Keterlaluan, Kepahlawanan Frans Kaisiepo dilecehkan netizen

1
400
Photo: www.brilio.net
Benner-ku.jpg
Benner-ku.jpg

Sejak resmi di umumkannya uang Rupiah baru emisi 2016 oleh Bank Indonesia (BI), rupanya banyak menuai perdebatan. Jika sebelumnya banyak yang memperdebatkan Cut Meutia dalam pecahan Rp. 1.000, berikutnya netizen memperdebatkan pula tokoh Frans Kaisiepo di pecahan uang Rp 10.000. Bahkan cenderung melecehkan.

Baca juga: Warga Aceh Protes Gambar Cut Meutia tak Berjilbab di Uang Rp 1000

Berbeda dengan Cut Meutia, dimana diprotes karena tidak mengenakan jilbab. Frans Kaisiepo malah dipertanyakan jasa-jasanya. Beberapa diantaranya mengaku tidak mengenal sosok pahlawan tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, salah satu akun malah mencemooh yang menjurus kepelecehan secara fisik.

Perdebatan itu dimulai dari sebuah akun yang mempertanyakan jasa-jasa dari Frans Kaisiepo.

“Tebak gambar, hayo siapa nama pahlawan ini. Kira-kira apa jasa beliau?” tulis sebuah akun pada Rabu, 21 Desember 2016. Lalu postingan tersebut dibanjiri berbagai komentar. Baik dari kelompok yang ikut mengejek maupun yang tidak setuju dan marah terhadap kelakuan beberapa akun yang terkesan menghina jasa pahlawan Indonesia.

Salah satu akun yang diduga melecehkan kepahlawanan Frans Kaisiepo

Persoalan tersebut semakin ramai, ketika kemudian postingan tersebut di-screenshot dan dibagikan oleh akun lainnya. Sontak postingan potongan gambar itupun semakin mengundang berbagai komentar dan perdebatan, Sabtu (24/12).

Sementara tak sedikit netizen yang membela dengan berusaha menerangkan siapa Frans Kaisiepo dan apa saja jasa-jasanya semasa kemerdekaan.

Kepahlawanan Frans Kaisiepo dilecehkan netizen
Kepahlawanan Frans Kaisiepo dilecehkan netizen

Entah apa yang sebenarnya tengah terjadi dengan generasi bangsa Indonesia belakangan ini. Seolah seperti sengaja digerakkan secara serentak, akun lain pun memposting kesinisan serupa. Malah cenderung melakukan penghinaan secara fisik. Dimana dengan nada memancing perdebatan untuk membentuk opini bahwa gambar terebut serem.

“Kira2 anak2 takut ga ya kl dikasih uang baru” demikian salah satu akun facebook memancing opini dengan meluncurkan postingannya yang disertai gambar uang pecahan Rp. 10.000 lama dan baru.

 

Siapa Frans Kaisiepo?

Siapa Frans Kaisiepo yang nama dan gambarnya diabadikan dalam uang baru emisi 2016? Dia adalah salah satu pahlawan Indonesia. Namanya juga sebelumnya dijadikan nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) TNI AL. Yaitu, yaitu KRI Frans Kaisiepo (368).

Namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak tahun 1993. Saat itu Presiden kita adalah Suharto.

Tidak hanya itu, nama Frans Kaisiepo sudah lama disematkan sebagai nama bandara di Biak, tempat kelahirannya. Sebuah bandara besar yang sempat melayani penerbangan internasional hingga ke Amerika.

Menurut berbagai sumber, berkat jasa Frans Kaisiepo lah Irian Barat masih merupakan salah satu dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia pada saat ini.

“Peran Frans Kaisiepo tidak kalah pentingnya dengan pahlawan-pahlawan lainya yang berasal dari kepulaun Jawa maupun Sumatra,” komentar seorang netizen.

Frans Kaisiepo lahir di Biak, Papua, 10 Oktober 1921 merupakan pahlawan nasional Indonesia dari Papua. Frans pernah terlibat dalam Konferensi Malino tahun 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua.

Ia mengusulkan nama Irian, kata dalam bahasa Biak yang berarti beruap. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Papua antara tahun 1964-1973.

Sebelum menjadi sosok yang wajahnya hadir dalam uang Rupiah, untuk mengenang jasa-jasanya pemerintah juga mengabadikan namanya di salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Frans Kaisiepo (368).

Bener-PU-1.jpg
Benner-ku.jpg
loading...

1 KOMENTAR

  1. Frans Kaisiepo itu pahlawan INDONESIA

    JIKA ANDA TIDAK TAHU SIAPA BELIAU, itu bukan alasan untuk berbangga diri dengan KETOLOLAN, sehingga bisa seenaknya berkata untuk MENGHINA…

    Tidak tahu itu wajar, makanya jadi orang harus belajar. Tapi merayakan KETIDAKTAHUAN cuma semata-mata untuk meluapkan kebencian, itu sangat menyedihkan.. SERIUS!!..

    “Ingin rasanya sumpah serapah ini ku muntahkan”

    Ingat, sekali lagi, nama beliau adalah Frans Kaisiepo. Beliau berasal dari Biak. Biak, di Papua, bukan di China. Agamanya Kristen Protestan.

    Beliau sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak tahun 1993. Saat itu Presiden kita adalah Suharto. Bukan Jokowi. Tahun 2016 ini, wajahnya tertera di uang 10.000 Rupiah yang baru. Wajah pertama dari Papua.

    Sebelum ini, nama beliau sudah lama disematkan sebagai nama bandara di Biak, tempat kelahirannya. Ini bukan bandara kecil perintis di pedalaman Papua sana. Bandara Frans Kaisiepo pernah sempat melayani penerbangan internasional hingga ke Amerika, hal yg bahkan bandara di kota2 pulau Jawa belum pernah capai.

    Ingin tahu lebih lanjut tentang beliau, gampang!.. Segampang anda searching berita HOAX untuk melampiaskan sahwat kebencian selama ini.

    Segampang anda mencari berita-berita untuk menghasut dengan sentimen SARA yang entah dari mana asalnya.

    Memang tidak banyak cerita tentang beliau, tapi mungkin saja, sekali lagi mungkin, Frans Kaisiepo dalam kehidupannya memiliki arti penting bagi banyak orang dan memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia. Entah dengan anda!!…

    Engkau bilang takut melihat wajahnya di mata uang resmi Republik Indonesia?!… Maaf, saya justru takut hidup berada didekat dirimu yang penuh kebencian!!…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here