Connect with us

Dunia

Jurus Jitu Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Published

on

Jurus Jitu Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Mengapa belajar bahasa inggris itu penting? Sudah menjadi sebuah fakta bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Tentu saja predikat ini tidak melekat begitu saja karena memang ada kaitannya dengan peran Negara Inggris yang tak lain adalah penjelajah sekaligus penjajah. Coba kalian perhatikan, sebagian besar negara jajahan Inggris wajib menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak negara jajahan Inggris di dunia, mulai dari Asia,Eropa, Amerika, hingga Afrika yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu utama mereka.

Mengapa diperlukan bahasa internasional? Tentu dibutuhkan adanya bahasa internasional sebagai media komunikasi masyarakat global. Dan bahasa inggris terpilih menjadi bahasa internasional karena bahasa ini diklaim sebagai bahasa tertua dan telah tersebar di hampir seluruh penjuru dunia akibat penjajahan inggris. 

Di era globalisasi ini, bahasa internasional sangat diperlukan sebagai salah satu modal untuk tetap mampu bertahan dan bahkan mampu berkompetisi di tengah persaingan ekonomi global. Karena itu, penting rasanya untuk membekali diri dengan skill bahasa inggris yang mumpuni. Lantas, bagaimana dengan kita yang sama sekali kurang pandai berbahasa inggris? Apakah kita perlu mengikuti program les bahasa inggris di les private atau semacamnya? Tak perlu cemas, kini ada jurus jitu cara belajar bahasa inggris untuk pemula seperti kita. Apa saja jurusnya? Simak informasi detailnya berikut ini. 

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Mulai Pelajari Kosakata Bahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris untuk pemula

Salah satu cara belajar bahasa inggris untuk pemula adalah dengan mulai menambah hafalan kosakata dalam bahasa inggris. Perbanyak lagi perbendaharaan kata dalam bahasa inggris lengkap dengan artinya dan aplikasinya dalam kalimat. Bila perlu, buat target untuk menghafal sekian kosakata per hari. Sebagai pemula, pilih kosakata-kosakata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Belajar Bahasa Inggris dari Hobi 

Ada cara belajar bahasa inggris untuk pemula yang bisa dibilang seru dan tidak membosankan. Iya benar sekali, dengan memanfaatkan hobi kita. Misal, kita hobi banget dengerin musik dan menonton film berbahasa inggris. Manfaatkan momen-momen ini untuk mengasah lagi skill bahasa inggris kita. Melalui lirik pada sebuah lagu berbahasa inggris, kita dapat belajar kosakata-kosakata baru lengkap dengan kalimatnya. Kita bisa mengartikannya bila perlu.Anggap saja kita sedang melatih skill listening kita. 

Demikian juga ketika kita sedang asik menonton film, untuk mengasah lagi kemampuan bahasa inggris kita, coba ganti subtitle Indonesia dengan subtitle bahasa inggris. Pastinya akan ada kosakata-kosakata baru yang akan kita jumpai pada film. Masukan kosakata-kosakata ini ke dalam list kosakata baru yang sudah kita buat, lalu cari artinya dalam kamus dan hafalkan. Agar lebih menantang lagi, boleh sekali-kali menon-aktifkan subtitle pada film. Anggap saja kita sedang latihan sesi listening dengan menggunakan media film. 

Nah, untuk jurus yang satu ini, pilih tipe film yang ringan. Misal, film-film khusus untuk anak-anak yang dari segi plot dan penggunaan bahasanya juga ringan dan tidak banyak menggunakan bahasa slang. Dengan mencoba mengaplikasikan cara ini, kita sepertinya perlu menunda rencana join les private bahasa inggris di les private Jakarta. Kita perlu melihat hasilnya apakah cara belajar mandiri ini efektif atau tidak. Jika kiranya kurang efektif, tidak ada salahnya kita join menjadi peserta les private Bahasa Inggris.

Baca juga: 6 Toko Online di Indonesia yang Menerima Pembayaran Melalui Paypal

Perbanyak Literatur Berbahasa Inggris

Mungkin di Indonesia, budaya membaca tidak sepopuler di Eropa. Akan tetapi tidak ada salahnya kita biasakan untuk menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan baru kita. Terlebih kita saat ini memiliki target skill berbahasa inggris yang lebih baik. Bacaan-bacaan yang kita pilih juga harus berbahasa inggris agar kemampuan membaca kita jauh lebih baik. 

Sering-Sering Membuka Kamus Bahasa Inggris

Jurus jitu cara belajar bahasa inggris bagi pemula selanjutnya adalah sering membuka kamus bahasa inggris ketika menjumpai kosakata baru untuk mengerti makna atau arti secara harfiah. Cara ini juga kerap diaplikasikan oleh sebagian besar tutor les private bahasa inggris seperti les private Jakarta. Dan hasilnya sungguh efektif. Selain menambah perbendaharaan kata, sering membuka kamus juga rupanya dapat membantu kita menemukan arti lain dari satu kosakata saja.

Buat Daftar Kosakata Sulit, Artikan, dan Hafalkan

Selama belajar bahasa inggris, baik dengan bantuan media musik, film, maupun literatur berbahasa inggris, pastinya kita pernah menjumpai sejumlah kosakata baru yang mungkin tergolong kosakata yang sulit karena mungkin terkait dengan bidang tertentu. Segera catat dan cari artinya dalam kamus, dan hafalkan. Ini adalah salah satu cara belajar bahasa inggris bagi pemula yang wajib kita praktikan. 

Belajar Menulis dalam Bahasa Inggris

Meski kemampuan bahasa inggris kita pas-pasan atau bahkan di bawah standard, bukan berarti kita lantas enggan berlatih untuk membuat karya tulis berbahasa inggris. Mulai dengan membuat karya tulis yang mudah, sederhana, dan singkat. Misal, membuat artikel berbahasa inggris atau bisa juga menulis jurnal harian yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari kita.

Khusus untuk pembuatan artikel dan sejenisnya, pilih topik penulisan yang sederhana dan ringan. Misal, berbagi tips seputar kesehatan. Atau bisa juga berbagi ide tentang tren fesyen yang lagi booming saat ini, dan lain sebagainya. 

Oh iya, sama seperti bahasa tulis berbahasa Indonesia, bahasa tulis berbahasa inggris juga harus sesuai dengan kaidah yang benar. Kadiah di sini meliputi grammar, teknis penulisan, dan struktur penulisan. Latihan menulis yang dilakukan secara rutin akan sangat membantu dalam meningkatkan skill menulis kita. 

Percaya Diri untuk Berbicara dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya ada satu modal lagi yang diperlukan selama kita mengaplikasikan cara belajar bahasa inggris bagi pemula yaitu percaya diri. Meski kita merasa kemampuan speaking kita standard saja, tak ada salahnya untuk terus berlatih. Ada banyak cara untuk melatih skill speaking kita. Misal, dengan latihan speaking seorang diri di depan cermin. Atau bisa juga menerapkan English day yang mana program English day ini mengharuskan kita untuk berbicara dalam bahasa inggris pada hari-hari tertentu. Dalam program ini, kita bisa mengajak kawan-kawan kita di kampus atau di sekolah, atau mengajak keluarga kita di rumah untuk menjadi partner kita. 

Manfaatkan Internet dan Join dengan Komunitas

Manfaatkan teknologi internet sebagai ‘guru’ kedua kita. Ada banyak situs atau website yang berisi konten-konten bermanfaat seputar ilmu bahasa inggris. Kita bisa belajar apa saja lewat internet. Melalui media sosial, misalnya, bisa menjadi media yang tepat untuk bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki tujuan yang sama. Demikian juga dengan komunitas. Gabunglah dengan komunitas yang cinta menggunakan bahasa inggris. Kita bisa manfaatkan komunitas ini untuk meningkatkan skill bahasa inggris kita, terutama skill speaking kita. Jadi, dengan cara belajar bahasa inggris bagi pemula ini, apakah tetap berminat untuk join dengan program les private bahasa inggris? 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending