15 Fitur pada kamera CCTV

Apa saja Fitur pada kamera CCTV yang tidak banyak orang tau?. Kamera CCTV merupakan teknologi kamera yang berfungsi mengawasi wilayah sekitar jangkauannya, dengan berbagai fitur/kelebihan-kelebihan yang semakin lama semakin canggih dan memudahkan penggunanya.

Selain canggih, fitur-fitur tersebut juga user-friendly, sangat mudah untuk dioperasikan. Tidak hanya mengenai jenis-jenis kamera CCTV, Anda bisa mempelajari tentang produk ini lebih dalam. Tidak ada salahnya untuk mengetahui sedikit tentang penjelasan yang kami uraikan ini agar nantinya Anda sudah terbekali pengetahuan secara luas mengenai produk ini.

15 Fitur Pada Kamera CCTV.

Untuk Anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai Fitur pada kamera CCTV, tentunya Anda akan menjumpai banyak istilah-istilah mengenai produk ini yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

  • Wide Dynamic Range (WDC)
  • Automatic Gain Control (AGC)
  • Digital Noise Reduction (DNR)
  • Automatic White Balance (AWB)
  • Infrared Cutfilter Removal (ICR)
  • Sense Up
  • Up The Coax (UTC)
  • On Screen Display (OSD)
  • Charge Couple Device (CCD) & Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS)
  • Television Lines (TL)
  • Varifocal
  • Focal Length
  • IR Distance
  • Index Protection Rating
  • Image Sensor

Simak ulasan lengkapnya berikut ini, 15 Fitur pada kamera CCTV. Sebelum lebih lanjut baca juga Harga Paket 4 kamera CCTV.

1) Wide Dynamic Range (WDC)

Teknologi WDR ini berfungsi menyeimbangkan gelap-terang pada hasil rekaman supaya mendapatkan hasil yang enak dipandang. Sebagai contoh, semisal perekaman terjadi saat mendapat cahaya yang sangat maksimal atau minimal, maka teknologi WDR ini bertugas menyeimbangkannya supaya hasil yang didapat jelas.

Contoh lainnya yang lebih mudah adalah apabila kamera menghadap jendela pada siang hari, maka cahaya yang didapat terlalu terang sehingga objek yang direkam pun akan menjadi gelap. Disinilah teknologi WDR beraksi, yaitu membuat bagian terang dan gelap bekerja seimbang untuk mendapatkan hasil yang bisa dengan jelas dilihat mata.

Adalagi DWDR (Digital Wide Dynamic Range) yang merupakan versi lain dari WDR yang mengubah gambar silau maupun bayangan hitam secara otomatis memiliki tingkat kecerahan yang pas.

2) Automatic Gain Control (AGC)

Teknologi ini dapat meningkatkan sinyal pada kamera CCTV apabila dalam kondisi minim cahaya. Sinyal ini berfungsi mengatur kualitas gambar secara otomatis supaya mendapatkan hasil rekaman yang terang sehingga tetap jelas saat dilihat hasil rekamannya nanti. Anda dapat melihat objek pada rekaman dengan pencahayaan dan warna yang pas. Bahkan teknologi ini mampu mengatur kecerahan ini walaupun rekaman yang diambil memiliki pencahayaan yang berubah-ubah tiap detik.

3) Fitur Pada Kamera CCTV Berikutnya Yaitu : Digital Noise Reduction (DNR)

Noise merupakan efek yang dihasilkan dari penggunaan sensor kamera dalam mengumpulkan cahaya berupa bintik-bintik dan kesan kasar pada hasil rekaman. DNR sendiri berfungsi mengurangi kesan bintik dan kasar ini, dengan cara menganalisa 2 gambar secara berurutan kemudian menghapus noise pada gambar terakhir.

Ada 2 tipe kemampuan DNR dalam menghasilkan rekaman tanpa noise, yaitu 2DNR dan 3DNR. 2DNR hanya menghapus noise pada objek yang bergerak, sedangkan 3DNR mengatasi kekurangkan dari 2DNR yaitu menghapus noise tidak hanya pada objek bergerak namun pada objek tidak bergerak.

Fitur pada kamera CCTV berikutnya adalah Automatic White Balance (AWB)

4) Automatic White Balance (AWB)

Fitur ini merupakan fungsi pada kemra CCTV yang berfungi menghasilkan gambar yang jelas dan berkualitas meskipun dalam kondisi minim cahaya atau maksimal cahaya. Kamera CCTV yang memiliki fitur ini secara otomatis akan mengenali suhu dan temperatur cahaya dari wilayah yang diawasinya.

Lampu bohlam yang berwarna kuning memiliki suhu yang berbeda dengan lampu neon yang berwarna biru. Fitur AWB ini menerjemahkan warna cahaya kemudian menghasilkan rekaman yang mudah untuk dilihat.

5) Infrared Cutfilter Removal (ICR)

Fitur ICR memiliki fungsi menyaring penyerapan panas yang dihasilkan oleh gelombang cahaya infrared. Penyerapan gelombang cahaya ini bertujuan untuk memberikan warna yang tepat sesuai objek pada hasil rekaman kamera CCTV. Namun fitur ini hanya berfungsi ketika situasi di sekitarnya dalam kondisi cukup caha.

Pada siang hari fitur ICR ini akan aktif dan memberikan warna pada hasil rekaman lebih terang dan natural. Sedangkan pada malam hari yang minim cahaya, fitur ICR ini tidak bekerja sehingga fitur mode hitam putih yang akan dihasilkan, meskipun begitu kualitasnya tetap lebih tinggi sehingga jelas saat dilihat.

6) Sense Up

Sense up biasa juga disebut dengan shutter speed, merupakan penutup sensor pada kamera. Saat merekam gambar, shutter ini akan terbuka selama beberapa waktu sehingga sensor kamera dapat merekam cahaya yang masuk ke lensa kamera. Sense up ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan masuknya cahaya ke dalam kamera, sehingga rekaman yang dihasilkan memiliki sensitivitas tinggi meskipun dalam kondisi minim cahaya.

7) Up The Coax (UTC)

UTC atau kepanjangan dari Up The Coax merupakan teknologi yang baru diterapkan pada kamera CCTV analog. UTC memungkinkan pengguna untuk mengatur OSD (On Screen Display) kamera dari jarak jauh menggunakan UTC sirkuit terpadu. Fitur UTC ini sudah tertanam pada kabel koaksikal, sehingga apabila ingin menggunakan fitur ini, sinyal akan langsung mengirim melalui kabel koaksikal.

8) Fitur Pada Kamera CCTV Berikutnya Adalah : On Screen Display (OSD)

OSD atau kepanjangan dari on screen display merupakan fitur pada kamera CCTV yang digunakan untuk mengetahui parameter yang digunakan dalam menangkap gambar rekaman suatu kamera CCTV. OSD ini biasanya digunakan dalam melakukan penyesuaian setiap menu pada pengaturan kamera, dan diletakkan pada kabel kamera.

9) Charge Couple Device (CCD) & Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) Adalah Fitur Pada Kamera CCTV Yang Dikembangkan Sejak Tahun 2008

CCD dan CMOS merupakan dua fitur sensor penangkap cahaya pada kamera CCTV. Dua fitur ini tentu memiliki kelebihan masing-masing. CMOS memiliki ukuran yang lebih kecil serta harga yang murah dibandingkan CCD, sedangkan CCD merupakan fitur yang mempunyai sensitivitas terhadap cahaya paling tinggi dibanding CMOS. Fitur CCD menghasilkan filter noise yang rendah sehingga gambar yang dihasilkan lebih halus dan tidak berbintik-bintik.

Fitur pada kamera CCTV dalam artikel ini cukup panjang dan memiliki substansi yang cukup luas, dengan harapan bisa menjabarkan produk kamera CCTV dengan topik yang mudah untuk anda simak. Dalam praktik terbaik ketika anda sudah mengetahui fitur ini tentunya anda dapat melakukan pemasangan CCTV secara mandiri atau dapat berkonsultasi melalui jasa pemasangan CCTV terpercaya dikota anda

Sementara fitur CMOS memiliki tingkat sensitivitas terhadap cahaya lebih rendah sehingga masih ada noise pada gambar. Hal ini dikarenakan CMOS memakan daya yang lebih rendah dibandingkan CCD. Fitur sensor CCD mengkonsumsi daya 100x lipat dibandingkan CMOS, jadi walaupun kualitas gambar yang dihasilkan bagus, namun ini mempengaruhi daya tahan kamera CCTV.

Sensor CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) memiliki performa yang baik untuk menjalankan tugas berat seperti mengubah analog-digital dan dilengkapi fitur noise reduction yang akan memberikan kecepatan dalam pengambilan beberapa gambar secara langsung (mode continous). Sedangkan CCD (Charge Couple Device) didesain dengan spesialisasi meminimalisir distorsi, sehingga akan menghasilkan gambar yang lebih berkualitas dengan sensitivitas cahaya yang tinggi.

10) Television Lines (TL)

TL biasa disebut dengan horizontal resolution, merupakan kerapatan garis vertikal pada CCTV yang berguna untuk menampilkan gambar hasil rekaman pada layar. Semakin besar TVL/TL, garis vertikal akan makin sempit dan rapat. Resolusi TVL dari CCTV akan muncul apabila CCTV langsung terhubung ke monitor atau layar.

TVL merupakan jumlah maksimal garis gelap dan garis terang vertical yang dihitung secara horizontal yang jaraknya sama dengan tinggi layarnya. Dibawah ini merupakan TVL resolusi yang umumnya terdapat pada kamera CCTV, yaitu:

  • < 350 atau 320 – 350TVL = kamera dengan resolusi rendah
  • 350 – 420 atau 350 – 450TVL = kamera dengan resolusi menengah
  • 450 – 520 atau 450 – 540TVL = kamera dengan resolusi tinggi

11) Varifocal Merupakan Fitur Pada Kamera CCTV Yang Banyak Diulas Di Forum Terkemuka

Varifocal adalah lensa yang mengatur besar kecil suatu objek. Fitur pada kamera CCTV ini sangat berguna dalam memperbesar objek yang kurang jelas dan jauh, menjadi seolah-olah dekat dan lebih jelas. Fitur ini juga memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengatur batas minimum dan maksimul fokus lensa. Misalnya, kamera mempunyai lensa varifocal 6mm-12mm, maka artinya lensa dapat diatur fokusnya mulai dari 6mm hingga 12mm.

Kamera dengan lensa varifocal ini dapat digunakan pada kamera CCTV indoor maupun outdoor. Namun kamera dengan lensa varifocal lebih mumpuni jika diletakkan di luar ruangan karena memiliki ruang pantau yang cukup luas dan jauh dibandingkan di dalam ruangan. Jenis lensaini memiliki panjang fokus yang dapat divariasi untuk memberikan gambar tepat sesuai yang diinginkan. Tipe lensa ini mirip dengan lensa zoom manual, namun lensa varifocal tidak bisa melakukan zoom tracking.

12) Focal Length

Focal length merupakan jarak fokus pada pusat potik lensa dengan gambar yang terekam pada sensor kamera. Jarak fokus ini dinyatakan dalam satuan milimeter dan diberi lambang f. Focal length ini juga berfungsi menentukan seberapa lebar sudut pandang lensa kamera CCTV. Semakin pendek, maka jangkauan lensa kamera akan semakin lebar dan menghasilkan ruang lingkup yang luang.

Sedangkan semakin pendek focal length, maka semakin sempit ruang lingkup lensa kamera dalam merekam gambar. Lensa dengan focal length yang pendek biasanya disebut dengan lensa wide angle, sedangkan lensa dengan focal length yang panjang biasanya disebut sebagai lensa tele.

13) IR Distance

IR Distance atau disebut infrared distance merupakan singkatan untuk mengukur jarak jangkauan inframerah pada kamera CCTV. IR Distance ini berfungsi menangkap gambar pada lingkungan minim cahaya tempat CCTV merekam, bahkan pada lingkungan tanpa cahaya sama sekali. IR Distance ini sangat penting untuk menentukan sampai sejauh mana kamera CCTV dapat menangkap objek pada malam hari.

14) Index Protection Rating

Index Protection Rating atau lebih dikenal dengan IP Rating merupakan kode internasional yang digunakan untuk menilai ketahan kamera terhadap benda-benda di luar seperti debu, air dan lain sebagainya. IP Rating pada kamera biasanya terdiri dari dua angka, dimana angka pertama mewakili benda padat yang bersentuhan dengan kamera, sedangkan angka kedua digunakan untuk mewakili benda cair yang ada di kamera.

Semakin besar angka IP Rating yang terdapat pada suatu kamera CCTV, maka semakin kuat pertahan kamera CCTV tersebut terhadap benda asing yang ada di sekitarnya.

15) Image Sensor

Image sensor merupakan alat pada kamera CCTV yang digunakan untuk menangkap gambar yang terekam menjadi signal. Fungsi alat ini sama seperti fungsi retina pada mata, yang dapat menangkap bayangan benda dan meneruskannya ke otak. Pada sensor kamera atau sensor penangkap gambar, terdapat elemen gambar atau yang disebut dengan pixel.

Sensor akan mengubah cahaya yang diterima menjadi elektron. Semakin kuat cahaya, semakin banyak elektron yang terbentuk. Elektron akan diubah menjadi tegangan dan diubah ke angka.

Kesimpulan Tentang Fitur Pada Kamera CCTV

Demikianlah istilah-istilah mengenai CCTV yang mungkin perlu Anda ketahui. Sebagai teknologi kamera yang dirancang untuk mengawasi lingkungan, CCTV dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi yang mumpuni supaya rekaman yang dihasilkan lebih maksimal sehingga mempermudah Anda sebagai penggunanya.

Fitur pada kamera CCTV di atas juga terdapat pada kamera kebanyakan, sehingga Anda mungkin sedikit tidak asing. Jika Anda ingin memasang CCTV, Anda bisa mempercayakan pemasangan CCTV Anda kepada agen jasa pemasangan CCTV yang terpercaya.

Sumber artikel : https://cctv.purnamedia.co.id/journal/berbagai-jenis-cctv/

Baca juga artikel kami tentang: Raja Judi Asal Medan Menjadi Juara Poker Dunia