Connect with us

Kesehatan

TAHAPAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH

Published

on

Perkembangan sebuah kota dapat dilihat dan tandai dengan adanya perkembangan industri, sebagai pusat produksi dan perdagangan. Semakin besar sebuah kota, maka semakin beragam  pula industri yang terdapat di dalam area tersebut. Selain itu, permukimannya pun juga ikut berkembang mengikuti jumlah manusia yang ada di dalamnya. Kota terlihat menjadi lebih ramai dengan kegiatan  dan aktivitas penghuninya. Tahapan instalasi pengolahan air limbah pun menjadi salah satu hal yang harus diketahui. Karena dampak positif yang diberikan oleh instalasi pengolahan air, ini menjadi hal yang sangat penting di Indonesia.

Namun, di sisi lain hal sepeerti limbah air dapat menimbulkan dampak yang justru merugikan kehidupan atau kesehatan manusia itu sendiri. Tanggung jawab yang harusnya pihak industri emban belum sepenuhnya dilakukan. Kebanyakan industri kurang memperhatikan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi (limbah), atau semakin banyaknya permukiman yang tidak diimbangi dengan adanya fasilitas pengolahan limbahnya. Padahal limbah sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan itulah mengapa tahapan instalasi pengolahan air limbah sangat penting di Indonesia.

Instalasi Pengolahan Air di Indonesia

Semakin tingginya fasilitas dan penunjang hidup masyarakat, maka hal tersebut akan berbanding lurus dengan proses produksi barang yang akan mempengaruhi jumlah air limbah. Air limbah tentu akan menjadi hal yang krusial apabila tidak memasuki tahapan – tahapan yang sangat terperinci untuk diolah menjadi aman bagi lingkungan. Maka dari itulah kepedulian masyarakat harus mulai di tegakkan guna untuk kebaikan bersama.

Contohnya ialah ibu kota Indonesia yaitu Kota Jakarta, beberapa bulan lalu, Dinas Lingkungan Hidup Jakarta melakukan penelitian mengenai kualitas air sungai kecil di daerah DKI Jakarta. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa 15-20 sungai kecil di DKI Jakarta sudah tercemar parah. Air sungai yang sudah tercemar ini mengandung senyawa yang sangat berbahaya, seperti timbal (Pb), BOD, COD, dan bakteri Escherichia coli.

Bakteri Escherichia coli bisa berasal dari tinja, sedangkan senyawa lain mungkin berasal dari home industry seperti cucian motor dan laundry, yang membuang limbahnya langsung ke sungai tanpa adanya filtrasi. Padahal apabila air limbah tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah pada lingkungan tersebut. Maka dari itulah dari tahun ketahun kualitas hidup masyarakat akan terus menurun.

Tidak hanya Kota Jakarta saja, Kota – kota besar di Indonesia, seperti Kalimantan. Dengan banyaknya  industri yang berlokasi didaerah tersebut akan memiliki persentase sungai tercemar yang cukup tinggi. Hal tersebut sangat berpengaruh bagi masyarakat. Kurangnya penyuluhan dan penyebaran informasi terkait dengan adanya pengolahan air limbah pada masyarakat juga mempengaruhi hal tersebut. Sehingga pengetahuan masyarakat sangat minim akan hal tersebut. Kepedulian masyrakatpun sangat minim. Padahal sangat banyak sekali jenis dan bentuk bentuk dari tahapan Instalasi Pengolahan Air Limbah yang sederhana dan unik. Semua ini bisa dicari di kontraktor IPAL yang melayani pengolahan air limbah.

AKIBAT LIMBAH TIDAK DI KELOLA DENGAN BAIK

Limbah yang dibuang secara sembarangan dan tanpa uji dan tahapan yang ketat pada aliran air akan menyebabkan masalah yang serius bagi masyarakat sekitar, yaitu :

  • Gangguan kesehatan
    Air limbah dapat mengandung bibit penyakit karena di dalam terdapat zat-zat berbahaya dan beracun yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi makhluk hidup yang mengonsumsinya dan menggunakan air tersebut untuk aktivas masyarakat setempat.
  • Gangguan terhadap kerusakan benda
    Air limbah yang mengandung zat-zat yang dapat dikonversi oleh bakteri anaerobik menjadi gas yang agresif seperti H2S yang dapat mempercepat proses perkaratan pada besi dan juga pelapukan pada benda – benda lainnya.
  • Penurunan kualitas lingkungan
    Air limbah yang dibuang langsung ke sungai dapat mengakibatkan pencemaran sungai, dan airnya dapat merembas ke dalam tanah sehingga menyebabkan pencemaran pada tanah juga.
  • Gangguan terhadap keindahan
    Air limbah yang mengandung polutan dapat merubah warna air sehingga akan merusak keindahan kota.
  • Polusi Udara
    Air limbah yang tidak melalui tahap filtrasi akan mengalir ke sungai. Hal tersebut juga akan mempengaruhi polusi udara sehingga dapat menyebabkan wangi yang tidak sedap dan bahaya apabila di hirup oleh manusia.

Struktur Instalasi Pengolahan Air Limbah

Oleh dari pada itu, dibutuhkan tahapan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) agar pelaku industri tidak semena – mena dalam membuang limbah mereka secara langsung ke saluran air yang  dapat menyebabkan sungai menjadi kotor, tercemar dan berbahaya bagi makhluk hidup. Sehingga tidak dapat lagi untuk digunakan dan menyebabkan kerugian dan masalah seperti yang tertera pada poin sebelumnya.

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (Wastewater Treatment Plant, WWTP), merupakan sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan limbah kimiawi dari air. Sehingga dapat memungkinkan apabila air tersebut dapat digunakan kembali pada aktivitas yang lain. Misalkan air limbah pabrik yang tidak bisa diminum dan berbahaya, bahkan ikan tidak bisa hidup di dalamnya akibat terdapat senyawa berbahaya. Ini semua harus dihasilkan oleh produksi, diolah kembali agar menjadi layak untuk diminum. Sehingga dapat berpengaruh pada kondisi makhluk hidup  dan ekosistem seperti ikan dapat hidup di dalamnya.

IPAL ini berfungsi sebagai berikut :

  • Mengolah air limbah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.
  • Mengolah air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.
  • Mengolah air limbah pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.

TAHAP – TAHAP PENGOLAHAN AIR LIMBAH

Pengolahan air limbah membutuhankan tahap – tahap yang sangat detail untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan standard yang di terapkan. Dalam pengolahan air limbah diperlukan 5 tahap untuk mencapai air yang aman untuk kembali digunakan, yaitu:

  1. Pengolahan Awal (Preliminary Treatment)
    Pada tahap pengolahan awal ini limbah disaring supaya partikel-partikel seperti pasir, plastik, kayu dan sampah terpisah dari air sehingga tidak merusak alat-alat yang ada pada tahapan instalasi pengolahan air limbah.
  2. Pengolahan Primer (Primary Treatment)
    Pada tahap kedua partikel-partikel padat organik dihilangkan melalui proses fisika, yaitu sedimentasi dan flotasi, sehingga partikel padat akan mengendap (disebut
    sludge) sedangkan partikel lemak dan minyak akan berada di atas permukaan (disebut grease).
  3. Pengolahan Sekunder (Secondary Treatment)
    Pada tahap ketiga air limbah diberi mikroorganisme untuk menghilangkan material organik yang masih tersisa. Mikroorganisme akan menguraikan dan menghancurkan material organik dalam air. Tiga buah pendekatan yang umum digunakan pada tahap ini adalah fixed film, suspended film dan lagoon system.
  4. Pengolahan Akhir (Final Treatment)
    Pada pengolahan air limbah tahap keempat, air limbah diberi khlorin atau menggunakan sinar ultraviolet dengan tujuan untuk menghilangkan organisme yang dapat menyebabkan penyakit.
  5. Pengolahan Lanjutan (Advanced Treatment)
    Pada tahap ini, terjadi pengolahan lanjutan hingga komposisi air limbah sudah dianggap aman untuk dibuang ke got atau aliran sungai. Misalnya, tahap lanjutan untuk membuang kandungan fosfor atau ammonia dari air limbah.

INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH YANG UNIK

Dengan berkembangnya teknologi dan inovasi seiring perkembangan zaman tentu juga sangat berdampak pada IPAL. Instalasi pengolahan air limbah memiliki cakupan yang besar dan sederhana. Mulai untuk industri besar hingga industri rumahan. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya varisasi dari tahapan Instalasi pengolahan air limbah itu sendiri. Terlihat dari bentuknya yang unik, terdapat bentuk segitiga, lingkaran dan persegi. Bahkan terdapat instalasi pipa yang kini sudah mulai memasuki pasar.

Berbeda dengan Instalasi pengolahan air limbah cakupan besar memiliki waktu yang cukup lama karena rancangan wilayah dan sistem yang matang. Seperti rancangan instalasi pengolahan air limbah pada wialayah ibu kota Jakarta. Hingga strategi pemasaran yang sudah mengikuti zaman digital yakni online shop di berbagai sosial media dan platform. Hal ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan IPAL. Tentunya akan mempermudah proses pengolahan juga karena terdapat detail penggunaan dan jasa pemasangan produk tersebut. Operasional akan menjadi lebih praktis dan mudah. Sehingga masalah ini tidak akan lagi menjadi sebuah alasan untuk sulitnya mendapatkan akses produk tersebut.

BAGAIMANA SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH?

Terdapat beberapa sistem pengolahan limbah. Hal tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk masyarakat dan industri mengenai pemenuhan kebutuhan terhadap sistem limbah yang akan digunakan. Adapun sistem pengolahan air limbah ialah :

  1. Sistem Septik Tank
    Sistem ini efektif digunakan untuk pengolahan limbah cair industri pangan dengan kadar bahan organik yang tinggi dan dapat diterapkan untuk debit limbah cair yang relatif kecil dan tidak continue.
  2. Sistem SBR (Squencing Batch Reactor)
    adalah sistem lumpur aktif yang dioperasikan secara batch (curah), untuk mengeliminasi karbon, fosfor dan nitrogen serta untuk memisahkan biomassa.
  3. Sistem Kolam Oksigasi
    Prinsip dasar adalah dengan menyuplai oksigen dan melakukan pengadukan secara alami sehingga proses perombakan bahan organik menjadi berlangsung dalam waktu lama dan di area yang luas. Pada sistem ini, berbagai jenis mikroorganisme turut berperan aktif dalam proses perombakan.
  4. Sistem Trickling Filter
    Tujuan dari system ini adalah untuk mengoksidasi karbon dan nitrogen dalam limbah cair.
  5. Sistem UASB (Up-flow Anaerobic Sludge Blanket)
    Sistem pengolahan yang berbasis reaktor anaerobik, dimana bahan organik akan dikonversi menjadi produk akhir berupa gas metana dan karbon dioksida.
  6. Sistem RBC (Rotating Biolocal Contactor)
    Merupakan sistem pengolahan air limbah yang terdiri atas deretan cakram yang dipasang pas as secara horizontal dengan jarak masing-masing 4 cm.
  7. sistem kolam Sistem Lumpur Aktif
    Tujuan dari sistem ini adalah untuk menyisihkan senyawa karbon, senyawa nitrogen, fosfor dan untuk stabilisasi lumpur secara aerobik simultan. Terbagi atas 2 unit proses utama, yaitu bioreaktor dan tangki sedimentasi.

Setelah air limbah diolah dan dikelola dengan baik hingga siap dan memenuhi kriteria untuk dibuang ke saluran pembuangan yang selanjutnya akan menuju ke sungai dan berakhir di laut, diharapkan dapat menjaga kelestarian biota laut ( ekosistem laut ), mengurangi kasus penyakit, dan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Sehingga kualitas hidup manusia di dunia akan semakin baik dan terjaga.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Kesehatan

7 Masalah Pencernaan yang Umum Dijumpai

Published

on

Jika Anda mengalami masalah pencernaan. Seperti sakit perut, mual, atau kembung, itu bisa jadi virus yang datang dan bisa hilang seiring waktu. Atau mungkin tanda kondisi gastrointestinal yang memerlukan perhatian medis atau perubahan dari kebiasaan gaya hidup.

Berkonsultasi ke dokter sangat penting. Karena untuk mengidentifikasi penyebab masalah sistem pencernaan Anda.

Tetapi berikut beberapa penyebab masalah pencernaan yang paling umum!

7 Masalah Pencernaan yang Paling Umum

Baca juga: Macam-Macam Teh Herbal dan Khasiatnya

Radang perut (Gastritis)

Gastritis merupakan peradangan pada selaput perut. Penyebabnya banyak, tetapi yang paling umum adalah agen infeksi, terutama helicobacter pylori (H. pylori), aspirin, dan obat antiinflamasi non steroid (NSAID) lainnya seperti Ponstan, dan alkohol.

Beberapa gejala gastritis yang umum:

  • sakit perut
  • mual dan muntah
  • kehilangan selera makan
  • kembung, bersendawa dan bersendawa

Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari makanan yang berlebihan. Contoh makanan yang pedas, berlemak, alkohol, dan juga kopi

Tukak Lambung (Peptic ulcer)

Tukak lambung timbul karena luka pada lapisan lambung esofagus bagian bawah. Ini bagian pertama dari usus kecil. Peradangan yang di sebabkan oleh H. pylori, aspirin, dan NSAID.

Gejala tukak lambung yang paling umum adalah ketidaknyamanan perut bagian atas, sakit perut, atau kembung.

Tubuh mengalami penurunan berat badan dan juga kehilangan nafsu makan, mual, tinja berdarah atau berwarna gelap, dan muntah.

Penyakit gastroesophageal reflux (GERD)

Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) suatu kondisi saat isi lambung bergerak mundur atau refluks dari lambung menuju kerongkongan. Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan tenggorokan ke lambung.

Refluks adalah proses normal yang mungkin terjadi pada orang yang tidak memiliki gejala refluks asam yang mengganggu.

Untungnya, dengan perubahan gaya hidup. Gejala Umum akan terkontrol. Ini termasuk berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol dan kafein, makan lebih sedikit lemak, dan juga menurunkan berat badan.

Sindrom iritasi usus

Irritable bowel syndrome (IBS) salah satu bagian dari kelompok gangguan pencernaan atau gangguan usus fungsional. Ini adalah masalah umum yang mempengaruhi 10 – 20% populasi Singapura. Pasien dengan IBS mengalami ketidaknyamanan atau nyeri perut yang berhubungan dengan diare atau sembelit, dan ketidaknyamanan ini biasanya berkurang setelah buang air besar.

Diare pada IBS biasanya terjadi pada siang hari dan setelah makan. Beberapa pasien IBS mungkin mengalami sembelit dan bukan diare dan memiliki tinja yang keras seperti pelet. Beberapa pasien mengalami kombinasi diare dan sembelit.

Masalah IBS masih belum di ketahui. IBS di picu oleh infeksi saluran cerna dan keracunan makanan.

Sistem kekebalan di usus aktif selama infeksi, dan menimbulkan sel dan protein yang meningkatkan kepekaan saraf di usus. Saraf ekstra sensitif menyebabkan usus merasakan jumlah normal gas dan gerakan seperti kembung dan nyeri.

Dokter yang menangani pasien IBS akan sering memulai dengan riwayat gejala perut dan tes darah dan tinja sederhana untuk menyingkirkan gangguan umum.

Diare kronis

Diare kronis atau sering buang air besar yang berlangsung selama lebih dari 4 minggu.

Penyakit ini di sebabkan yang paling umum di Singapura adalah IBS. Penyebab umum lainnya adalah obat-obatan seperti antibiotik, pereda nyeri, dan obat diabetes

Sebagian besar infeksi pada usus menyebabkan diare yang berlangsung kurang dari 4 minggu. Pengecualian termasuk tuberkulosis, giardiasis, amoebiasis dan sariawan tropis, yang semuanya dapat menyebabkan diare kronis.

Pada orang dewasa, intoleransi makanan terkadang menyebabkan diare kronis. Intoleransi laktosa umum terjadi pada orang Asia dan ini dapat menyebabkan diare dan kembung akibat produk susu. Alkohol dan pemanis buatan juga dapat menyebabkan diare pada beberapa pasien.

Penyakit non-usus dan usus dapat menyebabkan diare kronis.

Jika Anda mengalami diare kronis, dokter Anda mungkin melakukan tes darah, tes feses dan jika perlu, gastroskopi dan kolonoskopi, untuk mendiagnosis kondisi Anda. Pengobatan diare akan sesuai dengan masalah yang sudah di identifikasikan.

Sembelit

Jika Anda mengalami penurunan frekuensi tinja kurang dari 3 kali per minggu, tinja keras atau kecil seperti pelet, atau merasa perlu mengejan saat buang air besar, Anda mungkin mengalami sembelit.

Ada banyak penyebab sembelit. Mayoritas penderita sembelit kronis tidak memiliki penyakit penyebab sembelit. Perawatan untuk pasien ini melibatkan perubahan gaya hidup, pola makan dan asupan cairan, dan jika perlu, pengobatan.

Penyakit non-usus yang masuk juga dengan sembelit termasuk kekurangan hormon tiroid dan diabetes. Penderita penyakit Parkinson juga lebih rentan mengalami sembelit. Beberapa obat termasuk pereda nyeri (mis. Morfin) dan antidepresan (mis. Amitriptilin) ​​dapat menyebabkan konstipasi.

Jika Anda mengalami sembelit, dokter Anda mungkin mengevaluasinya menggunakan tes darah, tes feses, kolonoskopi dan jika sesuai, pengukuran fungsi otot anus.

Penyakit radang usus (penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)

Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa secara kolektif di sebut juga sebagai penyakit radang usus (IBD).

Bagian usus yang paling umum terkena penyakit Crohn adalah usus besar dan paruh kedua usus kecil.

Gejala IBD termasuk sakit perut, diare, tinja berdarah, demam, kelelahan, penurunan berat badan dan malnutrisi. Pada beberapa pasien, bagian tubuh selain usus (misalnya kulit, mata, persendian, atau hati) dapat meradang.

Tidak ada obat untuk IBD karena ini adalah penyakit kronis. Namun, dapat terbantu dengan pengobatan, dan pasien dengan penyakit yang terkontrol masih dapat menjalani hidup normal.

Jika Anda ada masalah pada kondisi pencernaan dan mengkhawatirkan kesehatan usus Anda, berkonsultasilah dengan ahli gastroenterologi. Anda bisa mengkonsumsi suplemen fiforlif original juga, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda dan Pencernaan. Karena fiforlif mengandung buah goji berry yang kaya manfaat.

Continue Reading

Kesehatan

Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Judi Online

Published

on

Bagi para pemain judi, mengeluarkan uang untuk bertaruh bukanlah hal yang berat untuk dilakukan. Banyak dari pemain judi telah mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari bermain judi di situs judi bola online. Tetapi keuntungan tersebut memang tidak selalu bisa mereka dapatkan bahkan sampai memiliki kerugian yang besar. Kemudian dari judi ini ada beberapa dampak yang buruk bagi diri sendiri jika terlalu lama memainkan permainan judi.

Beberapa Dampak Negatif Main Judi Online

Depresi

Saat Anda menggunakan uang pribadi sebagai modal taruhan, apalagi dalam jumlah yang tidak sedikit, maka Anda dapat mengalami rasa khawatir dan cemas. Dengan begitu Anda mungkin akan terus merasa tertekan. Kekahwatiran akan kehilangan uang banyak dapat membebani pikiran Anda. Maka Anda bisa saja kehilangan konsentrasi dalam menjalani kegiatan sehari-hari lainnya. Lama-kelamaan, hal tersebut bisa memicu muncul depresi pada diri Anda.

Rawan Adanya Pencurian Data Pribadi

Ketika Anda memainkan permainan judi secara online menggunakan perangkat seperti ponsel pintar atau laptop Anda. Maka Anda bisa mendapatkan risiko akan adanya pencurian data pribadi Anda. Apalagi dalam mendaftarkan diri di situs judi bola yang diragukan profesionalitasnya, Anda juga diminta untuk memasukkan data pribadi Anda seperti nomor ponsel dan nomor rekening. Maka bisa saja data diri yang Anda masukkan akan disalahgunakan.

Mengandung Konten Porno

Dampak negatif selanjutnya dari memainkan kegiatan judi online adalah adanya konten porno yang biasanya terdapat di halaman situs judi. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menarik perhatian pemain agar semakin betah dalam memainkan permainan judi di situs tersebut. Sebab perlu Anda ketahui bahwa konten pornografi juga dapat berdampak buruk bagi psikologis seseorang.

Baca juga: 10 Game Sepak Bola Android Terbaik

Serangan Virus dan Malware

Situs judi online yang biasanya diakses banyak orang menjadi sasaran empuk bagi para peretas untuk menyebarkan virus atau malware. Jika Anda sembarangan membuka situs judi online, maka bisa jadi perangkat yang Anda gunakan akan semakin berpotensi terserang virus atau malware.

Itulah beberapa dampak buruk jika Anda terlalu lama saat ikut main judi online di perangkat Anda. Untuk itu Anda harus bisa menghindari atau mengantisipasi hal tersebut.

Continue Reading

Kesehatan

Macam-Macam Teh Herbal dan Khasiatnya

Published

on

Macam-Macam Teh Herbal dan Khasiatnya

Dari sekian banyak minuman herbal yang dijadikan sebagai minuman kesehatan, satu diantara mereka yang paling populer adalah teh herbal. Memang masih banyak bahan herbal yang khasiatnya baik jika dijadikan sebagai bahan produk herbal seperti rempah-rempah, jahe-jahean, jamur, kopi dan masih banyak lagi. Namun, varian teh dengan kombinasi bahan-bahan tersebut menjadi bahan menarik untuk dibahas.

Teh Herbal Bagi Kesehatan

Memiliki aroma yang unik dan rasa yang khas, teh herbal dapat dijadikan sebagai pilihan minuman yang menarik untuk dinikmati dan dicoba. Tak hanya memiliki rasa enak yang khas dan keunikan aromanya, bahkan teh herbal telah diminum oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun yang lalu baik sebagai minuman rutin, obat tradisional, mencegah penyakit dan untuk menjaga kesehatan.

Walaupun disebut dengan minuman teh, ternyata sebenarnya bahan untuk membuatnya tak hanya dibuat dari bahan teh saja. Minuman teh herbal diperoleh dengan cara menyeduh rempah-rempah, daun, buah, bunga serta akar tumbuhan yang sebelumnya telah dikeringkan. Meskipun begitu, teh herbal mempunyai rasa tak kalah nikmat dari teh biasa bahkan lengkap dengan khasiat baiknya untuk kesehatan.

Bila anda ragu dengan kemampuan anda membuat teh herbal, membelinya dari peracik profesional adalah solusi terbaik. Belakangan, minuman herbal varian teh ini sekaligus akrab juga di pasaran. Bahkan dalam pembeliannya, ada tak sedikit yang membuka usaha grosir minuman kesehatan herbal. Oleh karena dalam peracikan minuman herbal ini membutuhkan kecakapan dan ketrampilan di bidang herbal dan kesehatan maka produk teh herbal haruslah produk yang terbaik dan terbukti pula kualitasnya.

Bila anda tertarik dalam jenis usaha ini, anda bisa memanfaatkan jasa maklon minuman kesehatan herbal dengan tujuan untuk memperoleh hasil produk teh herbal terbaik, berkualitas dan aman dikonsumsi sehingga khasiat baikknya bagi kesehatan mampu dirasakan secara nyata.

Macam-Macam Jenis Teh Herbal dan Khasiatnya

Inilah macam-macam jenis teh herbal yang baik khasiatnya untuk kesehatan tubuh:

  1. Teh ginseng

Jika dulunya ginseng banyak dikonsumsi di negara Korea, saat ini telah populer digunakan sebagai teh herbal. Teh herbal ginseng dianggap bakl bagi kesehatan jantung, menghambat terbentuknya plak atau gumpalan di pembuluh darah, menjaga kelenturan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Teh kamomil (chamomile)

Jenis teh kamomil banyak digemari oleh karena aromanya yang menenangkan dan khas. Dikaji secara tradisional, teh ini sering digunakan untuk melelapkan tidur dan meredakan perasaan cemas atau risau. Riset telah membuktikan jika teh ini memiliki banyak kandungan anti oksidan dan anti radang.  Dengan mengkonsumsi teh ini kestabilan kadar gula dalam darah dapat lebih teratur dan nyeri yang dirasakan dapat segera berkurang.

Teh jahe

Jenis teh jahe memiliki kekayaan anti oksidan yang berkontribusi baik dalam membantu stimulasi kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan. Selain itu, teh herbal jahe baik untuk mengatasi mual-mual, perut kembung serta efek samping dari obat kanker. Masih ada lagi, teh herbal jahe meredakan nyeri haid dan sembelit serta mampu mencegah tukak lambung.

Teh bunga krisan

Jenis teh bunga krisan ini sangat populer di daerah Tiongkok. Teh herbal bunga krisan ini disukai banyak orang karena rasanya nikmat tidak terlalu pahit dan aromanya lembut khas. Teh ini dipercaya mempunyai efek anti radang dan anti nyeri, meringankan gejala flu serta memperkuat daya tahan tubuh.

Teh rosela

Riset membuktikan jika mengkonsumsi teh rosela dalam kurun waktu 2 hingga 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol. Secara rutin mengkonsumsinya akan mampu menurunkan tekanan darah.

Teh kunyit

Secara umum, biasanya kunyit digunakan untuk mengobati batu ginjal, mencegah kembung, meredakan sakit perut dan mencret, mengurangi peradangan serta mencegah kanker. Sebenarnya kunyit sendiri termasuk dalam jenis bahan herbal golongan jahe-jahean.

Teh adas

Secara turun temurun dan tradisional, biji adas dipakai untuk mengobati sembelit, perut kembung, sakit perut dan gangguan pencernaan. Aromanya segar, meminumnya juga membuat tenggorokan segar dan nyaman.

Peppermint

Sejumlah penelitian menemukan jika khasiat baik peppermint adalah untuk membnatu meningkatkan data tahan para olahragawan saat kelelahan dan membantu meningkataknan fungsi organ pernapasan. Dengan mengkonsumsinya, efek relaksasinya mampu menstabilkan serta mengurangi gangguan pada pencernaan.  

Teh hitam

Dibandingkan rasa teh hijau, teh hitam lebih memberikan rasa khas yang kuat. Rasanya yang kuat itu karena memiliki kandungan kefein yang tergolong tinggi hingga 40 mg tiap cangkirnya. Supaya rasanya tidak terlalu pahit, mencampurnya dengan gula dan susu adalah cara yang baik. Teh hitam diracik dengan komposisi daun dari tanaman camellia sinensis yang sebelumnya telah digulung, difermentasi kemudian dikeringkan dan dihancurkan. Jenis teh hitam ini baik dikonsumsi guna kebutuhan pemulihan energi secara cepat.

Kemajuan teknologi dan pengetahuan yang begitu pesatnya berpengaruh juga untuk kesehatan sehingga kebiasaan-kebiasaan baik perlu dilakukan sedari dini. Salah satunya dengan banyak mengkonsumsi bahan-bahan alami dan yang paling ringan adalah dengan minum teh herbal.

Teh herbal manakah yang paling anda sukai? Keseumanya memiliki khasiat baik untuk kesehatan sehingga perlu anda coba.

Continue Reading

Trending