Syarat Lelang Jabatan di Bengkulu Utara Abaikan Diklat PIM

0
157
Syarat Lelang Jabatan di Bengkulu Utara Abaikan Diklat PIM

Bengkulu Utara, GC – Panitia seleksi (Pansel) lelang untuk 11 jabatan esolon IIB yang kosong di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara, terkesan mengabaikan diklat PIM sebagai syarat wajib peserta yang ikut dalam lelang jabatan.

Pasalnya, dari 13 persyaratan yang diumumkan oleh pansel lelang jabatan eselon II b nomor 01/PANSEL-JPTP/2019 di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Utara, tidak ada mencantumkan sertifikat Diklat PIM TK II sebagai persyaratan peserta lelang.

Padahal berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2017 lalu, sertifikat diklat PIM TK II merupakan syarat yang wajib dimiliki peserta lelang.

Parahnya Lagi, beberapa pejabat yang menduduki kursi jabatan eselon II di kabupaten Bengkulu Utara yang sudah melebihi 2dua tahun lamanya, disinyalir belum memiliki sertifikat diklat PIM TK II.

Sementara, selaku pihak BKPSDM Bengkulu Utara, Widodo, yang merupakan Panitia Pelaksanaan Lelang Jabatan Pratama saat dikonfirmasikan oleh awak media, tidak dapat menjawab atas hal ini.

“Saya tidak dapat menjawab hal tersebut, karena saya hanya bawahan yang menjalankan perintah. Kalau perintahnya seperti itu, saya mau berbuat apa. Mengenai, adanya aturan yang dilanggar, silahkan dikonfirmasi ke Pak Kaban saja atau pak Sekda Bengkulu Utara Haryadi, selaku ketua Pansel,”ungkap Widodo, Jum’at (23/8/2019) di ruang kerjanya.

Selain itu Widodo juga tidak mampu menjelaskan dasar hukum penggunaan sertifikat lain sebagai pengganti sertifikat diklat PIM TK II. Sebab, dalam PP No 11 Tahun 2017 juga tidak ada yang menjabarkan tentang penggunaan sertifikat lain sebagai syarat mengikuti seleksi calon pejabat eselon IIB.

“Pokoknya untuk hal ini tanyakan dengan pak Kaban aja,”tutup Widodo.

Berikut Daftar Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Yang Akan Dilelang

NoNama  Jabatan Yang Dilelang Keterangan
1. Kepala Dinas Sosial Eselon II.b Kosong
2. Kepala Dinas Pariwisata Eselon II.b Kosong
3. Kepala Dinas Kominfo Eselon II.b Kosong
4. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Eselon II.b Kosong
5. Kepala Dinas Perkebunan Eselon II.b Kosong
6. Kepala Dinas Kesehatan Eselon II.b Kosong
7. Kepala Dinas Perikanan Eselon II.b Kosong
8. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Eselon II.b Kosong
9. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Eselon II.b   Kosong
10. Kepala Satpol PP dan Damkar Eselon II.b Kosong
11 Kepala Badan Pendapatan Daerah Eselon II.b Kosong