Connect with us

Random

Tips Memilih Provider Internet Ala First Media

Published

on

Tips Memilih Provider Internet Ala Paket Combo First Media

Internet menjadi kebutuhan primer yang membantu kehidupan banyak orang. Mulai dari pendidikan, hiburan, bisnis, hingga media online. Eksistensi internet membuat komunikasi jarak jauh semakin terasa dekat melalui video call. Untuk berkomunikasi dan berselancar online harusnya menggunakan jaringan internet cepat dari First Media.

Biasanya provider internet rumahan terdiri dari layanan TV kabel dan sambungan internet. Sudah menjadi rahasia umum banyak provider penyedia internet melontarkan janji-janji manis. Agar tidak kecewa dan gigit jari sebaiknya baca tips-tips memilih provider internet terbaik dan terpercaya berikut ini.

Baca juga : Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Fakta Kualitas Jaringan di Indonesia

Konektivitas internet dengan gadget tidak selamanya mulus. Terkadang mengalami gangguan sinyal karena hal-hal tertentu. Salah satunya ketika Indonesia dan dunia diserang wabah Covid-19. Akibatnya banyak masyarakat yang bekerja di kantor menjalani ‘Work From Home’.

Aktivitas masyarakat ketika berada di rumah aja adalah menggunakan internet. Sehingga secara tidak langsung melonjaknya pengguna internet mempengaruhi performa internet. Melansir dari Ookla, perusahaan riset internet global menyatakan adanya penurunan kecepatan internet di Indonesia.

Khususnya ketika internet digunakan untuk bermain game, YouTube, streaming musik, dan mengunduh file. Kecepatan konektivitas internet terjadi konsisten pada wilayah PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Berikut laporan rincian penurunan kecepatan internet :

  • Kecepatan mengunduh dan mengunggah file tanggal 16 Desember 2019 hingga 9 Maret 2020 yaitu 20,57 Mbps. Saat itu volume pengguna internet kabel kurang lebih -3,5 persen. 
  • Terus mengalami penurunan ketika dibelakukan PSBB. Kecepatan mengunduh dan mengungah file dari tanggal 16 Maret hingga 8 Juni 2020 adalah 19,67 Mbps. Tetapi selama kurun waktu tersebut volume pengguna internet kabel meningkat hingga 24,69 persen.

Lembaga riset We Are Social juga menganalisis penggunaan internet selama April 2020. Mereka mengatakan Covid-19 membuat pengguna internet di dunia melonjak. Terutama di daerah yang angka penyebaran wabah besar dan diberlakukan lockdown.

Tips Memilih Provider Broadband Internet

FCC raises threshold for high-speed internet as service providers ...
Sambungan Internet (theguardian.com)

Provider layanan internet mengumbar janji manis sudah biasa. Jangan sampai tergiur karena iming-iming harga murah. Ikuti tips-tips berikut ini.

1. Aktivitas Pengguna Internet di Rumah

Wajib menganalisa tujuan dan manfaat penggunaan internet. Misalnya, untuk bekerja online, streaming video, game online, atau hanya membuka sosial media.

Penggunaan streaming video dan video call dalam waktu lama memerlukan kecepatan internet tinggi. Berbeda jika internet hanya digunakan untuk browsing cukup dengan kecepatan 5 Mbps.

Jika digunakan untuk video call dan membuka YouTube memerlukan kecepatan internet 10-20 Mbps. Untuk lancar bermain game online dibutuhkan kecepatan lebih dari 20 Mbps.

2. Hitung Perkiraan Budget Internet

Biaya berlangganan bulanan menjadi pertimbangan utama. Supaya pengeluaran untuk internet tidak mengganggu biaya kebutuhan lain. Oleh sebab itu, pilihlah paket berlangganan sesuai kemampuan membayar.

3. Pengguna Internet Siapa Saja

Di rumah biasanya internet hanya disambungkan pada gadget anggota keluarga saja. Jadi, perhatikan berapa banyak gadget dan komputer yang tersambung. Sebab, semakin banyak perangkat tersambung dikhawatirkan menyebabkan kecepatan internet menurun.

4. Provider Menjangkau Area Anda

Apabila Anda tinggal di daerah yang sulit dijangkau makan pilih provider yang menjangkau banyak wilayah. Provider seperti ini biasanya lebih berpengalaman dan profesional. Selain itu, memudahkan penanganan ke rumah saat terjadi gangguan.   Provider dengan jangkauan wilayah luas akan memberikan konektivitas internet yang anti buffering.

5. Menyediakan Banyak Siaran TV Kabel

Provider internet profesional dan terpercaya juga menyediakan layanan TV kabel sekaligus. Apabila Anda memilih berlangganan paket yang disediakan akan menghemat pengeluaran bulanan. Karena tidak perlu lagi membeli paket data untuk sambungan internet.

Salah satu provider internet berlangganan di Indonesia adalah First Media. Anda leluasa memilih lebih dari 150 siaran TV berkualitas internasional, nasional, maupun lokal.

Alasan Memilih Paket Combo First Media

Internet Rumah  Unlimited dan TV Kabel HD First Media
Website Resmi First Media (www.firstmedia.com)

Memilih berlangganan First Media tentu dilandasi oleh beberapa alasan, antara lain.

1. Koneksi Jaringan Internet Anti Lelet

Dapat dipastikan sambungan internet yang terhubung tidak mengalami buffering. Mengingat First Media telah berpengalaman sebagai penyedia internet dan layanan TV kabel selama 20 tahun lebih. Koneksi internet juga tanpa batas, berbeda dari WiFi kuota internetan.

2. Channel TV HD Berkualitas Terbaik

Tersedia pilihan lebih dari 300 channel TV populer dalam negeri dan luar negeri. Apabila Anda berlangganan maka dapat menikmati minimal 160 channel TV sesuai dengan paket yang dipilih. Tampilan gambar dari siaran TV adalah High Definition (HD).

Selain itu, variasi tayangan dinilai paling lengkap. Anda dapat menemukan acara lokal, kartun dan sinema anak-anak, edukasi, music, film box office, hingga entertainment. Bebagai berita mancanegara dan berita olahraga ditayangkan selama 24 Jam.

3. Parental Lock

Fitur satu ini berguna bagi para orang tua untuk mengatur tayangan yang boleh ditonton anak-anak. Jadi, anak Anda tidak akan salah menonton channel TV.

4. Penawaran Harga Terbaik

Harga paket combo yang ditawarkan cukup ekonomis. Mulai dari Rp. 250 ribu – Rp 1,5 juta Rupiah yang dapat dibayar dengan berbagai metode pembayaran. Misalnya, pembayaran melalui My FirstMedia, transfer bank, hingga marketplace.

5. Pemasangan Cepat dan Mudah

Pemasangan perangkat untuk berlangganan First Media juga mudah dan cepat. Terlebih lagi layanan yang diberikan tidak tersambung dengan kabel telepon.

Jadi, memilih provider internet dan TV kabel wajib jeli. Meskipun murah bukan berarti murahan. Segera hubungi marketing first media untuk informasi berlangganan.

Trending