Connect with us

Opini

Masih Soal FPI Bentrok dengan Warga

Published

on

Menyoal tindakan anarkis FPI di Indonesia 2

Sejak sering terjadinya bentrok antara masyarakat dan anggota FPI yang dalam menjalankan organisasinya cenderung anarkis, saya sangat tertarik memahami hadist yang mungkin jadi landasannya.

Apalagi baru-baru ini saya mendapat berondongan argument dari seorang teman debat saya di jejaring sosial facebook. Dimana tetap mendukung organisasi yang mengaku pembela Islam tersebut, kendati ia pun mengakui apa yang dilakukan oleh FPI banyak brutalnya.

(baca artikel sebelumnya; Menyoal tindakan anarkis FPI di Indonesia)

Khususnya berkenaan dengan insiden bentrok antara sejumlah anggota FPI asal Temanggung dengan puluhan warga Sukorejo itu terjadi Kamis (18/7) sekitar pukul 14.00 WIB yang diduga dipicu oleh aksi “sweeping” yang dilakukan anggota FPI di tempat lokalisasi di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga setempat menolak aksi “sweeping” yang dilakukan anggota FPI Temanggung karena menilai FPI tidak berhak dan bukan wilayah ormas yang bersangkutan.

Akibat bentrok tersebut, sejumlah anggota FPI dan warga menderita luka, satu unit mobil bernomor polisi AB 7105 SA milik FPI dibakar massa serta beberapa mobil lainnya rusak terkena lemparan batu.

Selain itu, seorang perempuan bernama Tri Munarti juga diketahui meninggal dunia di rumah sakit akibat secara tragis tertabrak dan terseret mobil yang ditumpangi beberapa anggota FPI yang panik saat dikejar puluhan warga setempat.

Dalam, oke saya meminjam istilah teman yang menjadi lawan ‘debat kusir’ saya, tersebut, teman saya memberondong beberapa ayat dan hadist yang menurut dia menjadi landasan kenapa ia mendukung organisasi yang belakangan ini dikenal cukup anarkis yakni FPI (Front Pembela Islam). Bahkan, terkesan bahwa tindakan arogan tersebut memang diperlukan.

Menurut dia, (tanpa saya edit, langsung copas dari akun facebook);

FPI tetap harus dipertahankan di INdonesia,,, karena selama ini hanya ormas ini yang melakukan bentuk nyata memberantas segala kemaksitan (Miras, judi, pelacuran)… sementara selama ini umat Islam lainnya banyak yang apatis, cuek (Hanya ceramah tanpa ada bentuk nyata)…. padahal jelas agama melarang miras dan maksiat, kalau kita ngaku beragama, aturannya kita berantas.. bukan pemberantasnya yang kita caci maki… meskipun sikap FPI Kemarin memang banyak brutalnya…

Ketika saya menyatakan bahwa tindakan ancaman/kekeerasan itu tidak efektif, maka ia mempunyai argument lain;

buka saja lagi sejarah-sejarah islam mas bro,, dipelajari juga, asbabun nuzul, asbabul wurud, disana dijelaskan satu peersatu penyebab turunnya hadits atau ayat… Islam tidak pernah mengajarkan untuk cuek, apatis melihat kemunkaran di depannya. Itulah makanya dikatakan salahsatu tanda kiamat adalah hilangnya ahli agama dari muka bumi.,, itu artinya tidak ada lagi orang yang mengingatkan amar mahruf nahi munkar…. ingat islam bukan hanya mengajarkan amar mahruf, tapi juga nahi munkar…

Tidak hanya itu, lalu pendapatnya pun ia dukung dengan beberapa dasar seperti;

Dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiallahu ‘Anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu maka ubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka ubahlah dengan hati, dan demikia itu adalah selemah-lemahnya iman. (HR. Muslim), tolong kawan artikan saja hadits ini, dan tolong lihat ASBABBUL WURUDNYA,,, trims kawan.

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (Dien)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS Al Hajj 40)…

Dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiallahu ‘Anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu maka ubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka ubahlah dengan hati, dan demikia itu adalah selemah-lemahnya iman. (HR. Muslim).. trims kawan

Kewajiban mengubah kemungkaran dengan cara yang paling memungkinkan seperti yang disebutkan, maka tidak cukup hanya dengan nasihat bagi yang mampu menghilangkannya dengan tangan, dan tidak cukup dengan hati bagi yang mampu menghilangkannya dengan lisan. (At Tuhfah Ar Rabbaniyah, syarah No. 34)

Ada pun sabdanya “maka hendanya dia merubahnya” maka ini merupakan perintah yang menunjukkan wajib menurut ijma’ umat. Hal ini sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah tentang wajibnya amar ma’ruf nahi munkar, dan ini juga bermakna nasihat yang merupakan pokoknya agama ini. (Syarh Al Arbain Nawawiyah, Hal. 112)

Sebagian orang ada yang menahan diri dari amar ma’ruf nahi munkar, karena mereka merasa belum layak dan masih banyak kesalahan alias masih merasa belum sempurna. Sikap ini tidak benar, sebab kesempurnaan diri bukanlah syarat untuk melakukan da’wah dan amar ma’ruf nahi munkar.

Om dedi ariko : sekarang anda bertanya soal baik atau perusakan, berapa banyak yang dirusak oleh FPI? Nah sekarang bandingkan dengan berapa banyak generasi indonesia yg hancur dengan miras dan perjudian, jangan bersikap pesimis, dengan usaha pemberantasan…. Sekarang apa tindakan nyata saudara dalam memberantas peredaran miras dan perjudian yg katanya dilarang oleh agama? Katanya anda cerdas tak mau kekerasan? Apa bentuk konkrit anda? Apakah hanya sekadar retorika? Sekadar ceramah? Apakah sekedar mngumpat dalam hati sajakah? Dimana kepedulian saudara sbgai seorang muslim melihat kemunkaran di depan d depan anda? Nabi Muhammad sudah brjuang habis2an, tanpa kenal lelah, walaupun kemaksiatan dan perjudian di zaman jahiliah itu tidak akan binasa sampai akar-akarnya? Lalu apakah nabi Muhammad SAW akhirnya diam karena pesimis? Tidak bukan?

Sejujurnya, selama ini saya tidak begitu mendalami tentang hadist-hadist, bagi saya berbuat baik menjaga diri untuk hidup yang baik tanpa menganggu orang lain, itu sudah cukup baik.

Namun ketika saya disodorkan dengan hadist-hadist dan ayat-ayat tersebut, hati saya tergerak untuk memahami maknanya. Benarkah arogansi itu memang harus dan wajib untuk menegakkan kebenaran. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh organisasi seperti FPI dan pendapat teman saya tersebut??

Untuk itu, lalu saya mencoba habis-habisan untuk mendalami makna yang terkandung didalamnya. Kendati dengan keterbatasan ilmu agama yang saya miliki. Setelah berulang kali saya kembali menyimak hadist dan ayat-ayat tersebut, lalu timbul sebuah gelombang besar yang maha dasyat yang membuat saya bergidik. Ada sebuah bahaya besar yang akan muncul jika hal itu ditelan bulat-bulat tanpa dicerna oleh pemikiran yang bersih, bijaksana, dan cerdas.

Saya semakin ngeri ketika membayang pendapat teman saya ini jika juga diamini oleh sebagian besar masyarakat muslim. Apalagi di Indonesia mayoritas muslim. Alam pikiran saya tersedot ke sebuah suasana yang mengerikan. Bagaimana tidak? Dalam bayangan saya akan terjadi kehancuran yang maha dasyat di zaman tehnologi canggih seperti ini.

Zaman dahulu dengan peralatan yang ala kadarnya saja sudah membuat perang dalam cerita-cerita saja sudah sedemikian mengerikan, apalagi zaman sekarang. Bom atom, nuklir, rudal, pasukan siap mati dengan atas nama jihad akan berseliweran dibumi ini. Entah yang benar atau salah, setiap detik bagian dari bumi akan hancur.

Singkat cerita, dunia hancur luluh!!!

Yang jadi pertanyaan; benarkan sumber dan sang penyampai hadist dan ayat tersebut sekonyol itu? Lalu benarkah Nabi nya orang Islam sebesar nabi Muhammad searogan itu dalam menyampaikan kebenaran?? Benarkah karakter anarkis dan brutal itu memang napasnya Islam, sehingga membenarkan tindakan para teroris yang mengorbankan banyak mahluk hidup ciptaan tuhan yang lainnya. Karena mereka telah menganggap bahwa mereka benar…

Dalam hal ini, ada sesuatu yang menghibur dalam hati saya. Yang juga merupakan harapan sekaligus do’a, bahwa masih banyak masyarakat muslim yang berhati sejuk, damai, bijaksana, dan cerdas dalam memaknai hadist dan ayat-ayat sebagaimana dimaksud diatas.

Untuk itu, saya berkesimpulan, kecerdasan dalam beragama mungkin perlu menjadi skala prioritas dalam syiar-syiar atau dakwah-dakwah para pemuka agama. Tidak hanya Islam, juga Kristen, Budha, Hindu, atau lainnya.

Kebodohan dan kepicikan dalam memahami, memaknai, menafsirkan, akan membahayakan bagi orang lain maupun diri sendiri. Dan saya yakin, agama diturunkan bukan untuk membahayakan orang lain. Melainkan menjadi rahmat yang dapat membuat dunia ini damai dalam keselarasan kendati beragam.

Kebodohan dan kepicikan akan membawa arti yang sangat jauh dari tujuan suatu ajaran kebenaran yang terkandung dalam agama.

Sebagai salah satu contoh untuk dimaknai;  

Dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiallahu ‘Anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran maka ubahlah dengan tangannya, jika dia tidak mampu maka ubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka ubahlah dengan hati, dan demikian itu adalah selemah-lemahnya iman. (HR. Muslim)..

Kewajiban mengubah kemungkaran dengan cara yang paling memungkinkan seperti yang disebutkan, maka tidak cukup hanya dengan nasihat bagi yang mampu menghilangkannya dengan tangan, dan tidak cukup dengan hati bagi yang mampu menghilangkannya dengan lisan. (At Tuhfah Ar Rabbaniyah, syarah No. 34)

Jika hal ini dimaknai orang-orang berpikiran kerdil, picik, bodoh, dan putus asa, maka ketika melihat kemungkaran akan memaknai perintah ‘dengan tangannya’, dengan sesuatu hal yang keras, seperti memukul, mencabik, menjambak, mendorong, atau lainnya.

Namun akan jauh berbeda ketika hal itu dimaknai oleh orang-orang bijaksana, cerdas, dan optimis. ‘dengan tangannya’ akan dimaknai upaya-upaya yang elegant, seperti membimbing, mengulurkan tangan, menggandeng, dan lainya.

Tentang efeknya, jelas hal-hal yang elegant lah yang akan membuahkan hasil yang maksimal dan kekal. Karena tidak ada sesuatu yang berjiwa yang tidak butuh dengan hal-hal yang mengandung unsur kebaikan. Jangankan manusia, binatang yang tidak punya pikiran pun merasa nyaman dengan perlakuan yang baik.

Saya yakin, dalam proses tumbuhnya agama memang diwarnai dengan perang. Namun saya yakin bukan perang karena memaksakan kebenaran tapi perang mempertahankan kebenaran.

Sedikit gambaran;

Ketika seorang anak kecil berbuat salah, engkau bisa gunakan tanganmu untuk memukul, mencubit. Dengan mulutmu untuk membentak, menghardik, dan mengatakannya salah. Tapi sebaliknya, engkau juga bisa menggunakan tanganmu untuk mengulurkan tanganmu dengan kasih sayang dan menasehati dengan mulutmu dengan kata-kata cerdas dan sejuk.

Soal tuhan suka yang mana, tanya sendiri….

Blogger dan SEO Expert di Garuda Website. Sebuah perusahaan Web Developer di Jakarta Indonesia

Opini

Dampak Negatif Togel Online Bagi Pemain

Published

on

Dampak Negatif Togel Online Bagi Pemain

Togel merupakan salah satu jenis perjudian yang cukup marak di Indonesia. Permainannya yang cukup simpel, dibumbui iming-iming hadiah uang yang besar, membuat jenis judi ini cukup populer di Indonesia.

Jika ditelusuri lebih jauh ke belakang, togel online sendiri merupakan permainan judi yang sebenarnya berasal dari negara yang memiliki lambang nasional bernama Merlion. Togel juga lebih dikenal dengan toto. Selain itu, permainan judi togel ini juga cukup banyak dimainkan di beberapa negara.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, permainan togel kini dapat diakses dan dimainkan secara online. Sudah banyak sekali situs judi online yang menawarkan jasa bermain togel online. Dengan akses yang lebih mudah untuk bermain lotere ini dan juga jumlah hadiah yang menggiurkan.

Jumlah penikmat judi online juga semakin bertambah yang satu ini. Namun dibalik semua itu, ternyata bermain togel online saja bisa memberikan sejumlah dampak negatif. Melalui postingan kali ini, kami akan mengurai sedikit tentang dampak negatif dari togel online yang patut anda pertimbangkan jika anda mempunyai niat untuk memainkan permainan judi yang satu ini. Berikut ulasan lengkapnya, diantaranya:

Apa Saja Dampak Negatif Togel Online Bagi Pemain?

Kecanduan Parah

Salah satu dampak yang akan dirasakan orang yang bermain judi online adalah kecanduan. Orang yang cukup familiar dengan permainan judi online apapun, termasuk togel online, biasanya akan kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan bermainnya. Apalagi jika pemain judi terkait sudah mencicipi hasil dari memainkannya, akan semakin sulit bagi orang tersebut untuk meninggalkan permainan judi togel online ini.

Masalah kesehatan mental

Tahukah Anda kalau pemain judi online juga berpotensi mengalami gangguan kesehatan mental? Berdasarkan data yang dimuat di harian surat pada tahun 2018, tercatat ada 30 ribu keluhan setiap tahun di Inggris terkait banyaknya penjudi yang mengalami kondisi kesehatan mental yang memprihatinkan.

Tak hanya itu, ada sejumlah penelitian yang telah melakukan penelitian tentang kesehatan mental pada pemain judi. Salah satu hasil yang mengejutkan dari penelitian ini adalah bahwa 250 dari 650 penjudi online di usia muda mencoba bunuh diri setiap tahun karena masalah kesehatan mental. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa bermain judi online berpotensi berdampak negatif pada kesehatan mental.

Bahaya Penipuan

Bahaya bermain togel yang juga bisa mengancam adalah kemungkinan terjadinya penipuan. Saat ini banyak sekali situs judi online palsu yang bertebaran di pencarian Google. Situs judi online tidak tepercaya atau palsu cenderung menerapkan permainan yang merugikan pemainnya, sehingga kemungkinan kalah taruhan sangat tinggi. Bahkan jika seorang pemain memenangkan taruhan, tidak ada jaminan bahwa hadiah uang akan masuk ke akun pemain.

Bagaimana Tindakan dalam Permainan Togel Online?

Rawan Tindakan Pencurian Data Pribadi

Tak kalah mengkhawatirkan risiko scam atau penipuan, pencurian data pribadi juga menjadi bahaya yang mengancam orang yang bermain togel online. Pencurian data pribadi ini bisa terjadi saat pemain mendaftar di situs judi online.

Biasanya pada saat pendaftaran, situs judi akan meminta Anda untuk memasukkan nama, nomor telepon, email, rekening bank dan informasi lainnya. Data pribadi pemain yang dikumpulkan ini dapat disalahgunakan atau bahkan dijual kepada pihak tertentu.

Serangan Malware ke Komputer

Sebagian besar pemain judi online mengakses situs judi online menggunakan komputer, karena kebanyakan situs judi tersebut memiliki tampilan yang kurang mobile friendly. Di situs judi ini sendiri sudah banyak dipasang iklan, baik di bagian atas bahkan kiri kanan website.

Iklan yang dipasang kemungkinan besar berisi skrip tertentu yang merupakan malware dan merusak komputer Anda. Bahkan, Anda juga memiliki skrip yang membuat komputer mengunduh perangkat lunak ilegal tertentu tanpa sepengetahuan pemiliknya. Dalam banyak kasus, pemain yang kecanduan bermain togel online akan mencoba berbagai cara untuk ikut bertaruh meskipun harus meminjam uang dari keluarga atau orang lain.

Jika hal ini terus berlanjut maka dipastikan orang tersebut akan bermasalah dengan hutang di kemudian hari. Saat bermain game judi online tentunya akan membutuhkan kuota internet. Situs judi online biasanya memuat iklan yang cukup banyak dan beberapa diantaranya adalah iklan autoplay.

Jenis iklan video ini akan menghabiskan kuota internet Anda dengan cepat. Akibatnya, biaya belanja untuk membeli kuota internet juga meningkat. Itulah beberapa dampak negatif dari togel online yang mengancam para pemainnya. Bermain judi online sesekali untuk bersenang-senang sebenarnya adalah hal yang sah untuk dilakukan.

Namun, Anda harus mengetahui batasan Anda dan tidak melakukannya terlalu sering. Demikian yang dapat kami jelaskan tentang dampak negatif pada pemain togel online, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Mengulas Sejarah Di Balik Permainan Poker

Continue Reading

Opini

Begini Jadinya Jika Kamu Sering Bermain Poker Online

Published

on

Beginiliah Jadinya Jika Kamu Terlalu Sering Bermain Poker Online

Berhentilah bermain judi online, sebab menyengsarakan hidup kamu!! Stop judi online!!- Seiring dengan tumbuh nya jaman tekhnologi di indonesia, judi online juga mulai meramaikan pasar perjudian secara internasional dengan memakai jaringan internet.


Banyak tipe judi online yang menggiurkan serta menjanjikan keuntungan pagi para pemain yang realitas nya bukan berikan keuntungan malah membuat kita terlilit hutang di karnakan kerap kalah judi online. Judi poker online merupakan salah satu tipe togel yang dapat kita mainkan secara online serta nyaman karna tidak ketahuan oleh penegak hukum di indonesia. Poker ialah tipe judi yang tidak asing lagi di golongan warga indonesia.

Stop judi online dari saat ini!! Dari pada deposit terus yang telah tidak terhitung berapa banyak duit kamu ludes, pakai duit kamu saat ini buat memakai aplikasi atm ponsel yang dapat menciptakan duit 100juta dalam sebulan, ini real!! Hapus dari fikiran kamu buat menang jackpot poker online, seluruh pembodohan!!
Secara teknologi poker online ini merupakan produk cacat dalam makna server tidak bagus serta banyak kecurangan di dalam game poker online tersebut.


Bisa jadi kamu sempat merasakan kejanggalan dalam bermain Poker Online, contoh kala kamu percaya menang dengan kartu yang Bagus malah kalah dengan kartu rendah kala ALL- IN kepunyaan pemain lain. Sangat kerap perihal semacam ini terjalin serta memunculkan persoalan dalam hati kita, Mengapa ia berani turut all- in dengan kartu yang rendah, serta percaya sekali hendak memenangkan jackpot dengan kartu serendah itu.

siapakah ia…?? apakah ia yang owner aplikasi permainan online tersebut, ataupun ia merupakan pegawai/ oprator permainan tersebut yang pula turut bermain. aku pula tidak ketahui tentang kebenaran nya serta tidak brani bermain di web web poker online yang terdapat di indonesia.

Cara Berhenti Bermain Poker Online Paling Ampuh

coba kamu renungkan kembali, sepanjang kamu bermain poker online, berapa kali kamu menang, berapa kali kamu kalah, total kemenangan, serta total kekalahan, ayo berhitung!! Lakukanlah hal ini untuk berhenti dari poker online

Menata rumah idaman kamu

Waktu luang merupakan momen yang tepat untuk menata rumah idaman Kamu. Setelah Kamu sibuk bekerja dan hampir tidak memiliki waktu untuk menata rumah, maka ketika Kamu memiliki waktu luang bisa dimanfaatkan untuk menata situasi rumah. Mulailah terlebih dahulu dari membersihkan halaman depan rumah agar terlihat lebih rapih dan tidak menganggu kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, halaman rumah yang tertata bersih juga akan mengurangi kelembapan yang bisa membuat udara menjadi lebih kotor dan tidak nyaman. Lanjutkanlah dengan mulai menata bagian dalam rumah Kamu. Rapihkan dan sisihkanlah barang-barang yang sudah tidak Kamu pakai. Sumbangkanlah barang tersebut apabila masih layak untuk digunakan oleh orang lain.

Mengatur keuangan

Waktu yang paling tepat untuk mengatur keuangan adalah saat Kamu sedang lenggang dan tidak dibebani oleh pikiran pekerjaan lainnya. Kamu bisa dengan lebih leluasa untuk menghitung dan memikirkan apa saja yang dibutuhkan oleh Kamu dan keluarga selama beberapa waktu ke depan.

Pikirkan dan aturlah keuangan dengan menggunkanan kepala dingin agar Kamu bisa menjadi lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan mengenai keuangan Kamu. Usahakan agar selama masa karantina virus corona Kamu harus menyiapkan kebutuhan pokok yang mencukupi. Belanjalah secukupnya agar anggaran finansial tidak menjadi berantakan dan hindari untuk melakukan panic buying.

Membersihkan rumah secara detail

Waktu luang merupakan saat yang tepat untuk membersihkan rumah Kamu secara mendetail. Mulailah dengan membersihkan debu-debu yang menempel pada perabotan hingga plafon rumah Kamu. Gantilah seprei kasur Kamu agar bakteri dan tungau tidak dapat tumbuh dan membuat Kamu menjadi sakit. Bersihkan juga kamar mandi dengan baik agar tidak menjadi tempat yang lembap dan ditumbuhi oleh lumut.

Bersihkan juga kipas angin atau filter pendingin udara yang ada pada rumah dari debu. Rumah yang bersih adalah rumah yang nyaman. Dengan menjaga kebersihan rumah Kamu juga bisa berperan untuk mengurangi terjadinya kemungkinan penularan virus corona pada keluarga Kamu.

Memperbaiki barang rusak

Memperbaiki barang yang rusak memang bukan merupakan tugas yang mudah. Namun apabila Kamu memiliki waktu luang yang banyak maka tidak ada salahnya bagi Kamu untuk belajar memperbaikinya sendiri. Selain melatih keterampilan tangan, dengan Kamu juga bisa jadi menghemat pengeluaran untuk membeli barang yang baru. Lakukan perbaikan secara hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Matikan terlebih dahulu colokan listrik sebelum Kamu mulai membongkar barang elektronik. Hindari bekerja pada ruangan yang gelap dan pastikanlah Kamu menggunakan peralatan yang tepat.

Membersihkan Email

Membersihkan isi email mungkin terdengar sepele dan tidak penting. Namun, email yang terlalu penuh akan membuat Kamu menjadi bingung dan sulit untuk mencari email dari seseorang. Tidak hanya itu saja, email Kamu juga akan terlihat berantakan dan tidak menarik untuk dilihat. Pisahkannlah email penting dan tidak agar tidak memenuhi kotak masuk Kamu. Hapus juga berbagai email yang berada pada kotak Spam dan Social agar tidak penuh. Tkamui email mana saja yang sudah tidak penting dan bisa Kamu hapus.

Melakukan hobi yang disukai

Apabila selama ini Kamu tidak memiliki waktu yang tepat untuk melakukan hobi, pergunakanlah momen selama Kamu bekerja dari rumah untuk melakukannya. Hobi seringkali memerlukan waktu yang tidaklah sedikit. Oleh karena itulah, manfaatkan waktu luang yang Kamu punya untuk mengasah dan menjalankan hobi kesukaan Kamu. Hindarilah untuk berpergian terlebih dahulu selama masa karantina virus corona dan usahakanlah agar Kamu melakukan hobi tersebut dirumah saja. Cobalah untuk mengeksplor hobi yang baru selama Kamu berada di rumah.

Baca juga: Jaringan Sosial Pemain Togel dalam Kultur Kemiskinan

Rutin dalam berolahraga

Sisihkanlah waktu dalam sehari untuk berolahraga. Dengan melakukan olahraga walaupun hanya sebentar bisa membuat tubuh Kamu menjadi lebih sehat dan menguatkan sistem imun Kamu. Selain itu dengan berolahraga juga bisa membuat pikiran Kamu menjadi lebih rileks oleh hormon yang dikeluarkan tubuh Kamu. Lakukanlah gerakan ringan seperti yoga ataupun streching. Apabila Kamu mempunyai sepeda statis ataupun treadmill akan lebih memudahkan olahraga Kamu. Hindari melakukan olahraga yang terlalu berat seperti mengangkat beban yang terlalu berat agar terhindar dari cedera selama berolahraga.

Mengikuti kursus online

Selama masa karantina virus corona Kamu dianjurkan untuk tidak keluar rumah. Namun, Kamu masih bisa mengisi waktu luang tersebut dengan mengikuti kursus dan pelatihan secara daring. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang dilakukan secara nirkabel terbukti efektif dalam memberikan informasi pendidikan yang menarik untuk Kamu. Gunakan berbagai situs daring yang menyediakan pembelajaran secara online Pilihlah topik yang paling menarik untuk Kamu. Manfaatkan setiap momen pembelajaran yang Kamu ikuti untuk mempelajari hal yang baru

Melakukan meditasi

Waktu luang merupakan sebuah kesempatan emas bagi Kamu untuk melakukan meditasi. Pelajari metode yang tepat dalam melakukan meditasi dengan menggunakan video yang bisa Kamu temui melalui media sosial. Hilangkanlah seluruh beban pikiran Kamu dan fokuslah terhadap meditasi yang Kamu lakukan. Gunakanlah waktu paling tidak selama 30 menit untuk bermeditasi dengan tenang.

Membuat taman sederhana

Taman bisa membawa suasana yang menyenangkan bagi siapapun. Kamu bisa mempergunakan waktu luang tersebut untuk membuat taman sederhana pada rumah Kamu. Rumah yang sehat adalah rumah dengan taman yang asri dan segar. Taman bisa Kamu buat secara sederhana tanpa harus menggunakan tempat yang banyak. Sebagai tahap awalnya Kamu bisa menggunakan pot yang dibuat dari botol minuman bekas yang sudah dipotong terlebih dahulu. Isilah dengan tanah dan pupuk barulah tanamkan bibitnya pada tanah tersebut. Gantunglah pot sederhana tersebut pada halaman rumah Kamu agar terlihat menarik.

Menghubungi keluarga jauh

Pergunakan waktu luang untuk bersosialisasi dengan relasi dan keluarga jauh Kamu. Tanyalah bagaimana kondisi dan perkembangan mereka. Setiap orang tentu akan sangat senang apabila Kamu memperhatikan dan menanyakan kondisinya. Dengan menghubungi kerabat Kamu, mereka akan merasakan rasa bahagia karena bisa mencurahkan isi dan pikiran mereka kepada Kamu.

Latihan bernyanyi

Siapa yang menyangka bahwa dengan bernyanyi bisa menghilangkan stress dan membuat pikiran menjadi lebih tenang? menyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik dan memberikan oksigen yang lebih banyak pada darah yang mampu melepaskan endorfin.  Isilah waktu luang Kamu dengan menyanyikan lagu-lagu favorit Kamu. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa mengikuti pelatihan vokal secara daring untuk meningkatkan kemampuan vokal Kamu.

Menikmati waktu bersama keluarga

Tidak ada tempat terbaik lagi selain meluangkan waktu bersama keluarga yang Kamu cintai. Nikmatilah waktu luang yang sangat berharga untuk berkumpul dan mengobrol bersama keluarga. Dengarkan cerita-cerita menarik yang disampaikan oleh anggota keluarga Kamu. Pergunakanlah momen yang langka ini sebagai waktu untuk mendekatkan diri kepada seluruh anggota keluarga.

Mulai dari saat ini berhentilah bermain poker online yang membuang sangat banyak waktu kamu dan dapat membuat kamu jatuh miskin bila kamu kecanduan bermain. Aku yakinkan kalau seluruh judi poker online yang memakai duit asli indonesia merupakan penipu.

Kamu tidak sepatutnya mempertaruhkan duit kamu dengan tipe permainan semacam poker online ini. lebih baik duit nya kamu tabung ataupun kamu investasikan saja. bila kamu sempat sempat bermain poker online, dapat jadi itu cumalah tipu energi admin permainan poker saja, yang mau membagikan kamu angin surga terlebih dahulu sehabis itu kamu hendak merasakan angin puting beliung.

Continue Reading

Nasional

SBY Ngetweet, Jokowi Datangi Proyek Mangkrak di Maluku

Published

on

By

SBY Ngetweet - Jokowi Datangi Proyek Mangkrak di Maluku

Presiden Jokowi memang suka sekali blusukan. Karena dengan begitu dia merasa selalu mendapat cerita dan masalah di lapangan, sehingga bisa langsung dicarikan solusinya.

Di sela-sela kunjungannya ke Maluku, semalam Presiden sempat berdiskusi dengan ketua dan anggota DPRD Maluku dan Kota Ambon. Salah satu hal yang paling dikeluhkan adalah krisis listrik. Baru semalam dikeluhkan, paginya Presiden merasakan sendiri mati listri selama beberapa jam.

Dari situ kemudian Presiden blusukan meninjau pembangkit listrik di Maluku. Tumpukan besi dan penuh dengan rumput seperti Hambalang. Hanya saja kali ini Presiden tak sempat geleng-geleng. Hanya menatap kosong proyek mangkrak yang seharusnya sudah dianggarkan sejak 2007 dan harusnya selesai pada 2011. Namun proyek senilai 800 milyar ini sekarang nasibnya nyaris sama seperti Hambalang.

Komentar Presiden pun nyaris sama saat geleng-geleng melihat Hambalang “Oleh karena itu saya memutuskan untuk melihat seperti apa kondisinya, apakah bisa dilanjutkan atau tidak. Tapi mengenai proses hukumnya saya belum tahu, akan saya cek dulu.”

Sementara Menteri ESDM Ignasius Jonan saat ditanya wartawan menjawab masih akan menanyakan kesanggupan PLN. Sebab memang tidak mudah untuk melanjutkan proyek mangkrak, terlebih dana yang diperlukan cukup banyak.

“Indonesia itu negara kepulauan, jadi tidak mungkin ada jaringan nasional. Bisa ada, tapi biayanya mahal dan tidak relevan. Karena itu setiap pulau harus punya pembangkit independen sendiri-sendiri,” kata Jonan.

Susahnya melanjutkan proyek mangkrak

Sebelumnya, ketika Presiden Jokowi meresmikan sebuah proyek, kerap dianggap hanya melanjutkan proyek SBY. Padahal kebanyakannya adalah proyek baru dan sebagian merupakan proyek mangkrak.

Patut menjadi catatan, bahwa melanjutkan proyek mangkrak itu bukan pekerjaan mudah. Perlu keberanian di atas rata-rata. Ini sama seperti menikahi orang yang sudah pernah bercerai (mangkrak). Perlu evaluasi, penelitian dan keberanian untuk melanjutkannya.

Sebab sebuah proyek yang belum selesai atau mangkrak, pasti memiliki masalah yang sangat serius di dalamnya. Sama seperti orang cerai, pasti ada masalah. Kalau tidak ada masalah harusnya rampung!

Contoh saja Hambalang, meski Presiden sudah pernah datang tahun lalu, menginstruksikan segera ambil keputusan dilanjutkan atau dijual alat-alat dan perabotan yang sudah terlanjur dibeli, sampai saat ini pun masih penuh perdebatan. Sebab kalau dibiarkan, negara sudah keluar uang banyak. Mau melanjutkannya masih perlu pendanaan lagi, ingin menggusur dan memanfaatkannya untuk hal lain pun perlu dana tambahan.

Begitu juga dengan pembangkit listrik di Maluku ini, pasti ada masalah serius. Beberapa bulan lalu KPK sudah menyatakan sedang mendalami satu persatu kasus mangkrak peninggalan SBY, yang salah satunya adalah pembangkit listrik di Maluku.

Entah karena masih ada masalah hukum atau perencanaannya belum selesai, yang jelas pembangkit listrik di Maluku ini sebenarnya direncanakan segera dimulai lagi pada 2016 lalu. Namun sampai sekarang belum ada yang berani menyentuh atau melanjutkannya. Memang cukup mengerikan melihat proyek senilai 800 milyar ini ternyata telah dicairkan setidaknya 71 persennya. Dan 3 kontraktor penerima dana tersebut sudah kabur sebelum pekerjaannya selesai.

Tweet SBY

Entah mengapa setiap langkah Jokowi selalu memiliki kebetulan-kebetulan yang menarik. Seperti SBY yang melakukan tour de Java karena ingin mendengar curhat masyarakat padahal terbalik, Jokowi tiba-tiba datang blusukan dan geleng-geleng di Hambalang.

SBY sempat ngetweet “Tugas pemimpin & generasi berikutnya adalah melanjutkan yang sudah baik & memperbaiki yang belum baik. Continuity & Change. *SBY*”

Kemarin SBY ngetweet, hari ini Jokowi datangi proyek mangkrak. Hahaha Luar biasa. Blusukan Jokowi melihat proyek mangkrak sangat sesuai dengan tweet SBY tentang melanjutkan dan memperbaiki. Sepertinya Presiden Jokowi dan Kapolri enggan ditanyai oleh SBY lagi.

Begitulah kura-kura.

Continue Reading

Trending