merupakan salah satu aspek penting dalam drama. Karakter plot adalah kunci konflik naskah drama. 
  5. Naskah yang tidak berdasarkan konflik tidak dianggap sebagai drama yang bagus. 
  6. Gaya bahasa dalam sebuah drama juga penting karena menandakan sejarah masa dan masyarakat yang digambarkannya. Serta bagaimana drama ini menggambarkan komunitas sosial budaya yang digambarkan oleh pengarangnya.

Bagaimana unsur drama

Unsur drama, seperti halnya karya sastra lainnya, penting untuk diketahui karena dapat membantu Anda ketika memainkan sebuah drama di atas panggung. 

1. Tema 

Ide pokok atau ide inti cerita drama adalah elemen utama drama. 

2. Alur 

Dari awal sampai akhir, plot adalah jalan cerita dari sebuah drama. 

3. Tokoh

Yaitu tokoh dalam drama yang terdiri dari pemeran utama dan pemeran pendukung. 

4. Karakter

Karakter, yaitu perilaku para tokoh dalam drama, karakter baik (protagonis) dan karakter buruk (antagonis). 

5. Setting

Setting yang menggambarkan tempat, waktu, dan situasi dalam drama. 

6. Amanat 

Maksud penulis naskah dalam menceritakan kisah drama adalah untuk mengkomunikasikan pesan kepada penonton. 

Jenis-jenis drama?

Jenis drama berdasarkan produksi lakonnya, jenis drama berdasarkan alatnya, dan jenis drama berdasarkan keberadaan naskahnya. Berdasarkan cara penyajian lakonnya, ada dua jenis drama: 

  • Tragedi, yaitu drama yang menitikberatkan pada kesedihan tokoh utama dalam drama. 
  • Drama biasanya berakhir dengan cerita sedih. 
  • Opera, yaitu drama dimana dialog diucapkan dalam nyanyian dan diiringi musik. Komedi adalah komedi yang menampilkan kelucuan karakter atau jalan cerita yang lucu. 
  • Melodrama Sebuah drama di mana dialog dan permainan dipentaskan sementara musik atau melodi dimainkan. 
  • Tablo, sebuah drama di mana karakter tidak berbicara, melainkan mengandalkan gerakan diam, seperti pantomim.

Diatas adalah jawaban dari pertanyaan “jelaskan pengertian drama” semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga: Mengapa Allah Itu As Sami Sebutkan Bukti-Buktinya

(Upy/G)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Sastra

Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Adalah

Published

on

salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah

Ensiklopedia adalah contoh yang baik dari buku nonfiksi karena memiliki semua elemen yang diperlukan, salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah. Buku nonfiksi adalah buku yang berisi fakta berdasarkan pengalaman, pengetahuan, atau hasil penelitian. 

Buku teks adalah contoh lain dari buku nonfiksi, dari buku teks baik yang berisi keterampilan dasar seperti matematika dan fisika hingga buku teks untuk ilmu-ilmu praktis seperti buku psikologi. 

Untuk membedakan buku nonfiksi dan fiksi secara tepat dan benar, pertama-tama kita harus memahami beberapa hal, yaitu sifat buku nonfiksi dan unsur-unsurnya, sehingga nantinya kita dapat membedakan dan membandingkan salah satu contoh buku nonfiksi yang ada. 

Jurnal adalah salah satu contoh buku nonfiksi, selain ensiklopedia dan buku teks. Pelajari lebih lanjut tentang arti buku nonfiksi, elemennya, dan contohnya. Buku non fiksi umumnya berisi penjelasan informasi berdasarkan fakta yang terjadi di dunia nyata. 

Penulis nonfiksi memiliki tanggung jawab yang besar ketika menulis buku nonfiksi, karena mereka harus yakin bahwa isi buku tersebut berdasarkan sumber kebenaran. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah?

Karena sumbernya sangat berbeda, buku nonfiksi memiliki perbedaan yang signifikan dari buku fiksi dalam hal isi, metode penyajian, struktur, gaya bahasa, dan sebagainya. Informasi lebih detail di bawah ini. 

Bagaimana unsur buku nonfiksi

salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah
Sumber gambar: Saintif

Saat menulis buku, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat menulis buku nonfiksi, semua teks harus ada di dalam buku. Berikut beberapa unsur buku nonfiksi: 

1. Sampul Buku 

Pada sampul, perhatikan tahun terbit dan edisi buku. 

2. Pokok bab buku

Pendahuluan, deskripsi isi buku, latar belakang dan tujuan disajikan dalam bab utama buku. Seperti halnya kata pengantar skripsi, kata pengantar buku nonfiksi juga mencantumkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis. 

3. Judul bab dan sub bab 

Judul bab dan sub bab dicantumkan pada bagian daftar isi buku dan dilengkapi halaman agar pembaca lebih mudah memahami materi. 

4. Isi buku

Isi buku nonfiksi terdiri dari pendahuluan, artikel utama, dan kesimpulan. 

5. Cara menyajikan buku

Bagaimana cara menyajikan buku? Bagian Daftar Pustaka menjelaskan cara menyajikan isi buku atau sumber-sumber yang disebutkan dalam buku. 

6. Gaya bahasa

Glosarium dapat membantu menjelaskan kata-kata asing karena bahasa yang digunakan dalam karya nonfiksi biasanya formal. 

7. Sistematika penulisan

Unsur terakhir adalah sistematika penulisan, yang penting dalam buku agar penulisan lebih runtut dan tidak asal-asalan. 

Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah

1. Buku kesehatan

Buku kesehatan adalah buku nonfiksi berikutnya dalam kategori ini, yang diisi dengan informasi tentang kesehatan khusus atau umum. 

Buku Manylis Ramli tahun 2005 tentang deteksi dini dan diagnosis kanker merupakan contoh penulisan buku kesehatan yang tidak boleh sembarangan. 

2. Jurnal

Contoh buku nonfiksi selanjutnya adalah jurnal atau karya khusus yang memuat artikel-artikel dalam suatu bidang ilmu pengetahuan. Adapun berbagai contoh jurnal, seperti jurnal ilmiah kesehatan, Jurnal Ilmu Kesehatan jilid 21 nomor 2 tahun 2022 merupakan contoh jurnal yang baik.

3. Laporan ilmiah

Laporan ilmiah adalah contoh buku nonfiksi, karena temuan laporan yang terbukti di dunia nyata digunakan untuk membuatnya. Makalah, tesis, tesis, dan disertasi adalah semua jenis laporan ilmiah. Sudah paham mengenai jawaban “salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah?”

4. Buku literatur

Jenis buku nonfiksi berikutnya adalah buku literature yang sering dikaitkan dengan bahasa yang berat dan halaman yang banyak. Buku Ilmu Budaya Dasar (2007) karya Prof. Dr. M. Munandar sulaeman adalah salah satu contoh buku sastra. 

5. Personal literatur

Personal literatur adalah kisah nyata atau yang dialami sendiri oleh penulis. Itu adalah salah satu contoh buku nonfiksi yang jarang diketahui orang. Personal literatur sering disebut sebagai novel nonfiksi atau buku cerita nonfiksi, seperti novel Cinta Brontosaurus (2006) karya Raditya Dika.

Demikian penjelasan jawaban dari “salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah” semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga: Pendiri Daulah Abbasiyah Adalah

(Upy/G)

Continue Reading

Daerah

Neneng Alfiah Dalam Shalawat Bazanji

Published

on

Cirebon- Pementasan Bengkel Teater, Almarhum Rendra dengan mengangkat karya religy ” Shalawat Barzanji” tahun lalu di Taman Ismail Marzuki ( TIM ), dengan pengarahan  dan sutradara ‘ Zuraida istri almarhum Rendra.

Mengingatkan pada sosok perempuan mungil , kelahiran kota Udang ( Cirebon ), adalah Neneng Alfiah yang banyak menyimpan talenta ( bakat ) peran keaktoran.

Dalam pementasan tersebut ia mendapatkan kepercayaan berperan “Zaitun” yang membawakan monolog perempuan.

Tidak hanya dunia keaktoran , neneng alfiah juga menonjol dalam bidang seni sastra, kepenyairan dan membaca puisi kini juga di geluti.

Beberapa karya antologi puisi dan tampil sebagai pembaca puisi ia juga sering di undang tampil bersama sama penyair Nusantara,  dalam setiap ivent sastra di berbagai daerah.

Selain berkesenian Neneng Alfiah juga aktif dalam ragam kegiatan kemasyarakatan, yaitu Orgasnisasi Kepemudaan IPP NU, Organisasi kemahasiswaan. Sementara kini Neneng Alfiah sedang menyelesasikan Skripsinya. Nasmun tidask menyurutkan kegiatan kepenyairanya. (***)

 

Continue Reading

Puisi

Puisi Artvelo Sugiarto, Menyapamu Nak

Published

on

Masa keindahan itu adalah nafas yang tak pernah jauh dari ingatan. Juga tentang perjalanan hidup anak manusia yang tak pernah tahu akan batas waktu. Dimana kelahiran merupakan awal hidup bersama melukiskan tentang harapan kepada anak anak yang terlahirkan. Tentunya juga banyak menumpuk kerinduan, Dan segala kasih sayang itu dalam diri Arvelo Sugiato

Kepada Rachna H

Nak… Malam ini bulan enggan keluar dari balik awan
seperti rinduku tentang kamu
selalu tersimpan rapi di lemari batinku
Nak … coba kau ingat kembali
bagaimana kita mengenang
saat kita lepas perahu kertas di kali lalu
kau tersenyum begitu manis
tapi bagiku senyummu adalah misteri
yang tak pernah usai hingga kini

Semarang 2-7-2016

 

 

Continue Reading

Trending