Connect with us

Tehnologi

15 Fitur Pada Kamera CCTV Wajib Diketahui

Published

on

15 Fitur pada kamera CCTV

Apa saja Fitur pada kamera CCTV yang tidak banyak orang tau?. Kamera CCTV merupakan teknologi kamera yang berfungsi mengawasi wilayah sekitar jangkauannya, dengan berbagai fitur/kelebihan-kelebihan yang semakin lama semakin canggih dan memudahkan penggunanya.

Selain canggih, fitur-fitur tersebut juga user-friendly, sangat mudah untuk dioperasikan. Tidak hanya mengenai jenis-jenis kamera CCTV, Anda bisa mempelajari tentang produk ini lebih dalam. Tidak ada salahnya untuk mengetahui sedikit tentang penjelasan yang kami uraikan ini agar nantinya Anda sudah terbekali pengetahuan secara luas mengenai produk ini.

15 Fitur Pada Kamera CCTV.

Untuk Anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai Fitur pada kamera CCTV, tentunya Anda akan menjumpai banyak istilah-istilah mengenai produk ini yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

  • Wide Dynamic Range (WDC)
  • Automatic Gain Control (AGC)
  • Digital Noise Reduction (DNR)
  • Automatic White Balance (AWB)
  • Infrared Cutfilter Removal (ICR)
  • Sense Up
  • Up The Coax (UTC)
  • On Screen Display (OSD)
  • Charge Couple Device (CCD) & Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS)
  • Television Lines (TL)
  • Varifocal
  • Focal Length
  • IR Distance
  • Index Protection Rating
  • Image Sensor

Simak ulasan lengkapnya berikut ini, 15 Fitur pada kamera CCTV. Sebelum lebih lanjut baca juga Harga Paket 4 kamera CCTV.

1) Wide Dynamic Range (WDC)

Teknologi WDR ini berfungsi menyeimbangkan gelap-terang pada hasil rekaman supaya mendapatkan hasil yang enak dipandang. Sebagai contoh, semisal perekaman terjadi saat mendapat cahaya yang sangat maksimal atau minimal, maka teknologi WDR ini bertugas menyeimbangkannya supaya hasil yang didapat jelas.

Contoh lainnya yang lebih mudah adalah apabila kamera menghadap jendela pada siang hari, maka cahaya yang didapat terlalu terang sehingga objek yang direkam pun akan menjadi gelap. Disinilah teknologi WDR beraksi, yaitu membuat bagian terang dan gelap bekerja seimbang untuk mendapatkan hasil yang bisa dengan jelas dilihat mata.

Adalagi DWDR (Digital Wide Dynamic Range) yang merupakan versi lain dari WDR yang mengubah gambar silau maupun bayangan hitam secara otomatis memiliki tingkat kecerahan yang pas.

2) Automatic Gain Control (AGC)

Teknologi ini dapat meningkatkan sinyal pada kamera CCTV apabila dalam kondisi minim cahaya. Sinyal ini berfungsi mengatur kualitas gambar secara otomatis supaya mendapatkan hasil rekaman yang terang sehingga tetap jelas saat dilihat hasil rekamannya nanti. Anda dapat melihat objek pada rekaman dengan pencahayaan dan warna yang pas. Bahkan teknologi ini mampu mengatur kecerahan ini walaupun rekaman yang diambil memiliki pencahayaan yang berubah-ubah tiap detik.

3) Fitur Pada Kamera CCTV Berikutnya Yaitu : Digital Noise Reduction (DNR)

Noise merupakan efek yang dihasilkan dari penggunaan sensor kamera dalam mengumpulkan cahaya berupa bintik-bintik dan kesan kasar pada hasil rekaman. DNR sendiri berfungsi mengurangi kesan bintik dan kasar ini, dengan cara menganalisa 2 gambar secara berurutan kemudian menghapus noise pada gambar terakhir.

Ada 2 tipe kemampuan DNR dalam menghasilkan rekaman tanpa noise, yaitu 2DNR dan 3DNR. 2DNR hanya menghapus noise pada objek yang bergerak, sedangkan 3DNR mengatasi kekurangkan dari 2DNR yaitu menghapus noise tidak hanya pada objek bergerak namun pada objek tidak bergerak.

Fitur pada kamera CCTV berikutnya adalah Automatic White Balance (AWB)

4) Automatic White Balance (AWB)

Fitur ini merupakan fungsi pada kemra CCTV yang berfungi menghasilkan gambar yang jelas dan berkualitas meskipun dalam kondisi minim cahaya atau maksimal cahaya. Kamera CCTV yang memiliki fitur ini secara otomatis akan mengenali suhu dan temperatur cahaya dari wilayah yang diawasinya.

Lampu bohlam yang berwarna kuning memiliki suhu yang berbeda dengan lampu neon yang berwarna biru. Fitur AWB ini menerjemahkan warna cahaya kemudian menghasilkan rekaman yang mudah untuk dilihat.

5) Infrared Cutfilter Removal (ICR)

Fitur ICR memiliki fungsi menyaring penyerapan panas yang dihasilkan oleh gelombang cahaya infrared. Penyerapan gelombang cahaya ini bertujuan untuk memberikan warna yang tepat sesuai objek pada hasil rekaman kamera CCTV. Namun fitur ini hanya berfungsi ketika situasi di sekitarnya dalam kondisi cukup caha.

Pada siang hari fitur ICR ini akan aktif dan memberikan warna pada hasil rekaman lebih terang dan natural. Sedangkan pada malam hari yang minim cahaya, fitur ICR ini tidak bekerja sehingga fitur mode hitam putih yang akan dihasilkan, meskipun begitu kualitasnya tetap lebih tinggi sehingga jelas saat dilihat.

6) Sense Up

Sense up biasa juga disebut dengan shutter speed, merupakan penutup sensor pada kamera. Saat merekam gambar, shutter ini akan terbuka selama beberapa waktu sehingga sensor kamera dapat merekam cahaya yang masuk ke lensa kamera. Sense up ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan masuknya cahaya ke dalam kamera, sehingga rekaman yang dihasilkan memiliki sensitivitas tinggi meskipun dalam kondisi minim cahaya.

7) Up The Coax (UTC)

UTC atau kepanjangan dari Up The Coax merupakan teknologi yang baru diterapkan pada kamera CCTV analog. UTC memungkinkan pengguna untuk mengatur OSD (On Screen Display) kamera dari jarak jauh menggunakan UTC sirkuit terpadu. Fitur UTC ini sudah tertanam pada kabel koaksikal, sehingga apabila ingin menggunakan fitur ini, sinyal akan langsung mengirim melalui kabel koaksikal.

8) Fitur Pada Kamera CCTV Berikutnya Adalah : On Screen Display (OSD)

OSD atau kepanjangan dari on screen display merupakan fitur pada kamera CCTV yang digunakan untuk mengetahui parameter yang digunakan dalam menangkap gambar rekaman suatu kamera CCTV. OSD ini biasanya digunakan dalam melakukan penyesuaian setiap menu pada pengaturan kamera, dan diletakkan pada kabel kamera.

9) Charge Couple Device (CCD) & Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) Adalah Fitur Pada Kamera CCTV Yang Dikembangkan Sejak Tahun 2008

CCD dan CMOS merupakan dua fitur sensor penangkap cahaya pada kamera CCTV. Dua fitur ini tentu memiliki kelebihan masing-masing. CMOS memiliki ukuran yang lebih kecil serta harga yang murah dibandingkan CCD, sedangkan CCD merupakan fitur yang mempunyai sensitivitas terhadap cahaya paling tinggi dibanding CMOS. Fitur CCD menghasilkan filter noise yang rendah sehingga gambar yang dihasilkan lebih halus dan tidak berbintik-bintik.

Fitur pada kamera CCTV dalam artikel ini cukup panjang dan memiliki substansi yang cukup luas, dengan harapan bisa menjabarkan produk kamera CCTV dengan topik yang mudah untuk anda simak. Dalam praktik terbaik ketika anda sudah mengetahui fitur ini tentunya anda dapat melakukan pemasangan CCTV secara mandiri atau dapat berkonsultasi melalui jasa pemasangan CCTV terpercaya dikota anda

Sementara fitur CMOS memiliki tingkat sensitivitas terhadap cahaya lebih rendah sehingga masih ada noise pada gambar. Hal ini dikarenakan CMOS memakan daya yang lebih rendah dibandingkan CCD. Fitur sensor CCD mengkonsumsi daya 100x lipat dibandingkan CMOS, jadi walaupun kualitas gambar yang dihasilkan bagus, namun ini mempengaruhi daya tahan kamera CCTV.

Sensor CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) memiliki performa yang baik untuk menjalankan tugas berat seperti mengubah analog-digital dan dilengkapi fitur noise reduction yang akan memberikan kecepatan dalam pengambilan beberapa gambar secara langsung (mode continous). Sedangkan CCD (Charge Couple Device) didesain dengan spesialisasi meminimalisir distorsi, sehingga akan menghasilkan gambar yang lebih berkualitas dengan sensitivitas cahaya yang tinggi.

10) Television Lines (TL)

TL biasa disebut dengan horizontal resolution, merupakan kerapatan garis vertikal pada CCTV yang berguna untuk menampilkan gambar hasil rekaman pada layar. Semakin besar TVL/TL, garis vertikal akan makin sempit dan rapat. Resolusi TVL dari CCTV akan muncul apabila CCTV langsung terhubung ke monitor atau layar.

TVL merupakan jumlah maksimal garis gelap dan garis terang vertical yang dihitung secara horizontal yang jaraknya sama dengan tinggi layarnya. Dibawah ini merupakan TVL resolusi yang umumnya terdapat pada kamera CCTV, yaitu:

  • < 350 atau 320 – 350TVL = kamera dengan resolusi rendah
  • 350 – 420 atau 350 – 450TVL = kamera dengan resolusi menengah
  • 450 – 520 atau 450 – 540TVL = kamera dengan resolusi tinggi

11) Varifocal Merupakan Fitur Pada Kamera CCTV Yang Banyak Diulas Di Forum Terkemuka

Varifocal adalah lensa yang mengatur besar kecil suatu objek. Fitur pada kamera CCTV ini sangat berguna dalam memperbesar objek yang kurang jelas dan jauh, menjadi seolah-olah dekat dan lebih jelas. Fitur ini juga memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengatur batas minimum dan maksimul fokus lensa. Misalnya, kamera mempunyai lensa varifocal 6mm-12mm, maka artinya lensa dapat diatur fokusnya mulai dari 6mm hingga 12mm.

Kamera dengan lensa varifocal ini dapat digunakan pada kamera CCTV indoor maupun outdoor. Namun kamera dengan lensa varifocal lebih mumpuni jika diletakkan di luar ruangan karena memiliki ruang pantau yang cukup luas dan jauh dibandingkan di dalam ruangan. Jenis lensaini memiliki panjang fokus yang dapat divariasi untuk memberikan gambar tepat sesuai yang diinginkan. Tipe lensa ini mirip dengan lensa zoom manual, namun lensa varifocal tidak bisa melakukan zoom tracking.

12) Focal Length

Focal length merupakan jarak fokus pada pusat potik lensa dengan gambar yang terekam pada sensor kamera. Jarak fokus ini dinyatakan dalam satuan milimeter dan diberi lambang f. Focal length ini juga berfungsi menentukan seberapa lebar sudut pandang lensa kamera CCTV. Semakin pendek, maka jangkauan lensa kamera akan semakin lebar dan menghasilkan ruang lingkup yang luang.

Sedangkan semakin pendek focal length, maka semakin sempit ruang lingkup lensa kamera dalam merekam gambar. Lensa dengan focal length yang pendek biasanya disebut dengan lensa wide angle, sedangkan lensa dengan focal length yang panjang biasanya disebut sebagai lensa tele.

13) IR Distance

IR Distance atau disebut infrared distance merupakan singkatan untuk mengukur jarak jangkauan inframerah pada kamera CCTV. IR Distance ini berfungsi menangkap gambar pada lingkungan minim cahaya tempat CCTV merekam, bahkan pada lingkungan tanpa cahaya sama sekali. IR Distance ini sangat penting untuk menentukan sampai sejauh mana kamera CCTV dapat menangkap objek pada malam hari.

14) Index Protection Rating

Index Protection Rating atau lebih dikenal dengan IP Rating merupakan kode internasional yang digunakan untuk menilai ketahan kamera terhadap benda-benda di luar seperti debu, air dan lain sebagainya. IP Rating pada kamera biasanya terdiri dari dua angka, dimana angka pertama mewakili benda padat yang bersentuhan dengan kamera, sedangkan angka kedua digunakan untuk mewakili benda cair yang ada di kamera.

Semakin besar angka IP Rating yang terdapat pada suatu kamera CCTV, maka semakin kuat pertahan kamera CCTV tersebut terhadap benda asing yang ada di sekitarnya.

15) Image Sensor

Image sensor merupakan alat pada kamera CCTV yang digunakan untuk menangkap gambar yang terekam menjadi signal. Fungsi alat ini sama seperti fungsi retina pada mata, yang dapat menangkap bayangan benda dan meneruskannya ke otak. Pada sensor kamera atau sensor penangkap gambar, terdapat elemen gambar atau yang disebut dengan pixel.

Sensor akan mengubah cahaya yang diterima menjadi elektron. Semakin kuat cahaya, semakin banyak elektron yang terbentuk. Elektron akan diubah menjadi tegangan dan diubah ke angka.

Kesimpulan Tentang Fitur Pada Kamera CCTV

Demikianlah istilah-istilah mengenai CCTV yang mungkin perlu Anda ketahui. Sebagai teknologi kamera yang dirancang untuk mengawasi lingkungan, CCTV dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi yang mumpuni supaya rekaman yang dihasilkan lebih maksimal sehingga mempermudah Anda sebagai penggunanya.

Fitur pada kamera CCTV di atas juga terdapat pada kamera kebanyakan, sehingga Anda mungkin sedikit tidak asing. Jika Anda ingin memasang CCTV, Anda bisa mempercayakan pemasangan CCTV Anda kepada agen jasa pemasangan CCTV yang terpercaya.

Sumber artikel : https://cctv.purnamedia.co.id/journal/berbagai-jenis-cctv/

Baca juga artikel kami tentang: Raja Judi Asal Medan Menjadi Juara Poker Dunia

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Hobby

5 Cara Mengedit Video di Laptop Dengan Cepat

Published

on

cara mengedit video di laptop

Media selalu berevolusi dan datang dalam berbagai bentuk. Jika dulunya yang trending adalah foto, maka sekarang ada yang baru yaitu video. Pasti teman teman sudah tidak asing lagi dengan media berbentuk video. Akan tetapi hanya sedikit orang yang pandai mengetahui cara mengedit video di laptop.

Kemampuan untuk mengedit video di laptop sangat dibutuhkan. Terutama dalam dunia bisnis dan konten marketing, ada banyak sekali konten seputar video. Ternyata mengedit video ini tidak susah kok. Mungkin akan sulit bagi anda yang masih belum terlalu pernah terjun ke dunia edit atau videografi. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Mengunduh Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop

Aplikasi untuk edit video diperlukan sebelum bisa mengedit video. Salah satu rekomendasi terbaik kami adalah mengedit video melalui aplikasi Premiere Pro. Kami akan membahas tuntas semuanya mengenai cara mengedit di laptop dengan menggunakan premiere pro.

Mengunduh aplikasi ini bisa dilakukan secara resmi dan non resmi. Cara resminya saja mudah, karena anda bisa langsung mengunjungi situs resmi dari adobe premiere pro. Tetapi ini akan mengharuskan anda untuk membayar aplikasi supaya bisa digunakan.

Cara alternatifnya adalah dengan membajak aplikasi premiere pro. Anda bisa mendownload uTorrent kemudian download juga torrent dari website online. Dapatkan aplikasi premiere pro anda secara gratis menggunakan cara ini. Sehingga mengedit video di laptop pun tidak perlu berbayar. Download dan install aplikasi secara cepat.

Mengenal Fitur dan Tombol Premiere Pro

Fitur di premiere pro dimulai dengan memahami beberapa tombol. Anda bisa melihat setiap tombol dengan mengarahkan kursor diatas tombol. Tetapi jangan ditekan ya, soalnya informasi akan segera muncul. Pahami setiap tombol yang ada di premiere pro. Berikut adalah semua tombol yang penting untuk diketahui untuk mengenal cara mengedit video di laptop:

  • Cut
  • Loop
  • Multicam Button
  • Default Cursor
  • Insert
  • Toggle Proxies

Cara Mengedit Video di Laptop:

Sekarang adalah saatnya kita membahas tata cara mengedit video di laptop. Anda sudah selesai merekam dan mendapatkan file mentahnya. Pindahkan file mp4 atau file video serupa ke dalam perangkat anda. Ini akan mempermudah proses pengeditan dan juga untuk menghindari file untuk korup.

1. Import File ke Dalam Aplikasi Editing

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi untuk mengedit video yang lainnya. Jika anda menggunakan aplikasi seperti Movie Editor, Filmora, Final Cut Pro, dan lain lain pun akan tetap sama. Import file ke dalam aplikasi supaya anda bisa memindahkan.

2. Menyusun File dan Mengatur File MP4

File yang di import harus disusun dengan rapi. Penyusunan file mengambil beberapa menit saja kok. Sedikit penyusunan di awal akan menghemat waktu yang banyak nantinya. Kumpulkan konten sesuai dengan bagian atau adegan. Anda bisa memasukkan beberapa jumlah file ke dalam satu folder. Sehingga file bisa dengan mudah dicari apabile dibutuhkan nantinya.

3. Menaruh File Video Pada Sequence

Bagian terpenting pada pengeditan video adalah memasukkan video ke dalam sequence. Sequence adalah istilah yang digunakan sebagai stasiun kerja utama. Di dalam sequence, anda bisa mengubah urutan, memasukkan audio baru, dan lain lainnya.

Sequence terletak dibawah tampilan utama video. Dibagian ini, anda dapat mengedit dan menyusun video sesuai dengan urutan yang diinginkan. Pasti anda sudah sering melihat adegan adegan di dalam film bukan? Semuanya juga diedit menggunakan sequence tertentu.

Susun video mentah anda sesuai dengan urutan yang anda inginkan. Sambil mengedit, gunakan efek untuk menarik perhatian para penonton. Jika suka menonton film, maka anda sudah tidak asing lagi dengan efek atau transisi. Transisi ini hanya membutuhkan satu tekanan tombol saja kok. Pilih transisi yang sesuai dengan apa yang anda cari. Contohnya adalah seperti transisi, fade, cross slide, dan lain lain. Transisi dijamin akan membuat video anda jauh lebih keren lagi.

Ada banyak lagi hal lain yang bisa anda lakukan di sequence. Kami akan menyebutkan beberapa hal tersebut berikut ini:

Menambah Musik di Sequence

Setiap video akan jauh lebih menarik apabila ada sedikit musik. Kalau soal musik sih anda tinggal perlu menarik audio yang diinginkan dan tempelkan ke dalam sequence. Potong bagian bagian yang tidak diinginkan kemudian atur juga volume.

Menambah Efek di Sequence

Penambahan efek bisa dilakukan melalui sebuah panel effects. Beberapa efek yang mungkin anda inginkan adalah seperti filter zaman dahulu. Cari saja apa pun efek yang anda butuhkan. Bila perlu, cari efek di internet dan download template tambahan.

Tarik efek tersebut ke video yang anda inginkan. Tekan tombol preview supaya bisa melihat hasil efek kembali. Jika tidak sesuai, maka anda bisa mengatur kembali konsentrasi dari efek yang ingin digunakan.

Memasukkan Teks ke Dalam Video

Teks adalah bagian terakhir yang dimasukkan ke sebuah video. Ada dua jenis teks yang biasanya digunakan oleh para editor. Jenis teks yang pertama adalah subtitle. Teks ini diletakkan dibagian bawah oleh setiap adegan. Tujuannya adalah untuk memperjelas setiap adegan supaya bisa dimengerti ketika tidak terdengar dengan jelas.

Kesimpulan

Berikut adalah panduan lengkap dan singkat mengenai cara mengedit video di laptop. Aplikasi utama yang kami gunakan di tutorial hari ini memanglah Adobe Premiere Pro. Namun ada banyak jenis aplikasi lain yang dapat anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti filmora, final cut pro, dan movie editor.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan hasil editan video terbaik. Semoga anda dapat terbantu dan mulai mengedit video anda sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Continue Reading

Internet

Jenis-jenis Website di Dunia, Sangat Beragam!

Published

on

Apa itu Web Resource - sejarah dan perkembangannya

Situs website merupakan suatu kumpulan satu atau lebih halaman yang saling berhubungan. Isi website disajikan sesuai dengan temanya. Secara harfiah isi website biasanya konten multimedia dan berbagai informasi. Ternyata jenis-jenis website di dunia juga sangat beragam, dapat dibagi berdasarkan fungsi dan bentuknya.

Adapun cara mengidentifikasi website cukup praktis yakni melihat nama domain dan web server. Umumnya akses website dapat dilakukan siapa saja melalui jaringan IP publik. Misalnya  Internet, jaringan lokal (LAN), serta memanfaatkan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamatnya

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsi

50 Best Websites 2014 | Time.com
Alamat halaman website (time.com)

Dilihat dari fungsinya, ada jenis-jenis website dengan tujuan penggunaan lebih spesifik, antara lain:

1. Company Profile

Company profileadalah jenis website sederhana yang tidak berubah-ubah. Bagi suatu perusahaan, company profile dibutuhkan untuk menyajikan informasi bisnisnya. Meliputi informasi jasa, produk, visi dan misi, sampai halaman kontak.

Pada company profile mengutamakan konten yang padat dan jelas. Disamping itu, lebih fokus terhadap desain website agar terlihat profesional dan terstruktur.

2. E-Commerce

E-Commerce merupakan website yang pada dasarnya digunakan untuk kegiatan jual beli produk dan jasa melalui internet. Fitur e-commerce lebih praktis bagi pemilik bisnis dan pembeli karena secara keseluruhan menggantikan fungsi toko konvensional. Contohnya fitur produk, cara pemesanan, transaksi pembayaran online, dan testimoni pelanggan.

3. Archive

Archive adalah website yang berfungsi untuk melestarikan dan menyimpan konten elektronik. Jadi, konten yang tersimpan dalam Archieve tidak akan hilang meskipun telah disimpan bertahun-tahun.

Misalnya berdasarkan laporan dari Google Groups pada tahun 2005, Google telah mengarsip sekitar 845 juta pesan. Dimana pesan-pesan tersebut merupakan topik pembahasan dalam grup diskusi online.

4. Government

Kini setiap instansi pemerintahan memiliki website masing-masing. Website resmi pemerintah mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah lokal, dan departemen-departemen. Website yang dirilis pemerintah bertujuan untuk memberikan informasi daerah tersebut dan peraturan-peraturan. Salah satu contoh website pemerintahan yakni milik Pemprov DKI Jakarta yaitu Jakarta.go.id.

5. Blog

Biasanya blog dibuat dari platform blogger yang berfungsi sebagai wadah untuk mengekspresian ide. Pembuatan blog dapat dilakukan semua orang karena mudah dan gratis. Dalam blog juga dapat mengupload konten tulisan, foto, dan video.

Blogger dapat dijadikan profesi yang disinyalir mendatangkan pundi-pundi uang. Adapun platform pembuatan blog paling populer, antara lain wordpress.com milik WordPress Foundation dan blogger.com milik Google.

6. Community

Banyak yang belum memahami website community. Tahukan Anda maksud dari situs komunitas atau community sites yakni adalah tempat berkumpul orang-orang yang bersosialisasi dan akan membentuk komunitas. Melalui community site, pengguna lebih leluasa bertukar informasi dan membentuk grup-grup yang dinamakan forum.

7. Dating

Dating website disebut-sebut sebagai situs paling dicari di dunia. Dating website adalah tempat khusus untuk mencari pasangan dan teman kencan. Bahkan, melalui dating website seseorang dapat mencari pasangan dari negara lain sesuai dengan kriterianya.

Tingginya minat masyarakat terhadap website dating membuat sebagian besar website tersebut berbayar. Biasanya website dating memuat informasi dan menampilkan foto pribadi.

8. Personal

Personal website biasanya dimiliki oleh individu maupun kelompok kecil yang ternama atau ingin memperkenalkan diri. Isi personal website dapat menjadi branding individu yang memiliki website. Contoh personal website dari Presiden AS Barack Obama yakni barackobama.com. Ada pula selebritis dan penulis yang membuat personal website sendiri yaitu michellebuteau.com milik Michelle Buteau.

9. News Portal

News Portal adalah website khusus untuk menyajikan berita terkini. Mulai dari peristiwa, berita politik, ekonomi, sosial, opini, dan lainnya. Di Indonesia news portal cukup menjamur, beberapa yang populer seperti liputan6.com, detik.com, viva.co.id dan lainnya.

10. Entertainment

Website entertaiment diciptakan dengan tujuan menghibur pengguna internet. Isi website entertaiment berupa tangga lagu, sinopsis film, video kreatif, dan lainnya. Website entertainment dapat berupa website game online, website perfilman, hingga website promosi. Salah satu contohnya adalah kapanlagi.com.

11. Educational

Website pendidikan merupakan sebuah sarana personalisasi yang menghubungkan komunitas pendidikan. Baik itu tenagan pengajar dan murid hingga mahasiswa. Melalui website pendidikan dapat berkomunikasi, membagikan materi, dan informasi dunia pendidikan.

12. Gallery

Website yang berbentuk gallery merupakan website yang dirancang khusus untuk dijadikan sebagai galeri. Unggahan dalam website gallery dapat berupa foto dan video. Beberapa website gallery diluncurkan untuk pameran seni, pameran fotografi, dan non komersial.

13. Search Engine

Search engine merupakan website yang diciptakan untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa search engine mungkin mencari topik di internet akan lebih sulit. Contoh search engine antara lain Yahoo Search, Bing, Google, dan DuckDuck Go.

Search engine adalah website yang mengumpulkan daftar website lain dalam bentuk database. Untuk menemukan website yang Anda cari cukup dengan mengetikkan kata kunci.

14. Social Media

Website sosial media kini sedang booming diseluruh belahan dunia. Perkembangannya juga cepat karena banyak masyarakat ingin membagikan konten teks, gambar, video, dan audio. Deretan website sosial media yang terkenal sekarang yakni Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube.

15. Social News

Website berita sosial berfungsi untuk menampilkan postingan dari para penggunanya. Apabila postingan dari pengguna tersebut banyak ditanggapi oleh pengguna lain atau booming maka akan memperoleh peringkat.

Selain itu, dalam setiap postingan semua orang dapat berkomentar langsung. Intinya social news hadir untuk menghubungkan banyak informasi dari pengguna internet. Contohnya Quora, Digg, Reddit, dan SlashDot.

16. Social Bookmarking

Social bookmarking merupakan website yang dibuat agar para penggunanya dapat berbagi konten. Hampir sama dengan social news, bedanya pengguna social bookmarking membagikan konten e-book dan dapat didownload. Misalnya website Digg, StumbleUpon, dan Total Knowledge.

Jenis Website Berdasarkan Bentuk

international seo Articles from Volacci Digital Marketing
Website jendela dunia (volacci.com)

Ketika hendak membuat website biasanya web designer akan bertanya tentang tujuan website. Apakah untuk company profile, blog pribadi, toko online, atau portal berita. Hal ini ditanyakan agar mendesain website berbentuk statis atau website dinamis. Simak penjelasan jenis-jenis website ditinjau dari bentuknya berikut ini.

1. Website Dinamis

Website dinamis merupakan sebuah situs yang selalu mengupdate konten. Topik konten biasanya ditentukan dari interaksi pengunjung dan hal-hal terhangat. Website dinamis dapat berbentuk portal berita online.

Setiap waktu website dinamis akan melakukan perubahan-perubahan. Salah satunya perubahannya dengan teknik client-side scripting yakni bahasa pemrograman web (DHTML, Javascript, dan ActionScript).

Website dinamis dinilai menawarkan fleksibilitas lebih banyak. Sementara, konten-konten yang diunggah dalam website dinamis harus dioptimasi agar mudah dicari melalui search engine.

2. Website Statis

Website statis biasanya tidak pernah mengalami perubahan konten website. Halaman website tersebut baru berubah apabila pengelola mengubah konten secara manual. Cara mengubahnya menggunakan program desain website Adobe Dreamweaver dan bantuan program text editor. Setiap informasi atau konten dalam website statis diatur menggunakan bahasa markup, misalnya HTML. Oleh karena itu, ketika hendak merubah unsur-unsur kecil dari website ini hanya dilakukan oleh web programmer dan web designer. Namun, website statis memiliki halaman lebih sederhana, aman dari hacker, dan ramah search engine.

Continue Reading

Tehnologi

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Published

on

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Keberadaan smartphone menjadi salah satu hal yang penting. Salah satu brand yang cukup terkenal adalah Samsung. Smartphone keluaran Samsung ini menjadi produk unggulan di kelasnya. Dengan teknologi yang mumpuni, perusahaan ini mampu menghadirkan berbagai teknologi yang apik. 

Salah satunya adalah memberikan keamanan yang baik dalam melindungi ponsel. Lalu, bagaimana cara membuka Samsung yang terkunci karena lupa dengan password? Ada beberapa trik di dalamnya.

Smartphone yang di pakai sehari-hari tentu saja memuat banyak informasi atau hal-hal penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Rata-rata handphone juga menjadi wadah untuk menaruh rahasia pribadi yang mana tidak boleh orang lain tahu.

Pembahasan berita teknologi telekomunikasi saat ini, berupa Namun hal ini akan menjadi masalah jika lupa pola atau pin untuk membuka layar. Berbagai cara tentu di lakukan untuk membuka HP Samsung yang terkunci ini. Dan tentu saja banyak orang yang akan merasa panic. 

Dalam menghadapi situasi seperti ini, tidak perlu merasa panik karena ad acara untuk membuka Samsung yang terkunci dari password. Dengan ini, maka masalah bisa teratasi dengan baik bukan? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Menggunakan Fitur “Forgot Password”

Cara pertama yang paling mudah digunakan untuk membuka pin HP Samsung yang terkunci adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Fitur ini adalah “Forgot Password”. Bagaimana caranya dan apakah ampuh dalam membuka kunci dari smartphone Samsung yang terkunci?

Mula-mula, cobalah untuk memasukan kode pengaman pada ponsel. Kode pengaman sandi ini baik berupa “Pola” atau “PIN” secara acak. Pada layar akan muncul tulisan ‘Password Salah’, lakukanlah hingga beberapa kali hingga muncul opsi “Forgot Password/Pattern“.

Setelah itu, pengguna bisa memilih opsi tersebut, pilih “Lupa Password / Forgot Password”. Kemudian, akan muncul kolom “Sign In” dan lakukan sign in dengan menggunakan account gmail yang ada di handphone tersebut.

Cara selanjutnya adalah masukan “Username” dan “Password” gmail yang ada di dalam ponsel Samsung tersebut, hal ini menjadi penting untuk membuka Samsung yang terkunci sehingga ingatlah dengan baik akun yang ada di dalamnya.

Terakhir, pilihlah opsi “Sign In” atau “Login” dan tunggu prosesnya hingga selesai. Mudah sekali bukan? Meski caranya mudah dan sederhana, tetapi tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Sehingga, bagi ponsel yang tidak memiliki fitur ini bisa menambahkan beberapa tools yang tersedia.

Menggunakan Fitur Samsung Find My Mobile

Selain menggunakan cara bawaan dari ponsel, cara selanjutnya untuk membuka kunci Samsung yang lupa password adalah dengan find my mobile. Cara yang satu ini akan membantu untuk membuka pin hp Samsung yang terkunci. 

Sayangnya cara ini tidak tersedia di semua device Samsung. Biasanya fitur ini ditemukan di serie Samsung paling terbaru. Bagaimana caranya?

Samsung Find My Device sendiri merupakan situs dan aplikasi resmi yang dikeluarkan Samsung untuk membantu penggunanya. Cara ini juga sangat mudah dan yang terpenting adalah keamanannya lho. Bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, bukalah situs Find My Mobile di Browser, kemudian nantinya di sana akan muncul kolom untuk login atau Sign In dengan akun Samsung yang dimiliki. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan bahwa sudah memiliki akun di find my mobile.

Sehingga, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa kunci atau ponsel hilang, maka buatlah akun ini jauh-jauh hari sebelumnya.

Kembali pada cara membuka kunci dengan fitur ini, kemudian setelah berhasil login ke akun Samsung, klik tombol “Lock my screen” di panel sebelah kiri. Nah dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol “Lock”.

Dalam beberapa menit, akan muncul form untuk mengubah sandi pin lockscreen sobat menjadi sandi pin yang baru. Tunggulah beberapa saat dan jika sudah segera coba gunakan pin yang sudah Anda perbarui di handphone sobat yang terkunci.

Itu adalah salah satu cara untuk membuka kunci layar handphone Samsung yang terkunci. Mudah bukan?

Menggunakan Android Find My Device

Selain menggunakan Find My Device, cara membuka Samsung yang terkunci bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa kalian unduh melalui play store secara gratis. Pada dasarnya, aplikasi Android Find My Device sendiri adalah aplikasi dan web resmi besutan Google. 

Sehingga berbagai merk HP Android bisa menggunakan cara ini, bukan hanya ponsel Samsung saja, di sini pengguna bisa menggunakan browser di Laptop atau PC atau juga bisa meminjam handphone lain untuk membuka aplikasi atau web Google Find My Device.

Langkah pertama adalah pengguna harus masuk ke laman Android Find My Device atau jika melalui handphone bisa unduh secara gratis di google play store.

Jika sudah selesai di unduh, maka buka aplikasi ini. Jika sudah masuk, nantinya pengguna akan di minta login terlebih dahulu dengan akun google yang terdapat pada handphone yang terkunci.

Setelah itu, akan ada tiga pilihan yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu pilihlah opsi Kunci atau Lock. Kemudian, lakukan refresh dengan pada browser atau aplikasi beberapa kali jika perangkat ini masih belum di temukan.

Setelah itu, klik tombol Kunci atau Lock, nantinya akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang dilupakan. Ketik password baru, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit, dan sekarang sudah bisa membuka handphone yang terkunci dengan password baru.

Baca juga: 6 Toko Online di Indonesia yang Menerima Pembayaran Melalui Paypal

Cara Lain Membuka Kunci

Selain ketiga cara di atas, ada cara lain yang bisa di pakai jika ketiga cara di atas tidak berhasil juga. Di sini ada  cara paling jitu namun memiliki risiko yang tinggi yaitu hilangnya data utama di handphone. 

Cara ini adalah dengan menggunakan fitur factory reset. Perlu diperhatikan bahwa opsi ini menjadi menjadi opsi terakhir karena nantinya cara ini akan menghapus seluruh data di dalam ponsel. Selain itu, lebih baik SD Card dilepas dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidaki diinginkan.

Saran lain adalah sebelum melakukan factory reset adalah untuk membackup semua data yang ada di hp yang kalian miliki. Cara ini menjadi cara terakhir untuk membuka Samsung yang terkunci.

Berikut caranya untuk melakukan factory reset:

Pertama, pastikan untuk mematikan dahulu handphone yang terkunci. Kemudian tekan “Tombol Power + Volume Up + Home” secara bersamaan, tahan sampai beberapa detik hingga muncul menu “Menu Recovery Mode“.

Beberapa handphone memiliki cara menekan tombol yang berbeda untuk masuk ke recovery mode, tapi cara menekan di atas adalah cara mayoritas atau kebanyakan handphone. Namun jika cara menekan tombol di atas tidak bekerja pada handphone, bisa browsing di google untuk mengetahuinya.

Jika sudah masuk ke Recovery Mode, kemudian gunakan tombol “Volume UP dan Down” untuk memilih opsi “Wipe Data / Factory Reset“. Setelah itu tekan “Tombol Home” atau “power” untuk melanjutkan atau memulai prosesnya.

Biasanya, ketika ponsel sedang dalam mode recovery mode, layar sentuh tidak bisa berfungsi. Oleh karena itu, gunakan tombol volume untuk memilih dan tombol power untuk “okay”.

Langkah selanjutnya silahkan pilih opsi “Reboot” dan tekan “Tombol Home” atau “power“. Setelah itu, pengguna harus menunggu handphone proses booting, setelah itu ponsel akan masuk ke home dan handphone sobat kosong seperti saat pertama membelinya

Berbagai cara di atas adalah sebuah cara untuk membuka Samsung yang terkunci karena lupa password. Maka, ingatlah baik-baik password yang ada agar tidak perlu bersusah payah membukanya karena lupa. Semoga bermanfaat!

Continue Reading

Trending