Tips Sehat Menikmati Makanan Berlemak

0
217
Tips Sehat Menikmati Makanan Berlemak

 

Tidak banyak yang bisa bertahan menghadapi godaan makanan enak. Salah satunya, jenis makanan berlemak. Padahal, ada bahaya yang mengintai kesehatan. Tapi, untuk anda yang gemar makanan berlemak, jangan takut. Berikut Tips Sehat Menikmati Makanan Berlemak

1. Minum air putih sebelum makan makanan berlemak

Sebelum mulai makan, disarankan untuk meminum air putih sekitar satu sampai dua gelas terlebih dahulu. Pasalnya, air putih dapat menjaga sekaligus menahan keinginan tubuh untuk makan secara berlebihan. Sehingga perut sudah sedikit terisi.

2. Makan buah sebelum menikmati makanan berlemak

Buah segar, sebenarnya fungsinya sama dengan air putih. Yakni, dapat menjaga sekaligus menahan keinginan tubuh untuk makan secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat dari buah serta cairan sehingga perut terasa sedikit terisi.

3. Usahakan makan tetap teratur pada jadwalnya

Hindar sifat aji mumpung saat makan. Biasanya, seperti saat Lebaran, kita berkunjung ke rumah beberapa kerabat. Nah, tak ketinggalan juga biasanya kita akan disuguhkan berbagai macam kue kering dan ketupat serta lauk-pauknya. Hindari makan semua menu yang disuguhkan. Untuk menghormati tuan rumah, mencicipi dua sampai tiga potong kue kering tentu akan menyenangkan. Usahakan mengatur jadwal makan pada saat Lebaran seperti hari-hari biasanya yaitu pagi, siang, cemilan sore, dan makan malam. Jangan sampai makan siang tiga kali dalam sehari, ya guys!

3. Jangan mengambil porsi makan terlalu besar

Selain mengatur jadwal makan, pastikan juga porsi makan yang kalian ambil saat Lebaran tidak terlalu banyak. Biasanya, banyak menu menggoda bermunculan saat Lebaran. Sebut saja rendang, opor ayam, semur, ayam goreng dan lain sebagainya. Sebaiknya jangan mengambil semua lauk-pauk dalam satu piring untuk satu kali makan sekaligus. Jika memang benar-benar tergoda dengan menunya, berilah jeda untuk memakan menu yang satu dengan menu yang lain. Dengan begitu, kalian telah memberi tubuh waktu untuk mencerna makanan sebelumnya terlebih dahulu. Kalian juga tidak akan menjadi kekenyangan.

4. Pastikan komponen makanan seimbang

Saat Lebaran, semua menu makanan biasanya pedas, berlemak, dan bersantan. Tak jarang bahkan tidak ada menu sayur dan buah-buahan yang penting sebagai penyeimbang kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan komponen makanan yang kalian makan seimbang mulai dari karbohidrat, serat, protein, lemak, hingga vitamin. Hindari makan daging terlalu banyak dan yang terpenting adalah pastikan kalian mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar.

5. Konsumsi buah nanas dan apel

Nanas dan apel adalah buah yang dianjurkan untuk dimakan sebelum dan sesudah makan. Buah nanas lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum makan. Pasalnya, buah nanas kaya akan serat sehingga dapat membuat perut lebih cepat kenyang. Sementara buah apel lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah makan. Buah apel berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh dari segala asupan yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi apel setelah makan dapat membantu tubuh dalam membuang racun termasuk lemak jahat.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here