Connect with us

Dunia

Freemason organisasi yang sering disalah artikan orang parno

Published

on

Scandalous-Freemason-info

Freemason sendiri awalnya adalah salah satu gerakan sosial dan filsafat yg melawan dominasi gereja (terutama katolik) di jaman kegelapan eropa dulu.

Dimana di jaman itu gereja seperti sekumpulan para koboi mabuk yg kekuasaanya absolute bahkan mengalahkan kekuasaan raja2 eropa karena di jaman itu raja eropa harus mendapatkan restu gereja sebelum bisa bertahta, oleh karena kekuasaan absolute ini para anggota gereja bertindak semau gue dan sangat otoriter menindas semua orang yg tidak sejalan dengan kemauan mereka, disamping itu juga mereka rata2 hidup bergelimang harta disaat rakyat kelaparan karena mereka bisa memungut pajak kepada rakyat semaunya atas nama mandat tuhan.

Bahkan siapapun yg mempertanyakan doktrin dan kewenangan gereja bisa mati di bakar hidup2 karena dianggap Heretic atau Infidel (murtad / kafir) contoh yg paling terkenalnya adalah Galileo Galilee yg dikurung seumur hidup di rumahnya atau seperti Giordano Bruno martir ilmu pengetahuan pertama yg di bakar hidup2 gereja karena berani bilang bumi bulat bukan lempeng dan di luar sono ada planet dan bintang2 lain selain bumi dan matahari.

Oleh karena kesewenang2an ini lah di eropa jaman kegelapan dan mulai era Renaissance banyak lahir gerakan sosial dan pembaharu yg salah satunya adalah Freemason yg melawan dominasi gereja.

Freemason sendiri prinsip dasarnya bukan atheis atau penyembah setan maupun dajjal. Justru mereka memiliki dasar sekulerisme alias memisahkan urusan hukum, politik, negara, dan pendidikan dari pengaruh agama.

Karena mereka melihat saat agama menjadi Ideologi politik maka kekuasaanya menjadi absolute karena berpegang pada doktrin diatas mereka cuman tuhan, sehingga pihak gereja bisa melakukan apapun yg mereka suka tanpa ada yg berani melarangnya karena mereka mengclaim punya mandat langit (tuhan)

Freemason sendiri anggota terdiri dari berbagai kepercayaan dan agama, justru atheisme dulu gak bisa masuk ke organisasi Freemason karena salah satu AD/ART Freemason menyatakan anggota mereka harus orang yg percaya tuhan. Bahkan banyak tokoh kristen, hindu, sampai islam yg jadi anggota freemason di jaman dulu. karena hal ini lah dulu menjelang keruntuhan kekuasaan katolik di eropa atau berakhirnya era kegelapan vatican mengeluarkan fatwa bahwa bila ada orang Katolik yg bergabung dengan freemason maka dia akan di usir dari keimanan katolik .. dan fatwa ini sampai hari ini belum di cabut.

freemason

Pertarungan panjang antara Freemason dan Katolik ini nantinya semakin runyam disaat seorang penipu bernama Sergei Nilus bikin buku yg berjudul The Protocol of Elder Zion yg sebenarnya ini buku saduran dari novel Biarritz yang terbit tahun 1868 yang ditulis oleh Hermann Goedsche seorang bangsa Jerman yg pembenci yahudi. Novel Biarritz ini sendiri sebenarnya merupakan jiplakan dari Karya satir terkenal Maurice Joly yg berjudul “The Dialogue in Hell : Between Machiavelli and Montesquieu” dengan berbagai perubahan sehingga terkesan itu adalah dialog asli para petinggi zionis, padahal itu cuman fiksi

The Protocol of Elder Zion ini sendiri muncul jaman Tsar Rusia dulu. Hal ini di karena di saat itu kedudukan kaum bangsawan dan penguasa rusia yg menggunakan agama sebagai kendaraan politiknya merasa terancam dengan gerakan sekulerisme Freemason ini (jaman itu rusia masih kerajaan di bawah pimpinan Tsar dengan ideologi kristen orthodox dan bukan sebuah negara komunis) .

Tapi selain masalah politik anti sekulerisme The Protocol of Elder Zion, juga di kaitkan dengan awal gerakan Zionis untuk membangkitkan dendam lama kaum Kristen terhadap yahudi dan sentimen sosial dimana di masa itu kaum Yahudi di eropa umumnya hidup makmur ketimbang ras eropa lainnya dan hal ini memunculkan sentimen sosial.

Dan lebih sialnya lagi nanti buku novel The Protocol of Elder Zion ini malah menginspirasi orang gila yg bernama Hitler untuk membantai semua yahudi dan kaum sekuler karena Hitler dalam mein kamf nya merasa sebagai pedang tuhan untuk menghukum para yahudi yg dulu menghianati dan menolak Yesus. Dan nantinya dari pemikiran Hitler ini lah berkembang ke dalam dunia islam karena di jaman itu Jerman dan Turki otoman punya hubungan yg dekat (karena sejak PD 1 mereka satu aliansi / front AXIS)

Karena merasa dapat ancaman besar dari hitler, rusia, maupun dari otoman, nantinya banyak anggota freemason yg kabur ke amerika dan inggris (terutama inggris) karena sejak awal pendirian organisasi ini para pendiri Freemason sendiri dekat dengan kerajaan inggris karena sama2 di musuhi Katolik dan Ortohodox (inggris mayoritas adalah anglikan yg merupakan cabang lain dari protestan dan tidak mengakui tahta suci vatican) di amerika sendiri freemason bisa berkembang karena amerika memang sejak awal didirikanya sudah menganut sekulerisme karena banyak Founding father Amerika yg memang anggota ordo pencerahan jaman renesaince seperti Freemason maupun Iluminati.

Mungkin ada pertanyaan ritus freemason kenapa mirip penyembah setan, sebenarnya mereka gak menyembah setan, ritual mereka adalah ritual esoteric yg menggambarkan dan menyimbolkan sejarah peradaban manusia. Hal ini umum saja seperti di berbagai kaum Esoteric lainnya yg ritualnya selalu penuh simbol seperti contohnya : kaum bushido jepang yg sangat menghargai alam dan pedang katana nya sebagai simbol integritas, atau seperti china yg merayakan tahun baru imlek dengan berbagai pernak pernih merah dan petasan sebagai simbol keberuntungan tahun yg akan datang, atau seperti masyarakat jawa dan nusantara yg masih menggunakan tradisi melarung sesajen, tumpeng, atau banten yg dianggap sebagai simbol sukur kepada sang pencipta dan alam. Ini semua adalah budaya esoteric yg kaya simbol2 luhur, bukan berarti sesat.

Sama seperti simbol2 esoteric yg mereka pakai itu sebenarnya menggambarkan banyak hal terutama tentang manusia dan sejarah peradaban. contohnya seperti jangka dan penggaris yg merupakan simbol matematika dan sains, sedangkan huruf G dalam freemason itu artinya Geometri atau bisa juga God (tuhan) bila simbolnya memakai mata satu. Hal ini ada kaitanya dengan era renesaince dulu di mana banyak filsuf era itu menganggap tanda keberadaan tuhan adalah dalam matematika seperti bilangan Phi, pi yg tidak bisa di rumuskan dan tidak berakhir atau seperti golden ratio yg dianggap keteraturan alam bikinan tuhan. Simbol mata satu (all seing eyes) dalam Freemason gak ada kaitanya sama sekali dengan Dajjal karena freemason gak kenal dajjal mereka gerakan yg berasal dari eropa bukan dari timur tengah dan mata satu sendiri adalah simbol kuno untuk pencerahan, kebaikan, tuhan yg maha melihat yg ada dalam berbagai budaya lampau.

Freemason sendiri karena paham esoteric dan filsafat sekulerisme mereka umumnya melakukan gerakan sosial bukan politik, walaupun mereka punya kekuatan politik yg di punyai anggotanya tapi mereka tidak menggunakan kekuatan itu kecuali mereka terdesak, hal ini di karenakan menurut pandangan mereka sekulerisme harus berasal dari kesadaran masyarakat sendiri bukan suatu paksaan atau aturan yg di bikin penguasa, karena klo sekulerisme di paksakan dengan kekuatan politik maka itu sama saja seperti kaum teokrasi dimana kaum agamais memaksakan pandangan agamanya kepada orang lain dengan kekuatan politik, padahal hal semacam ini lah yg pendiri mereka lawan dulu.

Disamping itu juga Freemason keanggotaanya juga unik mereka tidak pernah merekut orang dan walaupun ada orang yg mau bergabung umumnya yg di terima cuman kalangan berpendidikan atau kaum intelek. Hal ini untuk menjaga organisasi ini supaya tidak jadi ormas liar dan bisa melawan pengaruh dari penguasa yg sejak dulu mau menghancurkan mereka karena ideologi sekuler mereka mengancam kekuasaan tokoh yg memakai agama sebagai komuditas politiknya. Dan umumnya memang anggota freemason adalah orang2 berpengaruh seperti seniman, bangsawan, ilmuwan, raja, para pendiri negara, diplomat. dll bahkan ada tokoh agama besar yg juga jadi anggota freemason seperti Syeh Muhammad Abduh yg dianggap Mujaddid (pembaharu) islam modern yg juga merupakan guru tidak langsung dari Kiai Ahmad Dahlan (pendiri muhammadiyah) dan Kiai Hasyim Asyhari (pendiri NU) saat masih belajar di arab dan mesir dulu/

Jadi bukan suatu yg mengherankan klo sebagian tokoh republik ini seperti Paku alam dan Raden Saleh juga merupakan anggota Freemason, sama saja seperti founding father amerika yg banyak anggota masonya juga. Bahkan dulu Sukarno sering diskusi dengan anggota Mason indonesia tapi nantinya Sukarno justru membaned freemason karena dianggap merupakan ancaman politik karena banyak tokoh mereka di indonesia terlalu vocal dengan bung karno. Banned kepada mereka baru di cabut saat Gusdur berkuasa karena Gusdur tahu persis gerakan ini dulu pernah dekat dengan kakek dan ayahnya dan mereka memang bukan gerakan zionis atau dajjal tapi cuman gerakan sosial abad pencerahan.

Sebenarnya Freemason sudah sangat banyak mengeluarkan bantahan terkait tuduhan aneh2 kepada mereka, di samping juga ada sangat banyak studi indipenden dari berbagai ilmuwan di luar mason yg mempelajari sejarah mereka dan memang tidak ada hal yg aneh dengan mereka apalagi mau menguasai dunia atau bersekutu dengan lucifer maupun dajjal. satu2nya yg aneh dari freemason adalah ritual esoteric mereka yg memang susah di pahami oleh orang awam yg tidak mengerti simbol esoteric mason.

Di bawah ini adalah sumber tentang freemason dari sumber freemason dan penelitian dan sejarah seputar organisasi mereka yg tidak akan di temui di tulisan paranoid orang2 di idonesia yg umumnya cuman baca bukunya harun yahya, muhamad isa daud, maupun apologeticnya katolik.

Penulis: Agung Silvianto Dasritara

Sumber:
http://www.ushmm.org/wlc/es/article.php?ModuleId=10007058
http://freemasonry.bcy.ca/anti-masonry/index.html
http://freemasonry.bcy.ca/biography/nilus_s/nilus_s.html
http://www.friends-partners.org/partners/beyond-the-pale/english/29.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Freemasonry
http://www.phoenixmasonry.org/history_of_co-freemasonry.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/Eye_of_Providence
http://consciousreporter.com/spirituality/corruption-sacred-symbols-all-seeing-eye/
http://www.freemasons-freemasonry.com/prescott03.html
http://www.freemasons-freemasonry.com/layiktez1.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Abduh
http://www.brad.ac.uk/webofhiram/
http://masonicinfo.com/
http://www.oztorah.com/category/freemasonry/
https://en.wikipedia.org/wiki/Hermann_Goedsche

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Dunia

Berapa Lama Antrian Haji di Indonesia? Ini Dia Faktanya!

Published

on

Berapa Lama Antrian Haji

Sebagai umat Muslim yang ingin menyempurnakan rukun Islam, tentunya terpikirkan berapa lama antrian haji di Indonesia. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu. Namun, tidak semua orang bisa langsung berangkat haji sesuai dengan keinginannya. 

Ada banyak faktor yang membuat calon jamaah haji harus menunggu dalam antrian yang cukup lama. Lalu, berapa lama sebenarnya antrian haji di Indonesia? Apa saja faktor yang mempengaruhi lamanya antrian haji? Semuanya akan dibawah pada artikel ini, jadi pastikan Anda menyimaknya sampai habis! 

Berapa Lama Antrian Haji di Indonesia?

Berapa lama antrian haji? Dari fakta yang ada, antrian haji di Indonesia merupakan salah satu yang terpanjang di dunia. Menurut data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU), Kementerian Agama, rata-rata lama masa tunggu calon jamaah haji reguler Indonesia saat ini telah mencapai 25 tahun.

Bahkan, ada beberapa daerah yang masa tunggunya nyaris tembus satu abad, seperti Kalimantan Selatan yang mencapai 36 tahun, Sulawesi Tenggara yang mencapai 38 tahun, dan Sulawesi Selatan yang mencapai 97 tahun.

Data estimasi waiting list jamaah haji tersebut dapat dilihat melalui aplikasi Pusaka yang dihadirkan oleh Kementerian Agama. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play (android) dan App Store (iOS). 

Calon jamaah haji dapat memasukkan nomor porsi pada kolom yang tersedia, lalu akan muncul data estimasi keberangkatan yang mencakup informasi yang dibutuhkan. Pastikan mengisi informasi yang benar, agar jadwal keberangkatan Anda bisa cepat diketahui. 

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Lamanya Antrian Haji?

Dilihat dari penjelasan berapa lama antrian haji di atas, tidak heran jika ada banyak calon jamaah yang mempertimbangkan perbedaan umroh dan haji. Pasalnya, umroh sendiri sama-sama ibadah yang dilaksanakan di Tanah Suci dengan waktu yang lebih fleksibel. Sementara itu, lamanya antrian haji di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Kuota Haji yang Terbatas

Kuota haji merupakan jumlah jamaah haji yang diperbolehkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk berangkat ke Tanah Suci setiap tahunnya. Kuota haji ditentukan berdasarkan persentase 0,1% dari jumlah penduduk muslim di setiap negara.

Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mendapatkan kuota haji terbesar, yaitu sekitar 211 ribu pada tahun 2019. Namun, kuota tersebut masih jauh dari cukup untuk memenuhi permintaan calon jamaah haji yang mencapai lebih dari lima juta. 

Selain itu, kuota haji juga berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung pada kondisi politik, ekonomi, dan kesehatan di Arab Saudi. Misalnya, pada tahun 2020 dan 2021, kuota ini pun dibatasi hanya sekitar 100 ribu karena adanya pandemi Covid-19.

2. Pendaftaran Haji yang Terus Bertambah

Meskipun kuota haji terbatas, pendaftaran haji di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji. Pendaftaran haji di Indonesia dilakukan secara online melalui SISKOHAT. 

Calon jamaah haji harus membayar setoran awal sebesar Rp25 juta ke bank penerima setoran haji (BPS-BPIH), lalu mendapatkan bukti setoran awal yang mencantumkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji ini menentukan urutan keberangkatan calon jamaah haji. 

Semakin awal mendaftar, semakin cepat pula berangkat. Namun, dengan jumlah pendaftar yang terus bertambah, maka semakin lama pula waktu tunggu bagi calon jamaah haji yang baru mendaftar. Hal inilah yang mempengaruhi berapa lama antrian haji di Indonesia. 

3. Ketersediaan Fasilitas dan Layanan Haji

Faktor lain yang mempengaruhi berapa lama antrian haji di Indonesia adalah ketersediaan fasilitas dan layanan haji, baik di Indonesia maupun di Arab Saudi. Fasilitas dan layanan haji meliputi transportasi, akomodasi, kesehatan, keamanan, bimbingan, dan lain-lain. 

Semua fasilitas dan layanan tersebut harus memenuhi standar kualitas dan kuantitas yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Jika ada salah satu saja fasilitas atau layanan haji yang tidak tersedia atau tidak memadai, maka akan berdampak pada penurunan jumlah jamaah haji yang dapat diberangkatkan.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang berapa lama antrian haji di Indonesia dan apa saja faktor yang mempengaruhi lamanya antrian haji. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui informasi seputar ibadah haji. Jika Anda sudah mendaftar haji, jangan lupa untuk selalu memantau perkiraan keberangkatan Anda melalui aplikasi Pusaka atau situs resmi Kementerian Agama. 

Jika Anda belum mendaftar haji, segera daftarkan diri Anda melalui SISKOHAT dan siapkan diri Anda secara fisik, mental, pakaian yang dipakai ketika melaksanakan Wukuf, dan finansial untuk melaksanakan ibadah suci tersebut. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kesempatan bagi kita semua untuk berhaji ke Baitullah. Aamiin.

Continue Reading

Dunia

11 Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji dari Awal Sampai Akhir

Published

on

Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji dari Awal Sampai Akhir

Untuk para calon jamaah yang akan melangsukan ibadah di Tanah Suci, memahami urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir merupakan hal yang penting.  Ibadah diartikan sebagai perjalanan ke Tanah Suci, Mekkah dan sekitarnya untuk melaksanakan serangkaian ibadah yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. 

Ibadah haji sendiri memiliki banyak hikmah dan manfaat, baik secara spiritual maupun sosial. Namun, untuk dapat melaksanakannya dengan baik dan benar, seorang Muslim haruslah mengetahui bagaimana urutan pelaksanaan ibadah tersebut sampai akhir. 

Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji dari Awal Sampai Akhir

Ka'bah
Ka’bah

Urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seorang haji. Urutan inilah yang menjadi perbedaan umroh dan haji. Tahapan-tahapan ini disebut dengan manasik haji, yaitu ritual-ritual yang harus dilakukan oleh seorang haji sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

1. Melakukan Ihram dari Miqat

Ihram adalah niat dan pakaian khusus yang harus dikenakan oleh seorang haji sebelum memasuki wilayah haram, yaitu wilayah yang meliputi Mekkah dan sekitarnya. Ritual ini harus dilakukan dari Miqat, yaitu tempat-tempat yang telah ditentukan oleh syariat Islam sebagai batas masuknya wilayah haram. 

2. Wukuf di Arafah

Urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir yang berikutnya, Wukuf di Arafah adalah berdiri atau berdiam diri di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Ibadah ini dilakukan mulai dari terbit matahari sampai terbenamnya. Wukuf di Arafah adalah rukun haji yang paling utama, sehingga barangsiapa yang tidak melakukannya, maka hajinya batal. 

3. Thawaf Ifadah

Thawaf ifadah adalah Thawaf yang dilakukan setelah wukuf di Arafah, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan memulainya dari Hajar Aswad, dan mengakhirinya di tempat yang sama. Ritual yang termasuk dalam urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir ini adalah rukun haji yang kedua, sehingga barangsiapa yang tidak melakukannya, maka hajinya batal. 

4. Sa’i

Sa’i adalah rukun haji, yang dilakukan dengan cara berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Ritual ini dimulai dari bukit Shafa dan mengakhirinya di Marwah. 

Amalan ini adalah bentuk penghargaan kepada perjuangan Hajar, istri Nabi Ibrahim AS, yang mencari air untuk putranya Ismail AS di padang tandus. Sa’i juga merupakan kesempatan bagi seorang haji untuk mengingat nikmat Allah SWT yang telah memberikan sumber air zam-zam yang berkah.

5. Mabit di Muzdalifah

Mabit di Muzdalifah adalah bermalam atau berdiam diri di padang Muzdalifah pada malam tanggal 10 Dzulhijjah, setelah selesai Thawaf Ifadah dan Sa’i. Ritual yang termasuk urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir ini adalah wajib haji, sehingga barangsiapa yang meninggalkannya, maka harus membayar dam (kurban). 

6. Melempar Jumrah

Melempar jumrah adalah melempar batu kerikil ke tiga tiang yang disebut jumrah, yang melambangkan setan. Urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir ini dilakukan pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah. 

Selain itu, kegiatan melempar jumrah adalah bentuk penolakan dan perlawanan terhadap godaan dan bisikan setan yang menghalangi ketaatan kepada Allah SWT. Amalan ini juga merupakan kesempatan bagi seorang haji untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

7. Mencukur atau Memotong Rambut

Mencukur atau memotong rambut dilakukan setelah selesai melempar jumrah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Amalan ini menjadi bentuk pengorbanan dan penghambaan diri kepada Allah SWT, yang telah memberikan nikmat rambut. Mencukur atau memotong rambut juga merupakan tanda bahwa seorang haji telah keluar dari ihram dan boleh melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang.

8. Melempar 3 Jumrah

Urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir yang berikutnya, melempar 3 jumrah berupa batu kerikil ke tiga tiang, yaitu jumrah ula, jumrah wustha, dan jumrah aqabah. Amalan ini dilakukan pada tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah. Melempar 3 jumrah adalah wajib haji, sehingga barangsiapa yang meninggalkannya, maka harus membayar dam.

9. Mabit di Mina

Mabit di Mina berarti bermalam atau berdiam diri di lembah Mina pada malam tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah, setelah selesai melempar 3 jumrah. Ini adalah kesempatan bagi seorang haji untuk bersilaturahmi, berbagi, dan bermuhasabah dengan sesama haji yang berasal dari berbagai daerah dan negara. 

Ritual ini juga merupakan simbol kebersamaan dan kecintaan umat Islam yang bersaudara dalam iman dan taqwa.

10. Thawaf Wada

Thawaf Wada adalah Thawaf yang dilakukan sebelum meninggalkan Mekkah, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan memulainya dari Hajar Aswad dan mengakhirinya di tempat yang sama. 

Ini menjadi bentuk perpisahan dan pengucapan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan kemudahan untuk menunggu berapa lama antrian haji sampai melaksanakannya.

11. Tahallul

Yang terakhir, Tahallul adalah keluar dari keadaan Ihram dengan melepaskan pakaian Ihram dan mengenakan pakaian biasa. Tahallul adalah tanda bahwa seorang haji telah menyelesaikan ibadah hajinya dan boleh melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang, seperti memakai wewangian, bercumbu, bersetubuh, dan lain-lain. 

Momen ini juga merupakan tanda bahwa seorang haji telah mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Demikianlah urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir yang harus diketahui oleh setiap muslim yang ingin melaksanakan ibadah haji. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan, kesempatan, dan keberkahan bagi kita semua untuk dapat melaksanakan ibadah haji yang mabrur. Amin.

Continue Reading

Dunia

Macam Macam Haji dan Pengertiannya (Ifrad, Qiran, Tamattu’)

Published

on

Macam Macam Haji dan Pengertiannya

Tentu saja, sebagai umat Muslim, kita perlu memahami macam macam haji dan pengertiannya. Dalam pengertiannya, haji mempunyai makna menuju atau menyengaja. Artinya adalah berkunjung ke Baitullah (Masjidil Haram) untuk melaksanakan ibadah pada waktu dan cara tertentu yang sudah ditetapkan dengan tertib. Hal ini lah yang menjadi perbedaan umroh dan haji

Namun di dalam haji sendiri terdapat beberapa macam yang sebenarnya masih berkaitan dengan ibadah umroh. Untuk itu, mari kita pelajari bersama apa saja macam-macam haji, serta membahas penjelasannya secara lengkap. 

Macam Macam Haji dan Pengertiannya

Baitullah
Baitullah

Seperti yang sudah kita ketahui, ibadah haji adalah rukun Islam yang ke-5, dan wajib dilaksanakan bagi umat Muslim yang mampu (baik secara finansial maupun fisik). 

Haji sendiri memiliki arti berkunjung ke Baitullah atau Ka’bah, untuk melakukan urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir, dari Ihram di Miqat, Wukuf, Mabit, melempar Jumrah, Thawaf, dan Sa’i. Adapun beberapa macam macam haji dan pengertiannya yang wajib diketahui seluruh umat Muslim, yakni:

1. Haji Ifrad

Haji Ifrad adalah salah satu jenis haji yang dilakukan dengan hanya mengerjakan ibadah haji saja tanpa ibadah umrah. berasal dari kata afrada yang artinya menjadikan sesuatu itu sendirian atau memisahkan sesuatu yang bergabung menjadi sendiri-sendiri. 

Penamaan haji Ifrad dikarenakan ibadah ini dilakukan dengan memisahkan antara ibadah haji dari ibadah umrah, sehingga ibadah haji yang dikerjakan tidak ada tercampur atau bersamaan dengan ibadah umrah.

Haji Ifrad adalah satu-satunya jenis haji yang tidak mewajibkan adanya denda atau dam berupa penyembelihan kambing. Hal ini berbeda dengan haji tamattu’ dan qiran yang mewajibkan jamaahnya untuk membayar dam.

Niat Haji Ifrad

Setelah memahami macam macam haji dan pengertiannya di atas, berikut niat haji Ifrad dilakukan ketika memakai Ihram di Miqat:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِحَجٍّ

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilanMu untuk haji.

Atau

نَوَيْتُ الحَجَّ وَأَحْرَمْتُ بِهِ لِلَّهِ تعَالَى

Artinya: “Aku niat haji, dengan berihram untuk haji karena Allah.

Syarat Haji Ifrad

Syarat haji Ifrad adalah sebagai berikut:

  • Harus memakai ihram untuk haji saja di miqat
  • Harus melaksanakan haji dalam bulan-bulan haji (Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah)
  • Jamaah harus melaksanakan haji sebelum umrah, yaitu dengan melakukan Thawaf Ifadhah dan Sa’i untuk haji, kemudian bertahallul akhir dan boleh melakukan semua hal yang diharamkan ketika ihram termasuk berhubungan suami istri
  • Setelah selesai dari amalan-amalan haji, baru dilanjutkan Ihram untuk umrah dan mengerjakan amalan-amalan umrah

2. Haji Qiran

Haji Qiran adalah salah satu macam macam haji dan pengertiannya, yang dilakukan dengan menggabungkan ibadah haji dan umrah dalam satu waktu tanpa melepas Ihram. Jenis haji ini berasal dari kata qaa-rana yang artinya menyertakan dan menggandeng. 

Penamaan haji Qiran berdasarkan dari ritualnya yang mengumpulkan antara ibadah haji dan umrah dalam satu ihram. Yakni, jamaah haji memakai ihram untuk umrah dan haji secara bersamaan sejak miqat atau tempat yang ditentukan untuk memasuki Ihram.

Niat Haji Qiran

Niat haji Qiran dilakukan ketika memakai Ihram di Miqat dengan mengucapkan lafal berikut:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ حَجًّا وَعُمْرَةً

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilanMu untuk haji dan umroh.

Atau

نَوَيْتُ الحَجَّ وَالعُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهِمَا لِلَّهِ تعَالَى

Artinya: “Aku niat haji dan umroh, dengan berihram untuk haji dan umrah karena Allah.

Syarat Haji Qiran

Syarat haji Qiran adalah sebagai berikut:

  • Harus memakai Ihram untuk haji dan umrah sekaligus di Miqat
  • Jamaah harus melaksanakan umrah dan haji dalam bulan-bulan haji (Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah)
  • Harus melaksanakan umrah sebelum haji, yaitu dengan melakukan Thawaf dan Sa’i untuk umrah, kemudian tetap berihram hingga melaksanakan haji
  • Harus membayar dam (kurban) sebesar seekor kambing atau setara dengan 1/7 sapi atau unta. Dam ini harus disembelih di Mina pada hari-hari tasyrik (11, 12, atau 13 Zulhijjah) dan dagingnya disedekahkan kepada fakir miskin di Mekkah

3. Haji Tamattu’

Akhirnya kita masuk ke macam macam haji dan pengertiannya yang terakhir. Haji Tamattu’ adalah salah satu jenis ibadah haji yang dilakukan dengan cara mendahulukan umrah dari haji. 

Untuk Anda ketahui, haji tamattu’ berasal dari kata ‘tamatta’a’ yang berarti bersenang-senang. Hal ini karena orang yang melakukan haji tamattu’ dapat bersenang-senang dengan hal-hal yang dilarang ketika berihram, setelah menyelesaikan umrah dan sebelum berihram kembali untuk haji.

Niat Haji Tamattu’

Sama seperti macam macam haji dan pengertiannya yang sudah kami bahas di atas, berikut adalah niat haji Tamattu’ yang dilafalkan saat Ihram dari Miqat:

نَوَيْتُ الْحَجَّ وَأَحْرَمْتُ بِهِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat haji dengan berihram karena Allah SWT.

Selain itu, jamaah haji Tamattu’ juga harus mengucapkan Talbiyah, yaitu:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بحَجًَةِ

Artinya: “Aku sambut panggilan-Mu ya Allah untuk berhaji.

Syarat Haji Tamattu’

Agar ibadah dikatakan sah, berikut adalah beberapa syarat untuk seseorang diperbolehkan melangsungkan haji Tamattu’:

  • Bukan penduduk Mekkah
  • Jamaah tinggal di tempat yang jaraknya dua marhalah atau lebih dari Tanah Haram. Marhalah adalah jarak tempuh perjalanan sehari semalam, yaitu sekitar 90 km
  • Harus mengerjakan haji dan umrah dalam bulan-bulan haji pada tahun yang sama. Bulan-bulan haji adalah bulan Syawal, Dzulqaidah, dan Dzulhijjah

Akhir Kata

Secara kesimpulan, terdapat 3 macam macam haji dan pengertiannya yang harus dipahami calon jamaah, yakni haji Ifrad, haji Qiran, dan yang terakhir haji Tamattu’. Dengan kemudahan yang Allah berikan, kita sebagai umat Muslim jadi bisa menjalani ibadah dengan lebih khusyuk dan lapang dada.

Continue Reading

Trending