Connect with us

Dunia

Freemason organisasi yang sering disalah artikan orang parno

Published

on

Scandalous-Freemason-info

Freemason sendiri awalnya adalah salah satu gerakan sosial dan filsafat yg melawan dominasi gereja (terutama katolik) di jaman kegelapan eropa dulu.

Dimana di jaman itu gereja seperti sekumpulan para koboi mabuk yg kekuasaanya absolute bahkan mengalahkan kekuasaan raja2 eropa karena di jaman itu raja eropa harus mendapatkan restu gereja sebelum bisa bertahta, oleh karena kekuasaan absolute ini para anggota gereja bertindak semau gue dan sangat otoriter menindas semua orang yg tidak sejalan dengan kemauan mereka, disamping itu juga mereka rata2 hidup bergelimang harta disaat rakyat kelaparan karena mereka bisa memungut pajak kepada rakyat semaunya atas nama mandat tuhan.

Bahkan siapapun yg mempertanyakan doktrin dan kewenangan gereja bisa mati di bakar hidup2 karena dianggap Heretic atau Infidel (murtad / kafir) contoh yg paling terkenalnya adalah Galileo Galilee yg dikurung seumur hidup di rumahnya atau seperti Giordano Bruno martir ilmu pengetahuan pertama yg di bakar hidup2 gereja karena berani bilang bumi bulat bukan lempeng dan di luar sono ada planet dan bintang2 lain selain bumi dan matahari.

Oleh karena kesewenang2an ini lah di eropa jaman kegelapan dan mulai era Renaissance banyak lahir gerakan sosial dan pembaharu yg salah satunya adalah Freemason yg melawan dominasi gereja.

Freemason sendiri prinsip dasarnya bukan atheis atau penyembah setan maupun dajjal. Justru mereka memiliki dasar sekulerisme alias memisahkan urusan hukum, politik, negara, dan pendidikan dari pengaruh agama.

Karena mereka melihat saat agama menjadi Ideologi politik maka kekuasaanya menjadi absolute karena berpegang pada doktrin diatas mereka cuman tuhan, sehingga pihak gereja bisa melakukan apapun yg mereka suka tanpa ada yg berani melarangnya karena mereka mengclaim punya mandat langit (tuhan)

Freemason sendiri anggota terdiri dari berbagai kepercayaan dan agama, justru atheisme dulu gak bisa masuk ke organisasi Freemason karena salah satu AD/ART Freemason menyatakan anggota mereka harus orang yg percaya tuhan. Bahkan banyak tokoh kristen, hindu, sampai islam yg jadi anggota freemason di jaman dulu. karena hal ini lah dulu menjelang keruntuhan kekuasaan katolik di eropa atau berakhirnya era kegelapan vatican mengeluarkan fatwa bahwa bila ada orang Katolik yg bergabung dengan freemason maka dia akan di usir dari keimanan katolik .. dan fatwa ini sampai hari ini belum di cabut.

freemason

Pertarungan panjang antara Freemason dan Katolik ini nantinya semakin runyam disaat seorang penipu bernama Sergei Nilus bikin buku yg berjudul The Protocol of Elder Zion yg sebenarnya ini buku saduran dari novel Biarritz yang terbit tahun 1868 yang ditulis oleh Hermann Goedsche seorang bangsa Jerman yg pembenci yahudi. Novel Biarritz ini sendiri sebenarnya merupakan jiplakan dari Karya satir terkenal Maurice Joly yg berjudul “The Dialogue in Hell : Between Machiavelli and Montesquieu” dengan berbagai perubahan sehingga terkesan itu adalah dialog asli para petinggi zionis, padahal itu cuman fiksi

The Protocol of Elder Zion ini sendiri muncul jaman Tsar Rusia dulu. Hal ini di karena di saat itu kedudukan kaum bangsawan dan penguasa rusia yg menggunakan agama sebagai kendaraan politiknya merasa terancam dengan gerakan sekulerisme Freemason ini (jaman itu rusia masih kerajaan di bawah pimpinan Tsar dengan ideologi kristen orthodox dan bukan sebuah negara komunis) .

Tapi selain masalah politik anti sekulerisme The Protocol of Elder Zion, juga di kaitkan dengan awal gerakan Zionis untuk membangkitkan dendam lama kaum Kristen terhadap yahudi dan sentimen sosial dimana di masa itu kaum Yahudi di eropa umumnya hidup makmur ketimbang ras eropa lainnya dan hal ini memunculkan sentimen sosial.

Dan lebih sialnya lagi nanti buku novel The Protocol of Elder Zion ini malah menginspirasi orang gila yg bernama Hitler untuk membantai semua yahudi dan kaum sekuler karena Hitler dalam mein kamf nya merasa sebagai pedang tuhan untuk menghukum para yahudi yg dulu menghianati dan menolak Yesus. Dan nantinya dari pemikiran Hitler ini lah berkembang ke dalam dunia islam karena di jaman itu Jerman dan Turki otoman punya hubungan yg dekat (karena sejak PD 1 mereka satu aliansi / front AXIS)

Karena merasa dapat ancaman besar dari hitler, rusia, maupun dari otoman, nantinya banyak anggota freemason yg kabur ke amerika dan inggris (terutama inggris) karena sejak awal pendirian organisasi ini para pendiri Freemason sendiri dekat dengan kerajaan inggris karena sama2 di musuhi Katolik dan Ortohodox (inggris mayoritas adalah anglikan yg merupakan cabang lain dari protestan dan tidak mengakui tahta suci vatican) di amerika sendiri freemason bisa berkembang karena amerika memang sejak awal didirikanya sudah menganut sekulerisme karena banyak Founding father Amerika yg memang anggota ordo pencerahan jaman renesaince seperti Freemason maupun Iluminati.

Mungkin ada pertanyaan ritus freemason kenapa mirip penyembah setan, sebenarnya mereka gak menyembah setan, ritual mereka adalah ritual esoteric yg menggambarkan dan menyimbolkan sejarah peradaban manusia. Hal ini umum saja seperti di berbagai kaum Esoteric lainnya yg ritualnya selalu penuh simbol seperti contohnya : kaum bushido jepang yg sangat menghargai alam dan pedang katana nya sebagai simbol integritas, atau seperti china yg merayakan tahun baru imlek dengan berbagai pernak pernih merah dan petasan sebagai simbol keberuntungan tahun yg akan datang, atau seperti masyarakat jawa dan nusantara yg masih menggunakan tradisi melarung sesajen, tumpeng, atau banten yg dianggap sebagai simbol sukur kepada sang pencipta dan alam. Ini semua adalah budaya esoteric yg kaya simbol2 luhur, bukan berarti sesat.

Sama seperti simbol2 esoteric yg mereka pakai itu sebenarnya menggambarkan banyak hal terutama tentang manusia dan sejarah peradaban. contohnya seperti jangka dan penggaris yg merupakan simbol matematika dan sains, sedangkan huruf G dalam freemason itu artinya Geometri atau bisa juga God (tuhan) bila simbolnya memakai mata satu. Hal ini ada kaitanya dengan era renesaince dulu di mana banyak filsuf era itu menganggap tanda keberadaan tuhan adalah dalam matematika seperti bilangan Phi, pi yg tidak bisa di rumuskan dan tidak berakhir atau seperti golden ratio yg dianggap keteraturan alam bikinan tuhan. Simbol mata satu (all seing eyes) dalam Freemason gak ada kaitanya sama sekali dengan Dajjal karena freemason gak kenal dajjal mereka gerakan yg berasal dari eropa bukan dari timur tengah dan mata satu sendiri adalah simbol kuno untuk pencerahan, kebaikan, tuhan yg maha melihat yg ada dalam berbagai budaya lampau.

Freemason sendiri karena paham esoteric dan filsafat sekulerisme mereka umumnya melakukan gerakan sosial bukan politik, walaupun mereka punya kekuatan politik yg di punyai anggotanya tapi mereka tidak menggunakan kekuatan itu kecuali mereka terdesak, hal ini di karenakan menurut pandangan mereka sekulerisme harus berasal dari kesadaran masyarakat sendiri bukan suatu paksaan atau aturan yg di bikin penguasa, karena klo sekulerisme di paksakan dengan kekuatan politik maka itu sama saja seperti kaum teokrasi dimana kaum agamais memaksakan pandangan agamanya kepada orang lain dengan kekuatan politik, padahal hal semacam ini lah yg pendiri mereka lawan dulu.

Disamping itu juga Freemason keanggotaanya juga unik mereka tidak pernah merekut orang dan walaupun ada orang yg mau bergabung umumnya yg di terima cuman kalangan berpendidikan atau kaum intelek. Hal ini untuk menjaga organisasi ini supaya tidak jadi ormas liar dan bisa melawan pengaruh dari penguasa yg sejak dulu mau menghancurkan mereka karena ideologi sekuler mereka mengancam kekuasaan tokoh yg memakai agama sebagai komuditas politiknya. Dan umumnya memang anggota freemason adalah orang2 berpengaruh seperti seniman, bangsawan, ilmuwan, raja, para pendiri negara, diplomat. dll bahkan ada tokoh agama besar yg juga jadi anggota freemason seperti Syeh Muhammad Abduh yg dianggap Mujaddid (pembaharu) islam modern yg juga merupakan guru tidak langsung dari Kiai Ahmad Dahlan (pendiri muhammadiyah) dan Kiai Hasyim Asyhari (pendiri NU) saat masih belajar di arab dan mesir dulu/

Jadi bukan suatu yg mengherankan klo sebagian tokoh republik ini seperti Paku alam dan Raden Saleh juga merupakan anggota Freemason, sama saja seperti founding father amerika yg banyak anggota masonya juga. Bahkan dulu Sukarno sering diskusi dengan anggota Mason indonesia tapi nantinya Sukarno justru membaned freemason karena dianggap merupakan ancaman politik karena banyak tokoh mereka di indonesia terlalu vocal dengan bung karno. Banned kepada mereka baru di cabut saat Gusdur berkuasa karena Gusdur tahu persis gerakan ini dulu pernah dekat dengan kakek dan ayahnya dan mereka memang bukan gerakan zionis atau dajjal tapi cuman gerakan sosial abad pencerahan.

Sebenarnya Freemason sudah sangat banyak mengeluarkan bantahan terkait tuduhan aneh2 kepada mereka, di samping juga ada sangat banyak studi indipenden dari berbagai ilmuwan di luar mason yg mempelajari sejarah mereka dan memang tidak ada hal yg aneh dengan mereka apalagi mau menguasai dunia atau bersekutu dengan lucifer maupun dajjal. satu2nya yg aneh dari freemason adalah ritual esoteric mereka yg memang susah di pahami oleh orang awam yg tidak mengerti simbol esoteric mason.

Di bawah ini adalah sumber tentang freemason dari sumber freemason dan penelitian dan sejarah seputar organisasi mereka yg tidak akan di temui di tulisan paranoid orang2 di idonesia yg umumnya cuman baca bukunya harun yahya, muhamad isa daud, maupun apologeticnya katolik.

Penulis: Agung Silvianto Dasritara

Sumber:
http://www.ushmm.org/wlc/es/article.php?ModuleId=10007058
http://freemasonry.bcy.ca/anti-masonry/index.html
http://freemasonry.bcy.ca/biography/nilus_s/nilus_s.html
http://www.friends-partners.org/partners/beyond-the-pale/english/29.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Freemasonry
http://www.phoenixmasonry.org/history_of_co-freemasonry.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/Eye_of_Providence
http://consciousreporter.com/spirituality/corruption-sacred-symbols-all-seeing-eye/
http://www.freemasons-freemasonry.com/prescott03.html
http://www.freemasons-freemasonry.com/layiktez1.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Abduh
http://www.brad.ac.uk/webofhiram/
http://masonicinfo.com/
http://www.oztorah.com/category/freemasonry/
https://en.wikipedia.org/wiki/Hermann_Goedsche

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Dunia

Sejarah Permainan Poker dan Perkembanganya Hingga Menjadi Sangat Terkenal di Seluruh Dunia

Published

on

Sejarah Permainan Poker di Dunia

Dikenal karena kepopulerannya di banyak casino, permainan poker ternyata memiliki sejarah yang cukup lama. Namun bagaimana sebenarnya sejarah permainan poker ini?

Poker disebut sebagai salah satu permainan kartu yang sangat populer di dunia. Permainan ini umumnya dapat ditemukan dengan mudah di banyak casino atau Bar seperti judi di Hongkong maupun negara lainnya. Dan menjadi salah satu permainan cukup difavoritkan di kedua tempat tersebut.

Jika harus dijelaskan, poker adalah jenis permainan kartu yang dimainkan menggunakan sistem peringkat (perangkingan) kartu. Singkatnya, pemain dengan kombinasi kartu terbaik menurut peraturan yang ditentukan akan memenangkan permainan  poker ini. 

Hal menarik terkait poker bukan hanya tentang ketenaran dan juga aturan mainnya yang unik. Permainan kartu poker ini juga memiliki keunikan dari sisi sejarahnya. Siapa yang menyangka bahwa permainan ini memiliki sejarah yang cukup lama.

Sejarah Permainan Poker di Dunia

Sejarah Permainan Poker di Dunia

Melansir dari halaman Wikipedia, poker disebut dikembangkan di amerika pada kisaran abad ke-19. Namun terdapat teori sejarah lain yang diungkap oleh dua penulis buku bernama Hoyle dan Robert Frederic Foster.

Dalam buku 1937 edition of Foster’s, keduanya mengungkap teori bahwa permainan poker yang pertama kali dimainkan di Amerika merupakan turunan dari game kartu asal Persia bernama As-Nas. Namun pada tahun 1990-an, para sejarawan mulai menentang teori yang dikemukakan oleh Hoyle dan Robert Frederic Foster dalam bukunya.

Hingga saat ini, belum terdapat sumber informasi valid yang menjelaskan bagaimana akhir dari perbedaan gagasan mengenai sejarah permainan poker ini. 

Baca juga: Daftar Negara Yang Melegalkan Judi

Popularitas Permainan Poker Semakin Meroket

Masih lanjut membahas mengenai sejarah permainan poker. Kembali mengutip informasi dari halaman Wikipedia, pada tahun 1970-an, permainan poker semakin berkembang dan menjadi semakin populer dibandingkan dengan pada awal kemunculannya.

Bahkan sempat diadakan turnamen poker besar di Las Vegas yang dikenal dengan nama The World Series of Poker pada tahun 1970. Setelah turnamen tersebut, sejumlah turnamen poker pun mulai banyak diselenggarakan di sejumlah kasino di Amerika kala itu.

Popularitas dari permainan poker semakin kian menanjak ketika permainan poker mulai memasuki ranah pertelevisian selama pergantian millennium.

Perkembangan Variasi Permainan Poker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa seiring dengan berjalannya waktu, permainan poker menjadi semakin berkembang dan populer di penjuru dunia. Hal ini membuat munculnya banyak variasi poker dengan aturan yang sedikit berbeda. Adapun beberapa variasi dari permainan kartu poker tersebut adalah sebagai berikut:

  • Straight ( Variasi permainan poker dimana pemain akan dibagikan kartu dalam jumlah lengkap. Selanjutnya, para pemain harus bertaruh dalam satu ronde, yakni dengan menaikkan kombinasi kartu di tangan. Para pemain harus membandingkan kombinasi kartu yang ada di tangannya. Kombinasi kartu terbaik akan menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut).
  • Stud Poker (Variasi permainan poker dimana para pemain akan menerima campuran antara kartu tertutup dan terbuka dalam beberapa ronde permainan) 
  • Draw Poker (Variasi poker dimana para pemain akan dibagikan kartu dalam jumlah lengkap sebelum ronde permainan dimulai. Dan kemudian pemain harus mengembangkan permainan dengan mengganti atau menarik kartu)
  • Community Card Poker( Variasi permainan poker yang menggunakan kartu jenis community cards atau yang juga dikenal dengan sebutan Shared Cards. 

Perkembangan Permainan Poker Saat Ini

Gambar oleh gepharts3d dari Pixabay

Sebelumnya permainan poker hanya biasanya ditemukan di bar ataupun casino. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini permainan ini telah dapat dimainkan melalui perangkat laptop, komputer dan juga Smartphone.

Telah banyak developer game yang mengadaptasi permainan kartu poker ini ke dalam bentuk game mobile maupun komputer. Bahkan di Google Play Store, terdapat banyak rekomendasi poker game dari berbagai perusahaan atau developer game yang dapat diunduh dan dimainkan secara gratis. 

Meskipun demikian, game poker yang tersedia di Google Play Store tidak menawarkan perjudian di dalamnya, sehingga anda tidak dapat menghasilkan uang dari game poker yang tersedia di sana.Nah, Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah permainan poker. Semoga ulasan ini dapat menghibur serta memperluas wawasan anda. Jangan lupa untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari kami ya.

Continue Reading

Dunia

Daftar Negara Yang Melegalkan Judi Lotre Beserta Dengan Sejarahnya

Published

on

Daftar Negara Yang Melegalkan Judi Lotre Beserta Dengan Sejarahnya

Lotre adalah salah satu bentuk perjudian angka yang sangat terkenal di banyak negara. Bahkan beberapa negara melegalkan perjudian ini dan menjadikannya sumber pemasukan negara. Namun apa saja negara yang melegalkan judi lotre ini?

Perjudian lotre di Indonesia telah jelas merupakan tindakan pelanggaran hukum yang berat. Pelaku perjudian, termasuk judi lotre ini dapat dihukum dengan hukum pidana atau denda yang cukup berat. 

Namun tidak semua negara menabuh genderang perang pada perjudian lotre ini. Beberapa negara melihat perjudian lotre ini dengan cara yang berbeda, yakni sebagai sektor yang mendatangkan penghasilan untuk kas negara. 

Beberapa Negara Yang Melegalkan Judi Lotre 

Sejumlah negara tersebut pun mengambil kebijakan yang melegalkan perjudian lotre di dalamnya seperti judi di Hongkong, namun tentu saja dengan regulasi dan pengawasan yang ketat. Adapun beberapa dari negara yang melegalkan judi lotre ini adalah sebagai berikut:

Australia

Crown Melbourne casino

Salah satu negara yang melegalkan judi lotre di dalamnya adalah Australia. Perjudian lotre pertama kali di negeri asal Kanguru ini pada tahun 1880-an, di kota Sydney. Pada saat itu perjudian lotre yang diadakan bersifat private (tertutup) alias bukan fasilitas yang dapat dimasuki oleh semua orang. Namun praktik perjudian tersebut pun akhirnya dilarang.

Memasuki tahun 1916, pemerintah Australia mulai fleksibel terkait dengan praktik perjudian lotre ini. Bahkan pemerintah Australia mulai menyelenggarakan perjudian lotre nya sendiri yang dikenal dengan nama Golden Casket Art Union.

Kanada

Interprovincial Lottery Corporation

Kanada juga menjadi salah satu negara yang melegalkan judi lotre terjadi di wilayahnya. Melansir dari halaman Wikipedia, perjudian lotre di kanada dikelola oleh 5 organisasi regional yakni The Atlantic Lottery Corporation, Loto Quebec, Ontario Lottery and Gaming Corporation, Western Canada Lottery Corporation dan British Columbia Lottery Corporation.

Kelima organisasi regional tersebut dikenal dengan Interprovincial Lottery Corporation, atau yang dapat diterjemahkan dalam bahasa Indoensia sebagai perusahaan lotre antar provinsi. Organisasi-organisasi tersebut menawarkan berbagai permainan judi mulai dari permainan kartu, sport betting dan tentunya judi lotre itu sendiri.

Melansir informasi dari halaman Wikipedia, judi lotre Golden Casket Art Union ini diselenggarakan dalam rangka mengumpulkan uang untuk kegiatan amal dan proyek. Disebut bahwa hasil pertama dari kegiatan lotre ini ditujukan untuk para veteran perang dunia pertama.

Baca juga: Mengenal Undang-undang Perjudian di AS

Malaysia

Sports Toto Malaysia

Meskipun merupakan salah satu negara dengan penduduk mayoritas muslim, namun Malaysia ternyata memiliki sisi hitam, yakni terkait perjudian. Negara berjuluk negeri jiran ini ternyata adalah salah satu negara yang melegalkan perjudian lotre di dalamnya.

Mengutip informasi dari Wikipedia, industri lotre di Malaysia pertama kali beroperasi di Malaysia pada awal tahun 1969 dan diselenggarakan oleh perusahaan Berjaya Group. Selain Berjaya Group, terdapat juga perusahaan bernama Sports Toto Malaysia Sdn Bhd. Perusahaan ini adalah juga merupakan perusahaan yang didirikan oleh pemerintah Malaysia dan juga bergerak di sektor perjudian. 

Namun perusahaan ini akhirnya dibeli oleh pengusaha bernama Vincent Tan, yang tidak lain adalah bos dari Berjaya Group. Sports Toto Malaysia Sdn Bhd pun menjadi anak perusahaan dari Berjaya Group hingga saat ini.

Saat ini, Berjaya Sports telah menjadi operator permainan judi berbasis 4D terbesar di Malaysia yang menawarkan 7 jenis permainan judi, termasuk judi lotre.

Finlandia

Veikkaus

Menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik, Finlandia ternyata memiliki sisi gelap di dalamnya. Negara yang terkenal dengan julukan negeri 1000 danau ini ternyata melegalkan perjudian lotre di dalamnya. 

Bersumber dari Wikipedia, praktik perjudian lotre di Finlandia pertama kali terjadi di pada tahun 1970. Pada saat itu, sebuah perusahaan judi bernama Veikkaus menjual tiket lotre pada bulan Desember 1970. Pada tahun selanjutnya, lotre yang dijual oleh Veikkaus menjadi permainan lotre pertama yang berhasil masuk ke televisi pada tahun 1971.

Praktik perjudian lotre yang disiarkan di televisi ini pun terus berlanjut hingga tahun 2011. Tercatat dalam sejarah, acara perjudian lotre tersebut telah berusia 40 tahun dan telah dimainkan sebanyak 2.126 kali hingga saat itu.

Hingga saat ini perjudian, termasuk judi lotre masih menjadi sebuah bisnis terus bertumbuh. Yang lebih menarik, pemerintah Finlandia pun hanya mengizinkan perusahaan judi lokal untuk menyelenggarakan perjudian di wilayahnya.

Itulah beberapa daftar negara yang melegalkan judi lotre. Sebagian besar dari negara yang disebutkan di atas menjadikan perjudian lotre sebagai salah satu pemasukan negara. Bagaimana menurut anda? 

Continue Reading

Dunia

Sejarah Dan Regulasi Pelegalan Praktik Judi di Hongkong

Published

on

Sejarah Pelegalan Praktik Judi di Hongkong

Hampir semua orang mengetahui bahwa Hongkong adalah salah negara yang melegalkan perjudian di dalamnya. Bahkan praktik judi di Hongkong telah menjadi budaya dan juga sekaligus sektor pemasukan bagi wilayah khusus di Cina tersebut.

Hongkong sendiri memiliki banyak casino besar di pusat kotanya yang menjadi destinasi wisata bagi sebagian besar pelancong. Sebut saja beberapa diantaranya yang cukup terkenal seperti Hong Kong Poker House, Venetian Casino Resort, City of Dreams Casino dan masih banyak lagi. 

Dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk berjudi, tidak banyak orang yang mengetahui sejarah dan regulasi terkait praktik judi di Hongkong ini. Pada ulasan kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai sejarah dan regulasi pelegalan praktik perjudian di Hongkong ini.

Sejarah Pelegalan Praktik Judi di Hongkong

Sejarah Pelegalan Praktik Judi di Hongkong

Mari mulai dari sejarah pelegalan praktik judi Hongkong. Mengutip informasi dari halaman Wikipedia, disebut bahwa pelegalan perjudian di Hongkong pertama kali terjadi di tahun 1977. Pada saat itu, pemerintah mengeluarkan regulasi berupa undang-undang yang mengatur praktik judi di Hongkong.

Undang-undang tersebut mengizinkan orang-orang yang berada di wilayah Hongkong untuk melakukan perjudian sebagai bentuk hiburan. Namun praktik perjudian ini hanya diperbolehkan di sejumlah outlet perjudian resmi (memiliki izin atau didirikan oleh pemerintah).

Meskipun demikian, praktik perjudian yang bersifat sosial atau dilakukan di dalam komunitas tertentu dan bersifat privat masih diizinkan. 

Masalah Legalitas Praktik Judi di Hongkong 

Praktik judi di Hongkong bukanlah hal yang dilakukan secara bebas. Meskipun dilegalkan, pemerintah Hongkong mengatur dengan baik praktik perjudian di dalam wilayahnya. Hal tersebut dilakukan dengan membatasi jumlah perjudian, hanya ke beberapa outlet resmi yang diatur oleh pemerintah.

Singkatnya, segala jenis perjudian yang legal hanya dapat dilakukan di outlet yang disediakan atau mendapatkan izin dari pemerintah. Di lain sisi, perjudian dengan bandar di luar outlet perjudian yang disediakan oleh pemerintah adalah tindakan ilegal.

Berdasarkan informasi dari halaman Wikipedia, The Hongkong Jockey Club menjadi outlet perjudian resmi yang menjadi menjadi penyumbang terbesar untuk kas Hong Kong. The Hongkong Jockey Club ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1884 dan memegang monopoli perjudian di Hong Kong, khususnya untuk judi pacuan kuda, lotre dan juga sepakbola.

Adapun outlet perjudian ini menawarkan berbagai jenis perjudian bagi penikmat permainan judi, mulai dari judi sepak bola, pacuan kuda hingga lotre.  Dari hasil penyelenggaraan perjudian oleh The Hongkong Jockey Club, pemerintah mendapatkan pemasukan berupa pembayaran pajak. 

Baca juga: Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Penghasilan Hongkong Dari Pelegalan Praktik Perjudian

Salah satu informasi yang sangat cukup sulit ditemukan tentang praktik judi di Hongkong adalah terkait dengan omzet yang berhasil didapatkan negeri tirai bambu ini dari pelegalan perjudian. Dari halaman Wikipedia, kami menemukan bahwa pada tahun 2009, Hongkong berhasil menghasilkan US $ 12,7 juta dari 6 kali judi pacuan kuda yang diadakan.

Jumlah pendapatan dari penyelenggaraan judi pacuan kuda di tahun 2009 ini 6 kali lebih besar dibandingkan penghasilan judi pacuan kuda di Perancis (hanya US $ 2 juta) dan Amerika (hanya $ 250.000). Bahkan pada musim balap pada tahun 2014-2015, Hongkong meraup penghasilan yang lebih besar, yakni mencapai angka HK $ 138,8 atau setara dengan US $ 17,86 juta untuk setiap balapan yang diselenggarakan.

Penghasilan paling fantastis yang didapat oleh pemerintah Hongkong dari pelegalan perjudian sendiri terdapat pada tahun 2016-2017. Pada saat itu, pemerintah Hongkong mendapatkan keuntungan pajak sebesar HK $ 21,7 juta. Pemasukan pajak ini pun tercatat sebagai yang tertinggi dalam sejarah pajak Hong Kong.

Perjudian dan Amal Berjalan Beriringan di Hongkong

Salah satu hal yang unik terkait dengan praktik perjudian di Hongkong adalah fakta bahwa pemerintah Hongkong mencoba untuk mengimbangi antara perjudian dengan kegiatan sosial. Sebagai informasi untuk anda, Hongkong memiliki badan amal khusus yang diperuntukan untuk mempromosikan praktik perjudian yang bertanggung jawab.

Tidak sepenuhnya jelas apa yang dimaksud dengan judi yang bertanggung jawab di sini, namun yang pasti pemerintah Hongkong mencoba untuk meminimalisir dampak negatif dari perjudian pada para pemainnya. 

Selain itu, badan amal yang mempromosikan perjudian ini ditujukan untuk menyeimbangkan antara manfaat sosial dan keuntungan ekonomi yang didapat. Sehingga perjudian bukan hanya memberikan keuntungan ekonomi bagi pemerintah Hongkong, namun juga memberikan manfaat sosial bagi masyarakat.

Praktik Perjudian Ilegal di Hongkong 

Terkait dengan penerapan regulasi perjudian di Hongkong, masih terdapat sejumlah kasus perjudian ilegal yang terjadi di wilayah Hongkong. Salah satu kasus perjudian ilegal di Hongkong yang terbilang cukup besar terjadi pada tahun 2010 lalu. 

Pada saat itu, perhelatan akbar sepak bola World Cup tengah digelar. Seperti yang diketahui, bahwa World Cup adalah salah satu momen besar dimana angka perjudian sepakbola naik dengan pesat. Hal tersebut juga terjadi di Hongkong.

Di tahun 2010 tersebut, pihak kepolisian Hongkong berhasil meringkus 25 orang yang kedapatan menyelenggarakan perjudian sepakbola ilegal selama World Cup 2010 tersebut. Yang cukup mengejutkan adalah nilai dari perjudian yang diselenggarakan tersebut mencapai angka HK $ 66 juta.

Semenjak terbongkarnya perjudian sepakbola bernilai jutaan dolar tersebut, pemerintah Hongkong pun membentuk satuan kepolisian khusus untuk memberantas praktik perjudian sepakbola ilegal di wilayah Hongkong.

Regulasi Tentang Perjudian di Hongkong Vs di Indonesia

syair hk
Gambar oleh Лечение наркомании dari Pixabay

Berbeda dengan Hongkong yang tegas memperbolehkan praktik perjudian di wilayahnya, Indonesia memiliki regulasi yang bertolak belakang dengan Hongkong. Di Indonesia, perjudian dianggap sebagai tindakan yang melanggar norma agama dan sosial, serta bertentangan dengan nilai luhur ketimuran. Hal tersebut menjadi salah satu alasan menjadi hal yang ilegal di tanah air.

Baca juga: Mengenal Undang-undang Perjudian di AS

Jika di Hongkong perjudian telah menjadi bagian sektor pemasukan pemerintah. Maka hal tersebut berbeda dengan Indonesia. Indonesia memiliki regulasi hukum yang bukan menertibkan praktik perjudian, namun memberantas penyakit masyarakat ini. Adapun regulasi tersebut tertuang dalam beberapa pasal KUHP berikut;

  • Pasal 303 Ayat 1. Dalam pasal ini dijelaskan barangsiapa yang menawarkan, memberikan atau turut serta dalam praktik perjudian sebagai mata pencaharian dapat diancam. Dengan hukuman kurungan penjara maksimal 10 tahun atau pidana denda sebesar 25 juta rupiah.
  • Pasal 303 bis Ayat 1. Dalam pasal ini dijelaskan bahwa barangsiapa yang menggunakan kesempatan berjudi atau ikut serta dalam perjudian yang diadakan di tempat umum. Dapat diancam dengan hukuman kurungan penjara maksimal 4 tahun atau pidana denda sebanyak 10 juta rupiah.

Demikian sedikit ulasan mengenai sejarah dan regulasi praktik judi di Hongkong. Sekilas, regulasi perjudian di Hongkong memang mendatangkan banyak pemasukan untuk kas negara. Namun di lain sisi, terdapat dampak sosial yang harus dihadapi oleh masyarakat dan juga pemerintah hongkong, mulai dari meningkatnya angka pecandu judi hingga kriminalitas.

Dari hal tersebut tidak terlalu berlebihan jika menyebut kebijakan pelegalan judi memberikan lebih banyak kerugian dibandingkan manfaat kepada masyarakat itu sendiri.

Continue Reading

Trending